Majalengka sangat terkenal dengan berbagai hidangan khas yang unik dan mampu menggugah selera. Inilah deretan makanan khas Majalengka yang terkenal dengan cita rasanya yang dapat memanjakan lidah penikmatnya.

Berlibur ke Kota Angin, yakni Majalengka yang mana sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya yang sangat indah dan menakjubkan. Tak hanya pesona alamnya yang indah, kabupaten ini juga memiliki beragam makanan khas yang dapat menggoyangkan lidah Anda. Untuk cita rasanya sendiri sangat bermacam-macam dan dijamin membuat petualangan rasa Anda lebih berkesan. Berikut daftar makanan khas Majalengka yang bisa Anda coba cicipi.

1. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk
Image Credit: Facebook.com @berlian.putri.357

Kuliner Majalengka pertama yang dapat Anda nikmati kelezatannya adalah Kalua Jeruk. Makanan ini sendiri terbuat dari daging jeruk yang dicampurkan dengan gula kawulung atau gula merah. Yang mana jajanan ringan satu ini dari segi tampilannya terlihat sangat menarik layaknya seperti jelly kenyal. Namun, untuk teksturnya sebenarnya cenderung keras dan memiliki permukaan yang kasar.

2. Oncom Goreng Majalengka

Oncom Goreng Majalengka
Image Credit: Facebook.com @oncomgorengibuentar

Makanan khas selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah Oncom Goreng. Jajanan ringan satu ini merupakan salah satu panganan khas yang kerap kali dijumpai di Bandung dan Majalengka. Hanya saja di daerah ini oncom yang ada dibumbui dengan menggunakan sebuah rempah yang berbeda dan sangat khas.

Dengan menggunakan perpaduan bumbu yang unik dan khas ini mampu menciptakan sebuah oncom goreng yang sangat enak dan lezat. Tak hanya diberikan bumbu yang berbeda, oncom disini juga ditambahkan dengan paduan bawang goreng. Yang mana hal tersebut mampu menambahkan kelezatan dari oncom goreng ini sendiri.

3. Intriwiling

Intriwiling
Image Credit: Facebook.com @agustina.fitriani.52

Intriwiling adalah kuliner khas Majalengka selanjutnya yang dapat untuk Anda coba dan nikmati kelezatannya. Kudapan satu ini terbuat dari singkong rebus pilihan yang banyak digandrungi oleh masyarakat sekitar. Pada penyajiannya makanan ini ditaburi dengan kelapa parut dan garam. Yang mana hal tersebut mampu menciptakan sebuah perpaduan rasa yang sangat enak dan gurih.

4. Seblak Basah

Seblak Basah
Image Credit: Facebook.com @zankdola.alealove

Seblak merupakan salah satu makanan di Indonesia yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Namun, sebenarnya seblak ini adalah makanan khas dari Jawa Barat. Yang mana sampai detik inipun makanan seblak tetap menjadi sebuah olahan masakan yang sangat unik dan enak. Bahkan di Majalengka sekalipun juga memiliki makanan khasnya berupa Seblak Basah.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

Pada umumnya, olahan makanan satu ini terdiri dari berbagai bahan dan bumbu serta rempah-rempah yang sangat khas. Dalam satu mangkuk makanan ini terdiri dari kerupuk, sayur, telur, sosis, dan berbagai tambahan bahan lainnya. Yang mana seluruh bahan tersebut dicampurkan dengan menggunakan bumbu rempah khusus yang sangat khas.

5. Tekso

Tekso
Image Credit: Facebook.com @EnjoyBlaster

Tekso adalah penganan khas dari Majalengka yang sangat digemari oleh semua orang. Makanan ini sebenarnya berupa singkatan yakni berupa Lotek dan Bakso yang dicampurkan. Hanya saja dalam penyajiannya makanan ini tidak menggunakan bahan bakso baik berupa isian atau bahkan kuahnya. Meskipun begitu, tidak perlu diragukan lagi mengenai cita rasa yang dihadirkannya.

6. Lumpia Basah

Lumpia Basah
Image Credit: Facebook.com @devina.noviyanti0

Bagi penyuka lumpia, makanan kali ini wajib sekali untuk Anda coba dan rasakan kenikmatannya. Yakni Lumpia Basah, yang mana menjadi kuliner khas Majalengka dan banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung. Seperti yang banyak diketahui bahwa jajanan satu ini sebenarnya sudah banyak diperjualbelikan di berbagai daerah lainnya.

Namun, lumpia basah khas Majalengka ini memiliki perbedaan pada bumbu dan isiannya. Jajanan ringan satu ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat enak dan gurih. Terlebih lagi pada bagian kulit lumpianya yang renyah dan gurih ditambah dengan isian yang lezat menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu, tak heran apabila banyak sekali orang yang tertarik untuk mencicipinya.

7. Ampas Kecap

Ampas Kecap
Image Credit: Facebook.com @vina.bae.547

Majalengka juga memiliki olahan berupa Ampas Kecap, yang mana telah menjadi sebuah makanan khas dan favorit bagi masyarakat sekitar atau bahkan wisatawan yang datang. Ampas kecap ini merupakan sisa dari pembuatan kecap yang diolah kembali dengan sedemikian rupa dan memiliki cita rasa yang sangat kuat dan enak. Yang mana nantinya akan ditumis dengan berbagai bumbu rempah lainnya.

