Leuwi Jurig, Panorama Alam Eksotis yang Berbalut Cerita Mistis di Garut

Leuwi Jurig, Panorama Alam Eksotis yang Berbalut Cerita Mistis di Garut
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat.

Pesona alam di Garut memang mempunyai keindahan yang begitu luar biasa. Kawasan tersebut menyuguhkan keindahan danau dan pegunungan yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Salah satu kawasan wisata yang dapat Anda nikmati yaitu Leuwi Jurig yang terkenal cantik serta menghadirkan berbagai kisah yang menarik untuk disimak.

Tempat wisata indah ini cocok sekali untuk Anda yang gemar menantang adrenalin serta belum tahu akan menghabiskan waktu berlibur kemana yang pas. Berbagai pengalaman baru dan menarik akan Anda dapatkan apabila berkunjung ke sana. Oleh karena itu, tidak akan ada kata sesal setelah bersenang-senang di tempat wisata tersebut.

Tidak heran apabila dijadikan sebagai salah satu tempat wisata bahari andalan di Garut, Jawa Barat. Pengunjung yang ada di sana bukan hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga dari mancanegara. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata ini, maka di bawah ini terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan Leuwi Jurig.

Daya Tarik Wisata Leuwi Jurig

Wisata Alam Leuwi Jurig Yang Memukau Dan Menarik Di Garut
Photo by Google Maps Gani Kurniawan

1. Keindahan yang Berbahaya

Pemandangan indah di Leuwi Jurig merupakan kombinasi dari airnya yang jernih, keasrian hutan di atasnya, dan kemegahan formasi tebing bebatuan. Aliran sungai yang berkelok dengan anggun berada di antara tebing yang berwarna alami dan merupakan hasil dari bentukan alam. Di kala hari yang cerah, seluruh panorama ini terpantul secara sempurna di permukaan air.

Walaupun dinamakan jurig yang berarti setan, namun bukan dikarenakan alasan mistis melainkan geografis. Tempat wisata indah ini melingkupi sungai yang memiliki kedalaman mulai 1 meter sampai 10 meter. Pada bagian lubuk yang terdalam, ada arus sungai yang terbilang kencang.

Arus air tersebut memang tidak tampak apabila dilihat dari permukaan. Tetapi, lokasinya dapat diperkirakan dari warna airnya yang semakin gelap. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke sana maka wajib berhati-hati agar tidak ada hal buruk yang terjadi.

2. Lekat dengan Cerita Mistis

Misteri yang ada di tempat wisata ini terngiang di benak setiap warga setempat. Kesan bahwa tempatnya mistis dan angker sangat kental sampai sekarang. Oleh karena itu, setiap pengunjung himbau selalu ekstra waspada terutama ketika melalui jembatan utama yang lokasinya ada di atas tebing sungai.

Wisata Alam Leuwi Jurig Yang Instagramable Dan Menawan Di Garut
Photo by Google Maps Rudy_RusH_D93

Berdasarkan mitos yang berkembang, para penghuni di sungai tersebut selalu minta tumbal yang berupa nyawa. Bahkan, korban yang sudah tercatat bukan hanya dikarenakan kecelakaan lalu lintas yang berada di jembatan saja. Tetapi lebih dari itu, ternyata korban meninggal disebabkan pula sebab tenggelam dalam perairan yang terbilang dalam ini.

3. Tempat Hunting Foto Terbaik

Untuk para penggemar fotografi, maka panorama di sebuah tempat wisata tentu wajib untuk didatangi demi menyalurkan hasrat hobi. Seperti yang telah disebutkan di atas kalau kombinasi tebing bebatuan dengan pantulan warna langit yang terkena permukaan air sungai di Leuwi Jurig ini merupakan sesuatu yang cukup unik.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kepuasan tersendiri apabila telah memotret gambar di sana. Selain memukau, kenampakan alaminya pun memang tidak gampang dijumpai di tempat wisata yang lain. Tempatnya yang damai menjadikannya semacam obat yang mampu meluruhkan kejenuhan dan stress.

4. Berdekatan dengan Leuwi Korsi

Masih dalam satu kawasan yaitu di Kecamatan Bungbulang, Anda dapat menikmati Leuwi Korsi. Bebatuan di sana lebih tersusun secara rapi bak sudah ditata oleh tangan manusia. Kabar yang beredar bahwa konon tempat ini adalah situs megalitikum yang masih belum diteliti. Di sana Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang tentu saja menyenangkan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Leuwi Jurig Di Garut
Photo by Google Maps Novrial Nawawi

Lokasinya yang terletak jauh dengan kota membuat kawasan ini cukup susah untuk dijangkau. Anda membutuhkan perjalanan yang begitu panjang untuk tiba di kawasan wisata tersebut. Jika Anda akan berangkat ke sana dimulai dari kawasan Bungbualang, maka letak dari Leuwi Jurig ini sudah tidak jauh lagi dengan jembatan rumput yang akan dijumpai setelah melalui gapura.

Lebih jelasnya lagi, mula-mula Anda harus menuju Desa Bojong, Kecamatan Bungbualang ataupun menuju ke arah Sasak Rumpit. Kemudian, Anda akan menemukan lokasi tempat wisata yang tidak jauh lagi dari sana. Setibanya di Sasak Rumpit, maka Anda dapat bertanya kepada warga setempat secara langsung.

