Selagi menikmati udara Bogor yang sejuk, terasa lengkap jika mencicipi aneka makanan khas lezatnya. Mulai dari kuliner keringan hingga berkuah, bisa menjadi teman terbaik untuk memuaskan perut yang keroncongan.

Menyimpan segudang destinasi wisata alam menawan dalam balutan udara menyejukkan, membuat Bogor masuk dalam daftar kota yang banyak dikunjungi wisatawan. Selama berada disana, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner lezatnya untuk memanjakan perut yang mulai berbunyi. Berikut daftar makanan khas Bogor yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

1. Roti Unyil

Roti Unyil
Image Credit: Google Maps (N. Yett)

Sesuai namanya, roti satu ini memiliki ukuran mungil dan menggemaskan dan dihadirkan dengan aneka varian rasa. Umumnya roti satu ini disajikan dalam bentuk paket, dimana satu paketnya berisikan mulai dari 10 hingga 60 buah roti. Tingginya pesanan roti unyil setiap harinya, merupakan tanda bahwa Anda tidak perlu ragu soal cita rasa yang diberikannya.

2. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia Basah Suryakencana
Image Credit: Google Maps (Mokhammad Umar)

Kota Bogor juga terkenal akan sajian kulinernya yang bernama Lumpia Basah Suryakencana. Aroma wangi yang dikeluarkan saat proses memasak, membuat siapapun yang lewat di sekitarnya akan tertarik membelinya. Dari aromanya saja, Anda bisa membayangkan betapa lezatnya Lumpia Basah Suryakencana terutama dikonsumsi saat cuaca sedang dingin.

3. Toge Goreng

Toge Goreng
Image Credit: Google Maps (Cahyo Hening)

Bogor memiliki sederet kuliner lezat untuk disantap disaat perut terasa lapar, salah satunya adalah Toge Goreng. Makanan khas Bogor ini terbuat dari toge yang dipadukan dengan bumbu tauco asli. Sejak gigitan pertama, Anda bisa merasakan pedas dan gurih yang bersatu padu menghasilkan cita rasa yang tidak akan pernah terlupakan.

Sedangkan bumbu tauco akan dicampur dengan oncom yang membuat sajian kuliner ini semakin menggoda untuk disantap. Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan kerupuk mie sebagai pelengkap sajiannya. Tidak sulit untuk menemukannya, karena sudah banyak pedagang kaki lima yang menawarkan Toge Goreng sebagai menu andalannya.

4. Bapatong

Bapatong
Image Credit: Facebook.com @JajananOnline

Bogor terkenal sebagai kota hujan dan memiliki udara yang sangat sejuk dibandingkan dengan kota lain yang ada di Jawa Barat. Setibanya di kota hujan tersebut, jangan lewatkan mengkonsumsi Bapatong untuk mengisi perut yang sedari tadi berbunyi. Kuliner khas Bogor yang begitu lezat ini siap membantu tubuh tetap hangat, sekaligus memuaskan perut kelaparan.

Dilihat sekilas saja, Anda bisa mengetahui bahwa Bapatong atau dikenal bakso kupat ini berbeda dari bakso pada umumnya. Sebab dalam satu porsinya saja, aneka macam lauk akan disajikan bersamaan hingga mangkuk terasa penuh. Aneka macam lauk tersebut terdiri dari ketupat, bakso, dan iga sapi yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi.

BACA JUGA:  Pesona Curug Luhur, Air Terjun Terindah di Lereng Gunung Salak Bogor

5. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana
Image Credit: Snackistana.blogspot.com

Kacang Bogor Istana adalah camilan yang hanya ditemukan saat musim panen kacang khas Bogor pada bulan Februari hingga April saja. Dengan kata lain, tidak setiap waktu Anda bisa menemukan kuliner lezat ini untuk disantap bersama dengan keluarga tercinta. Oleh karena itu, jangan sia siakan kesempatan untuk membeli camilan lezat ini ketika sudah tiba di kota Bogor.

6. Cungkring

Cungkring
Image Credit: Google Maps (fatimatus zahroh)

Cungkring dalam bahasa Jawa diartikan sebagai orang yang sangat kurus. Namun cungkring yang akan dibahas kali ini, merupakan sebuah makanan lezat yang terbuat dari kaki sapi dan umumnya dijadikan sebagai menu sarapan. Bagian kaki sapi nantinya dipotong menjadi 4 bagian yang terdiri dari kikil, dampal, kulit, dan urat.

Keempat bagian kaki sapi tersebut kemudian diolah menggunakan aneka rempah pilihan dan ditambahkan dengan kuah bumbu sate. Sedangkan dalam satu porsi berisikan dua bagian sapi kaki, lontong, dan 2 keripik tempe. Meski sederhana, kuliner satu ini siap memanjakan perut keroncongan. Sekali mencobanya, siapapun akan dibuat jatuh hati dan ketagihan mengkonsumsinya.

7. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor
Image Credit: Wikipedia.org

Bagi pecinta olahan mie, tampaknya harus mencicipi kelezatan satu mangkok Soto Mie Bogor. Dalam satu porsinya akan disajikan aneka lauk pauk mulai dari mie, tetelan, daging, lobak, risol, kentang, seledri, dan daun bawang. Semua lauk tersebut kemudian disiram menggunakan kuah kaldu kental yang menambah cita rasanya.

8. Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi
Image Credit: Google Maps (Pusat oleh oleh khas Bogor Bika Bogor Tallubi Padjajaran)

Walaupun Bika Ambon merupakan makanan khas Medan, ternyata kota Bogor juga memiliki Bika Bogor Talubi sebagai kuliner andalannya. Camilan yang terbuat dari talas dan ubi ini, memiliki tekstur begitu lembut yang berhasil mencuri hati siapapun. Bika Bogor Talubi hadir dengan aneka varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera seperti madu dan coco pandan.

9. Ngo Hiang

Ngo Hiang
Image Credit: Cookpad.com

Sedang mencari makanan berlabel non halal saat menapakkan kaki di kota Bogor ? Cobalah mencoba kenikmatan yang disajikan dalam satu porsi Ngo Hiang. Kuliner khas Bogor ini merupakan makanan yang dibuat dari potongan kentang rebus, pangsit dengan isian daging babi, serta gorengan lezat dari olahan daging babi.

Semua lauknya akan diletakkan dalam sebuah mangkuk dan disiram kuah kental bernama saus ngo hiong. Kuliner lezat satu ini cocok disantap ketika perut sedang kosong mengingat satu porsinya sudah cukup banyak dan memuaskan. Anda juga bisa memadukannya dengan minuman menyegarkan seperti Es Pala khas Bogor, untuk menciptakan perpaduan pas dan mantap.

BACA JUGA:  Pesona Curug Pangeran, Air Terjun Eksotis di Kaki Gunung Bunder Bogor

10. Doclang

Doclang Pak Odik
Image Credit: Google Maps (Riyadi Prakoso)

Dilihat sekilas, kuliner khas Bogor satu ini akan mengingatkan Anda dengan lontong sayur yang bisa ditemukan di daerah lainnya. Pasalnya dalam satu porsinya akan disajikan irisan kentang goreng, pesor, telur rebus, dan tahu goreng yang kemudian dihujani dengan bumbu kacang dan kecap. Hanya dengan membayangkannya saja sudah berhasil membuat perut merasa lapar.

Tampilannya memang serupa, namun yang membuat Doclang istimewa yaitu penambahan ketupat atau pesor yang dibuat dari beras yang kemudian dibungkus menggunakan daun putat. Kemudian beras akan direbus selama beberapa jam hingga masak. Daun putat sendiri, merupakan sejenis tanaman yang tumbuh subur di kaki Gunung Salak.

11. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Image Credit: Cookpad.com

Siapa yang tidak mengenal kuliner legendaris bernama Laksa Bogor ? Kuliner yang banyak diburu oleh masyarakat lokal dan para pelancong dari luar daerah ini, sebenarnya hampir serupa dengan Laksa Betawi. Dimana dalam satu porsinya terdiri dari tauge, ketupat, kemangi, dan bihun yang dicampur menjadi satu.

Sajian makanan ini juga hampir serupa dengan Laksa Cianjur. Namun yang membedakan Laksa Bogor dengan Laksa di daerah lainnya, terletak pada penambahan telur rebus serta tahu kuning yang membuat cita rasanya semakin nikmat tak tertahankan. Rasa kuliner ini terasa semakin nikmat berkat siraman kuah yang menggunakan oncom.

12. Pie Apple Pie Bogor

Pie Apple Pie Bogor
Image Credit: Google Maps (PIA Apple Pie)

Mencari kuliner khas Bogor dan berniat membawanya sebagai buah tangan ? Sepertinya Anda bisa membeli Pe Apple Pie Bogor sebagai alternatifnya. Pie satu ini memiliki tekstur garing pada bagian luarnya, dan terasa lembut dan manis untuk bagian dalamnya. Selain pie apple, masih banyak varian pie lainnya yang tidak kalah lezat untuk dicicipi.

13. Makaroni Panggang

Makaroni Panggang
Image Credit: Google Maps (Betania Gian)

Makaroni Panggang masuk dalam daftar kuliner khas Bogor yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner ini akan disajikan langsung dengan sebuah wadah khusus yang telah diselimuti aluminium foil. Rasanya semakin nikmat dan membuat ketagihan berkat penambahan bacon di bagian dalamnya. Agar semakin mantap, nikmati Makaroni Panggang selagi masih hangat bersama keluarga.

