Singgah ke Kota Cirebon serasa kurang lengkap jika belum menjajaki ragam kuliner malam yang sanggup memanjakan lidah Anda. Tersedia makanan bercita rasa pedas hingga asam, semua bisa Anda cicipi di Kota Udang.

Kota Cirebon dikenal dengan masakan Sunda yang menggoyang lidah. Kota yang terletak di Jawa Barat ini memiliki dominasi makanan bercita rasa pedas dan gurih. Cirebon juga dikenal dengan Kota Udang yang memang memiliki berbagai olahan udang. Rasa yang ditawarkan dari beberapa makanan khas Cirebon dijamin membuat wisatawan betah berlama lama di kota tersebut.

Untuk mengetahui informasi sajian menariknya, berikut deretan tempat kuliner malam di Kota Cirebon yang hits dan terkenal enak.

1. Empal Gentong Krucuk 1

Empal Gentong Krucuk 1
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Tempat kuliner malam yang satu ini beroperasi mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 21.30. Semakin malam, wisata kuliner yang satu ini kian banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menjajal berbagai kuliner khas Cirebon. Untuk mengunjungi Empal Gentong Krucuk I, Anda tak perlu menyiapkan budget besar. Pasalnya, semua makanan yang dijajakan dibanderol dengan harga relatif terjangkau dan pastinya sangat ramah di kantong.

Perlu Anda ketahui, Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Kota Cirebon yang sudah menjadi primadona bagi masyarakat lokal. Kudapan yang satu ini memiliki visual yang mirip dengan gule. Namun yang menjadi pembedanya ialah cara pembuatannya. Empal Gentong dimasak dan dimasukkan ke dalam gentong dan didiamkan selama beberapa jam. Untuk bisa mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Jalan Slamet Riyadi, Cirebon kota.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1-5, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

2. Nasi Jamblang Jalan Cangkring

Nasi Jamblang Jalan Cangkring
Image Credit: Google Maps (alfin daely)

Salah satu kuliner malam yang juga wajib dicoba ketika mengunjungi Kota Cirebon ialah Nasi Jamblang. Penjual kudapan khas Cirebon yang terkenal berada di Jalan Cangkring II, Kejaksan, Cirebon. Wisata kuliner tersebut sudah banyak dikenali dan menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon. Di warung tersebut, Anda akan disajikan beragam menu yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing masing pengunjung.

Konsepnya pun hampir mirip dengan warung prasmanan yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Namun, beberapa menu lauk pauk yang disajikan bisa jadi tak bisa dijumpai di luar daerah Cirebon. Di malam hari, wisata kuliner yang satu ini banyak dikunjungi penduduk lokal maupun wisatawan luar daerah yang ingin mencicipi kuliner khas Cirebon bercita rasa lezat. Warung tersebut juga mematok harga setiap porsi Nasi Jamblang dengan harga yang sangat ekonomis dan ramah dikantong.

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

3. Warung Mie Colot

Mie Colot
Image Credit: Google Maps (Grace Sekar Larasati)

Bagi Anda pencinta mie, jangan sampai melewatkan kuliner Mie Colot khas Cirebon yang memiliki cita rasa gurih dan nagih. Para penjual Mie Colot bisa ditemui di Jalan Pekalangan, Cirebon. Di jalan tersebut, Anda akan menemukan beberapa kios yang menjual kuliner khas penggugah selera itu. Wisata kuliner di Jalan Pekalangan biasanya memiliki jam operasional mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Semakin malam, warung tersebut semakin ramai.

Untuk menikmati seporsi Mie Colot, Anda bisa memilih beragam toping seperti, bakso, otak otak, pangsit oreng, dan lain lain guna menambah cita rasa kudapan yang satu ini. Tekstur mie yang halus dengan kuah sedap nan gurih menjadikan penganan yang satu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak anak, remaja, hingga dewasa. Mi Colot bisa dicicipi siang maupun malam hari. Namun, waktu yang cocok untuk menikmati kudapan ini adalah di malam hari.

Lokasi: Jl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

4. Bubur Sop Ayam Kapi

Bubur Sop Ayam Mang Kapi
Image Credit: Google Maps (Ida Farida)

Pernahkah Anda terbayang makanan bubur yang dipadukan sop ayam? Tentu saja perpaduan tersebut menghasilkan cita rasa yang sangat menakjubkan. Kuliner yang satu ini sebenarnya bisa ditemui di beberapa daerah, namun di Kota Cirebon Anda bisa menemui kudapan unik dengan cita rasa khas Sunda. Salah satu wisata kuliner yang menjajakan kuliner satu ini adalah Bubur Sop Ayam Kapi di Jalan Tentara Pelajar, Pekalangan, Cirebon.

Penganan ini disajikan dengan bubur kental yang ditambahkan sayuran dan kuah sop ayam. Biasanya, bubur ayam identik sebagai makanan untuk sarapan. Namun, penganan yang satu ini bisa dikonsumsi kapan pun dan dimana pun, termasuk pada malam hari. Rasanya yang gurih dan bergizi membuat kudapan ini semakin diburu para pelancong dan penduduk sekitar. Harganya yang relatif terjangkau juga semakin menambah nilai estetika kudapan ini.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

5. Sate Ayam Mangga Kersa

Sate Ayam Mangga Kersa
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Kota Cirebon menyimpan banyak sekali kuliner malam yang patut dicicipi. Salah satu wisata kuliner yang harus dicoba ialah Sate Ayam Mangga Kersa. Wisata kuliner malam ini digadang gadang sebagai pusat wisata penggila sate bagi seluruh masyarakat Kota Cirebon. Sate Ayam Mangga Kersa buka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00. Tempat makan yang satu ini menjual seporsi sate yang dipatok dengan harga terjangkau dan pas di kantong.