Pasalnya, akses untuk menuju ke tempat wisata tersebut tergolong masih rumit serta belum tersedia petunjuk jalan yang jelas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sana yaitu pagi dan siang hari ketika musim kemarau. Pasalnya, jika Anda pergi ke sana ketika musim hujan, maaka medan yang akan dilalui semakin susah, jalanan berbatu akan licin karena terguyur air hujan.

Selanjutnya gunakanlah kendaraan pribadi yaitu sepeda motor. Dikarenakan akses mobil untuk menuju ke sana terbilang sangat susah. Selain itu, pengunjung juga sebaiknya memakai alas kaki yang membuat nyaman sepanjang perjalanan supaya lebih mudah dalam menjangkau medan yang terjal ini.

Harga Tiket Masuk Leuwi Jurig

Tiket Masuk Di Wisata Alam Leuwi Jurig Di Garut
Photo by Google Maps Yuli Setio Kurniawan

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata yang tersembunyi ini, maka tidak akan diperlukan untuk membayar biaya tiket masuk. Hanya saja setiap pengunjung akan diminta untuk membayar jasa parkir yang terdapat di tempat wisata sebesar 10 ribu rupiah sebagai apresiasi kepada tukang parkir sebab telah menjaga kendaraan pribadi Anda selama berlibur di Leuwi Jurig.

Tentu saja ini terbilang murah meriah untuk harga masuk ke tempat wisata sekelas Grand Canyon tersebut. Namun, perlu Anda ingat bahwa harga tiket masuk wisata ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan resmi. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda menyiapkan uang tambahan untuk mengantisipasi adanya perubahan harga tiket masuk.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Leuwi Jurig Di Garut
Photo by Google Maps ian Meitrawan

1. Berenang di Pinggiran Sungai

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pengunjung yang datang ke Leuwi Jurig. Pasalnya, kejernihan dan kesegaran air sungainya akan membuat siapa saja merasa tergiur untuk menceburkan diri. Apalagi, pengunjung tentunya akan merasa capek setelah melakukan perjalanan panjang dengan medan yang terjal.

Sehingga, berenang bisa menjadi salah satu kegiatan untuk menghilangkan rasa lelah tersebut. Namun, sebaiknya Anda hanya berenang di pinggiran sungai saja karena akan berbahaya apabila sampai ke bagian tengah.

2. Piknik

Siapa sangka bahwa ternyata Leuwi Jurig merupakan tempat yang nyaman untuk melakukan kegiatan piknik. Pasalnya, alamnya yang masih asri dengan udaranya yang sejuk akan membuat kegiatan piknik terasa semakin menyenangkan. Oleh karena itu, Anda harus membawa alas atau tikar dan bekal makanan jika berniat melakukan piknik.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Leuwi Jurig Di Garut
Photo by Google Maps Zaimmm Project11

Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot membawa perbekalan makanan dari rumah, maka sudah terdapat warung-warung di kawasan wisata. Kegiatan piknik ini dapat membuat Anda merasa rileks serta mempererat hubungan dengan teman maupun keluarga.

3. Rafting atau Arung Jeram

Bagi Anda yang suka dengan tantangan, maka bisa melakukan kegiatan arung jeram atau rafting di tempat wisata ini. Apalagi, kegiatan rafting ini akan sangat seru untuk dilakukan bersama teman. Namun, tidak semua area di sungai ini bisa dijadikan untuk kegiatan ini, melainkan hanya area tertentu saja.

Nantinya sudah ada petugas yang akan memandu dan menemani Anda untuk melakukan kegiatan ini. Selain itu, sudah tersedia alat keamanan diri yang lengkap dan memadai, sehingga keselamatan pengunjung bisa terjamin. Siapa saja yang sudah merasakan sensasi rafting ini tentu saja akan merasa ketagihan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Leuwi Jurig

Fasilitas Di Wisata Alam Leuwi Jurig Garut
Photo by Google Maps Yuli Setio Kurniawan

Dikarenakan kawasan wisata tersebut tergolong tersembunyi, maka fasilitas yang terdapat di sana pun belum lengkap. Namun, setiap pengunjung tetap akan mempunyai akses fasilitas seperti mushola, toilet, dan area parkir. Selain itu, masyarakat setempat juga mendirikan beberapa warung kecil yang dapat jadi tempat untuk mengganjal lapar bagi pengunjung.

Walaupun masih terus dalam tahap pembangunan, namun tetap layak untuk digunakan. Beberapa fasilitas tersebut tentu saja sudah cukup untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat menghabiskan waktu liburan di Leuwi Jurig ini. Tempat wisata beserta berbagai fasilitas yang ada di sana tidak lain dikelola secara swadaya.

Sampai saat ini terus dilakukan pengembangan fasilitas yang lebih lengkap dan juga memadai untuk menunjang kemajuan dari tempat wisata yang menjadi andalan di Garut ini. Setiap pengunjung yang menggunakan fasilitas di sana pun diharapkan untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal itu bertujuan agar fasilitas tersebut dapat memanfaatkan dalam waktu lama.

Nah, itulah berbagai hal menarik seputar Leuwi Jurig. Saat Anda berkunjung ke Garut, maka sayang sekali jika tidak mampir ke tempat wisata indah ini. Meskipun terkesan memiliki aroma yang cukup mistis, namun tempat ini tetap menyajikan daya magis yang berbeda. Apalagi, kawasan tempat wisatanya terbilang sangat cantik dan instagramable.