Kuningan memang menjadi kabupaten yang paling favorit bagi wisatawan, karena memiliki banyak tempat wisata menarik. Selain itu, Anda juga bisa menjelajah makanan khas Kuningan yang terkenal lezat agar menjadikan kunjungan Anda lebih berkesan.

Kuningan yang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat tidak hanya kondang dengan tempat wisatanya. Memiliki kawasan asri juga hijau, membuat siapapun yang singgah akan nyaman berada di kabupaten ini. Tak hanya itu, lidah dan perut Anda juga akan dimanjakan di kota ini. Berikut beberapa makanan khas Kuningan yang bisa Anda jajal saat berkunjung.

1. Kwecang

Kwecang
Image Credit: Instagram.com @buburcaptiger

Perjalanan kuliner di Kuningan bisa dimulai dengan mencicipi nikmatnya Kwecang. Kwecang sendiri di buat dari beras ketan dan ditambahkan dengan air kapur sirih. Adonan ini kemudian dibungkus dengan daun bambu. Menghasilkan aroma khas dan teksturnya lembut setelah di kukus. Biasanya disajikan dengan lelehan gula yang membuatnya makin nikmat.

2. Nasi Kasreng

Nasi Kasreng
Image Credit: Twitter.com @warta_kuningan

Makanan khas yang juga wajib untuk dicicipi selanjutnya adalah nasi Kasreng. Makan ini seringkali menjadi pilihan untuk menu sarapan. Dalam sajiannya, Anda akan menemukan nasi dengan taburan udang rebon, lalap toge dan juga lauk pauk berupa gorengan. Tidak ketinggalan sambal terasi yang membuat cita rasanya makin jempolan.

3. Hucap Kuningan

Hucap Kuningan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Menginjakkan kaki di Kuningan rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi Hucap Kuningan. Hucap juga menjadi menu sarapan yang sayang sekali untuk dilewatkan. Nama hucap sendiri didapatkan dari gabungan dua bahan yakni tahu kecap. Dalam penyajiannya, Hucap mirip dengan kupat tahu atau ketoprak yang biasanya Anda temui.

Hanya tetap akan memiliki ciri khas tersendiri, terutama soal rasanya. Tahu goreng yang ditambahkan dengan ketupat ini akan disiram dengan bumbu kacang dan ditambahkan dengan kecap yang banyak. Inilah mengapa kuliner ini memiliki rasa manis yang lebih mendominasi. Akan semakin nikmat jika ditambahkan taburan bawang goreng di atasnya.

4. Tahu Lamping

Tahu Lamping
Image Credit: Ksmtour.com

Tahu Lamping merupakan tahu khas Kuningan yang juga begitu populer. Rasanya tak kalah dari tahu Sumedang yang kondang lebih dahulu dan bentuknya mirip. Tetapi tekstur Tahu Lamping lebih padat dan lembut di bagian dalamnya. Makin nikmat jika dipadukan dengan cabai rawit atau dicocol saus. Tahu Lamping juga sering dijadikan buah tangan oleh para pelancong.

5. Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Peuyeum menjadi panganan yang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat. Kuningan juga memiliki hidangan khas berupa Peuyeum Ketan yang harus Anda coba. Peuyeum ini menggunakan bahan dasar beras ketan putih atau merah. Proses pengolahan akan dikukus lebih dahulu, barulah ditambahkan ragi untuk membantu fermentasi.

Yang membuatnya semakin unik, bungkus yang digunakan adalah daun jambu. Sehingga membuat peuyeum ketan memiliki aroma yang khas. Warna hijau yang dihasilkan dari daun katuk membuatnya makin menarik perhatian. Biasanya makanan ini akan disimpan di ember hitam agar airnya tidak berceceran. Menemukan makanan ini di Kuningan bukanlah hal yang sulit.

6. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung
Image Credit: Cookpad.com

Sayur kangkung umumnya akan diolah menjadi tumis atau sekedar dijadikan sayuran biasa. Tetapi berbeda, di Kuningan Anda bisa menemukan rujak kangkung yang memiliki banyak penggemar. Rujak kangkung memiliki rasa yang akan membuat siapapun ketagihan, terutama yang menyukai cita rasa pedas.

Perpaduan rasa pedas dan juga gurih akan membuat lidah menari menari. Rasa rujak kangkung juga segar berkat tambahan asam jawanya. Kangkung terlebih dahulu akan direbus, kemudian ditambahkan dengan bumbu rujak khusus. Tekstur kangkungnya tidak berair, menjadikan rujak kangkung tak pernah gagal menggoyang lidah pecinta kuliner.

7. Sop Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar
Image Credit: Facebook.com @bluraclothing

Sop Buntut mungkin tidak asing di lidah para pecinta kuliner. Tetapi bagaimana jika sop buntut bakar? Anda bisa menemukan kuliner ini ketika berada di Kuningan. Makanan khas Kuningan ini memiliki rasa nikmat yang akan membuat ketagihan. Rasa rempahnya yang kuat, sangat cocok untuk menu makan siang atau makan malam.

Jika biasanya sop buntut akan berkuah, maka Anda akan menemukan sop buntut yang cukup berbeda. Tambahan aroma bakaran yang khas akan meningkatkan nafsu makan siapapun yang mencobanya. Buntut sapi akan diolah dengan kuah kaldu, kemudian dibakar. Disajikan dengan nasi hangat dan kuah kaldu, dijamin akan membuat Anda ingin tambah porsi lagi.

8. Ketempling

Ketempling
Image Credit: Facebook.com @fazatupperware.iinratna

Tidak hanya makanan berat, di Kuningan Anda juga bisa menemukan makanan yang ringan. Ketempling contohnya, dimana camilan ini begitu mirip dengan jajanan gemblong. Bahan dasar yang digunakan untuk makanan ini adalah singkong. Singkong ini akan direbus terlebih dahulu, kemudian ditambahkan dengan bumbu dan dibentuk pipih.

Sebelum di goreng, nantinya ketempling akan di jemur terlebih dahulu. Selain menjadi cemilan, ketempling juga sering dijadikan sebagai teman makan. Rasanya yang gurih dengan teksturnya yang renyah membuat banyak yang ketagihan. Selain bisa Anda nikmati langsung di Kuningan, Anda juga bisa menjadikan makanan ini sebagai buah tangan keluarga di rumah.

9. Keripik Gadung

Keripik Gadung
Image Credit: Instagram.com @agenkulinerindo

Keripik gadung juga menjadi camilan khas Kuningan yang juga banyak diburu. Sebenarnya, Anda tak hanya bisa menemukan kuliner ini di Kuningan saja. tetapi di Kuningan keripik yang dibuat dari tanaman gadung ini banyak ditemukan. Mengingat ada banyak perkebunan yang menanam gadung. Perlu Anda tahu jika pengolahan gadung ini ada teknik khusus.

Sebab jika diolah dengan tidak tepat, bukannya nikmat malah akan meracuni. Mengingat tanaman gadung sebenarnya termasuk tanaman beracun. Memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih membuat keripik gadung selalu jadi favorit. Selain bisa dinikmati langsung, Anda juga bisa menjadikan Keripik Gadung sebagai buah tangan keluarga di rumah.

10. Jeniper Khas Kuningan

Jeniper
Image Credit: Youtube.com (Dwinoto Adi)

Selain makanan berat dan juga camilan, Anda juga bisa menemukan minuman khas dari Kuningan yakni Jeniper. Jeniper adalah singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Minuman ini sudah menggunakan kemasan kekinian dan mirip dengan sirup. Rasanya yang manis dan segar menjadikannya diburu oleh siapapun yang singgah di Kuningan. Apalagi minuman ini juga memiliki banyak manfaat.

