Little Seoul salah satu objek wisata yang unik dan hits di Kota Bandung, Jawa Barat. Termasuk destinasi kuliner ala Korea yang menyuguhkan beragam hidangan khas negeri Ginseng dengan harga yang bersahabat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berkunjung ke Kota Bandung tidak hanya untuk mengunjungi tempat wisata yang keren saja, tetapi juga bisa wisata kuliner, mengingat di Kota Kembang menyuguhkan beragam menu unik yang bisa dicicipi. Bukan hanya masakan Nusantara, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas negeri ginseng. Datang saja ke Little Seoul Bandung yang menjadi surga pecinta kuliner. Didukung juga dengan dekorasi tempat ala Street Food di Seoul, Korea.

Sekilas Tentang Little Seoul Bandung

Sekilas Tentang Little Seoul
Image Credit: Facebook.com @surgaroute

Saat ini tempat yang berbau dengan Korea maupun replika luar negeri memang selalu menjadi sorotan. Kota Bandung rupanya tak ingin melewatkannya, hingga hadirnya Little Seoul. Jika Anda menganggap bahwa Little Seoul dan Kampung Korea sama maka Anda keliru. Karena meskipun memiliki konsep yang berbau Korea tapi keduanya berbeda.

Kampung Korea masih berada di kawasan Taman Kiara Artha. Dimana di wisata ini Anda tak hanya bisa mencicipi kuliner tapi juga replika bangunan beberapa ikon di Korea. Kampung Korea merupakan gagasan saat pemerintahan Ridwan Kamil. Memang keduanya sama sama dibangun untuk mengenalkan budaya Korea Di Kota Bandung.

Sementara Little Seoul sendiri adalah tempat untuk menikmati berbagai kuliner kaki lima Korea dengan nuansa layaknya di Dongdaemun. Sehingga Anda harus bisa membedakan kedua tempat wisata ini, mengingat lokasinya juga tak sama. Menggabungkan beberapa cafe dengan tema Korea di satu tempat, berbagai menu khas negeri Ginseng bisa Anda cicipi.

Ketiganya terdiri dari Chingu Cafe, Dongdaemun Street dan juga Chagiya Korean Suki & BBQ. Markas jajanan pinggir jalan Korea ini bisa menjadi alternatif Anda untuk kulineran. Sekaligus untuk mengobati juga memfasilitasi penggemar budaya Korea. Mengingat untuk langsung mengunjungi negara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Belum lagi isu traveling antar negara yang hingga kini masih harus dihadapi. Dongdaemun Street sendiri merupakan kawasan di Seoul yang sangat kondang dengan wisata kuliner juga kawasan perbelanjaan. Di Seoul sendiri Dongdaemun menjadi pusat keramaian yang tak pernah sepi. Begitu juga dengan Little Korea Bandung ini.

Daya Tarik Wisata Little Seoul

Daya Tarik Little Seoul
Image Credit: Google Maps (Dinny Dince)

Nuansa Korea sengaja dibangun kental di wisata kuliner hits Bandung ini. Sehingga begitu Anda menginjakkan kaki di areanya, seakan akan Anda memang sedang ada di negeri Ginseng ini. Jajaran toko toko berwarna warni dengan cat pastel akan membuat mata siapapun terpesona. Dilengkapi dengan tulisan hangul yang membuat pengunjung lupa ada di Bandung.

Di depan deretan stan ini, Anda akan menemukan pepohonan juga barisan bangku kayu yang berjajar rapi. Menciptakan kesan asri, dan tentu saja pengunjung yang datang berjubel. Di area ini juga ditambahkan dengan dekorasi seperti nama nama daerah di Korea Selatan dalam bentuk papan petunjuk jalan warna warni.

Papan ini bertuliskan kawasan di Korea seperti Myeongdong hingga Gangnam. Di Ujung jalan, Anda akan menemukan pohon besar rindang yang dihiasi dengan berbagai mural. Menambah suasana Seoulnya semakin terasa dengan aroma makanan yang menguar. Menginjakkan kaki di tempat ini akan menjadi alternatif untuk melepas penat.

