Cirebon memiliki berbagai hidangan atau sajian khas yang terkenal lezat, dimana sangat melambangkan akulturasi budaya di Kota Udang. Inilah rekomendasi makanan khas Cirebon yang menarik dicoba.

Daerah di Jawa Barat yang dikenal luas sebagai Kota Udang ini, ternyata telah menyimpan dan menawarkan beragam kuliner khasnya. Selagi Anda berkesempatan untuk mengunjungi daerah ini, tak ada salahnya untuk mencicipinya. Untuk rasa yang ditawarkannya dijamin dapat membuat para wisatawan tertarik mencoba lagi dan lagi. Hal ini dikarenakan rasa yang ditawarkan merupakan perpaduan budaya di Cirebon yang pas. Berikut rekomendasi makanan khas Cirebon yang wajib Anda cicipi saat berkunjung.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Image Credit: Google Maps (herman)

Menu sajian atau kuliner khas pertama yang dapat Anda nikmati ketika berada di Cirebon adalah nasi lengko. Makanan ini merupakan salah satu menu andalan warga setempat ketika akan sarapan. Umumnya kuliner satu ini dapat Anda jumpai atau temukan di warung pinggiran jalan atau bahkan di pasar tradisional. Dalam satu piringnya berisi nasi putih, tauge, tahu, dan tempe serta ditambah sausnya. Campurannya menciptakan cita rasa yang unik dan tentunya sangat lezat.

2. Serabi

Serabi Cirebon
Image Credit: Facebook.com (Jalan-jalan Ke Cirebon)

Bila Anda ingin mencari sebuah cemilan sehat, yang mana dapat dijadikan sebagai makanan pengganjal perut di waktu kelaparan. Maka kuliner khas satu ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan yakni serabi. Termasuk kedalam jajaran kue pasar atau tradisional, yang mana telah ada sejak bertahun-tahun silam. Ada satu hal yang membedakan serabi Cirebon dengan serabi daerah lainnya adalah dalam cara menyantapnya. Di kota ini, serabi dimakan bersamaan dengan gorengan.

3. Empal Asem

Empal Asem Battembat
Image Credit: Google Maps (Kang Didno)

Menu sajian selanjutnya adalah empal asem. Makanan khas satu ini terkenal atau cenderung memiliki tingkat lemak dan kolesterol yang sangat rendah. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena dalam sajian makanan atau kuahnya tidak dipadukan dengan santan. Meskipun begitu rasanya tetap sangat segar dengan berbagai bumbu rempah yang ada di dalamnya. Ketika menyantap hidangan satu ini, sangat disarankan untuk menggunakan nasi putih.

4. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung
Image Credit: Cookpad.com

Saat berkunjung ke kota ini, tentunya Anda akan sering mendengar nama masakan rujak kangkung. Olahan makanan satu ini telah menjadi favorit masyarakat sekitar dan bahkan hingga para wisatawan dari luar kota sekalipun. Saat pertama kali mencobanya atau dalam gigitan pertama, maka rasa yang

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bekasi yang Unik & Instagramable

dominan dan identik adalah rasa pedas. Perpaduan antara sambal dengan asam jawa dan terasi, mampu menghasilkan perpaduan yang sangat pas dan lezat.

5. Growolan

Growolan
Image Credit: Bosmeal.com

Ingin mencoba cemilan yang ada di Cirebon? Menu kali ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai makanan ringan ketika sedang bersantai, yakni growolan. Hasil olahan dari gaplek satu ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun, hingga kini makanan ini masih sangat eksis dan menjadi cemilan favorit saat bersantai. Mempunyai warna coklat yang berasal dari gaplek kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa. Hal ini mampu menciptakan rasa gurih dan mengenyangkan.

6. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam Mang Kapi
Image Credit: Google Maps (Ida Farida)

Kuliner khas selanjutnya yang wajib Anda coba adalah bubur sop ayam. Sajian makanan ini hanya dijual pada malam hari saja dan tentunya disajikan dalam keadaan yang hangat. Kaldu ayam yang dicampur dengan lada putih mampu menciptakan kesan yang hangat di dalam tenggorokan. Dalam satu mangkuknya berisi ayam suwir, sayur mayur, dan taburan kacang kedelai yang gurih. Serta tak lupa buburnya yang dapat menambah kenikmatan yang lengkap.

