Lereng Anteng salah satu tempat nongkrong favorit di Kawasan Puncak Ciumbuleuit Bandung dengan lanskap alam yang memukau. Menikmati nikmatnya seduhan kopi hangat di tengah udara sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebutan Kota Wisata sudah tidak asing disematkan pada kota Bandung. Beragamnya objek wisata tak heran bila pengunjung sering hilir mudik. Didukung udara dingin khas pegunungan dan panorama alam yang menajubkan, inilah yang membuat Lereng Anteng Panoramic Coffee di Bandung begitu populer. Penasaran apa saja keindahan dari tempat nongkrong ini? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Lereng Anteng Panoramic Coffee

Tentang Lereng Anteng Panoramic
Image Credit: Google Maps (Bap)

Bandung menawarkan keindahan alam dan aneka kuliner yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Tak heran bila kerap menjadi destinasi utama untuk menghabiskan waktu libur. Pesonanya bukan hanya Lembang dan Dago, ada Puncak Ciumbuleuit yang punya view memesona. Di dalamnya terdapat Lereng Anteng berupa cafe wisata yang dijadikan tempat nongkrong.

Tempat ini diresmikan pada tanggal 1 Juni 2016 dengan luas lahan sekitar 500 m2. Mengusung konsep cozy dengan perpaduan antara cafe dan spot wisata alam. Sehingga menyuguhkan tempat tongkrongan asyik yang cocok untuk segala umur. Suasana cafe begitu menenangkan dan hawa sejuk khas perbukitan, sangat pas untuk melepas penat.

Kata Lereng sendiri artinya suatu tempat yang berada di pinggir dataran tinggi, sesuai dengan lokasi cafe. Sedangkan Anteng berasal dari Bahasa Sunda yang berarti tempat nyaman, sehingga siapa saja yang datang betah berlama-lama berada disana. Berdasarkan nama ini seolah menggambarkan inti dari konsep cafe yang didirikan dan lokasinya pun sesuai.

Daya Tarik yang Dimiliki Lereng Anteng Punclut

Daya Tarik Lereng Anteng Punclut
Image Credit: Google Maps (Agung Nugraha)

Berlokasi di Puncak Cimbuleuit membuat objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Posisinya tepat berada di pinggir tebing serta penataan tempat yang unik, sehingga pengunjung bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Apalagi udara dingin yang membuat suasana mengobrol menjadi lebih nyaman.

Tata ruang cafe mengikuti kontur terasering perbukitan, jadi tempat duduknya di sebar sesuai bentuk tanah. Desain cafe dibuat artistik dengan bangku-bangku kayu, terkesan menonjolkan nuansa vintage dengan bean bag lucu dan empuk untuk duduk. Anda bebas memilih lokasi duduk disesuaikan saja dengan jumlah personil yang Anda ajak nongkrong bersama.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat

Begitu masuk area cafe Anda akan disuguhi pemandangan puluhan payung berwarna oriental warna-warni. Lanjut masuk ke dalam disediakan tempat nongkrong dengan tenda berwarna bening. Tempat duduk ini sengaja dikonsep dengan mempertimbangkan kondisi cuaca. Jadi tidak perlu takut kehujanan atau kepanasan jika duduk santai di bagian cafe satu ini.

Selain area outdoor, pengelola cafe turut menyediakan ruangan semi outdoor. Meskipun begitu pengunjung tetap dapat melihat suguhan pemandangan indah yang tak kalah cantik. Disediakan pula arena mini golf yang memiliki 9 hole untuk para pemula. Untuk bermain di golf di tempat ini Anda dikenakan tarif sekitar 25 ribu per orang.

Di samping mini golf terdapat spot foto berupa kursi gantung. Jadi pengunjung bisa berburu foto-foto cantik disini lalu diunggah ke media sosial. Walaupun sebenarnya hampir sebagian besar area Lereng Anteng mempunyai titik instagenic. Itulah mengapa kawasan wisata ini menjadi jujugan yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Kota Kembang.

Tak ketinggalan daya tarik menu makanan dan minuman yang menggugah selera. Anda wajib mencoba sajian nasi goreng, nasi ayam penyet, dan ayam tulang lunak yang ramai dipesan. Ada pula aneka camilan seperti dessert, mi instan, dan roti bakar dengan beragam rasa. Makanan tradisional diantaranya pisang goreng, cireng, hingga singkong turut disediakan.

