Menemukan kuliner lezat nan unik ketika bertandang ke Depok memang sangat menyenangkan. Inilah daftar makanan khas di Depok yang dapat memberikan sensasi berbeda dalam perjalanan rasaAnda.

Mencicipi olahan kuliner khas tatkala bertandang ke suatu daerah menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan. Apalagi bila berkunjung ke salah satu kota di Jawa Barat, seperti Depok. Berlokasikan tidak jauh dari ibu kota Indonesia, Depok memang menyimpan berbagai sajian kuliner yang mampu menggugah selera penikmatnya. Penasaran apa saja olahan menariknya? Berikut daftar makanan khas yang wajib dicicipi saat berada ke Depok.

1. Bakso Comberan

Bakso Comberan
Image Credit: Google Maps (Bayu Pratama)

Ketika mendengar kata “comberan”, pastinya tidak sedikit orang akan membayangkan mengenai air comberan yang begitu menjijikan. Beda lagi dengan olahan bernama bakso comberan ini, yang mana memiliki kuah berwarna hitam dengan perpaduan rempah yang menggiurkan. Jadi tak heran jika setiap harinya bakso ini selalu diserbu oleh wisatawan di Depok.

Kedai Bakso Pak Bewok merupakan tempat makan yang menyuguhkan olahan bakso comberan satu ini. Berlokasikan tidak jauh dari pusat kota, bakso comberan ternyata telah muncul selama dua puluh tahun lamanya atau lebih tepatnya di tahun 2000. Sebetulnya, warna hitam pada kuah bakso ini berasal dari keluak yang acap kali digunakan untuk rawon, gabus pucung, hingga sop konro.

2. Perkedel Bakar

Perkedel Bakar
Image Credit: Facebook.com @KotaDepokUpdate

Mungkin bagi sebagian besar orang, mengetahui jika perkedel penyajiannya biasanya setelah digoreng. Namun untuk olahan kuliner asal Depok ini sangat berbeda, yang mana harus dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan kepada para konsumennya. Layaknya perkedel pada umumnya, hidangan kuliner ini pula menggunakan bahan utama berupa kentang.

Hanya saja, perkedel bakar menambahkan cengkeh dan lada sehingga aromanya begitu khas. Selain kentang, diberikan pula daging yang telah ditumbuk halus baru kemudian dipanggang. Dalam pembuatannya, perkedel bakar asal Depok pula menggunakan susu sebagai pembeda dari umumnya. Adanya susu tersebut pula menjadikan cita rasa perkedel menjadi lebih gurih dan lezat.

3. Peyek Gale

Peyek Gale
Image Credit: Facebook.com @(Umkm Centre Depok)

Peyek gale merupakan olahan kuliner selanjutnya yang wajib untuk dicoba ketika berada di Depok. Sama halnya dengan rempeyek pada umumnya, peyek gale pula terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan diberikan bumbu seperti bawang putih serta garam. Untuk bisa mencicipi olahan khas Depok ini,Anda harus datang langsung ke Kecamatan Beji, Kota Depok.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Depok yang Enak dan Diburu Wisatawan

Hal unik yang menjadikan peyek gale berbeda dengan rempeyek pada umumnya, yakni bentuknya yang berbeda. Dimana ia memiliki bentuk layaknya kembang goyang. Bukan hanya sebatas rasa original semata, peyek gale pula tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari peyek bayam, peyek rebon, peyek wijen, peyek kacang, dan masih banyak lainnya.

4. Mie Ayam

Mie Ayam
Image Credit: Google Maps (Aditya Angger)

Sajian kuliner khas selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja yakni mie ayam. Meskipun menjadi salah satu sajian yang telah tersebar luas di berbagai penjuru wilayah nusantara, namun mie ayam yang ada di Depok ini terbilang sangatlah khas. Pasalnya, kuahnya terasa begitu lezat dan jarang ditemui di berbagai wilayah lainya.

Salah satu kedai makan yang menyuguhkan mie ayam dengan cita rasa begitu kuat yakni Mie Ayam Berkat. Pemilik kedai memang menggunakan kaldu dengan campuran rempah khas sehingga menciptakan cita rasa yang begitu kuat. Selain kaldu, mie yang digunakan dalam menu satu ini dibuat sendiri dengan menggunakan tata cara khusus. Alhasil, mie terasa sangat lembut dan kenyal.

