Berkunjung ke Karawang, Anda bisa menikmati berbagai kuliner khasnya yang terkenal lezat, mulai dari makanan berat hingga camilan tradisional. Inilah daftar makanan khas Karawang yang dijamin membuat Anda ketagihan.

Karawang dikenal sebagai kota industri karena berdiri banyak pabrik disini. Wilayah ini mulai berkembang secara perlahan, dan kerap menjadi tempat liburan warga ibukota. Sebab Karawang tak hanya dipenuhi asap pabrik, tapi juga lezatnya wisata kuliner yang disajikan. Anda bisa mencicipi beragam kulinernya tanpa takut kantong kosong. Berikut beberapa makanan khas Karawang yang terkenal dengan cita rasanya dan tetap ramah di kantong.

1. Jojongkong

Jojongkong
Image Credit: Deskgram.net

Kuliner khas Karawang ini terbuat dari campuran beras, tepung ketan, kanji, dan garam. Aroma wanginya berasal dari daun pandan suji yang direbus bersama adonan bahan. Selanjutnya kue dibungkus dengan daun pisang, setelah itu baru dikukus selama beberapa jam. Untuk isian jojongkong menggunakan parutan kelapa dan gula merah.

Jajanan tradisional ini mempunyai cita rasa manis dan gurih, kombinasi yang pas saat masuk dalam lidah. Anda dijamin tidak akan bosan dengan paduan rasa yang disajikan oleh kue jojongkong. Bisa dibilang makanan ini sudah melegenda diantara warga Karawang, lalu merambat menjadi kuliner yang paling dicari oleh para wisatawan.

2. Serabi Hijau

Sorabi Kuntilanak M. Kasim
Image Credit: Google Maps (Januidi STP)

Makanan dengan warna hijau ini sudah menjadi kuliner khas Karawang sejak dulu. Mulai diperkenalkan pada tahun 1995, kemudian menjadi populer hingga sekarang ini. Anda bisa menemukan jajanan ringan ini di daerah Rengasdengklok. Warna hijaunya berasal dari pewarna alami yaitu daun suji, sehingga tak usah khawatir batuk setelah menyantapnya.

Surabi hijau paling cocok dinikmati saat pagi hari, ditemani secangkir teh hangat atau kopi panas. Ada dua varian rasa yang bisa Anda cicipi, yaitu rasa original dan durian. Cara menyantapnya tinggal dicocol dengan santan atau gula aren. Paduan rasa gurih dan manis di dalam lidah membuat Anda langsung ketagihan.

3. Es Walikota

Es walikota
Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Suasana kota Karawang saat siang hari cukup terik, sehingga suhu udaranya sangat panas. Untuk melegakan dahaga Anda bisa mampir ke kedai es walikota, yang membuat tenggorokan kembali segar. Campuran buah, nata de coco, kolang-kaling, selasih, dan jeli akan terasa lezat di lidah. Ditambah sirup merah yang menjadikan penampilannya kian menggiurkan.

BACA JUGA:  20 Wisata Kuliner di Bekasi yang Enak & Diburu Wisatawan

Sebenarnya tidak hanya ditambah sirup merah saja, Anda bisa memilih varian sirup rasa buah lainnya. Anda juga dapat menambahkan stroberi dan roti sebagai pelengkap es walikota. Paduan terakhir tambahkan es serut, daun pandan, serta susu yang semakin menguatkan cita rasanya. Kuliner ini dapat Anda temukan di beberapa daerah di Karawang.

4. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung
Image Credit: Selerasa.com

Jika sedang berkunjung ke Karawang, maka kuliner satu ini tidak boleh dilewatkan. Dari segi penampilan makanan ini mirip dengan Rawon khas Surabaya. Hal ini karena warna hitamya yang berasal dari keluwak, bedanya kuah sajian ini lebih encer. Cita rasa ikan gabus bumbu pucung gurih dan pedas, namun pedasnya tidak terlalu menyengat tenggorokan.