14. Pepes Sagu

Pepes Sagu
Image Credit: Tribunnews.com

Tertarik mencoba kuliner tradisional khas Bogor ? Sepertinya Anda harus mencoba Pepes Sagu terlebih dahulu. Sesuai pemberian namanya sendiri, kuliner lezat ini terbuat dari bahan utama sagu yang ditambahkan dengan aneka rempah rempah pilihan untuk meningkatkan cita rasanya. Adonan dari sagu tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar hingga matang.

15. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
Image Credit: Cookpad.com

Asinan adalah makanan tradisional khas Bogor yang hingga kini masih banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Sebenarnya Bogor memiliki beberapa jenis asinan, salah satunya adalah Asinan Jagung Bakar. Asinan satu ini terbuat dari jagung bakar dan timun sebagai bahan pembuatan utamanya.

Olahan dari jagung bakar kemudian disiramkan dengan kuah asinan dan siap disantap. Bagi pecinta makanan pedas, bisa menambahkan beberapa potong cabai agar semakin nikmat. Dalam satu porsinya akan ditambahkan dengan kerupuk mie sebagai pelengkapnya. Sajian kuliner ini akan semakin nikmat ketika disantap saat masih hangat.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat

16. Asinan Bogor

Asinan Bogor
Image Credit: Detik.com

Bertandang ke kota Bogor tanpa mencicipi asinan bak membuat masakan tanpa garam dan gula. Asinan Bogor sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu asinan buah dan asinan sayur yang bisa dipilih sesuai selera setiap individu. Satu porsi asinan buah terdiri dari salak, kedondong, jambu ubi, pepaya, dan bengkoang yang menyatu sempurna dengan kuah asinan.

Sedangkan satu porsi asinan sayur terdiri dari wortel, toge, ketimun, dan beberapa potong kol akan direndam di dalam air gula yang ditambahkan dengan cuka segar. Ketika pertama kali mencicipinya, rasa segar dan nikmat bersatu padu melahirkan cita rasa yang begitu nikmat. Tidak heran jika wisatawan rela datang dari jauh hanya untuk menikmati satu porsi asinan Bogor.

17. Kue Bolu Lapis Bogor

Kue Bolu Lapis Bogor
Image Credit: Cookpad.com

Kue Bolu Lapis Bogor termasuk salah satu kuliner khas Bogor yang wajib dicoba. Anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan terbaik, mengingat rasanya yang begitu lezat tiada dua. Kuliner ini juga dihadirkan dengan berbagai topping mulai dari rainbow chips, keju, dan choco chips. Kelezatannya sudah terkenal hingga ke luar daerah, sehingga Anda harus rela mengantri untuk mendapatkannya.

18. Martabak Encek

Martabak Encek
Image Credit: Instagram.com @thefoodsnap

Martabak termasuk salah satu kuliner lezat yang bisa ditemukan di berbagai daerah, salah satunya di kota Bogor. Hanya saja sajian martabak khas Bogor sedikit berbeda, karena proses pembuatanya dilakukan menggunakan arang. Pilihan rasa yang disediakan masih sama, namun proses pembuatannya yang unik berhasil menciptakan cita rasa unik.

19. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu
Image Credit: Kompas.com

Apabila bertandang ke daerah puncak Bogor, sempatkan diri untuk mengkonsumsi Ubi Bakar Cilembu terlebih dahulu. Kuliner sederhana yang sudah terkenal akan kelezatannya ini akan membuat siapapun jatuh hati sejak gigitan pertama. Rasanya yang manis bak madu, membuat siapapun merasa ketagihan sekaligus memuaskan perut.

20. Soto Kuning Bogor

Soto Kuning Pak Yusup
Image Credit: Google Maps (Dwi Lie)

Berjalan jalan di kota Bogor, jangan lupa mencicipi kelezatan rasa dari Soto Kuning khas Bogor terlebih dahulu. Sedikit berbeda dengan sajian soto pada umumnya, dimana satu porsinya Anda akan disajikan dengan aneka pilihan daging melimpah. Semua lauknya akan disiram menggunakan kuah kuning yang berhasil menciptakan cita rasa tiada bandingannya.

Bertandang ke kota Bogor akan terasa kurang mantap jika belum menyantap beragam makanan khasnya terlebih dahulu. Bahkan beberapa diantaranya bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh

untuk keluarga maupun kerabat terdekat. Soal rasa tidak perlu dipertanyakan, sehingga tidak perlu ragu membeli borongan sekaligus agar tidak menyesal kemudian.