11. Papais

Papais
Image Credit: Facebook.com (Maman Suryaman)

Setiap kota di Indonesia memang memiliki ciri khas kuliner yang berbeda. Terutama kuliner tradisionalnya yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Begitu juga saat Anda singgah di Kuningan, Anda bisa berburu jajanan tradisional yang bernama papais. Papais dibuat dari beras ketan, sebagian juga ada yang menggunakan ketela pohon.

Makanan ini memiliki ciri khas yang dibungkus dengan daun pisang. Sehingga memberikan aroma yang khas dan membuat penasaran. Teksturnya kenyal dan Anda bisa menemukan isian berupa gula aren yang dicampurkan dengan parutan kelapa. Berbentuk kerucut, makanan satu ini sangat nikmat dijadikan sebagai teman bersantai.

12. Golono

Golono
Image Credit: Twitter.com @choeyseal

Mungkin banyak yang menganggap ampas sebagai limbah yang tak bisa dimanfaatkan. Padahal jika dilakukan pengolahan yang tepat, ampas bisa dijadikan sebagai makanan ataupun hal yang lebih bermanfaat. Melanjutkan wisata kuliner di Kuningan, Anda bisa menjadikan Golono sebagai pilihan. Golono adalah makanan unik yang dibuat dari ampas tahu.

Golono ini seringkali dijadikan sebagai camilan, dan dalam pengolahannya akan ditambahkan bumbu yang khas. Kemudian ditambahkan tepung agar adonannya bisa dibentuk. Setelah itu barulah di goreng, hingga semuanya matang. Perpaduan rasa yang gurih dan bumbu yang nikmat, semakin nikmat jika disantap saat masih hangat.

13. Kue Satu Kacang Hijau

Kue Satu
Image Credit: Wikimedia.org

Jajanan khas Kuningan yang juga tak boleh tidak Anda cicipi adalah Kue Kacang Hijau. Seperti namanya, kue ini memang dibuat dari bahan kacang hijau. Kacang hijau pilihan akan terlebih dahulu disangrai. Setelah itu, akan dihaluskan dan ditambahkan gula. Barulah nanti campuran adonan ini akan dicetak dalam berbagai macam bentuk.

Rasanya yang manis dan gurih akan sangat cocok untuk jadi teman bersantai. Teksturnya memang padat, tetapi ketika digigit akan sangat mudah. Beberapa lebih memilih untuk memasukkan dalam satu kali suap. Anda juga bisa menjadikan kue satu ini sebagai buah tangan. Karena selain mudah didapatkan juga bisa tahan lama.

14. Jawadah

Jawadah
Image Credit: Facebook.com @nenk.c.azh

Jawadah adalah jajanan tradisional selanjutnya yang juga tak kalah nikmat. Bentuknya mirip dengan dodol, untuk bahannya sendiri dibuat dari gula merah, beras ketan juga parutan kelapa. Umumnya akan dibuat dalam ukuran besar, kemudian di potong potong. Rasanya manis dan juga cocok untuk buah tangan.

15. Leupeut

Leupeut
Image Credit: Indonesiakaya.com

Makanan khas yang juga bisa dijadikan pilihan adalah Leupeut. Leupeut dibuat dari beras ketan, kemudian ditambahkan dengan sari kelapa. Dibungkus dengan daun kelapa muda, membuat kue ini begitu khas. Rasanya terbilang gurih dan teksturnya kenyal. Umumnya masyarakat menikmatinya dengan keripik.

16. Opak Bakar

Opak Bakar
Image Credit: Facebook.com @busepuh

Opak bukanlah makanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Di Kuningan, Anda bisa menemukan opak yang dalam prosesnya dibakar. Sehingga tidak ada kandungan minyak di dalam opak ini. Opak bakar ini begitu kondang dan memiliki bentuk tipis dengan tekstur yang begitu renyah.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Kuningan yang bisa Anda coba ketika singgah. Tak hanya makanan berat, Anda juga bisa menemukan camilan ringan dan kue tradisional. Beberapa bahkan bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jadi sudah siap untuk wisata kuliner di Kuningan?