Banjar, salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki aneka kuliner khasnya yang cocok untuk disantap saat berkunjung. Inilah daftar makanan khas Banjar, Jawa Barat yang unik dan dijamin mampu memanjakan lidah Anda.

Kuliner yang ada di kota Banjar sangat beragam dan sangat unik. Mulai dari kuliner kaki lima hingga kuliner kelas bintang limanya bisa Anda jadikan pilihan yang tepat untuk berburu wisata kuliner. Rasanya yang enak dengan harga jual murah membuat sajian khas kota ini menjadi sangat diminati wisatawan. Jika masih penasaran apa saja makanan khas Banjar, berikut daftar yang direkomendasikan.

1. Soto Banjar

Soto Banjar
Image Credit: Facebook.com @anggun.dona.9

Soto memang sudah menjadi hidangan berat khas Indonesia yang bisa Anda temui di daerah mana saja. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki soto khas yang menjadi ikon kuliner daerah. Tidak terkecuali di Kota Banjar ini! Makanan khas Banjar yang pertama yaitu soto Banjar. Soto Banjar ini berbeda dengan soto daerah lain yang biasanya mempunyai kuah kekuningan.

Soto Banjar mempunyai kuah bening tanpa menggunakan santan. Biasanya sajiannya dilengkapi dengan telur, bihun, perkedel kentang dan irisan wortel. Daging yang digunakan dalam soto ini biasanya adalah daging ayam kampung, yang lebih nikmat jika disantap dengan lontong! Anda bisa mencoba soto yang ikonik ini di warung Soto Banjar H. Anang Bapukah, di Jl. Pekapuran.

2. Mih Iteng

Mih Iteng, Mie Lidi Khas Banjar
Image Credit: Shopee.co.id

Mih iteng adalah mie lidi khas Banjar yang biasa dijadikan pilihan oleh-oleh khas. Jajanan ini biasa disajikan dalam bentuk kemasan kotak yang kekinian. Varian rasa yang tersedia yaitu bumbu keju pedas yang digemari oleh anak-anak pastinya! Mih Iteng terbuat dari pasta lidi yang berbentuk super tipis yang membuatnya renyah dan garing, juga dijamin aman dikonsumsi.

Mie ini cocok sebagai teman nonton tv atau ngobrol bersama teman atau keluarga. Selain keju pedas, sebenarnya ada banyak varian rasa baru dari mih iteng yaitu pedas original, cabe jeruk, balado, keju, serta daging panggang. Ada juga varian rasa untuk Anda yang tidak suka pedas, yaitu original, keju, dan BBQ. Satu kemasannya biasanya berisi 100 gram.

3. Rangicok

Rangicok
Image Credit: Elasitinurjanah.blogspot.com

Selanjutnya ada rangicok! Oleh-oleh khas Banjar yang satu ini sebenarnya adalah singkatan dari rengginang coklat. Unik sekali, ya? Umumnya rengginang mempunyai cita rasa yang manis gurih, tetapi rangicok ini memiliki varian rasa baru yang bisa Anda cicip. Yang membuat rasa rengginang menjadi lebih bervariasi dan berkelas.

Anda bisa menikmati renyahnya rengginang yang dibuat dari bahan dasar beras ketan lalu diolah menjadi kerupuk yang kemudian disiram dengan coklat yang manis. Jika Anda penasaran bagaimana rasa rengginang coklat, Anda bisa membelinya saat berkunjung ke Banjar untuk mengobati rasa penasaran Anda.

4. Pepes Lubang

Pepes Lubang
Image Credit: Facebook.com @ayat.fajarbirdfarm

Lagi dan lagi, nama makanan yang satu ini cukup unik, yaitu Pepes Lubang. Menu makanan yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Banjar. Makanan ini berupa belut yang dipepes menggunakan bumbu pilihan dengan tambahan sedikit daun kemangi dan daun bawang untuk menghasilkan rasa dan aroma yang menggoda.

