Garut memiliki olahan hasil sumber daya alam yang dijadikan inovasi berbagai macam makanan. Berkunjung ke Garut, Anda bisa menemukan beragam makanan khas yang lezat dan menarik untuk dicoba.

Bicara mengenai keunikan daerah tertentu, tidak asing rasanya jika kita memikirkan makanan khas dari daerah tersebut. Sebagian dari Anda pasti penasaran bagaimana rasa dari makanan tersebut dan apa yang menjadikannya favorit di kalangan wisatawan. Mencicip makanan khas di kota asalnya memang memiliki sensasi tersendiri. Teruntuk Anda yang suka kuliner, yuk coba rekomendasi makanan khas dari Garut berikut yang sudah terkenal.

1. Dodol Garut

Dodol Garut
Image Credit: Facebook.com @Dodol-Garut

Kota Garut sudah tidak asing lagi dengan istilah dodol. Makanan khas yang satu ini sudah menjadi oleh-oleh favorit siapapun yang sedang berkunjung ke Garut. Tidak akan lengkap rasanya jika Anda berlibur atau mampir ke Bogor tanpa membawa oleh-oleh dodol garut. Kuliner yang satu ini memang sudah sangat populer, bahkan banyak beredar di kota-kota Indonesia.

Tidak hanya dodol berbentuk kotak coklat yang dibungkus menggunakan plastik. Makanan dengan rasa manis ini kini telah hadir dengan kemasan yang lebih modern dan menarik, serta rasa yang ada kini menjadi beraneka ragam mengikuti perkembangan pasar. Sebenarnya banyak produsen dodol garut yang tersebar di seluruh Kota Garut, namun ada satu merk dodol yang sangat terkenal, yaitu dodol picnic.

2. Soto Ayam Garut

Soto Ayam Garut
Image Credit: Facebook.com @EzzaGothic

Soto ayam di setiap daerah berbeda dengan daerah lainnya, meski sama-sama soto. Salah satunya yaitu soto ayam di Kota Garut yang sudah ikonik ini. Tampilannya sungguh menggugah selera dan kuah sotonya yang gurih sedikit asin menggunakan santan yang pekat dengan aroma rempah-rempah sangat menggugah selera.

Dalam penyajiannya, soto ayam ini diberi irisan daging ayam yang melimpah. Serta kacang kedelai goreng, daun bawang, toge dan perasan jeruk nipis yang membuat cita rasanya semakin lezat. Hidangan ini sangat cocok disantap saat masih panas, terlebih pada saat cuaca sedang hujan dan ditemani dengan segelas teh panas. Sungguh mantap!

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Paling Terkenal

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Image Credit: Facebook.com @tokokuliner

Bagi Anda yang sedang lapar setelah berjalan-jalan menjelajahi berbagai tempat wisata di Garut, bisa nih mencoba kuliner khas Garut yang mengenyangkan, yaitu nasi liwet. Banyak tempat makan di Garut yang menyajikan menu nasi liwet ini. Namun, diantara banyaknya tempat yang ada, yang paling direkomendasikan adalah nasi liwet yang ada di Rumah Makan Asep Strawberry.

4. Tumpeng Cikajang

Tumpeng Cikajang
Image Credit: Facebook.com @Kumpulan-Urang-Cikajang-Garut

Tumpeng biasanya disajikan saat ada acara penting seperti ulang tahun, syukuran, atau semacamnya. Ternyata di Garut makanan ini menjadi kuliner khasnya yang cukup populer. Makanan khas ini berbeda dari kebanyakan tumpeng yang sudah pernah Anda lihat selama ini. Dimana tumpeng ini memiliki bentuk seperti bacang.

Jika pada umumnya bacang berisi daging yang dicincang, berbeda dengan tumpeng ini. Tumpeng khas Garut ini memiliki isian campuran ikan teri asin yang ditambah dengan tempe atau labu siam dan cabai dengan ukuran besar. Cara nikmat menyantap tumpeng ini adalah dengan kacang goreng. Anda bisa menemukan tumpeng mini ini di hampir setiap warung yang ada di Garut.

5. Bakso Aci

Bakso Aci
Image Credit: Facebook.com @baksoacibekasi

Bakso aci adalah bakso berbahan dasar tepung kanji, dan diolah khusus dengan bumbu khas dan disajikan dengan kuah. Bakso ini memiliki rasa hampir sama dengan cilok yang biasanya juga diberi isian daging. Anda bisa menemui banyak penjual bakso aci ketika sedang berkunjung ke Garut, karena memang banyak sekali rumah makan yang menjadikan bakso aci ini sebagai menu andalan.

6. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk
Image Credit: Facebook.com @wangsih86

Bagi pecinta makanan pedas, sambal adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat makan. Sambal memiliki sensasi sendiri saat disantap dan bisa meningkatkan semangat untuk makan lebih lahap lagi. Di Garut, terdapat sambal yang sangat terkenal bahkan kini sudah menjadi makanan khas daerah tersebut, yaitu sambal cibiuk.

Tampilan sambal ini pastinya akan menggugah selera Anda, karena dibuat dari bahan-bahan yang berwarna hijau segar. Mulai dari cabai rawit hijau, tomat hijau, dan daun kemangi untuk menambah aroma sambal tersebut. Untuk Anda yang penasaran bagaimana rasa dari sambal ini, langsung saja mampir ke RM. Cibiuk atau restoran manapun yang menyediakan sambal tersebut. Dijamin nagih!