5. Buah Belimbing

Buah Belimbing
Image Credit: Facebook.com @aji.hendro.5

Bila bertandang ke Depok,Anda akan menjumpai deretan perkebunan belimbing di sepanjang jalan. Adanya perkebunan tersebutlah, tak heran jika Depok terkenal sebagai kota yang memproduksi belimbing dalam jumlah banyak. Bahkan terdapat salah satu jenis buah belimbing yang dinobatkan sebagai ikon Kota Depok, yakni Belimbing Dewa.

Belimbing khas Depok ini memiliki rasa manis dan warna kuning keemasannya yang begitu cantik. Tak sedikit orang percaya jikalau jenis belimbing satu ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari hipertensi, diabetes, hingga nyeri lambung. Untuk bisa mendapatkannya pun sangatlah mudah, lantaran banyaknya masyarakat yang menjajakanya di pinggir jalan.

6. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing
Image Credit: Facebook.com @(Umkm Centre Depok)

Depok menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan agrowisata belimbingnya. Pasalnya, di kota ini terdapat banyak sekali perkebunan belimbing yang mana wisatawan bisa datang dan memetiknya secara langsung dari pohonnya. Melimpahnya belimbing tersebut, membuat sebagian besar masyarakat memanfaatkannya untuk diolah menjadi makanan.

Olahan buah belimbing yang paling terkenal dan laris di kalangan wisatawan yakni dodol. Berbeda dengan dodol di daerah lainnya, dodol belimbing asal Depok ini memiliki rasa manis dan sedikit asam. Sementara untuk teksturnya pun lebih kenyal dan sangat lezat. Jadi tak heran jika banyak sekali wisatawan datang memburu dodok belimbing untuk dijadikan santapan serta buah tangan.

BACA JUGA:  11 Mall di Depok yang Paling Populer

7. Es Pocong

Es Pocong
Image Credit: Facebook.com @resepmasakinimembuatmakanan

Ditengok dari namanya saja, terasa sangat begitu horor. Namun siapa sangka, olahan kuliner satu ini merupakan minuman favorit masyarakat sekitar serta wisatawan. Satu mangkuk es pocong terdiri dari potongan buah pisang, mocha, dan bubur sum sum. Baru kemudian diberikan tambahan sirup dengan susu soda. Sehingga membuat es pocong sangat segar ketika diminum.

8. Sirup Belimbing

Sirup Belimbing
Image Credit: Facebook.com @romiantauli.tambunan

Selain dijadikan dodol, belimbing khas Depok pula kerap diolah menjadi minuman yang sangat menyegarkan. Perpaduan antara rasa masam dan manis dari buah belimbing, membuat sirup ini akan sangat nikmat jika diminum dikala cuaca sedang panas. Tidak sedikit pula, masyarakat menggunakan sirup belimbing sebagai bahan campuran pada minuman khas lainnya.

9. Jus Belimbing

Jus Belimbing
Image Credit: Facebook.com @azwata.depok

Masih berkutat dengan belimbing, olahan kuliner selanjutnya yang bisa dicicipi dikala berkunjung ke Depok yakni jus belimbing. Meski di beberapa wilayah jus belimbing sudah terasa sangat biasa, namun disini rasanya akan sangat berbeda. Pasalnya,Anda bisa merasakan kesegaran secara langsung lantaran buahnya masih sangat segar dari perkebunan.

10. Nastar Belimbing

Nastar Belimbing
Image Credit: Facebook.com @mythaangelsiagian

Nastar merupakan kue yang lazimnya terdapat di perayaan tertentu, misalnya saja momen lebaran atau hari besar lainnya. Biasanya nastar akan diberikan isian berupa selai nanas dengan balutan bahan kue yang empuk nan legit. Namun beda lagi dengan nastar asal Depok, yang mana memanfaatkan isiannya dari belimbing yang dijadikan sebagai selai.

