Kancah kuliner di tanah air memang selalu berkembang dan berinovasi. Begitu pun dengan Indramayu yang memiliki beragam makanan khas yang terkenal lezat mampu untuk memanjakan lidah wisatawan.

Menjelajah kuliner Nusantara memang menjadi hal yang begitu menyenangkan. Mengingat ada banyak cita rasa unik yang akan memanjakan lidah para penikmatnya. Begitu juga ketika Anda singgah di Indramayu, Anda bisa berkesempatan untuk menjajal beragam kulinernya. Berikut beberapa makanan khas yang bisa Anda jadikan ide untuk kulineran di Indramayu.

1. Burbacek

Burbacek
Image Credit: Instagram.com @novapradhitya

Ketika singgah di kota Indramayu, Anda bisa menjadikan Burbacek sebagai menu sarapan Anda. Bubur satu ini tentunya berbeda dengan bubur yang biasanya Anda temui. Burbacek yang merupakan singkatan dari bubur rumbah cecek ini sangat menggoda lidah. Cecek sendiri adalah sebutan kikil sapi di Jawa Barat,

Makanan khas ini diolah dengan bumbu merah dan juga parutan kelapa. Memiliki rasa yang gurih dan semakin kaya dengan rasa asam pedasnya. Ditambahkan cecek di atasnya, membuat siapapun penasaran untuk mencobanya. Dalam satu porsi bubur akan ditambahkan potongan kikil dan sayuran kangkung yang ditambahkan bumbu khusus.

2. Empal Gentong

Empal Gentong
Image Credit: Instagram.com @cirebonkuliner_

Panganan khas Indramayu selanjutnya yang juga menarik untuk dicicipi. Seperti namanya, empal memang dimasak dengan menggunakan gentong atau wadah air. Sajian ini sekilas mirip dengan gulai jika melihat kuahnya. Kuahnya memang berwarna kuning yang menggugah selera. Tak hanya tampilannya, rasanya juga wajib untuk dicicipi.

Kuahnya memiliki rasa legit dan rasa rempah yang kuat. Dipadukan dengan sapi yang empuk, dijamin akan membuat siapapun ketagihan. Anda bisa menikmatinya bersama dengan nasi untuk sumber karbohidratnya. Semakin lengkap dengan tambahan emping atau kerupuk di atasnya. Anda juga bisa menambahkan sate sapi sebagai tambahan lauknya.

3. Rumbah Indramayu

Rumbah Indramayu
Image Credit: Cookpad.com

Salah satu sajian kuliner khas yang juga harus Anda cicipi di Indramayu adalah rumbah. Rumbah adalah makanan yang terdiri dari banyak sayuran, mulai dari kacang panjang, tauge hingga kangkung. Semua sayuran akan dimasak lebih dahulu, kemudian barulah ditambahkan dengan bumbu sambal khusus yang rasanya luar biasa nagih.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Indramayu yang Paling Terkenal

Makanan ini memang mirip dengan kuliner seperti pecel atau gado gado. Tetapi tetap saja rasa yang dihadirkan akan berbeda, dan sangat cocok untuk Anda pecinta kuliner pedas. Dalam bumbunya menggunakan tambahan air petis, yang diolah dari ikan pindang. Biasanya rumbah akan dinikmati dengan aneka kerupuk agar makin nikmat.

4. Nasi Lengko Indramayu

Nasi Lengko Indramayu
Image Credit: Facebook.com @roni.tawakal

Nasi Lengko Indramayu menjadi panganan yang juga wajib Anda jajal. Nasi lengko merupakan nasi putih yang disandingkan dengan banyak laut. Dalam satu piring nasi lengko, Anda akan menemukan tempe, irisan mentimun, tauge rebus, tahu goreng dan juga taburan bawang goreng. Setelah disusun rapi barulah nanti akan disiram dengan bumbu khusus.

Bumbu kacang yang ditambahkan dengan kecap ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menambahkan oncom, sayur lombok ataupun kerupuk. Nasi Lengko memang tak hanya bisa ditemukan di Indramayu, tetapi tentu akan memiliki rasa khas tersendiri. Nasi Lengko juga sangat mudah untuk ditemukan di kota ini.