5. Mie Ayam Bakso Mang Endut

Mie Ayam Bakso Mang Endut
Image Credit: Cookpad.com

Kuliner khas lain yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Mie Ayam dan Bakso Mang Endut. Warung ini buka pada pukul 9 pagi dan sudah tutup pada jam 3 sore, ini karena banyaknya pengunjung yang datang ke warung mie ayam bakso ini. Lokasinya berada di kios terminal angkot Cisaga. Sangat cocok untuk memanjakan perut setelah lelah menghabiskan waktu di kota Banjar.

6. Galendo dan Sale Pisang

Sale Pisang
Image Credit: Bukalapak.com

Kota Banjar masih termasuk kedalam salah satu kawasan Sunda, membuat kota ini memiliki jajanan khas yang berbau Sunda, salah satunya yaitu galendo dan sale pisang. Bahan dasar kedua makanan ini adalah buah pisang. Kedua makanan ini bisa Anda temukan di beberapa pusat oleh-oleh khas Banjar.

Harga satu bungkus kemasan galendo biasanya memang sangat murah. Sale pisangnya juga tidak perlu diragukan lagi rasanya, sangat enak! Sale pisang ini dibuat dari pisang yang diiris-iris dan diolah dengan cara dijemur beberapa hari. Setelah kering, pisang digoreng dengan tepung hingga matang. Cita rasa manis alami ini menjadikannya favorit di kalangan wisatawan.

7. Tahu Kupat Pak Ujang

Tahu Kupat Pak Ujang
Image Credit: Facebook.com (Nia Kurnia)

Jangan lupa untuk mengunjungi Tahu Kupat Pak Ujang saat sedang mengunjungi kota Banjar! Tahu kupat disini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Saat Anda memakannya, dijamin akan ketagihan. Warung pak Ujang ini berada di pinggir jalan yang tepatnya berada di sekitar kawasan pasar Banjar Patroman.

Lebih enak jika Anda langsung memakannya di tempat, karena disajikan dalam kondisi yang masih hangat. Selain itu, Anda juga bisa membungkusnya sebagai oleh-oleh khas Banjar jika daerah asal Anda tidak terlalu jauh. Dalam satu porsinya, biasanya berisi ketupat, toge, dan tahu yang disiram kuah khas dan bumbu kacang dengan tambahan kerupuk.

8. Bakso M Penjol

Bakso M Penjol
Image Credit: Google Maps (Sharfina Nisa)

Salah satu wisata kuliner lain yaitu Bakso M Penjol. Untuk Anda pecinta bakso mungkin akan senang jika makan di tempat ini. Tempat ini menyajikan bakso dengan kuah yang sangat lezat membuat Anda ketagihan ingin mencobanya untuk kesekian kali. Sebenarnya, warung bakso ini belum lama dibuka, namun kini sudah menjadi sangat populer.

Tidak hanya pelanggan lokal, banyak pelanggan luar kota yang rela mengantri di warung bakso ini. Yang biasanya adalah wisatawan yang sedang berlibur ke Banjar. Tidak hanya memiliki daging bakso yang kenyal, bakso ini memiliki kuah yang segar dan lezat dengan bumbu khasnya. Tidak heran mengapa pelanggan merasa puas dan selalu ingin datang kembali.

9. Mie Ayam OSIS

Mie Ayam OSIS Kenanga
Image Credit: Google Maps (Ibnu Faisal)

Terdapat warung makan mie ayam yang unik di Kota Banjar, biasanya warung mie ayam tersebut disebut dengan mie ayam OSIS Kenanga. Katanya, warung ini kerap menjadi langganan para siswa, terlebih siswa SMA sepulang sekolah. Inilah mengapa muncul ide untuk memberinya nama tempat mie ayam OSIS Kenanga.

Anda penasaran dengan kelezatan mie ayam yang sering menjadi langganan siswa SMA ini? Silakan saja langsung datang ke Jl. Hamara Efendi, atau terletak di sebelah kanan depan Bioskop Kenanga. Mie ayam ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, tidak hanya para siswa saja. Meski warungnya tidak besar, pengunjung disini tidak kalah dengan restoran yang ada disekitarnya.

10. Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo

Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo
Image Credit: Google Maps (rifai idris)

Selain bakso M Penjol yang terkenal, terdapat warung bakso lainnya yang tak kalah nikmat, yaitu Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo. Lokasinya terletak di sekitar pasar Kota Banjar. Dijamin Anda akan merasakan bakso yang rasanya tidak kalah enak dari warung bakso lainnya. Anda bisa mencicipi semangkuk bakso dengan kuah khas aroma daging sapi.

Letak warung bakso ini tepatnya di dekat pintu masuk pasar, dan berada di area parkir yang merupakan cabang dari rumah makan sebelahnya. Yaitu rumah makan sari rasa yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan sampai sekarang masih menggunakan resep asli yang turun temurun, membuat rumah makan ini melegenda.

11. Kacang Umpet

Kacang Umpet
Image Credit: Disperindagkop.banjarkota.go.id

Makanan selanjutnya adalah kacang umpet. Ini adalah jajanan yang memiliki rasa gurih dan cocok untuk dijadikan camilan. KAcang umpet ini sendiri memiliki merek yang berbeda-beda, namun ada satu yang terkenal yaitu ‘Dahlia’. Terdapat berbagai varian rasa, seperti balado pedas, wijen, original, karamel, dan keju yang nikmat.

12. Goreng Manuk

Goreng Manuk
Image Credit: Google Maps (Ade Erawan)

Goreng manuk atau dalam bahasa Indonesia adalah burung goreng adalah makanan khas Banjar yang menjadi favorit wisatawan. Lezatnya makanan ini akan membuat lidah Anda bergoyang karena rasanya yang sangat enak ditambah sambal terasi dan lalap mentah khasnya. Goreng manuk biasanya menggunakan burung pela. Anda bisa mengunjungi rumah makan Cobek Beti mulai dari jam 7 pagi hingga 11 malam untuk mencobanya.

13. Nasi Timbel

Nasi Timbel
Image Credit: Facebook.com @dyah.w.widyastuti

Selanjutnya ada nasi timbel. Nasi ini mungkin terdengar sedikit seram, namun tidak akan seseram yang Anda bayangkan. Nasi ini adalah nasi putih yang disajikan dengan lauk seperti lalapan, telur, tahu tempe, sambal, kerupuk, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan cara dibungkus dengan daun pisang yang sudah dilayukan.

14. Mie Bebek dan Nasi Bakar

Mie Bebek dan Nasi Bakar
Image Credit: Facebook.com @heni.a.lubis

Mie bebek dan nasi bakar wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Banjar. Menu ini sudah menjadi salah satu menu andalan untuk kuliner malam di Jl. Hamara Effendi, Banjar. Kuliner malam di Banjar memang selalu menyajikan menu yang unik dan berbeda dari tempat lain. Biasanya warung tersebut juga menyediakan berbagai minuman seperti es teh, es campur dan lainnya.

15. Sambal Khas Banjar

Sambal Khas Banjar
Image Credit: Facebook.com @etty.hariyani

Untuk pecinta kuliner pedas, sambal Banjar bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik. Sambal ini dijual di rumah makan sambal layah, yang emmang menjual berbagai macam jenis sambal khas. Surga untuk pecinta pedas! Selera pedasnya sangat menantang. Jika Anda penasaran, segera datang langsung ke Banjar untuk membelinya dan jangan lupa untuk oleh-oleh!

Kuliner memang menjadi salah satu bagian yang menarik dari berwisata. Itulah beberapa makanan khas Banjar yang dijamin lezat dan paling diburu wisatawan. Kini Anda sudah tahu bukan apa saja makanan khas Banjar, bukan? Saatnya Anda membuat list apa saja yang ingin Anda coba saat berkunjung ke Banjar nantinya. Selamat mencoba!