The Lodge Maribaya salah satu objek wisata alam yang populer di Lembang Bandung yang wajib Anda kunjungi. Destinasi wisata hits yang menawarkan keindahan alam dan berbagai wahana permainan seru.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Maribaya No. 149/252, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Bandung memang tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan berbagai destinasi yang menarik. Salah satu yang bisa Anda kunjungi saat berada di Lembang Bandung adalah The Lodge Maribaya. Destinasi yang hits di Kota Kembang ini memiliki panorama yang indah dan menghadirkan berbagai kegiatan seru untuk menghabiskan waktu selama liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki The Lodge Maribaya

Daya Tarik The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (Wahyu P. Siswosismanto)

Berlibur adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di Bandung. Pasalnya, kota ini menghadirkan banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa untuk Anda jelajahi. Salah satunya yang wajib Anda kunjungi adalah The Lodge Maribaya yang ada di Lembang.

Destinasi ini merupakan salah satu wisata outdoor yang menyuguhkan pemandangan alam yang menenangkan mata. Disini, Anda juga bisa untuk bermain dan menghabiskan waktu seharian. Pastinya Anda pun tak akan bosan untuk berada di tempat ini. sebab, banyak spot dan wahana seru yang bisa Anda nikmati saat bermain di lokasi ini.

Saat berada disini, Anda pun bisa trekking mengelilingi area hutan pinus yang hijau. Tentunya udara segar akan bisa Anda dapatkan disini. Tak hanya itu saja, kegiatan lain seperti camping, hingga acara gathering pun juga bisa untuk Anda lakukan di lokasi ini. bahkan bagi Anda yang hanya ingin untuk melepas penat tentunya sangat bisa mengunjungi destinasi ini.

Ketika Anda menjelajah The Lodge Maribaya, pastinya Anda pun akan disuguhkan dengan berbagai wahana dan spot yang sangat instagramable. Memiliki lokasi yang dikelilingi oleh pegunungan lengkap dengan hutan pinus, sensasi rasa dingin saat berada disini tentunya akan merefresh pikiran Anda.

Bagi Anda yang suka foto, tentunya wisata alam kece ini menjadi salah satu tempat favorit yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berada di Bandung. Hal ini karena banyak sudut sudut dan background dengan pemandangan indah yang bisa Anda dapatkan disini. Bahkan bagi Anda yang ingin mengadakan private gathering atau pernikahan pun juga bisa dilangsungkan di lokasi ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket The Lodge Maribaya

Alamat The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (Rendy Sani)

Wisata satu ini berada di Lembang, tepatnya di Desa Cibodas Kabupaten Bandung Barat. Berdiri di ketinggian sekitar 1300 hingga 2000 mdpl membuat kawasan ini memiliki nuansa dan suasana yang dingin. Bahkan suhu rata rata ketika Anda menghabiskan waktu disini adalah sekitar 17 hingga 27 derajat celcius.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi ini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Untuk rutenya sendiri Anda bisa mengaksesnya melalui Jalan Dago Giri, Punclut, dan juga Jalan Setiabudi. Apabila Anda melalui jalam Setiabudhi, makaa nantinya Anda bisa mengambil arah menuju ka jalan Ir H Juanda.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menempuhnya dengan melalui Hotel Sheraton. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti jalan Dago Giri. Kemudian, Anda bisa mengikuti jalur dan melewati curug Maribaya terlebih dahulu. Barulah Anda bisa sampai di destinasi The Lodge Maribaya ini.

Sedangkan bagi Anda yang ingin melewati Jalur Punclut, maka rute yang bisa Anda tempuh adalah dengan menggunakan dua jalur. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan keinginan Anda. Untuk jalur yang pertama, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke jalur Ciumbuleuit.