Adanya selai belimbing di dalam nastar tersebut, menjadikannya memiliki cita rasa yang begitu unik. Bahkan rasa ini jarang sekaliAnda temukan pada nastar lainnya yang kerap menggunakan nanas. Nastar belimbing ini bisa didapatkan di berbagai pusat oleh oleh khas kota Depok. Selain dijadikan buah tangan,Anda pun bisa menyantapnya dikala berkunjung ke wisata Depok bersama orang tersayang.

11. Dodol Jambu Biji

Dodol Jambu Biji
Image Credit: Facebook.com @kurniawan

Bukan hanya kaya akan belimbing saja, Depok pula memiliki produksi buah jambu biji dalam jumlah banyak. Buah yang identik berwarna putih maupun merah ini pula bisa diolah menjadi dodol layaknya belimbing. Akan tetapi, cita rasa yang diciptakan tentunya jauh berbeda. Pasalnya, dodol dari jambu biji ini akan menghasilkan rasa yang sangat unik dan lezat ketika disantap.

Hebatnya lagi, dodol jambu biji pula mengandung nutrisi tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi jambu biji terkenal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sehingga akan sangat ampuh tingkatkan imun tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat anti kanker yang sangat baik. Jadi jangan ragu untuk mencicipinya ketika di Depok.

BACA JUGA:  15 Taman Keren di Depok untuk Tempat Bersantai

12. Biskuit Temma

Biskuit Temma
Image Credit: Facebook.com @(Umkm Centre Depok)

Kuliner khas Depok berikutnya yang bisa disantap yakni biskuit temma. Nama makanan ini terbilang unik dan sulit untuk didefinisikan dari berbagai bahasa. Hal ini lantaran “temma” merupakan singkatan dari tepung, tempe, dan kurma. Sesuai dengan namanya, bahan pembuatannya memang berasal dari tepung kedelai dan juga kurma.

Berbagai bahan berkualitas yang digunakannya tersebut, menghasilkan olahan yang begitu menyehatkan. Bukan hanya itu saja, biskuit temma pula terkenal karena kelezatannya yang begitu menggugah selera. Kandungan yang terdapat di biskuit temma antara lain zat antioksidan, protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, serta kalsium.

13. Rujak Cireng

Rujak Cireng
Image Credit: Facebook.com @kurnia.wahyunifirdaus

Bertandang ke Depok belum lengkap rasanya jika belum mencicipi olahan kuliner bernama rujak cireng ini. Makanan yang terbuat dari adonan tepung aci ini memang menjadi salah satu khas dari tanah Sunda. Rujak cireng memiliki rasa yang cukup unik, yakni renyah, empuk, serta gurih. Akan semakin legit lagi, jikalau disiram dengan kuah rujak yang pedas manis.

14. Jus Rumput Laut

Jus Rumput Laut
Image Credit: Kulinerkota.com

Jus rumput laut menjadi olahan kuliner khas Depok yang patut untuk dicoba ketika berkunjung. Jika biasanya rumput laut digunakan sebagai bahan tambahan untuk minuman tertentu, namun kali ini masyarakat lokal mengkreasikannya sebagai jus. Minuman lokal ini menjadi olahan yang cukup populer di kalangan wisatawan karena rasanya yang begitu manis dan menyegarkan.

15. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Image Credit: Facebook.com @verdy.ferdian.7

Siapa yang tidak mengenal tempe? Olahan kuliner yang terbilang merakyat ini memang telah melalang buana di kancah internasional. Hal ini tak lain lantaran cita rasanya yang begitu khas dan harganya cukup terjangkau. Tempe yang diolah menjadi keripik menjadi sajian yang menggiurkan, apalagi bumbu yang digunakan sangat beragam sehingga membuat rasanya begitu kaya.

Menjadi salah satu kota paling besar di Indonesia, Depok memang kerap dijadikan tempat tujuan untuk mengadu nasib. Jadi jangan heran jika banyak sekali masyarakatnya yang cukup cerdas dalam hal mengolah segala sumber daya alam disekitarnya. Misalnya saja beragam makanan khas Depok yang pada ulasan di atas, yang mana sebagian besar merupakan pemanfaatan sumber daya alam.