Ciamis memiliki banyak potensi wisata yang menarik, salah satunya wisata kuliner. Inilah rekomendasi makanan khas Ciamis yang unik dan cita rasanya mampu memanjakan lidah penikmatnya.

Setiap daerah di Indonesia memang akan memiliki daya tarik tersendiri, entah dari keindahan alamnya atau kuliner khasnya yang menggoyang lidah. Seperti halnya Kabupaten Ciamis di Jawa Barat memiliki potensi wisata yang subur. Anda bisa mengunjungi objek wisatanya yang menawan sekaligus menjajal beberapa makanan khas Ciamis yang terkenal berikut ini.

1. Mie Golosor Khas Ciamis

Mie Golosor Khas Ciamis
Image Credit: Facebook.com @ceceu.geboy

Hampir semua orang gemar mengkonsumsi mie sebagai salah satu pengganti nasi. Ketika Anda menginjakkan kaki di Ciamis, Anda bisa menjadikan Mie Golosor sebagai wisata kuliner Anda. Jika mengintip namanya, Golosor berarti licin, sehingga tekstur mie satu ini memang licin dan mudah untuk diseruput. Dengan bentuk yang lebih besar dari mie pada umumnya.

Makanan khas Ciamis ini dibuat dari bahan dasar tepung kanji yang menjadikannya begitu kenyal. Umumnya, Mie Golosor akan disajikan dengan toping dan berkuah. Topingnya sangat beragam, mulai dari daging sapi atau ayam dan tidak ketinggalan kerupuk. Selain disajikan berkuah, Anda juga bisa mencicipi Mie Golosor Bakso dan goreng yang tak kalah nikmat.

2. Colok Gembrung

Colok Gembrung
Image Credit: Facebook.com @rina.apriani.9406

Makanan satu ini merupakan kuliner khas yang dari segi tampilan sangat mirip dengan sate. Hanya saja Colok Gembrung menggunakan bahan dasar berupa kulit. Setelah itu, kulit akan dibumbui dengan galendo yang merupakan khas Ciamis. Kulitnya akan ditusuk mirip dengan sate, soal rasa Anda tak perlu khawatir karena sangat gurih dan enak.

Perpaduan tekstur kenyal dari kulitnya dan dipadukan dengan gurihnya galendo dijamin akan membuat Anda ketagihan. Tak heran jika makanan satu ini menjadi kuliner yang begitu digemari oleh masyarakat. Anda bisa menemukan colok gembrung ini beberapa pasar tradisional ataupun di area Taman BMX Cigembor ketika hari minggu.

3. Galendo

Galendo
Image Credit: Facebook.com @AgusFlexcible

Ketika Anda singgah di Ciamis, Anda tak boleh melewatkan Galendo. Galendo adalah makanan khas Ciamis yang sangat populer dan diburu untuk dijadikan buah tangan. Galendo sendiri merupakan panganan yang memiliki rasa manis dan juga gurih. Bahan dasar yang digunakan adalah saripati kelapa yang sebelumnya harus dilakukan pengendapan lebih dulu.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Garut yang Enak dan Diburu Wisatawan

Setelah semuanya mengendap, akan menghasilkan endapan juga minyak. Endapannya akan dijemur hingga menjadi bubuk yang kemudian disulap menjadi galendo. Galendo sendiri hadir dengan berbagai rasa yang bisa Anda cicipi. Mulai dari rasa original, rasa coklat, susu dan lainnya. Tampilannya kekinian dan sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

4. Aneka Kerupuk

Aneka Kerupuk
Image Credit: Twitter.com @farahdhyaa

Kerupuk, makanan satu ini mungkin terbilang biasa saja. Anda bisa menemukannya di berbagai daerah di Indonesia. di Ciamis,anda bisa menemukan sentra industri kerupuk yang bisa Anda jadikan tempat berburu kuliner renyah ini. Berbagai jenis kerupuk hadir, mulai dari yang original hingga yang berbalut bubuk cabe pedas.

