Berada dekat dengan Jakarta, Bekasi juga dikenal memiliki beragam makanan khas yang terkenal lezat. Kuliner yang tersaji dijamin mampu memanjakan lidah para wisatawan.

Kota Bekasi menjadi salah satu kota yang berdekatan dengan Jakarta. Karena lokasinya yang dekat, maka Anda pun bisa mampir ke kota ini untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang ditawarkan. Tertarik untuk mencoba? Berikut ini akan diulas beberapa deretan kuliner khas Bekasi yang mempu menggugah selera.

1. Kue Dongkal

Kue Dongkal
Image Credit: Instagram.com @maumakanapaid

Salah satu kuliner unik pertama yang bisa Anda coba adalah Kue Dongkal. Kue ini memiliki bentuk layaknya tumpeng. Hal ini dikarenakan cetakannya memang berbentuk seperti tumpeng dan terbuat dari anyaman bambu. Umumnya, makanan ini dibuat dari beras yang telah ditumbuk dengan halus dan diberikan gula aren.

Selanjutnya, cara pembuatannya adalah dikukus dan nantinya disajikan dengan menggunakan daun kelapa atau pisang. Dengan memiliki cita rasa yang manis dan gurih, tentu saja akan membuat Anda ketagihan. Saat berada di Bekasi sendiri, Anda pun akan mudah menemukan kuliner satu ini.

2. Oblok Tongki

Oblok Tongki
Image Credit: Twitter.com @koran_metro

Sekilas makanan ini akan terdengar sangat aneh di telinga. Namun, sebenarnya kuliner tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan rendang ayam. Umumnya, Oblok Tongki merupakan salah satu makanan yang berasal dari Betawi dengan menggunakan bahan bebek. Dengan proses pengolahan yang lama, tentunya akan membuatnya menjadi lunak.

Memiliki cita rasa yang sangat gurih, makanan satu ini akan sangat pas disajikan dengan sepiring nasi hangat. Ditambah pula dengan adanya bumbu cabai kental yang membalut daging bebek tersebut, pastinya akan membuat Anda ingin mencicipinya. Untuk itu, Anda pun bisa segera datang ke Bekasi untuk mencoba kuliner lezat ini.

3. Sop Janda

Sop Janda
Image Credit: Google Maps (Dejo Lab)

Sop Janda menjadi kuliner selanjutnya yang wajib Anda coba. Bukan karena yang menjualnya adalah seorang janda, melainkan makanan ini adalah singkatan dari Jawa Sunda. Terdapat tulang sapi, daging dan kuah yang telah dibumbui rempah serta cabai ceplak ijo akan membuat cita rasa gurih dan pedas berpadu menjadi satu.

BACA JUGA:  15 Tempat Kuliner Malam di Bandung yang Paling Hits

4. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa
Image Credit: Shopee.co.id

Ketika Anda bertamu ke rumah Betawi, pastinya Anda akan sering menjumpai Kue Akar Kelapa. Hal ini juga bisa ditemukan ketika mengunjungi Bekasi. Dengan memiliki bentuk yang unik dan juga rasa yang lezat akan membuat Anda ketagihan ketika mencicipi kue khas dari Bekasi ini.

Nama akar kelapa dikarenakan memiliki bentuk yang menyerupai dengan akar dari pohon kelapa. Dimana bergerigi dan mempunyai bentuk yang panjang. Untuk rasanya sendiri, cenderung perpaduan asin dan manis. Namun rasa gurih juga akan bisa Anda rasakan ketika mencobanya.

5. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang
Image Credit: Instagram.com @mpok_nini

Di Bekasi sendiri banyak sekali makanan khas yang disajikan dalam bentuk kue. Salah satu yang bisa Anda jumpai adalah Kue Biji Ketapang. Dulunya, terdapat pohon ketapang yang tumbuh di pinggiran jalan. Dengan inspirasi tersebut, akhirnya orang pun membuat kue yang berasal dari biji ketapang.

Kue satu ini memiliki tekstur yang agak keras. Sehingga, Anda pun akan membutuhkan sedikit tenaga untuk menggigitnya. Namun, hal itulah yang menjadi daya tarik dari kue satu ini. Untuk Anda yang penasaran akan rasanya, maka Anda bisa dengan mudah untuk menjumpainya di toko kue kering yang ada di daerah Bekasi.

6. Sayur Asem Khas Bekasi

Sayur Asem Khas Bekasi
Image Credit: Selerasa.com

Mungkin di daerah asal atau kota yang Anda tinggali, sayur asem sudah menjadi makanan yang kerap kali dijumpai. Bahkan bisa dikatakan hampir di seluruh Indonesia mengenal makanan satu ini. Namun, di Bekasi sendiri memiliki jenis sayur asem yang unik dan berbeda. Sehingga, Anda pun wajib untuk mencobanya.

Olahan sayur asem di Bekasi ini sangatlah khas. Hal ini dikarenakan sayur asem yang ada disini memiliki cita rasa yang begitu asam, dibandingkan dengan daerah yang lain. Untuk isiannya sendiri, yakni terdiri dari kacang, sayuran dan juga labu. Menyantap sayur asem ketika siang hari tentu saja akan sangat menyegarkan.

7. Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus khas Bekasi
Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Kue telur gabus menjadi jajanan selanjutnya yang bisa Anda temukan di Bekasi. Awalnya, kue satu ini hanya memiliki satu rasa saja yakni bercita rasa gurih. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan menjumpai berbagai varian ras dari kue telur gabus. Diantaranya adalah rasa keju yang sangat lezat dan memiliki tekstur layaknya gabus atau styrofoam.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Tasikmalaya yang Terkenal Lezat

8. Kue Cucur Khas Bekasi

Kue Cucur Khas Bekasi
Image Credit: Masaginews.com

Memiliki warna khas yakni cokelat, Anda juga bisa menemukan kue cucur saat berkunjung ke Bekasi. Umumnya, kue ini memiliki bentuk yang bundar dan untuk bagian tengahnya memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan dengan pinggirnya. Dimana untuk pinggiran kue ini cenderung memiliki tekstur kering dan renyah.

