Indahnya Lembah Cilengkrang, Wisata Air Yang Kaya Pesona di Kuningan

Indahnya Lembah Cilengkrang, Wisata Air Yang Kaya Pesona di Kuningan
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pejambon, Desa. Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan, Jawa Barat

Lembah Cilengkrang merupakan wisata alam yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Pesona keindahan yang terletak di dalam hutan hujan tropis ini memiliki nuansa yang sangat alami. Tingginya pepohonan yang berukuran besar ditambah adanya aliran air dari curug membuat lembah ini semakin terasa keasriannya.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk pilihan berlibur. Khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana sepi, asri, tenang, dan nyaman. Udara yang masih alami seolah dapat memberikan rasa yang tenang. Cocok untuk meluapkan segala kepadatan aktivitas sehari-hari dari banyaknya pekerjaan yang menggunung.

Menikmati keindahan lembah yang tiada duanya ini sangat tepat untuk mengisi waktu liburan Anda. Dijamin pesona alamnya akan membuat Anda tak henti mengucap syukur dan betah untuk berlama-lama.

Daya Tarik Wisata Lembah Cilengkrang

Wisata Air Lembah Cilengkrang Yang Menawan Dan lagi Hits Di Kuningan
Photo by Google Maps Sheva 26

1. Pemandangan Mempesona di lembah Cilengkrang

Lembah ini memiliki keindahan yang tak tertandingi. Nuansa alam yang hijau serta adanya flora dan fauna yang langka membuat wisatawan semakin merasa penasaran untuk menyaksikannya.

Lokasi lembah nan indah ini sudah dikelola oleh masyarakat sekitar sejak tahun 2002. Namun, pesonanya waktu itu belum terdengar di kalangan wisatawan. Setelah adanya perbaikan yang semakin maju kini lembah yang berbatasan dengan Desa Pejambon, Kuningan menjadi magnet bagi para wisatawan.

2. Terdapat 2 Curug yang Cantik

Di Lembah Cilengkrang nan indah ini terdapat 2 curug yang masing-masing menyuguhkan pesonanya. Ada Curug Sabuk yang berketinggian lebih dari 20 meter dan Curug Sawer yang memiliki tinggi sekitar 70 meter.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Sawer disarankan memiliki fisik dan mental yang prima. Hal ini disebabkan oleh medan menuju curug yang terlalu ekstrem. Anda akan melalui jalan yang terjal serta licin. Bahkan ada sebuah sungai yang harus dilewati.

Baca Juga:  Situ Wulukut, Danau Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Kuningan

3. Terdapat Lokasi Hutan Kopi Gede

Keindahan lokasi hutan Kopi Gede merupakan salah satu tempat yang cocok untuk mencari ketenangan. Udaranya yang segar dan keindahan alamnya yang sejuk membuat wisatawan merasa damai. Selain itu, dari atas Hutan Kopi Gede wisatawan dapat melihat pesona keindahan Kota Kuningan dan Kota Cirebon.

Bila Anda datang ke lokasi di waktu pagi hari terkadang akan melihat pemandangan alam yang sangat mempesona. Yakni kemunculan pelangi yang warnanya sangat menakjubkan.

4. Memiliki Sumber Air Mata Panas Alami

Wisata Air Lembah Cilengkrang Yang Sejuk Dan Alami Di Kuningan
Photo by Google Maps br14n 1m4g3s

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, wisatawan juga dapat merasakan sensasi berendam di air panas. Lembah Cilengkrang merupakan satu-satunya wisata alam di uningan yang memiliki sumber mata air panas alami.

Kemunculan sumber mata air panas tersebut sudah dijadikan dalam bentuk kolam-kolam pemandian. Wisatawan dapat merasakan sensasinya dengan cara berendam atau berenang di kolam pemandian ini. Saat musim libur tiba biasanya banyak wisatawan yang memadati area ini untuk merasakan hangatnya air panas alami.

5. Spot Foto Berlatar Alam Terbuka

Alam terbuka tentu memiliki keunikan tersendiri. Bagi pecinta dunia fotografi tentu pemandangan alami ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang berseni tinggi. Setiap sudut hutan akan memberikan hasil foto genic yang layak diperlihatkan ke masyarakat luas.

6. Terdapat Flora dan Fauna yang Dilindungi

Jenis flora atau tanaman hias yang dilindungi di kebun koleksi antara lain nangsi, ki jamuju, ki asem, huru, gintung, walen ficus ribes dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk tanaman obat yakni ada kemuning, kaca piring, bunga pancawarna, serta hanjuang Cordyline fructicosa.

Adapun beberapa jenis fauna langka yang dilindungi dalam kawasan hutan ini antara lain elang jawa/elang garuda, kijang, macan tutul, macan kumbang, surili, kera, dan lutung.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Air Lembah Cilengkrang Di Kuningan
Photo by Google Maps D Trian

Lembah Cilengkrang terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat atau tepatnya di Desa Pejambon, Jalaksana. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Cirebon, ambil arah lurus menuju Kuningan, melalui Cilimus arah ke selatan. Setelah Anda melewati Pasar Kramatmulya, ambil arah kanan melalui Desa Kalapagunung ke arah Desa Pejambon yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Adapun dari arah terminal Cirendang melewati Desa Ragawancana. Namun, jika Anda masih merasa bingung dapat membuka aplikasi google maps yang akan mengarahkan perjalanan sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Lembah Cilengkrang

Tiket Masuk Di Wisata Air Lembah Cilengkrang Kuningan
Photo by Google Maps br14n 1m4g3s

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Lembah Cilengkrang dapat membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 12.500 per orang untuk weekend. Sedangkan hari-hari biasa cukup membayar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 8.000 untuk anak sekolah.