5. Kue Koci

Kue Koci
Image Credit: Instagram.com @lenibudiarti.18

Anda tidak hanya bisa menemukan makanan berat di Indramayu. Kue Koci dan juga bugis memiliki bentuk dan teksturnya memang mirip. Padahal keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Kue koci dibuat dari tepung ketan dan memiliki isian gula merah dan parutan kelapa. Anda bisa menemukan panganan ini di pasar pasar tradisional yang ada di Indramayu.

6. Bubur Glintir

Bubur Glintir
Image Credit: Facebook.com @rani.maharani.minyakbulus

Masih berupa makanan tradisional, Anda bisa mencicipi Bubur Glintir sebagai menu kulineran selanjutnya. Makanan khas asli Indramayu ini berbeda dengan burbacek dan sekilas mirip dengan bubur candil. Tetapi bahan dari kedua bubur tersebut, dimana bubur glintir dibuat dari tepung beras. Sementara bubur candil dibuat dari ubi.

Tepung beras akan lebih dahulu ditambahkan air, hingga kalis. Barulah nanti bahan dibentuk bulat dan diolah sedemikian rupa. Makanan ini sering kali hadir di musim panen, karena umumnya para petani akan membagikan kepada tetangga. Tetapi juga bisa ditemukan di warung warung, rasanya legit serta gurih membuat siapapun ketagihan.

7. Blengep Cotot

Blengep Cotot
Image Credit: Instagram.com @makandanjajan.indramayu

Indramayu juga memiliki camilan yang tak kalah unik dan menarik dicicipi. Blengep cotot dibuat dari singkong, dalam pengolahannya akan ditambahkan dengan kacang, gula merah juga bawang goreng. Semakin nikmat dengan taburan kelapa sangrai di atasnya. Memiliki nama yang unik, bukan berarti tidak memiliki makna.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Indramayu yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Dinamakan blengep cotot, bleng berarti di lempar pelan pelan dan lep artinya masuk ke mulut. Sementara cotot berarti muncrat, sederhananya makanan ini akan terasa lumer dan isiannya memberikan kejutan. Perpaduan rasa gurih dan legit yang akan membuat lidah bergoyang. Makanan satu ini memiliki harga yang murah dan kandungan gizinya juga baik.

8. Mie Ragit

Mie Ragit
Image Credit: Facebook.com @nenden.arifiani.3

Apakah Anda pecinta olahan mie? Jika iya maka Anda tak boleh melewatkan nikmatnya olahan mie khas Indramayu ini. Mie Ragit menjadi panganan yang wajib untuk Anda jajal. Sebenarnya olahan mie ini tak jauh berbeda dengan mie pada umumnya. Yang membuatnya berbeda dan unik adalah adanya tambahan kuah santan udang.

Sudah bisa membayangkan bagaimana gurihnya makanan satu ini. Untuk semakin menarik perhatian, di atas mie nanti akan ditambahkan dengan telur yang diiris tipis tipis. Jangan lupakan taburan daun bawang juga bawang goreng. Mie Ragit akan memanjakan lidah dan perut Anda yang sedang keroncongan. Anda juga tak akan sulit menemukan panganan khas ini.

9. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung
Image Credit: Facebook.com @rani.maharani.minyakbulus

Melanjutkan wisata kuliner Anda di kota Indramayu, Anda bisa menjadikan Pindang Gombyang Manyung sebagai pilihan. Makanan ini memiliki kuah kuning dengan rasa yang gurih. Dibuat dari olahan ikan manyung, bisa menggunakan semua bagian atau bisa menggunakan bagian kepalanya saja. dimana bagian akan lebih dahulu dilumuri dengan bumbu pilihan.

Anda tak perlu khawatir soal rasanya, perpaduan rasa yang gurih dan segar yang nagih. Di dalam olahan ini memang ditambahkan dengan belimbing wuluh, sehingga ada sedikit rasa asamnya. Daging ikannya yang lembut, dan bumbu yang meresap sangat cocok disandingkan dengan nasi hangat. Tertarik untuk mencobanya?