Disini Anda bisa melewati Lereng Anteng dan nantinya tiba di Jalan Pagermaneuh hingga menemukan pertigaan. Selanjutnya, Anda bisa mengambil jalur kanan menuju ke arah Buniwangi hingga menemukan pertigaan. Kemudian, barulah Anda bisa lurus menuju ke Dago Giri dan melewati Curug Maribaya. Lalu, Anda sampai di destinasi satu ini.

Apabila Anda berangkat dari Jakarta, maka Anda pun bisa menggunakan jalur Lembang hingga nantinya sampai di daerah Maribaya. Sesampainya di Maribaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Maribaya Hot Spring Resort dan masuk ke kawasan Desa Cibodas. Disana, Anda pun akan menunjukkan petunjuk jalan yang mengarah ke The Lodge Maribaya.

Untuk Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, maka Anda pun bisa naik angkot yang menuju ke Terminal Ledeng. Kemudian, Anda bisa oper angkutan umum lain yang menuju ke arah Lembang. Disini, Anda bisa berpindah angkutan lagi menuju ke arah Maribaya.

Apabila Anda ingin mengunjungi wisata alam ini, jam operasionalnya adalah mulai pukul 10 pagi hingga jam 5 sore. Untuk harga tiket masuknya sendiri yakni berkisar antara 20 ribu rupiah ketika weekday dan sekitar 25 ribu saat weekend. Dan bagi Anda yang datang saat hari libur nasional, maka tarif tiket yang dikenakan yakni sekitar 30 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di The Lodge Maribaya

Aktivitas di The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (The Lodge Maribaya)

1. Hiking

Bagi Anda yang menyukai kegiatan menantang, maka The Lodge Maribaya dapat menjadi destinasi yang pas untuk menghabiskan waktu. Hal ini dikarenakan nantinya Anda bisa hiking atau trekking di lokasi satu ini. keindahan alam yang mempesona di Lembang ini akan bisa Anda rasakan secara langsung dengan kegiatan satu ini.

Ketika trekking, Anda juga akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Deretan hutan pinus yang menjulang, perbukitan teh hingga lereng pegunungan yang hijau menjadi hal yang bisa Anda dapatkan ketika trekking di lokasi satu ini.

Indahnya alam yang ada di The Lodge Maribaya ini akan sangat menyenangkan apabila Anda menghabiskannya bersama dengan kerabat dan orang tercinta. Menyusuri trek yang indah ini belum lengkap apabila Anda tidak mengabadikan gambar. Hal ini lantaran keindahan alam dari wisata ini memang sangat pas untuk masuk ke layar kamera.

Untuk Anda yang berencana trekking, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal seperti jaket. Hal ini bertujuan sebagai upaya untuk jaga jaga apabila cuaca sedang terlalu dingin. Anda juga perlu untuk memakai sepatu yang cocok digunakan untuk trekking agar nantinya selama hiking tidak licin.

Ketika trekking, sebaiknya Anda juga menyiapkan camilan dan air putih. Dengan begitu, Anda pun tidak akan dehidrasi selama melakukan perjalanan menyusuri hutan pinus ini. saat berjalan, Anda pun bisa merasakan segarnya udara dan kicauan suara burung liar yang ada di kawasan hutan pinus ini.

2. Berfoto di Hot Air Balloon

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini adalah berfoto. Pasalnya, terdapat banyak sekali spot foto yang bisa Anda temukan di lokasi ini. salah satunya adalah Hot Air Balloon yang menjadi spot favorit pengunjung. Dengan membayar biaya tambahan yakni sekitar 20 ribu rupiah, Anda akan bisa berfoto di lokasi ini.

Disini, Anda pun akan mendapati antusiasme dari wisatawan yang cukup tinggi. Hal ini tidak mengherankan, lantaran wahana satu ini selalu dibanjiri oleh pengunjung, bahkan banyak wisatawan yang rela untuk antri agar bisa berfoto di atas spot satu ini. tentunya Anda pun jangan sampai ketinggalan.