Sekilas, mungkin Anda akan melihat kue yang mirip dengan dorayaki. Namun, bahan dasar untuk membuat kue cucur adalah tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Sehingga, Anda pun nantinya akan bisa merasakan rasa manis dan tekstur yang kenyal ketika mencicipi kuliner satu ini.

9. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang
Image Credit: Tokopedia.com

Kue kembang goyang adalah jenis kue krispi khas Betawi yang nantinya bisa banyak ditemukan di Bekasi. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, membuatnya cocok dimakan sembari bersantai. Dinamakan kembang goyang karena kue ini digoreng dengan menggunakan cetakan berbentuk bunga dan digoyang goyang ketika memasaknya.

10. Kue Jalabia

Kue Jalabia
Image Credit: Twitter.com @jadi_tukang

Kue Jalabia memiliki warna yang hitam. Untuk membuatnya sendiri, dibutuhkan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung ketan, kelapa, gula merah dan juga santan. Dengan memiliki bentuk bulat di tengahnya menyerupai donat, maka ketika berada di Bekasi pastinya Anda wajib mencoba makanan satu ini.

Namun, berbeda dengan donat yang kering, untuk tekstur dari kue jalabia cenderung lebih lengket. Meskipun terlihat seperti makanan yang gosong karena berwarna hitam, namun Anda akan merasakan rasa yang manis ketika menggigitnya. Oleh karena itu, makanan ini sangat pas untuk Anda yang sedang ngeteh atau ngopi di sore hari.

11. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Image Credit: Bukalapak.com

Tak hanya Garut yang dikenal dengan dodolnya. Melainkan jika Anda mengunjungi kota Bekasi, maka Anda pun akan menemukan dodol betawi dengan rasa khas yang wajib Anda coba. Makanan ini dikenal sebagai kuliner yang memiliki cita rasa tinggi. Hal tersebut dikarenakan tak sembarang orang yang bisa membuatnya.

12. Kue Rangi

Kue Rangi
Image Credit: Instagram.com @maumakanapaid

Kue rangi juga menjadi salah satu jajanan yang bisa dengan mudah untuk Anda temui di Bekasi. Hal ini dikarenakan masyarakat Bekasi kebanyakan merupakan Betawi, sehingga hal tersebut berdampak pada kulinernya. Kue rangi merupakan salah satu kue kelapa yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji.

Dalam pembuatannya, kue ini dicetak dengan menggunakan cetakan yang khusus. Umumnya memiliki bentuk layaknya cetakan kue pukis yang memiliki lubang lebih dangkal. Selanjutnya, kue tersebut dibakar. Dan apabila Anda ingin menikmatinya, maka akan dilumuri dengan saus yang terbuat dari gula merah. Tentunya rasa manis dan legit akan bisa Anda dapatkan.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah Dekat Stasiun Bekasi Dengan Fasilitas Terbaik

13. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod
Image Credit: Tokopedia.com

Bandeng rorod merupakan salah satu kuliner khas Bekasi yang kerap kali dijadikan oleh oleh bagi wisatawan yang mengunjungi kota Bekasi. Ketika Anda mengira bandeng ini sama dengan bandeng presto, tentu saja salah besar. Sebab bandeng rorod merupakan kuliner dengan bandeng yang tanpa duri. Diolah dengan bumbu yang khas akan menambah cita rasa yang lezat.

14. Kue Sagon

Kue Sagon
Image Credit: Facebook.com (Santy Dewi)

Jajanan ini merupakan salah satu makanan khas Bekasi yang bisa Anda coba selanjutnya. Terbuat dari bahan utama tepung beras, namun awalnya tepung beras ini akan disangrai terlebih dahulu. Selain tepung beras, kuliner ini juga biasanya akan ditambahkan dengan kelapa parut.

Dengan adanya campuran tersebut, ternyata dapat membuat kue sagon memiliki cita rasa yang sangat enak dan khas. Pastinya, Anda akan merasakan rasa gurih ketika menggigitnya. Untuk bentuknya sendiri, kue ini memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari persegi panjang atau bulat pipih. Hal tersebut tergantung dengan cetakannya.

15. Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung
Image Credit: Twitter.com @arisdcloe

Sayur Gabung Pucung masih menjadi salah satu makanan Betawi yang tak ada duanya karena memiliki rasa yang sangat spesial. Terdiri dari bahan utama yakni ikan gabus goreng yang diramu dengan menggunakan rempah khusus, termasuk kluwek yang biasanya digunakan untuk memasak rawon.

Dengan adanya bahan berupa kluwek tersebut, maka sayur gabus pucung memiliki warna kuah yang hitam layaknya rawon. Bahkan banyak yang mengatakan jika rawon terinspirasi dari hitamnya kuah pada sayur satu ini. untuk itu, bagi Anda yang ingin mencicipinya, bisa mampir ke salah satu rumah makan yang ada di Bekasi untuk merasakan kelezatannya.

Makanan khas Bekasi terdiri dari banyak ragam dan cita rasa yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin menikmatinya, maka Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta maupun mobil. Pasalnya, banyak makanan dan jajanan lezat yang bisa Anda coba ketika sedang berada di Bekasi. Hal tersebut dapat menjadi alternatif bagi Anda yang bosan mencoba kuliner yang itu itu saja.