Daging ayam yang super lembut dengan bumbu gurih dan legit, menjadikan kudapan yang satu ini banyak diminati masyarakat lokal maupun luar daerah. Bahkan beberapa artis Indonesia pun pernah mencicipi kuliner Sate Cirebon di tempat kuliner tersebut. Makanan ini patut dicoba sebagai rekomendasi bagi Anda yang dilanda rasa lapar ketika malam hari. Sembari menikmati Sate Cirebon, Anda bisa memandangi hiruk pikuk kota di malam hari.

Lokasi: Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

6. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Image Credit: Google Maps (herman)

Jika Anda merasa lapar di malam hari, bisa mengunjungi warung Nasi Lengko yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar, Pekalangan, Cirebon. Untuk bisa mencicipi kuliner yang menyehatkan ini, Anda bisa mendatangi warung pada pukul 17.00 hingga pukul 22.30 WIB. Pada dasarnya, Nasi Lengko disajikan dengan tidak menggunakan bahan bahan yang melibatkan protein hewani baik ayam, sapi, bebek, ikan ikanan, telur, dan lain lian.

Nasi Lengko dibuat dengan menggunakan tempe goreng, taoge, tahu goreng, kucai, dan bawang goreng. Bahan bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang bisa disesuaikan tingkat kepedasannya. Bagi Anda yang mencintai kuliner pedas, bisa meminta kepada penjual untuk menaikkan level pedas dalam bumbu kacang tersebut. Seporsi Nasi Lengko juga dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis dan pastinya ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

7. Es Durian

Es Durian
Image Credit: Google Maps (Chrestella Suwandi)

Meskipun penganan yang satu ini lebih cocok dikonsumsi di siang hari, nyatanya banyak penjual Es Durian yang menjajakannya di malam hari. Justru, sensasi segar dan dingin akan lebih terasa jika dikonsumsi di malam hari. Terlebih bagi Anda yang mencintai buah durian, penganan yang satu ini bisa menjadi rekomendasi Anda untuk mengisi rasa dahaga di malam hari. Kudapan ini juga bisa dijadikan sebagai hidangan penutup setelah santap malam.

Lokasi: Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

8. Olahan Ayam Urban Chicken

Olahan Ayam Urban Chicken
Image Credit: Google Maps (Dwi Eko Sapto R)

Bagai Anda yang mencintai berbagai olahan ayam, bisa mampir ke Jalan Tuparev, Kota Cirebon. Di sana, Anda bisa menemukan beberapa gerai yang menjual olahan ayam, seperti penyetan, tongseng ayam, ayam geprek, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Salah satu kedai yang menjual beragam olahan ayam tersebut ialah Urban Chicken. Wisata kuliner malam tersebut memiliki layanan pesan level pedas yang bisa disesuaikan selera masing masing.

Lokasi: Jl. DR. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

9. Empal Asem Battembat

Empal Asem Battembat
Image Credit: Google Maps (Kang Didno)

Bagi Anda yang gemar menyantap makanan berkuah dengan rasa asam dan segar, Anda bisa menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner Empal Asem Khas Cirebon. Salah satu wisata kuliner malam yang menjual kudapan tersebut, terletak di Jalan Ir. H Juanda, Battembat, Kota Cirebon. Ciri khas dari kudapan yang satu ini adalah rasa asam khas dengan perpaduan sayuran dan daging. Secara visual, Empal Asem ini memiliki tampilan mirip Soto Jawa.

Meskipun tampilannya mirip seperti soto, Anda akan langsung mengetahui perbedaan kudapan yang satu ini setelah mencicipinya. Kuah asam yang segar dengan perpaduan potongan daging lembut membuat penganan yang satu ini digandrungi oleh semua kalangan. Walaupun bahan utama yang digunakan adalah daging sapi, Empal Asem Cirebon dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau untuk setiap porsinya.

Lokasi: Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

10. Mie Koclok Sam

Mie Koclok Sam
Image Credit: Google Maps (Idfan Utama)

Berbeda dengan mi kuah pada umumnya, makanan khas Cirebon ini terbuat dari kuah santan yang dipadukan dengan tepung kanji. Melalui campuran bahan kuah tersebut menjadikan kudapan yang satu ini bercita rasa gurih dan bertekstur kental. Bagi Anda yang akan makan malam namun tidak ingin menyantap nasi, maka Mie Koclok bisa menjadi alternatif menu yang sangat tepat.

Mie Koclok Sam ini telah ada sejak tahun 1951, dan sekarang usaha Mie Koclok ini dipegang oleh generasi ketiga. Konsistensi rasa menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap penjajal menu khas Cirebon ini. Inilah sebabnya Mie Koclok Mang Sam selalu dipadati para pengunjung di setiap harinya. Seporsi Mie Koclok Sam terdiri dari ayam suwir, kol, telur iris, dan siraman kuah khas, yang pastinya akan membekas di hati.

Lokasi: Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

Beberapa rekomendasi dan pilihan menu kuliner malam di Kota Cirebon bisa dijadikan sebagai kudapan santap malam yang sangat mengguggah selera. Dengan harga yang relatif terjangkau, menjadikan ragam kuliner tersebut di bisa didapatkan oleh siapa saja yang ingin berburu wisata kuliner Cirebon di malam hari. Dari Empal Gentong Krucuk I hingga Mie Koclok Sam semua memiliki rasa khas Cirebon yang jarang ditemui di beberapa daerah.