Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

Jawa Barat menyimpan beribu pesona, tampaknya ungkapan tersebut tidaklah berlebihan untuk Anda berikan kepada Provinsi tersebut. Di sana, Anda dapat menemukan banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan tampak memukau. Salah satunya adalah Leuwi Tonjong. Spot tersebut merupakan tempat wisata yang mengandalkan panorama alam berupa sungai yang jernih dan tebing yang tinggi. Yuk cari tahu lebih dalam seputar destinasi menawan ini.

Sekilas Tentang Destinasi Hits di Garut

Tentang Leuwi Tonjong
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Orang yang bukan berasal dari Garut pasti bertanya tanya, destinasi seperti apakah Leuwi Tonjong ini. Sebenarnya, spot tersebut merupakan destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah berupa aliran air yang dangkal dan jernih, yang diapiot oleh dua tebing tinggi. Anda dapat bermain air sepuasnay di sana dan bersantai bersmaa dnegan keluarga.

Lokasi ini juga menjadi kesayangan para muda mudi yang berjiwa petualang, karena spot ini hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Anda bisa memarkirkan kendaraan di lokasi yang disediakan, dan melanjutkan perjalanan masuk ke dalam hutan. Hingga saat ini, belum terlalu banyak orang yang memilih destinasi ini sebagai tempat liburan.

Alasan itu pula yang membuat pemandangan di kawasan wisata ini masih sangat terjaga. Air yang mengalir terlihat jernih dan sekilas terlihat berwarna biru kehijauan. Belum lagi keberadaan dua tabung atau batu raksasa yang mengapitnya membuat pemandangan tersebut semakin mempesona. Setiap pengunjung yang datang selalu saja merasa puas dan bahagia.

Belum banyak yang tahu, jika Leuwi Tonjong pernah mendapatkan penghargaan dari kementrian pariwisata. Objek tersebut menyabet juara dengan title “surga tersembunyi”. Predikat tersebut semakin mengukuhkan bahwa pemandangan di kawasan wisata ini terlihat seperti tidak nyata. Hanya saja, ada lumayan banyak tantangan yang harus Anda lalui untuk sampai di sana.

Selain harus berjalan kaki, pengunjung juga kerap kali disulitkan dengan petunjuk arah yang masih minim. Setiap wisatawan harus megeluarkan usaha ekstar untuk sampai ke sana. Agar perjalanan menjadi lebih muda, Anda bisa bertanya pada warga lokal. Penduduk setempat sangat ramah sehingga mudah untuk Anda mintai petunjuk arah.

Daya Tarik Wisata Leuwi Tonjong

Daya Tarik Wisata Leuwi Tonjong
Image Credit: Twitter.com @mejajangmyeon

1. Pesona Kenampakan Alam yang Memukau

Alasan utama mengapa Leuwi Tonjong layak untuk Anda kunjungi adalah kenampakan alamnya yang sangat mempesona. Setiap wisatawan yang datang pasti mertasa tersihir dengan keindahan tersebut. Bayangkan saja, Anda berada di tengah sungai yang biru dan dikelilingi oleh tebing yang sangat tinggi dan berukuran massive.

Tentu sensasi yang Anda rasakan akan jauh berbeda dengan wisata sungai yang lain. Tebing tebing itu itu pun terlihat sangat kokoh, namun di beberapa sudutnya ditumbuhi oleh lumut karena udara yang lembab. Keberadaan lumut itu entah mengapa malah membuat panoramanya semakin estetik. Keberadaan mereka juga menjadi pertanda bahwa alam masih sangat berkuasa di sana.

2. Air yang Jernih dan Segar

Lokasi wisata Leuwi Tonjong yang berada di tengah hutan membuat aliran air yang ada di sana sangat jernih. Agar tidak kaget, cobalah untuk membasuh kaki dan tangan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa bermain air hingga bagian tubuh menjadi basah, dengan lebih nyaman. langkah ini dilakukan agar badan Anda bisa beradaptasi dengan suhu air yang dingin.

Selain itu, air tersebut juga terlihat sangat jernih. Di aliran tersebut jarang sekali ditemukan sampah. Alasan itu pua yang membuat wisatawan tidak merasa ragu untuk bermain air sepuas hati. Namun perlu diingat, Anda juga tetap harus berhati hari, karena di beberapa bagian sungai ada yang lumayan dalam. Hati hati pula dengan batuan kerikil yang berada di dasar sungai.

Daya Tarik Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps (Dani Setiawan)

3. Udara yang Sejuk Khas Pegunungan

Udara yang sejuk juga menjadi bagian dari daya tarik yang pasti Anda dapatkan jika berkunjung ke sana. Udara di tengah hutan pastinya bebas dari polusi. Apalagi lokasi menaruh kendaraan lumayan jauh dari spot utama wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika udaranya terasa sangat segar. Menghirup udara semacam ini sangat baik untuk paru paru dan tentunya berkhasiat meredakan stress.

Wisatawan pun bisa menikmati udara yang sejuk ini dari atas tebing. Tentu untuk naik ke sana, Anda perlu berhati hati. Meskipun begitu, spot tersebut menjadi titik terbaik jika Anda ingin melihat Leuwi Tonjong dari ketinggian. Jika berani, Anda pun bisa menggunakan tebing tersebut untuk meluncur, namun tentunya harus tetap berhati hati.

4. Air yang Tenang

Daya tarik berikutnya adalah airnya yang tenang. Kondisi inilah yang membuat wisatawan lebih aman saat bermain air. Hanya saja, Anda perlu berhati hati dengan batuan kerikil yang berada di dasar sungai. Beberapa diantara mereka ada yang runcing sehingga berpotensi menimbulkan luka, terlebih jika Anda tidak menggunakan sandal.