Untuk minuman Anda harus mencicipi kopi spesial yaitu Luwak Arabica. Harga satu cangkirnya cukup mahal tetapi nikmat rasanya tak bisa dilupakan. Tak hanya kopi, berbagai menu minuman pun tersedia baik dingin maupun panas. Hampir semua makanan dan minuman yang disajikan dibanderol harga yang ramah di kantong.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lereng Anteng

Image Credit: Google Maps (PergiKuliner.com)

Tempat nongkrong ini beralamat di Kampung Pagermaneuh, Desa Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat. Banyak jalan untuk menuju ke tempat nongkrong satu ini karena letaknya cukup mudah dijangkau. Bila Anda dari arah Dago bisa menuju ke arah Terminal Dago, lalu belok kanan ke Citra Green terus ikuti jalan hingga Jalan Pluncut dan belok kanan.

Setelah menjumpai pertigaan ambil jalur kanan dan ikuti plang nama yang mengarah ke cafe ini. Posisinya persis berada di sebelah kanan jalan besar, tapi untuk sampai disini Anda akan melewati jalan naik turun dan berbelok. Jadi pastikan terlebih dahulu jika kendaraan yang Anda tumpangi dalam kondisi prima.

Lain cerita kalau dari arah Cihampelas, ambil jalur kiri ke Jalan Ciumbuleuit menuju ke RS AU Dr. Salamun. Kemduiah putar kemudi ke daerah Rereongan Sarupi dan berbelok ke Jalan Punclut. Dari sana tujuan jalan ke Jalan Pagermaneuh barulah sampai di Lereng Anteng. Sepanjang perjalanan tak terasa membosankan karena panorama alam hijau yang menajubkan.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah Dekat Gedung Sate Bandung Dengan Fasilitas Terbaik

Untuk masuk ke kawasan wisata populer ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun. Mungkin hanya membayar retribusi parkir saja untuk mobil sekitar 5 ribu, sedangkan motor kurang lebih 2 ribu. Bila datang menggunakan kendaraan besar seperti bus atau travel, maka tarif parkir naik menjadi kira-kira 10 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lereng Anteng

Aktivitas Menarik di Lereng Anteng
Image Credit: Google Maps (Ruly Hardini)

1. Nongkrong di Atas Ketinggian

Lereng Anteng menyuguhkan agenda nongkrong asyik dengan latar gunung dan perbukitan hijau. Tata ruang yang membentuk terasering membuat cafe ini punya lokasi seperti anak tangga. Tempat duduk paling atas di model outdoor dengan meja dan kursi kayu, begitu pula yang semi outdoor yang langsung berhadapan dengan hutan serta panorama rimbunan hutan.

Di lantai agak bawah terdapat tempat duduk seperti sangkar burung, atau tenda transparan yang merupakan daya tarik objek wisata ini. Tudung bening ini berfungsi untuk peneduh agar pengunjung tidak kehujanan atau kepanasan saat bersantai. Sengaja dikonsep lesehan dengan meja kayu agar terkesan vintage, dan menghadirkan suasana yang lebih cozy.

Area terasering ini didesain untuk memudahkan pengunjung mencari tempat duduk yang nyaman. Bisa di bagian luar atau dalam cafe sesuai dengan keinginan serta jumlah rombongan yang dibawa. Anda akan merasakan pengalaman nongkrong paling beda dengan udara sejuk khas Bandung. Sekaligus nuansa desa yang lekat dengan damai dan menyenangkan.

2. Wisata Kuliner

Sesuai dengan konsep cafe dan restoran yang dibangun, jelas Lereng Anteng menyediakan beragam menu minuman dan makanan. Khusus makanan berat tidak banyak menu yang disediakan. Tapi favorit para pengunjung biasanya adalah Nasi Liwet dan Nasi Ayam Tulang Lunak. Kedua menu tersebut dibanderol dengan harga kurang dari 30 ribu setiap porsinya.

Paling beragam menu yang disajikan ialah jenis camilan yang cukup mengenyangkan. Anda bisa mencicipi roti bakar yang sering dipesan oleh para wisatawan saat berkunjung. Bisa juga coba menu lainnya seperti pisang goreng, cireng, hingga bala-bala. Mie instan kuah atau goreng boleh dicoba sebagai penghangat di tengah udara dingin Lereng Anteng.