8. Lotek

Lotek
Image Credit: Facebook.com @nci.jadikaka

Lotek adalah salah satu makanan khas yang menarik dicicipi di Majalengka. Yang mana telah menjadi sebuah kudapan favorit dan sangat populer dikalangan masyarakat sekitar atau bahkan wisatawan yang datang. Hal ini disebabkan oleh cita rasa khas dari Lotek yang sangat unik dan enak. Terlebih lagi makanan ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan baik bagi tubuh untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Karawang yang Terkenal Lezat

Dalam satu piring sajian makanan ini terdiri dari sayur mayur segar, yang mana kemudian langsung disiram dengan menggunakan sambal kacang. Bahkan tak jarang dalam penyajiannya juga diberikan lontong. Dengan perpaduan antara sayur, lontong, dan bumbu yang pas mampu menciptakan sebuah perpaduan yang sangat enak dan unik. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau di kantong.

9. Katel

Katel
Image Credit: Facebook.com @dhieyant.marlinda

Makanan unik dan enak selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah Katel. Makanan satu ini merupakan sebuah olahan dari sayuran, yang mana hanya dapat ditemukan pada daerah ini saja. Katel ini berasal dari kacang kedelai yang baru tumbuh dan pucuknya belum muncul. Dalam penyajiannya makanan ini dicampurkan dengan tahu goreng atau bahkan osengan ikan asin.

10. Pepes Jeroan

Pepes Jeroan
Image Credit: PoskotaJabar

Bagi Anda pecinta pepes, tentunya akan merasa senang dengan adanya menu Pepes Jeroan khas dari Majalengka. Pada kebanyakan menu olahan pepes ini terbuat dari ikan, ayam, dan tahu. Namun, kali ini Kota Angin memberikan sebuah penawaran menu masakan pepes yang berbeda. Yang mana menggunakan sebuah jeroan dan tentunya hal inilah yang membuatnya menjadi ciri khas tersendiri.

Jika dilihat dari bentuknya pepes ini sangat mirip dengan pepes lainnya. Hanya saja makanan ini disajikan dan dibungkus memakai daun kelapa. Yang mana memberikan kesan keunikan tersendiri bagi pepes khas Majalengka. Terlebih lagi dalam proses pembuatannya menggunakan berbagai bahan dan bumbu yang sangat berkualitas. Sehingga mampu menghasilkan sebuah makanan yang enak.

11. Jalakotek Majalengka

Jalakotek Majalengka
Image Credit: Facebook.com @gina.mutia.3348

Makanan khas selanjutnya yang wajib untuk dicoba adalah Jalakotek. Saat pertama kali melihat tampilannya sangat mirip dengan pastel biasanya. Hanya saja yang membedakannya adalah terbuat dari tepung aci yang dicampurkan dengan tahu dan berbagai bumbu khas. Yang mana mampu menghasilkan sebuah cita rasa yang sangat enak dan gurih.

12. Tutut

Tutut
Image Credit: Facebook.com @tria.nurchayati

Kuliner unik dan enak di Majalengka sangatlah beragam, menu olahan selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah Tutut. Sebenarnya tutut ini merupakan salah satu jenis hewan yang masih tergolong dan termasuk dalam keluarga siput atau keong. Hanya saja tutut ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil jika dibandingkan langsung dengan siput ataupun keong.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak dan Diburu Wisatawan

Masyarakat setempat sudah tidak asing lagi dengan olahan tutut ini, sebab telah dijadikan sebagai menu sehari-hari. Bahkan tak jarang ada yang memakannya tanpa dimasak. Tutut ini terkenal memiliki cita rasa yang sangat unik dan khas. Terlebih lagi dalam cara memasaknya yang dicampurkan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas mampu menghasilkan rasa yang sangat enak.

13. Gula Cakar Khas Majalengka

Gula Cakar Khas Majalengka
Image Credit: Facebook.com @iwansetiawn.iwansetiawn.7

Gula Cakar Khas Majalengka adalah sebuah sajian khas yang ada di Kota Angin ini. Kudapan satu ini terbuat dari campuran gula putih, soda, dan tak jarang juga ditambahkan dengan pewarna makanan. Hal tersebut ditujukan agar tampilannya jauh lebih menarik. Umumnya gula cakar ini dapat dicampurkan dan dilarutkan pada minuman seperti gula ataupun teh. Bahkan tak jarang dijadikan sebagai camilan.

14. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Image Credit: Facebook.com @dnaydthayank.cmuachnya

Rekomendasi makanan selanjutnya yang wajib untuk dicoba selama berada di Majalengka adalah Nasi Lengko. Mungkin bagi sebagian orang ketika mendengar namanya sudah tidak asing lagi, sebab sajian kudapan khas ini sangat populer di kalangan masyarakat Majalengka dan sekitarnya. Yang mana memiliki cita rasa unik khas dari daerah Kota Angin ini.

Nasi Lengko ini kerap dijadikan sebagai menu makan pagi atau sarapan. Pasalnya, kudapan ini kaya akan serat dan karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Pada umumnya, olahan nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk. Dalam satu piringnya akan ditambahkan beberapa bahan seperti tahu, tempe, timun, tauge, kucai, bawang goreng, daun bawang, dan tak lupa bumbu saus kacang.

15. Surabi Oncom Majalengka

Surabi Oncom Majalengka
Image Credit: Facebook.com @vicatcilku

Makanan khas terakhir yang dapat Anda coba nikmati kelezatannya adalah Surabi Oncom Majalengka. Kudapan satu ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat manis dan gurih. Hal yang membedakan dengan oncom lainnya adalah penggunaan oncom dan adonan surabi yang gurih menjadi sebuah perpaduan yang sangat pas dan enak. Bahkan untuk harganya sendiri sangat terjangkau.

Itulah beberapa makanan khas yang bisa Anda coba cicipi saat ke Majalengka. Meskipun daerah ini bukan termasuk kedalam jenis kota yang besar. Tetapi Kota Angin memiliki banyak sekali keunikan di dalamnya, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Pada setiap jenis kuliner yang ada memiliki cita rasa khas daerah yang sangat kental.