Anda pun bisa menelusuri sungai dengan menggunakan rakit yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan menaikinya, maka tubuh Anda juga tidak akan basa. Anda pun bisa mengabadikan setiap sudut sungai dengan lebih leluasa dari rakit tersebut. Tidak heran jika kemudian kawasan wisata ini sangat menarik untuk dijelajahi lebih dalam.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps (Irwansyah Azmi)

Alamat dari destinasi Leuwi Tonjong ini berada di Cihurip Kabupaten Garut, lebih tepatnya di Kampung Rontong Desa Jayamukti. Dari pusat kota garut, ambillah jalan menuju Pameungpeuk. Namun sebelum sampai ke sana, beloklah ke sebelah kiri menuju Cihurip. Perjalan tersebut biasanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

Setelah parkir kendaraan, Anda perlu melanjutkan perjalanan selama 30 menit untuk berjalan kaki. Oleh karena itu siapkan stamina yang kuat sebelum datang. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman karena medannya cukup licin. Sebagai rekomendasi, waktu terbaik bagi Anda untuk mampir ke destinasi tersebut adalah di musim kemarau agar jauh lebih aman.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps (Diki)

Bagi Anda yang tertarik datang ke Leuwi Tonjong, tidak perlu berpikir berat untuk masalah biaya. Destinasi wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi dengan membayar biaya sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah. Harga untuk weekday adalah 10 ribu per orang, sedangkan untuk weekend adalah 15 ribu per orang. Selain itu, jangan lupa untuk membayar biaya parkir.

Tarif parkir ini dikeluarkan sebagai upah untuk warga setempat yang menjaga kendaraan Anda. Biaya parkir juga cukup umum dan terjangkau, yaitu 2 ribu untuk sepeda motor dan 3 ribu untuk mobil. Tentu informasi terkait dengan harga ini bisa berubah sewaktu waktu. Selain itu, jam buka dari destinasi ini adalah pukul 07.30 pagi hingga 05.24 pagi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Leuwi Tonjong
Image Credit: Instagram.com @lenikhadafi

1. Menikmati Pemandangan

Kegiatan pertama yang pastinya dilakukan setiap orang yang berkunjung ke Leuwi Tonjong adalah menikmati pemandangan. Anda dapat duduk santai di bebatuan sungai dan merenung sejenak sambil melepas penat. Keberadaan tebing juga semakin membuat semuanya terlihat lebih sempurna. Pastinya pemandangan semacam itu akan membuat Anda merasa betah.

Saat dilihat dari bawah, tebing tebing tersebut tampak seperti penyangga langit. Ukurannya sangatlah besar dan melalui celah itulah aliran sungai yang jernih mengalir dengan tenang. Panorama seperti itu tergolong sangat jarang Anda temukan di kawasan wisata. Oleh karena itu, Anda harus mampir ke wisata alam menawan ini saat berkunjung ke Garut.

2. Mengambil Foto Di Setiap Sudut Spot Wisata

Tidak lengkap rasanya jika Anda datang ke Leuwi Tonjong namun tidak mengabadikannya melalui foto. Banyak sekali spot menarik yang terlihat sangat estetik. Ada kalanya, banyak gerombolan anak muda yang dtaang ke sana untuk mengembakan hobi fotografinya. Anda pun dapat melakukan hal yang sama untuk mengisi waktu.

3. Bermain Air

Air yang dangkal, jernih, dan dingin menjadi alasan utama mengapa setiap pengunjung selalu menyempatkan waktu untuk bermain air di sana. Anda pun bisa memilih kegiatan tersebut untuk mengisi waktu saat berkunjung. Sebelum itu, pastikan Anda membawa pakaian ganti sehingga tidak merasa kedinginan saat harus kembali melanjutkan perjalanan.

4. Piknik

Akan lebih baik lagi, jika saat berkunjung ke Leuwi Tonjong, Anda membawa perbekalan dari rumah. Jangan lupa untuk membawa kelasa kecil sebagai alas duduk. Namun jika memang tidak punya, Anda bisa memanfaatkan batuan di tepi sungai sebagai kursi. Dengan begitu, Anda bisa duduk dengan nyaman.

5. Menjelajah Sungai

Sudah sempat disinggung sebelumnya, pihak pengelola kawasan wisata ini telah menyediakan rakit atau getek bagi para wisatawan yang hendak menjelajah sungai. Akan tetapi, Anda jua perlu berhati hati. Jangan sampai rakit oleng dan Anda malah tercebur ke dalam air. Meskipun airnya dangkal, namun kejadian itu akan membuat tubuh Anda basah kuyup.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Leuwi Tonjong

Fasilitas di Leuwi Tonjong
Image Credit: Instagram.com @mhmdreezaa

Meskipun pernah mendapat penghargaan dari dinas pariwisata, namun Leuwi Tonjong masih belum dikebangkan sebagai destinasi wisata dengan baik. Sejauh ini, hanya warga setempat lah yang menjalankan lokasi wisata tersebut. Tidak heran jika kemudian belum banyak fasilitas penunjang di sana. Bahkan lokasi parkir kendaraan lumayan jauh dan jalur yang dilalui cukup licin.

Akan tetapi, untuk fasilitas umum seperti toilet, warung, dan mushola mini sudah disiapkan oleh warga. Meskipun sudah ada yang menjaga, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan dengan baik. Akan sangat disayangkan jika destinasi seindah itu fasilitasnya terlihat kotor. Hal tersebut juga pastinya akan mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain.

Demikianlah beberapa hal menarik seputar Leuwi Tonjong di Kabupaten Garut. Berkunjung ke objek wisata dengan panorama alam yang indah memang mampu menyegarkan pikiran. Semoga informasi ini bermanfaat!