3. Mencoba Gantole Rider

Salah satu wahana favorit bagi banyak pengunjung adalah Gantole Rider. Dengan menaiki gantole, Anda pun bisa melihat keindahan The Lodge Maribaya dari ketinggian. Dengan hanya membayar sekitar 20 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati wahana yang selalu dipadati oleh wisatawan ini.

Aktivitas Seru di The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (Diana)

4. Omah Bamboo

Omah bamboo juga menjadi salah satu wahana yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. sesuai dengan namanya, destinasi satu ini merupakan rumah yang terbuat dar bambu. Dengan memiliki bangunan yang cukup unik tersebut membuat siapa saja ingin berfoto di spot satu ini.

Keistimewaan dari lokasi ini adalah memiliki pemandangan yang langsung mengarah ke Taman Hutan Raya Juanda. Bahkan perbukitan dari tebing keraton yang berwarna hijau pun bisa Anda nikmati dari spot satu ini. tak ketinggalan pula, Anda juga bisa melihat indahnya hutan pinus dari sini.

Pada spot satu ini juga kerap kali diadakan pagelaran. Diantaranya yakni seperti cerita Sangkuriang dan Dayang sumbi. Pementasan ini biasanya dilakukan oleh seniman tradisional. Sehingga, ketika Anda berada di The Lodge Maribaya wajib mampir ke wahana atau spot satu ini.

5. Bamboo Sky

Ingin melihat pemandangan yang lain saat di The Lodge Maribaya? Maka Anda pun bisa singgah dan mampir sejenak di spot Bamboo Sky. Di sini, Anda nantinya akan berada di gardu pandang yang memiliki ornamen bambu. Bahkan di tengah tengahnya terdapat bunga yang bermekaran.

Untuk Anda yang ingin berfoto disini, Anda perlu mengeluarkan kocek yakni sekitar 20 ribu rupiah. Kemudian, pengunjung nantinya akan naik tangga agar bisa berfoto di lokasi ini. tidak perlu khawatir akan keselamatan karena wahana ini telah dilengkapi dengan peralatan yang safety.

6. Menjajal Serunya Zip Bike Ride

Jika Anda ingin menantang adrenalin Anda ketika berada di wisata ini, ada baiknya Anda mencoba serunya wahana zip bike ride. Ketika Anda menjajal wahana ini, Anda pun akan berada di atas sepeda yang berjalan di atas seutas tali. Tak hanya itu saja, Anda pun akan berjalan di atas ketinggian layaknya pemain sirkus.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, maka Anda akan dikenakan biaya yakni sekitar 15 ribuan saja. sehingga Anda pun bisa mencoba sekaligus berfoto di wahana yang unik ini. saat menjajal wahana ini, Anda juga akan didukung oleh peralatan yang aman sehingga Anda pun tidak akan jatuh saat mencoba zip bike ride ini.

Aktivitas Dilakukan di The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (Joko Sulistyanto)

7. Sky Tree

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan disini adalah berfoto di Sky Tree. Wahana atau spot satu ini termasuk yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Dengan membayar sekitar 15 ribuan saja, Anda pun telah bisa menikmati fasilitas dari wahana satu ini. dari atas sini, Anda akan mendapatkan view yakni hutan pinus yang memanjakan mata.

Selain itu, bagi Anda yang tidak membawa kamera tak usah khawatir. Pasalnya, ketika berada disini Anda telah tersedia photografer profesional yang akan mengabadikan momen Anda. Untuk bisa sampai ke atas, Anda hanya perlu naik tangga yang telah disediakan oleh pihak pengelola dan telah terjamin keamanannya.

Berwisata ke The Lodge Maribaya dapat menjadi salah satu destinasi untuk melepas penat di Lembang, Bandung. Banyaknya wahana yang tersedia dan juga panorama alam hijau yang terbentang luas menjadi salah satu daya tarik yang diminati oleh wisatawan. Oleh karena itu, bagi Anda yang bingung mencari tempat berlibur, maka The Lodge Maribaya adalah lokasi yang tepat.