Baca Juga:  Gunung Ciremai, Kawasan Taman Nasional yang Sarat Legenda di Jawa Barat

Adapun jam operasional lembah nan indah ini mulai pukul 06.00-16.00 WIB. Bisa juga digunakan sebagai tempat camping yang siap beroperasi selama 24 jam. Wisatawan yang akan berkemah biasanya diminta untuk mengisi buku camping.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Indahnya Lembah Cilengkrang
Photo by Google Maps D Trian

1. Berendam di kolam Pemandian

Kolam yang ada di lembah nan cantik ini bukan sekedar kolam biasa. Namun, ada keunikan yang dimilikinya yakni berupa pancuran sumber mata air panas. Wisatawan dapat berendam menikmati kehangatan air panas sambil melihat suasana hutan yang masih asri.

2. Hunting Foto

Berwisata ke tempat yang banyak menyimpan keindahan sayang rasanya jika melewatkan momen berfoto. Nah, di Lembah Cilengkrang Anda bisa berburu spot foto yang instagramable. Mulai dari view alam terbuka, landscape curug, maupun spot lainnya.

3. Camping di Bumi Perkemahan

Bagi wisatawan yang gemar melakukan camping, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas bumi perkemahan.

Terdapat dua lokasi perkemahan di Lembah Cilengkrang yaitu dibawah pohon pinus dekat dengan warung dan area perkemahan yang dekat dengan MCK, aliran sungai, dan mushola. Biasanya para wisatawan lebih menyukai area perkemahan yang kedua.

Lokasi bumi perkemahan sudah sesuai standar ketentuan berkemah di bawah hutan konservasi yang bersih bebas sampah. Oleh sebab itu, tetaplah menjaga kebersihan lingkungan mulai dari awal sampai selesai berkemah.

Mengingat suasana hutan yang di malam hari yang terasa semakin dingin, sebaiknya wisatawan yang ingin berkemah membawa perlengkapan yang benar-benar sesuai. Terutama jaket tebal, topi gunung, sepatu gunung dan sebaginya. Di tempat ini tidak ada jasa sewa perlengkapan kemah.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Air Lembah Cilengkrang Kuningan
Photo by Google Maps Udar1der Channel

4. Berburu Kuliner

Anda tak perlu khawatir ketika merasa lapar setelah beraktivitas di area lembah. Anda dapat membeli aneka kue, cemilan, dan minuman di warung-warung sederhana di lokasi lembah.

Mengingat udaranya yang cukup dingin khususnya di sore hari, lebih tepat jika Anda memesan makanan cepat saji seperti mie instan. Selain itu, tentu dilengkapi minuman yang hangat juga seperti teh manis hangat, kopi atau susu.

Baca Juga:  Taman Bunga Celosia, Destinasi Wisata Hits & Kekinian di Kuningan

5. Melihat Pemandangan Lembah Cilengkrang

Menikmati suasana alam di lembah yang alami dibalut oleh hijaunya pohon-pohon pinus membuat wisatawan semakin merasa betah berlama-lama. Ditambah dengan suara kicauan burung, udara yang bersih dan sejuk tentu Anda akan merasakan ketenangan yang tak diperoleh di pusat kota.

Selain itu, pemandangan satwa liar juga bisa ditemukan jika Anda datang di waktu yang tepat. Bahkan lokasi lembah juga menjadi tempat pemantauan elang jawa yang keberadaannya saat ini mulai langka.

6. Menikmati Sensasi Air Curug

Wisatawan yang berkunjung ke lembah nan asri ini dapat merasakan sensasi dari masing-masing air terjun yakni air terjun Curug Sabuk dan air terjun Curug Sawer. Derasnya tumpahan air dari ketinggian memiliki sensasi dingin yang khas. Bahkan dinginnya dapat Anda rasakan sampai ke tulang.

Fasilitas Wisata di Lembah Cilengkrang

Fasilitas Di Wisata Air Lembah Cilengkrang Kuningan
Photo by Google Maps br14n 1m4g3s

1. Lahan parkir

Bagi wisatawan yang berkunjung ke lembah nan indah ini menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu cemas untuk memarkirkan kendaraannya. Meskipun Lembah Cilengkrang terletak di tengah hutan, tetapi tetap memiliki area parkir yang cukup luas. Selain aman juga nyaman.

2. Toilet/ Kamar Mandi

Fasilitas umum berupa toilet/kamar mandi dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selain untuk MCK, kamar mandi juga bisa digunakan sebagai tempat berganti baju setelah beraktivitas di air curug.

3. Mushola

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa mushola. Bagi umat muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat dapat menggunakan fasilitas ini.

4. Warung

Ketika perut terasa lapar karena aktivitas berjalan yang cukup menguras tenaga, wisatawan dapat mendatangi warung-warung kecil di sekitar lokasi. Aneka jajanan seperti gorengan, kue, serta makanan instan tersedia di warung ini. Ada juga aneka minuman dengan harga yang standar.

5. Penginapan

Ada beberapa hotel dan villa yang dapat ditemukan di sekitar lokasi lembah. Jaraknya tidak begitu jauh. Bagi wisatawan luar kota yang ingin lebih menikmati suasana lembah khususnya malam hari, dapat menyewa penginapan sesuai budget yang diinginkan.

6. Bumi perkemahan

Lembah Cilengkrang juga bisa digunakan sebagai tempat melakukan camping bersama rombongan. Biasanya para petualang akan menyukai lokasi ini untuk berkemah karena pesonanya yang indah serta suasananya yang tenang.

Itulah berbagai informasi menarik menggenai Lembah Cilengkrang di Kuningan, Jawa Barat yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu tempat menghabiskan masa liburan. Pesona keindahannya tak perlu diragukan lagi.