10. Pedesan Entog

Pedesan Entog
Image Credit: Instagram.com @faisal_bahri33

Entog yang dibuat dari daging bebek, dan diolah dengan bumbu yang pedas akan membuat semuanya ketagihan. Terutama untuk yang menyukai makanan pedas, pedesan Entog khas Indramayu ini harus dicicipi. Tekstur dagingnya tebal dan tidak ada bau amisnya. Rasanya nikmat dan pedas, makin luar biasa nagih ketika disandingkan dengan nasi hangat yang pulen.

11. Cimplo

Cimplo
Image Credit: Facebook.com @fesbukersindramayu

Makanan tradisional ini cukup populer di Indramayu dan dulunya dijadikan makanan penolak bala. Dibuat dari tepung beras, gula putih, ragi juga tape singkong. Memiliki bentuk bulat, makanan ini di bagian tengahnya akan ditambahkan gula cair merah. Perpaduan gurih dan manis yang dihasilkan membuat siapapun tak ingin berhenti menikmatinya.

BACA JUGA:  11 Wisata Pantai di Indramayu Paling Hits Buat Liburan

12. Geblog

Geblog
Image Credit: Instagram.com @sucipurwanty

Dibuat dari singkong, kudapan khas Indramayu ini sayang jika tidak dicoba. Geblog Indramayu beberapa juga ada yang dibuat dari ketan hitam. Rasanya tak kalah lezat dari kuliner khas lainnya. Dimana perpaduan manis dan gurih dengan teksturnya lembut akan sangat pas di lidah. Taburan parutan kelapa di atasnya juga menambah cita rasanya.

13. Orog Orog

Orog Orog
Image Credit: Facebook.com @porong.porong

Orog Orog dibuat dari tepung beras yang ditambahkan gula merah dan juga parutan kelapa. Makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indramayu ini termasuk mudah untuk Anda temukan. Saat ini orog orog juga sudah hadir dalam kemasan kekinian yang membuatnya cocok dijadikan buah tangan keluarga di rumah saat pulang nanti.

14. Blendung

Blendung
Image Credit: Instagram.com @dapoersikoko

Blendung adalah jenis makanan khas yang dibuat dari bahan jagung. Jagung akan dipreteli kemudian direbus hingga matang. Jagung ini kemudian akan ditambahkan dengan parutan kelapa yang membuat rasanya makin gurih. Panganan ini memang sederhana, tetapi penggemarnya tidak main main dan sayang untuk Anda lewatkan saat di Indramayu.

15. Emping Tike

mping Tike
Image Credit: Bukalapak.com

Camilan khas Indramayu ini juga menarik untuk Anda buru. Emping tike dibuat dari rumput teki yang tentu saja jarang Anda temukan di kota lain. Yang digunakan adalah bagian umbinya, dimana prosesnya disangrai dan dipipihkan lebih dahulu. Keripik ini memiliki rasa yang khas dan membuat yang mencobanya akan ketagihan, Anda juga bisa menjadikannya buah tangan.

16. Es Cuwing

Es Cuwing
Image Credit: Facebook.com @viranna.sukowati

Tidak hanya makanan, di Indramayu Anda juga bisa menemukan Es Cuwing yang begitu segar. Es ini merupakan es serut yang ditambahkan dengan gula merah, dan ditambahkan cuwing. Bentuknya mirip dengan es cincau dengan rasa yang begitu unik. Kesegaran es ini, akan menjadi penutup perjalanan kuliner yang begitu pas selama di Indramayu.

Demikian beberapa kuliner khas Indramayu yang bisa Anda cicipi. Mulai dari makanan berat, camilan, kue tradisional bahkan es bisa Anda coba. Mampu menggoyang lidah, beberapa justru bisa sekalian dijadikan buah tangan. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir ketika berkunjung di kota ini. Kulinernya sangat menarik untuk dijelajahi dan bisa memuaskan lidah serta perut Anda.