Sangat mudah menemukan penjual masakan populer ini, karena memang seperti ikon kuliner di kota Karawang. Soal rasa jelas tidak perlu ragu sebab campuran manis, pedas, dan gurihnya begitu menggoyang lidah. Daging ikan gabus yang lembut membuat sensasi wisata kuliner lebih terasa. Agenda menyantap jauh lebih nikmat jika didampingi dengan nasi hangat dan es teh.

5. Kue Gonjing

Kue Gonjing
Image Credit: Facebook.com @ap.gonjing

Konon ceritanya kue ini sudah ada sejak zaman dahulu, dan menjadi santapan untuk mengganjal perut. Bahannya cukup sederhana yaitu dari campuran kelapa dan tepung. Anda akan menemukan cita rasa gurih serta legit pada gigitan pertama. Biasanya masyarakat menambahkan taburan gula bubuk halus, agar rasanya sedikit manis.

Sedangkan bagi Anda yang menyukai rasa pedas, boleh dicocol dengan saus pedas. Karena dasar rasa kue gonjing yang gurih, alhasil tidak masalah bila dicampur varian toping. Sangat mudah menemukan kuliner tradisional ini di kota Karawang. Sebab tidak hanya di jual di beberapa resto, namun ada juga warung pinggir jalan.

6. Bolu Kijing

Bolu Kijing Karawang
Image Credit: Facebook.com @urul.zie

Bila Anda sedang mencari kuliner legendaris di Karawang, disarankan untuk membeli kue satu ini. Kabarnya bolu kijing sudah ada sejak puluhan tahun lalu, dan tetap diburu wisatawan sampai hari ini. Rasanya gurih dan sedikit manis serta renyah pada gigitan pertama. Kombinasi rasa yang pas untuk Anda yang menyukai camilan untuk teman perjalanan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Puncak Bogor yang Terkenal Enak

7. Soto Tangkar

Soto Tangkar Mang Nean
Image Credit: Google Maps (Wiro Budhiarko)

Karawang menghadirkan kuliner yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Soto Tangkar namanya yang mana sangat populer di kalangan pecinta soto. Dalam satu mangkok, Anda akan mendapati kulit daging dan kikil yang empuk. Rasa sotonya gurih karena campuran bumbu rahasia di dalamnya. Warna kekuningan dari kunyit dan cabai yang dihaluskan tampak menggiurkan.

Saat menyantapnya tambahkan perasaan jeruk, sambal, dan emping agar lebih nikmat. Didampingi dengan nasi hangat serta ditaburi berambang goreng diatasnya. Anda bisa menambahkan lauk pelengkap seperti sate paru, babat, hingga perkedel. Karena termasuk kuliner favorit Anda bisa menemukan soto tangkar di berbagai kawasan sekitar Karawang.

8. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Image Credit: Facebook.com @aaflovepersibsalawasna

Anda akan merasakan paduan masakan Jawa dan Sunda di dalam nasi liwet. Paling lezat disajikan bersama tempe bacem, empal goreng, tahu telor, serta sambal. Rasa gurihnya berasal dari santan yang bercampur dengan aneka lauk. Sekali melihat tampilannya langsung terasa menggiurkan. Apalagi saat menyantapnya benar-benar memanjakan lidah.

9. Kue Ali

Ali Grem
Image Credit: Topijelajah.com

Warga Karawang familiar menyebutnya dengan kue cincin, karena bentuknya mirip benda dari logam tersebut. Tekstur kue sangat lembut, manis, dan legit, perpaduan yang cocok sebagai camilan. Terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa kemudian adonan digoreng. Biasanya wisatawan menjadikan kue ali sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan tetangga dekat.

10. Gegeplak

Gegeplak
Image Credit: Masakandapurku.com

Kuliner khas Karawang ini terbuat dari kelapa muda, air, garam, gula pasir, dan pewarna alami makanan. Bentuknya bulat tidak beraturan dan memiliki cita rasa manis. Gegeplak sering disuguhkan sebagai kudapan untuk tamu. Kini beralih menjadi oleh-oleh yang digemari para wisatawan. Bahkan sudah muncul beragam varian rasa, salah satinya gegeplak jahe.