5. Pindang Gunung

Pindang Gunung
Image Credit: Twitter.com @Ikahidayatt

Untuk melanjutkan perjalanan kuliner Anda di Ciamis, Anda bisa menjadikan Pindang Gunung Sebagai pilihan. Pindang Gunung ini menjadi makanan khas Ciamis yang cocok dinikmati dengan nasi hangat. Bahan utamanya adalah ikan laut, bisa ikan kakap merah, kakap biasa ataupun tongkol, tentu saja dibuat dari bahan yang masih segar.

Setelah itu ditambahkan dengan beberapa racikan bumbu serta rempah yang membuatnya makin sedap. Bahkan dari aromanya saja akan membuat Anda tak sabar mencicipinya. Dari segi tampilan, pindang Gunung berkuah kuning kecoklatan. Rasanya segar, pedas dan gurih yang menghadirkan kesatuan yang menggoyang lidah. Ada banyak rumah makan yang menawarkan makanan satu ini.

6. Sale Pisang

Image Credit: Facebook.com @andri.purnawan.75

Selain makanan berat, Ciamis juga memiliki banyak cemilan yang wajib untuk Anda coba. Seperti halnya Sale Pisang yang selalu berhasil menarik perhatian pecinta kuliner. Tak heran jika makanan satu ini memang sangat terkenal. Di Ciamis sendiri, Anda bisa mencicipi sale pisangnya yang tak kalah nikmat dari daerah lainnya.

Apalagi sale pisang khas Ciamis juga sudah memenuhi kualitas ekspor. Sehingga wajib bagi Anda untuk mencicipi makanan ini. Sale pisang dibuat dari pisang yang diiris memanjang setelah itu digoreng dengan balutan tepung. Bagian luarnya krispi, dengan dalamnya yang lembut. perpaduan rasa manis dan renyahnya balutannya membuat siapapun akan ketagihan.

7. Abon Sapi

Abon Sapi
Image Credit: Facebook.com @cucu.an.14

Siapa yang tidak mengenal abon sapi? Kuliner satu ini terbilang banyak penggemarnya. Panganan dengan rasa yang gurih dan enak ini juga menjadi makanan khas Ciamis yang wajib Anda buru. Seperti namanya, produk kuliner ini dibuat dari daging sapi. Setelah daging akan ditambahkan dengan bumbu khas yang membuat rasanya makin luar biasa nikmat.

BACA JUGA:  20 Makanan Khas Bogor yang Terkenal Lezat

Abon sapi sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih yang masih mengepul. Selain itu bisa langsung dinikmati, Anda juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan. Apalagi abon sapi termasuk tahan lama, sehingga Anda tak perlu khawatir akan basi. Abon sapi khas Ciamis, bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh oleh yang ada di Ciamis dengan harga bervariasi.

8. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi
Image Credit: Facebook.com @ranirastafara.anzana

Selain abon sapi, Ciamis juga memiliki kuliner kebanggaan berupa Dendeng Sapi. Kuliner yang dibuat dari daging sapi ini tak perlu diragukan lagi soal rasanya. Sebenarnya, bagi masyarakat Indonesia dendeng sapi bukanlah makanan yang asing. Panganan satu ini memang sangat mudah untuk ditemui di berbagai daerah.

Dendeng sapi akan dipotong tipis terlebih dahulu, kemudian diberikan bumbu dan rempah. Proses pengolahan ini belum selesai, karena dendeng harus dikeringkan lebih dulu. Dendeng sapi khas Ciamis sendiri memiliki rasa khas dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Anda bisa mendapatkannya dari harga mulai dari Rp 50 ribu tergantung kemasannya.

9. Surabi

Surabi Ciamis
Image Credit: Facebook.com @dimas_wibisanaa

Ciamis juga memiliki jajanan tradisional yakni Surabi, makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat. Olahan tradisional ini dibuat dengan rasa yang manis. Bentuknya tak jauh berbeda dengan surabi yang lainnya. Anda bisa memesan sesuai dengan selera Anda. Apalagi kini sudah hadir berbagai rasa kekinian yang siap memanjakan lidah anda/

10. Kecimpring

Kecimpring Ciamis
Image Credit: Facebook.com @fauzan.fabyyan

Makanan khas Ciamis yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah kecimpring. Nama makanan ini memang sangat unik, dan wajib untuk Anda cicipi. Kecimpring sendiri juga bisa disebut dengan keripik atau kerupuk singkong. Karena bahan dasar makanan satu ini adalah singkong. Singkong akan diparut halus dan ditambahkan dengan bumbu khusus.