7. Ondal Andil

Ondal Andil
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Kali ini ada rekomendasi kuliner dengan cita rasa yang manis dan pastinya tak akan terlupakan rasanya sejak pertama kali memakannya. Jajanan sederhana ini bernama ondal andil, yang mana terbuat dari sebuah tepung tapioka dengan diolah sedemikian rupa. Dengan teksturnya yang kenyal saat pertama kali dikunyah, tak heran membuat banyak orang menyukainya. Selain itu, di atasnya juga ditaburi sebuah parutan kelapa dan gula pasir.

8. Gado-Gado Ayam

Gado-Gado Ayam
Image Credit: Cookpad.com

Sajian selanjutnya yang dapat Anda coba di sini adalah gado-gado ayam. Makanan khas ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat gurih dan enak. Cita rasa khas yang dihasilkan ini berasal dari bumbu utamanya yang digunakan. Bumbu yang berasal dari campuran santan, kunyit, dan bawang putih mampu menghasilkan rasa yang sangat kental dengan rampah-rampah. Kuahnya yang encer dengan rasa bawang yang masih kental terasa sangat sedap. Sangat cocok untuk disantap di siang hari.

9. Pedesan Entog

Pedesan Entog Mas Nana
Image Credit: Google Maps (Hero Mamangkey)

Seperti yang diketahui bahwa daging entog merupakan salah satu bahan masakan yang sulit untuk diolah. Bila tidak ahli atau terbiasa memasak daging ini, maka akan menghasilkan daging keras dan terasa tidak nyaman ketika berada di dalam mulut. Tetapi tak perlu bingung bila ingin mencoba daging entong ini. Di Kota Cirebon ini ada sebuah menu yang bernama pedesan entog. Diolah dengan teknik khusus dan menggunakan bumbu rempah, mampu menciptakan rasa daging yang empuk dan gurih.

10. Sate Kentang

Sate Kentang
Image Credit: Twitter.com @Ibucita7

Kentang adalah bahan baku masakan yang umumnya diolah menjadi berbagai menu masakan yang lembut. Namun, berbeda dengan Kota Cirebon mereka membuat kentang ini menjadi sate. Sesuai dengan namanya sate kentang ini dipotong melingkar panjang dan kemudian digoreng. Sebelum dilakukan pengorengan, sate ini diberi bumbu terlebih dahulu dengan tepung yang akan membuatnya menjadi semakin renyah. Setelah itu, sate ini akan ditambahkan berupa saus gula merah dan kuah kacang.

BACA JUGA:  Gua Sunyaragi, Cagar Budaya yang Unik Peninggalan Sultan Cirebon

11. Ketoprak Cirebonan

Ketoprak Cirebonan
Image Credit: Cookpad.com

Menu masakan khas Cirebon selanjutnya yang wajib Anda coba ketika berada di sini adalah ketoprak cirebonan. Olahan ini terkenal sebagai makanan yang memiliki harga sangat murah atau ekonomis. Umumnya, ketoprak ini dapat Anda jumpai di pasar atau beberapa tempat keramaian. Ketoprak ini lebih sering dijadikan sebagai menu makanan saat sarapan. Dengan isian yang beragam mampu menciptakan rasa yang gurih dan menggugah selera.

12. Empal Gentong

Empal Gentong
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Kuliner khas kali ini menjadi salah satu identitas Cirebon sejak dahulu kala. Dalam satu mangkuknya, makanan ini berisi banyak empal gentong dengan porsi yang besar dan berbagai isian lainnya. Empal gentong ini berbahan dasar kaldu sapi yang gurih. Bahkan ada bumbu lainnya seperti santan, kunyit, jintan, lada, dan bumbu rahasianya. Perpaduan bumbu yang pas mampu menghasilkan rasa yang sangat menyegarkan dan bahkan dapat memberikan kehangatan pada tubuh yang dingin.

13. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Image Credit: Shopee.co.id

Kali ini ada masakan khas Cirebon yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan ketika berlibur adalah kerupuk melarat. Seperti yang diketahui bahwa kerupuk adalah salah satu makanan yang sangat gurih dan renyah. Sama halnya dengan kerupuk melarat, hanya saja saat menyantapnya ditambahi dengan saus kacang yang disiram di atas kerupuknya. Perlu Anda ketahui bahwa cemilan ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

14. Tahu Gejrot Kanoman

Tahu Gejrot Kanoman
Image Credit: Facebook.com @ayocireboncom

Di seluruh penjuru daerah tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu makanan satu ini. Makanan ringan yang bernama tahu gejrot ini menjadi makanan khas di Cirebon yang wajib untuk Anda coba. Kuliner satu ini menyajikan tahu yang telah dipotong-potong dengan ukuran yang kecil. Yang mana dapat dimakan dalam sekali gigitan, hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pembelinya.