Menariknya, ketika Anda akan mencicipi kulinernya Anda harus menggunakan kartu khusus. Karena semua menunya dibanderol dengan menggunakan mata uang Won. Kartu khusus ini bisa didapatkan di Money Changer yang ada di sini. Anda harus tahu, jika kartunya ini memiliki dua jenis yakni kartu citypass dan juga kartu member.

Untuk kartu member, Anda bisa top up dengan nominal tertentu dan juga bisa digunakan selama dua tahun. Sementara untuk kartu citypass akan lebih praktis, sebab ada banyak pilihan nominal yang bisa Anda pilih. Namun kartu ini hanya bisa Anda gunakan dalam jangka satu hari saja. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak mubazir.

Selain memiliki dekorasi yang cantik juga keunikan dalam pembayarannya, menu yang dihadirkan juga sangat beragam. Anda bisa mencicipi menu berat sampai dengan makanan ringan khas Korea Selatan. Bisa dikatakan jika kuliner ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. sehingga pasti akan tetap nyaman ketika di lidah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata ala Korea

Alamat Wisata ala Korea
Image Credit: Twitter.com @fourtyfiveradio

Alamat wisata kuliner ala Korea ini berada di Jl. Sawunggaling No 10, Tamansari, Bandung Wetan. Tepatnya berdekatan dengan UNISBA Tamansari dan juga tidak terlalu jauh dari stasiun Bandung. Sehingga bagi para pengunjung dari luar kota sangat mudah untuk menjangkaunya. Dari stasiun Bandung hanya butuh waktu sekitar 6 sampai 10 menit dengan kendaraan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk tiba di tempat hits di Bandung ini. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa mengambil angkot jurusan Cicaheum – Ledeng 05, atau angkot 17 yang menuju Dago- Pasar Induk Caringin. Apabila menggunakan angkot 05, Anda akan berjalan kaki sekitar 3 menit.

Atau bisa juga menggunakan jasa transportasi online untuk tiba di Little Seoul ini. Ada petunjuk jalan yang bisa membawa Anda tiba di area wisata ini. Namun Anda juga bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. Yang jelas tempat kulineran ini sangat strategis dan berdekatan dengan tempat tempat terkenal di Bandung.

Untuk menjajal berbagai menu khas Korea ini wisata hits ini, Anda tak perlu membayar tiket masuk. Tidak ada biaya tiket yang perlu dibayarkan, dan Anda hanya menyiapkan budget untuk mencicipi kulinernya saja. Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda tetap harus menyiapkan budget untuk biaya parkir nantinya.

Mencicipi berbagai makanannya tak akan membuat kantong Anda jebol. Mengingat makanannya dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan. Sementara untuk jam bukanya mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB. Buka setiap hari, Anda bisa berkunjung kapan saja saat di Bandung. Namun waktu yang paling ramai adalah ketika malam hari.

Makanan Unik yang Bisa Ditemukan di Little Seoul

Makanan Unik di Little Seoul
Image Credit: Google Maps (Faizal Ardiansyah)

1. Tteokbokki

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jika ada banyak kuliner yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah tteokbokki yang menjadi makanan pinggir jalan di Korea. Bagi Anda penggemar drama Korea, tentu Anda tidak akan asing dengan kue beras ini. Tteokbokki memang kue beras yang memiliki bentuk mirip sosis.

Kemudian akan ditambahkan dengan bumbu khusus juga saus gochujang. Tidak ketinggalan campuran ikan yang membuat rasanya makin nikmat. Memiliki warna merah yang menggoda, sebenarnya rasanya tidak terlalu pedas. Beberapa penjual menawarkan level pedas yang bisa dipilih. Perpaduan rasa kenyal, gurih dan kenyal akan membuat Anda ketagihan.

2. Kimbab

Selain Tteokbokki, Anda juga bisa mencicipi Kimbab yang bentuknya mirip dengan sushi. Dalam bahasa Korea, bap berarti nasi yang kemudian diisi berbagai isian dan digulung. Umumnya yang dijadikan isian mulai dari sayuran, telur, sosis dan bahan lainnya yang kemudian dibungkus menggunakan rumput laut kering.