11. Soto Gempol

Soto Gempol
Image Credit: Facebook.com (Sri)

Soto Gempol tidak kalah populernya dengan Soto Tangkar, bahkan sudah hadir lebih dulu. Cita rasa gurih dari kuliner ini banyak disukai oleh wisatawan, sampai berani menambah porsi lagi karena ketagihan. Satu mangkuk soto akan terasa lebih nikmat bila ditambahkan perasan jeruk nipis dan kecap manis. Sajian ini paling cocok disantap saat siang hari atau malam hari.

Anda akan mendapatkan beragam pilihan isi seperti daging, ayam, babat, ataupun usus. Harga per mangkuknya berbeda tergantung dari varian isi yang Anda inginkan. Tambahkan pula acar berupa wortel, bunga kol, dan mentimun agar rasanya lebih segar. Aroma soto gempol sangat menggiurkan, membuat perut yang keroncongan ingin segera diisi.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

12. Pepes Walahar

Pepes Jambal Walahar
Image Credit: Google Maps (Asep Riyadi)

Karawang memang terkenal dengan olahan pepes yang siap menggoyang lidah. Ada satu warung yang menjual masakan ini yaitu dekat dengan bendungan Walahar. Anda bisa mencicipi beragam jenis pepes seperti jambal, ikan mas, teri tahu, hingga oncom. Aroma wanginya langsung tercium sebab pepes tersebut dibungkus dengan daun pisang.

Anda akan menikmati paduan rasa gurih dan pedas dalam sekali santap. Biasanya disajikan bersama nasih putih hangat dan sambal khas Karawang. Terkadang ada pengunjung yang menambah sayuran agar lebih segar. Satu porsi pepes harganya lumayan terjangkau, Anda bisa menyantapnya di tempat atau dibungkus untuk oleh-oleh.

13. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot
Image Credit: Liputan6.com

Kuliner ini disebut dengan kerupuk bontot, sebab bahannya berasal dari sisa adonan kerupuk ikan. Meskipun begitu rasanya tetap lezat apalagi saat dicocol dengan sambal. Kadang kerupuk bisa disantap bersama kuah pempek atau saus bumbu kacang. Campuran rasa gurih dan pedas dari sausnya membuat Anda ketagihan untuk menyantapnya.

Paling cocok bila disantap bersama dengan ayam bakar dan nasi hangat. Harganya pun tidak terlalu mahal bahkan sering diborong wisatawan untuk buah tangan. Anda dapat menemukan kerupuk bontot di berbagai pusat oleh-oleh di kota Karawang. Karena tidak ada campuran bahan pengawet, jadi Anda masa kadaluarsa kuliner ini tidak panjang.

14. Gandasturi

Gandasturi
Image Credit: Facebook.com @nounnaauliaa.nounnaauliaa

Namanya unik begitu pula dengan tampilan dari kuliner satu ini. Gandasturi terbuat dari kacang hijau yang dibalut tepung lalu digoreng. Pada gigitan pertama Anda akan menemukan rasa manis dan gurih menjadi satu. Teksturnya lembut dan renyah secara bersamaan, sehingga Anda tak perlu khawatir alot ataupun remahan yang mudah jatuh.

15. Rengginang Ketan

Rengginang Ketan
Image Credit: Tokopedia.com

Sepulang dari Karawang kurang lengkap bila belum membawa oleh-oleh satu ini. Seperti namanya, kuliner ini terbuat dari ketan dan memiliki cita rasa gurih. Tidak hanya disajikan dengan warna putih, tapi juga warna putih dan hitam. Anda bisa membelinya dalam kemasan yang sudah matang maupun mentah.

Karawang memang terkenal sebagai kota industri dengan deretan pabrik yang mendominasi. Namun bukan berarti tidak memiliki wisata kuliner, justru disini tersimpan surga bagi para pecinta kuliner. Ada berbagai makanan berat hingga ringan yang siap memanjakan lidah. Anda bisa menyantapnya langsung di lokasi atau membawa pulang sebagai buah tangan.