Bumbu mulai dari bawang putih, daun bawang, cabai juga penyedap rasa membuat rasa makanan ini makin nikmat. Semua bahan akan dicampurkan hingga membentuk adonan, barulah adonan ini akan diiris tipis tipis. Prosesnya cenderung panjang, Anda bisa membeli kecimpring dalam bentuk mentah atau membelinya dalam kondisi matang.

11. Saroja

Saroja
Image Credit: Facebook.com @nhell.eottsangatt

Saroja, mendengar nama ini mungkin banyak yang langsung tertuju pada bunga seroja. Makanan satu ini memang memiliki bentuk mirip dengan bunga saroja. Saroja juga kerap dikenal dengan kembang goyang, rasanya gurih dan manis. Teksturnya renyah, sangat cocok untuk dijadikan teman bersantai ataupun dijadikan buah tangan keluarga di rumah.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

12. Cororot

Cocorot
Image Credit: Facebook.com @ciamismanis

Ciamis masih memiliki kuliner khas yang wajib Anda cicipi ketika ada di kabupaten ini. Salah satunya Cororot, makanan tradisional ini tidak hanya memiliki nama yang unik tetapi juga bentuk yang unik. Bahan dasar jajanan ini adalah gula merah dan juga tepung beras. Kemudian akan dibungkus dengan janur atau daun kelapa, dengan bentuk mirip terompet.

Makanan ini sekilas mirip dengan dodol karena memiliki warna coklat dengan tekstur yang lembut. Dengan bahan yang ada tentu saja Anda sudah bisa membayangkan bagaimana rasa panganan ini. Rasanya manis dan akan membuat lidah ingin terus menikmatinya. Anda bisa menemukan makanan ini di beberapa pasar tradisional dan cocok dijadikan oleh oleh.

13. Opak Khas Ciamis

Opak Khas Ciamis
Image Credit: Facebook.com @kmgbandung

Jawa Barat memang termasuk daerah yang banyak menawarkan opak dari berbagai macam bentuk. Di Ciamis Anda juga bisa menemukan opak yang dibuat dari bahan ketan. Bentuknya mirip kerupuk dan bulat bulat. Jajanan tradisional ini bisa Anda temukan di pasar tradisional. Anda juga bisa menemukan buah tangan nikmat ini di beberapa pusat oleh oleh Ciamis.

14. Gula Kelapa

Gula Kelapa
Image Credit: Facebook.com @kadal.mesir.3701

Gula Kelapa atau yang dikenal dengan gula jawa juga bisa ditemukan di Ciamis. Bahan makanan ini dibuat dari sari kelapa yang kemudian diolah setelah beberapa tahapan proses. Sekalipun dalam bentuk gula, Gula Kelapa banyak diburu oleh wisatawan. Karena memang banyak ditemukan serta saat ini sudah hadir dengan kemasan yang cantik.

15. Gula Aren

Gula Aren
Image Credit: Facebook.com @(PEDAGANG CIREBON)

Selain Gula Kelapa, di Ciamis Anda juga bisa menemukan Gula Aren yang banyak ditemukan. Gula asli Ciamis ini memiliki bentuk bulat yang lebih kecil, sehingga akan sangat mudah untuk dibawa. Dibuat dari nira aren, gula ini memang memiliki rasa yang khas. Anda bisa memperoleh makanan khas Ciamis ini di pasar tradisional atau toko oleh oleh.

Beberapa makanan khas kabupaten Ciamis yang telah disebutkan bisa dijadikan sebagai referensi jika Anda singgah di kabupaten ini. Mulai dari makanan berat, jajanan tradisional hingga buah tangan bisa Anda temukan. Dengan belanja kuliner ini, pastinya kegiatan liburan Anda di Ciamis tidak akan membosankan.