Tahu yang telah dipotong itu nantinya akan disiram dengan bumbunya. Untuk bumbunya sendiri merupakan percampuran dari berbagai rempah-rempah yang dapat menghasilkan sebuah kenikmatan. Berasal dari campuran bawang merah, bawang putih, gula merah, dan beberapa potong cabai. Perpaduan rasa yang pas inilah, yang mana dapat membuat Anda merasa ketagihan untuk memakannya.

15. Gepu

Gepu
Image Credit: Cookpad.com

Ketika mendengar namanya, mungkin akan sangat asing di telinga. Makanan khas Cirebon ini bernama gepu. Yang mana merupakan salah satu olahan masakan dari sebuah bahan baku berupa singkong. Memiliki bentuk yang menyerupai bakwan ini, tetapi isinya mirip dengan oncom. Umumnya, masakan ini banyak dinikmati ketika sore hari. Yang mana sangat cocok untuk dijadikan sebagai santapan selagi masih hangat.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Cirebon yang Terkenal Enak

16. Docang

Docang
Image Credit: Facebook.com @fitri.komariyah.3

Kuliner khas selanjutnya yang wajib Anda coba karena kelezatannya adalah docang. Makanan satu ini sepintas terlihat seperti lontong sayur. Hal ini dikarenakan dari tampilannya sendiri yang berisi berupa lontong, tauge, oncom, dan daun singkong. Setelah itu tak lupa disiram dengan sebuah kuah santan yang kemerahan. Dan yang terakhir ditambahkan dengan remasan kerupuk putih atau kulit. Mampu menghasilkan cita rasa terbaik.

17. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang
Image Credit: Google Maps (alfin daely)

Olahan masakan unik selanjutnya adalah nasi jamblang. Terkenal dengan cita rasanya yang unik dan istimewa, untuk penyajian makanan ini juga sangatlah unik. Hal ini dikarenakan saat makanan ini diberikan akan disajikan dalam selembaran daun jati. Inilah yang menjadi ciri khasnya. Dengan aneka lauknya yang beragam dapat menciptakan cita rasa yang sangat lezat.

18. Mie Koclok

Mie Koclok
Image Credit: Google Maps (Idfan Utama)

Kuliner khas Cirebon yang wajib Anda coba adalah mie koclok. Olahan masakan ini sangat cocok disantap saat cuaca dingin. Hal ini disebabkan karena mie ini juga ditemani dengan kuah yang mengandung lada putih, yang mana dapat memberikan kesan untuk menghangatkan tubuh. Mie kuning dengan tambahan berupa suwiran ayam dan potongan telur, mampu menciptakan cita rasa yang lezat.

19. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Makanan ringan ini merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib untuk Anda coba adalah tahu kuningan. Diolah dari biji kedelai pilihan yang telah melewati berbagai proses mampu menghasilkan tahu dengan cita rasa yang khas dan enak. Terkenal dengan isinya yang sangat padat tentunya dapat membuat Anda merasakan kenyang bila memakan 3 hingga 4 buah tahu.

20. Sate Kalong

Sate Kalong
Image Credit: Google Maps (Daniel Surjawan)

Kuliner terakhir yang wajib untuk dicoba adalah sate kalong. Ketika mendengar namanya mungkin Anda berpikir bahwa berasal dari daging kelelawar. Namun, hal itu sangat salah dikarenakan daging yang digunakan bukanlah kelelawar. Diberi nama kalong, karena tempat makannya yang hanya buka di malam hari hingga pagi hari. Bila dilihat dari segi rasanya tentu tidak kalah dengan sate lainnya, mempunyai cita rasa yang sangat gurih dan sedikit manis menjadi perpaduan yang sangat pas.

Itulah rekomendasi pilihan makanan khas Cirebon. Bila Anda tertarik untuk mencobanya jangan lupa untuk mengunjungi Kota Udang ini. Saat sudah lelah berkeliling di kotanya, jangan lupa untuk menyempatkan mencicipi kuliner khas Cirebon dengan cita rasa yang sangat khas. Kota ini telah menawarkan berbagai olahan kuliner yang sangat bervariasi. Sudah tertarik untuk mencoba yang mana?