7. Awug

Awug
Image Credit: Facebook.com @supriyatna.em

Kuliner yang satu ini cukup menarik untuk dicoba dan wajib Anda masukkan ke dalam daftar kuliner Anda nantinya saat mengunjungi Garut. Makanan khas ini mirip dengan putu yang biasa Anda temui namun berbentuk kerucut. Biasanya awug ini dijual keliling di sekitar Garut, atau langsung saja mampir ke pasar tradisional untuk mencicipi makanan yang satu ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Garut yang Enak dan Diburu Wisatawan

8. Burayot

Burayot
Image Credit: Facebook.com @(Mariati Rachman)

Makanan khas berikutnya adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras, kacang tanah dan gula merah. Makanan ini tergolong jajan tradisional, yang cara pembuatannya cukup rumit dan membutuhkan waktu lama. Anda bisa mendapatkan burayot ini untuk disantap langsung atau dijadikan sebagai oleh-oleh di beberapa pasar tradisional yang ada di Garut.

9. Pindang Ikan

Pindang Ikan
Image Credit: Facebook.com @teni.andriani.33

Sekilas, tampilan pindang ikan dari Garut memang sama saja dengan pindang ikan dari daerah lain. Namun yang jadi pembeda adalah cara pengolahannya yang sedikit berbeda dan membuat cita rasanya menjadi khas. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan mas .Bisa dipastikan siapapun yang mencobanya akan langsung jatuh hati dan ketagihan.

Menjadi lebih nikmat jika menyantap pindang ikan ini bersama nasi yang disajikan masih hangat. Biasanya pindang ikan dinikmati bersama-sama saat masyarakat sedang berkumpul mengadakan acara pernikahan, acara adat atau upacara keagamaan lainnya. Anda bisa menemukan makanan seperti pindang ikan di hampir tempat makan seluruh Garut, khususnya daerah Cikajang, Cihideung, dan Cisurupan.

10. Dorokdok

Dorokdok
Image Credit: Facebook.com @anulhakim

Dorokdok sebenarnya adalah kerupuk kulit seperti pada umumnya. Namun, mengapa dinamakan dorokdok? Karena kerupuk kulit ini diproduksi di Garut sehingga menjadi makanan khas Garut. Kerupuk kulit ini diolah menggunakan rempah dan bumbu khusus yang membuat teksturnya lebih renyah dan mempunyai cita rasa yang gurih. Sangat pas untuk dijadikan teman kudapan apapun!

11. Angleng

Angleng
Image Credit: Facebook.com @yuli.malinda.7

Sebenarnya angleng hampir sama dengan dodol garut yang biasa Anda jumpai. Bahan dasar yang digunakan pun sama, yaitu beras ketan dengan gula merah. Lalu apa yang membedakan? Yang membedakan yaitu angleng lebih berwarna-warni dan biasa diproduksi oleh masyarakat Cihurip. Namun, cita rasanya jangan ditanya lagi, pastinya manis dan lezat. Makanan khas yang satu ini sangat pas untuk dijadikan alternatif oleh-oleh selain dodol.12. Ladu

12. Ladu

Ladu
Image Credit: Facebook.com @ladu.geulis

Jajanan yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Garut adalah Ladu. Ladu adalah makanan khas yang terbuat dari tepung ketan, gula aren dan parutan gula kelapa. Teksturnya kenyal seperti dodol yang membuat makanan ini menjadi buah tangan favorit dari Garut. Bedanya dengan dodol, ladu memiliki tekstur sedikit lebih kasar dan keras.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Garut yang Unik & Instagramable

13. Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti
Image Credit: Facebook.com @E.Jenet.R

Saatnya beralih ke kue! Kue basah satu ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja saat berkunjung ke Garut. Kue Balok Maranti, memiliki tekstur yang padat dan sedikit keras namun akan tetap terasa lembut saat dimakan. Roti ini biasa dijadikan sarapan oleh masyarakat lokal Garut karena mengenyangkan dan tidak akan mudah merasa lapar. Anda bisa membeli roti ini di pasar-pasar tradisional.

14. Surabi

Surabi
Image Credit: Facebook.com @kris.sander.33

Surabi menjadi makanan khas sekaligus jajanan tradisional yang tidak lekang oleh zaman. Bagaimana tidak? Dari dulu hingga sekarang banyak orang tetap menyukai makanan manis nan mengenyangkan ini. Saking populernya, surabi kini selalu dihadirkan di beberapa kota yang ada di Indonesia sebagai makanan penutup.

Makanan ini terbuat dari tepung beras dan kelapa yang diolah. Terlebih lagi, pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional dengan cetakan yang berbentuk khusus membuat rasa surabi ini terasa masih asli dan makin menggoda. Di Garut, surabi disajikan dengan berbagai toping yang tentu menambah kelezatan rasanya.

15. Es Goyobod

Es Goyobod
Image Credit: Facebook.com @ferris.kurniasari

Es Goyobod adalah minuman khas populer dari Garut yang menjadi buruan wisatawan. Bagaimana tidak, minuman ini banyak diburu orang karena kelezatannya. Selain kelezatannya, kesegaran es goyobod tidak perlu diragukan lagi. Sangat cocok untuk meredakan haus dan diminum saat cuaca Garut sedang terik-teriknya.

Sekilas jika dilihat memang seperti es teler, namun yang membedakan adalah rasanya. Es goyobod ini memiliki banyak isian, yaitu buah-buahan seperti semangka, melon, nangka, kelapa muda, gula aren, potongan roti dan lainnya. Ditambah lagi sirupnya yang khas dipadukan dengan susu kental manis membuat rasanya begitu endul. Minuman ini biasa dijadikan hidangan penutup.

Itulah daftar makanan khas yang tidak boleh Anda lewatkan ketika sedang berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Mengunjungi suatu kota tanpa mencicip makanan khas rasanya seperti ada yang kurang. Sehingga, buat list makanan apa saja yang akan Anda santap saat berkunjung ke Kota Garut, karena ada banyak kuliner yang menanti Anda! Sudah memutuskan untuk mencicipi yang mana?