Semua bahan tersebut akan digulung dan dipotong dalam ukuran kecil. Kimbab termasuk kuliner halal khas Korea yang bisa Anda cicipi. Tak hanya itu, makanan ini juga termasuk mudah untuk diterima lidah. Mengingat bahan yang digunakan semuanya matang, dengan sayur seperti wortel, timun juga bayam. Rasanya gurih dan nikmat yang pasti akan membuat Anda kenyang.

3. Jajangmyeon

Makanan satu ini dibuat dari mie dengan warna hitam yang khas. Selain selalu hadir di film maupun drama, makanan ini juga membuat banyak orang penasaran. Bumbu yang digunakan adalah saus kedelai hitam. Sehingga Anda akan menemukan rasa gurih dan manis, di dalam bumbunya ditambahkan potongan daging sapi juga sayuran.

Makanan di Little Seoul
Image Credit: Google Maps (Rian Kurnia)

4. Hotteok

Street food yang tak kalah kondang adalah Hotteok yang merupakan pancake ala korea. Pancake ini memiliki bentuk bulat lebar dengan isian yang beragam. Seperti isian kacang giling yang ditambahkan madu dan isian yang lainnya. Di Little Seoul sendiri hotteok dibuat berbagai warna dengan tambahan es krim di dalamnya. Sangat cocok sebagai hidangan penutup yang nikmat.

5. Bingsoo

Bingsoo juga hadir di kawasan kuliner unik ini, yang merupakan hidangan penutup berupa es serut. Es serut akan dihadirkan dengan berbagai topping dengan rasa yang segar juga manis. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa mengunjungi Chingu cafe. Dimana cafe ini terkenal dengan bingsoo nya yang disajikan dengan cantik dan cocok bagi pecinta Kpop.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Little Seoul

Aktivitas di Little Seoul
Image Credit: Instagram.com @jelajahsigope

1. Wisata Kulineran

Kegiatan yang pasti dilakukan ketika menghabiskan liburan di tempat ini tentu saja kulineran. Anda bisa menjajal berbagai menu khas Korea dengan rasa yang nikmat tanpa takut kantong jebol. Mulai dari makanan ringan, minuman hingga makanan berat bisa Anda temukan. Dan pastinya akan membuat liburan Anda di kota Bandung semakin berkesan.

2. Berburu Foto Keren

Selain asik untuk mencicipi berbagai menu, Anda juga bisa sekalian berburu foto foto cantik. Jajaran kios serta dekorasi ala Korea ini sangat instagramable dan cocok untuk mengambil beberapa pose. Pastikan Anda membawa kamera terbaik anda, sehingga kegiatan berfoto foto Anda semakin seru dan menyenangkan.

3. Mencoba Hanbok

Agar suasana Korea Selatan semakin nyata, Anda juga bisa meminjam Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea. Pakaian satu ini bisa Anda gunakan untuk berkeliling di area Little Seoul. Untuk menyewanya, Anda membutuhkan budget mulai dari Rp 30 ribuan. Nantinya Anda bisa sekalian menggunakannya untuk berfoto foto di area wisata ala Korea ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Little Seoul Bandung

Fasilitas di Little Seoul
Image Credit: Google Maps (Sisilia Herjanti)

Sekalipun merupakan pusat kuliner, Anda juga bisa menemukan fasilitas penunjang lainnya yang membuat nyaman. Seperti hadirnya toilet yang bersih dan memadai di beberapa sudut. Kendaraan Anda juga akan terparkir nyaman di area parkirnya. Anda juga bisa menemukan mushola sebagai tempat beribadah.

Termasuk dalam kawasan pusat kota, Anda akan sangat mudah menemukan fasilitas umum lainnya. Misalnya jika Anda ingin bermalam, Anda bisa menemukan beberapa hotel yang lokasinya tak jauh dari lokasi wisata. Anda bisa memanfaatkan internet untuk menemukan hotel atau penginapan terdekat. Akan lebih baik jika Anda memesan jauh jauh hari saat liburan.

Menghabiskan liburan di Bandung selalu banyak pilihan. Anda bisa menjelajah alamnya atau mencicipi aneka kulinernya. Bagi Anda yang ingin kulineran dengan cara berbeda, Little Seoul Bandung bisa dijadikan alternatif. Gudangnya makanan Korea dengan dekorasi ala Korea yang ditawarkan akan membuat Anda seakan akan sedang ada di Korea sungguhan.