Sedangkan untuk menu dessert direkomendasikan icip kue cubit atau green tea. Kedua menu tersebut memiliki varian topping dengan berbagai harga. Tak ketinggalan sajian minuman berbagai jenis kopi, paling favorit yaitu Luwak Robusta dan Luwak Arabica. Selain kopi, Anda bisa mencoba minuman lain seperti aneka teh, yoghurt, hingga kefir khas Bandung.

Tata cara memesan di tempat nongkrong lereng bukit ini harus pengunjung dulu yang antre di meja kasir. Ketika datang bersama rombongan pertama cari tempat duduk dulu, kemudian satu atau dua orang pergi untuk memesan menu. Di kasir Anda langsung pesan sesuai keinginan dan langsung bayar. Kasir akan mencatat menu dan tempat duduk barulah diantarkan.

BACA JUGA:  20 Villa Murah di Dago Bandung Dengan Fasilitas Terbaik

3. Hunting Foto

Lanskap alam yang disuguhkan oleh Lereng Anteng sering kali menjadi buruan para fotografer. Hal ini karena paduan langit biru dan pohon-pohon hijau sangat bagus dalam jepretan kamera. Belum lagi setiap titik cafe dan restoran ini punya spot foto yang menarik perhatian. Terutama tempat duduk dengan tudung seperti sangkar burung berwarna bening.

Tata ruang berkonsep terasering ikut menjadi titik foto andalan para pengunjung. Seolah menjadi ciri khas dari tempat nongkrong ini. Di tempat duduk paling atas biasanya antre pengunjung yang ingin berfoto, karena berlatar pegunungan. Kursi gantung yang sengaja diletakkan oleh pengelola cafe disediakan untuk Anda yang suka koleksi swafoto.

Aktivitas di Lereng Anteng
Image Credit: Google Maps (Emyured Miharu)

4. Main Golf

Lereng Anteng mempunyai mini golf yang memang disediakan untuk para pengunjung. Anda cukup membayar sekitar 5 ribu untuk tiket masuk. Bila ingin punya pengalaman bermain golf disini Anda bisa mengeluarkan budget sekitar 25 ribu. Lapangan ini tidak begitu luas, hanya ada 9 hole untuk bersenang-senang. Tapi perlengkapan golf sudah tersedia semuda disini.

5. Reuni Keluarga atau Teman

Selain untuk nongkrong, tempat wisata ini juga seru untuk mengadakan reuni keluarga atau reuni sekolah. Suasana yang bersahabat membuat agenda pertemuan tersebut menjadi lebih rekat. Anda bisa reservasi di bagian outdoor atau indoor sesuai dengan kapasitas peserta. Pihak pengelola cafe yang akan menata bangku-bangku mengikuti instruksi permintaan.

Fasilitas yang Tersedia di Lereng Anteng Bandung

Fasilitas di Lereng Anteng Bandung
Image Credit: Google Maps (Surya Hitler)

Sebagai tempat tongkrongan yang terkenal, tentu saja Lereng Anteng melengkapi fasilitasnya demi kenyamanan pengunjung. Dimulai dari area parkir yang cukup luas untuk menampung banyak kendaraan motor, mobil, maupun bus. Ada pula tempat ibadah muslim berupa musholla yang kondisinya bersih dan nyaman untuk sholat.

Tak ketinggalan sejumlah toilet yang dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Kamar mandi ini sering dibersihkan jadi cukup nyaman untuk buang air. Selain itu, cafe dan restoran ini menyediakan layanan reservasi dengan ketentuan minimal 30 paket makanan. Tetapi pemesanan harus dilakukan minimal 7 hari sebelum hari penyelenggaraan acara.

Untuk penginapan ada beberapa akomodasi menginap yang bisa Anda singgahi di sekitar Lereng Anteng. Mulai dari hotel, villa, loseman, apartemen, sampai penginapan kos harian. Masing-masing mempunyai tarif berbeda per malam, tergantung dari kebutuhan dan fasilitas tempat istirahat yang Anda inginkan.

Bandung ahlinya untuk menunjukkan berbagai tempat wisata menarik. Kali ini tempat nongkrong di lereng bukit bernama Lereng Anteng. Pemandangan alam berupa rimbunan pohon hijau serta megahnya kota Bandung menjadi andalannya. Tak ketinggalan konsep ruang terasering dengan spot foto memukau, serta sajian menu makanan dan minuman yang lezat.