Bandung yang menyimpan keindahan ternyata juga menawarkan banyak sajian kuliner. Anda bisa menjajal berbagai tempat kuliner malam di Bandung yang paling terkenal. Mengingat semua rasa dan harga yang ditawarkan sangat pas dengan lidah dan kantong Anda.

Kota kembang memang tidak pernah gagal dalam menghibur para traveller. Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata memukau yang bisa dikunjungi, kota satu ini juga memiliki banyak kuliner yang menarik untuk dijajal. Berjalan jalan malam di hari Anda bisa menghabiskan waktu untuk kulineran. Berikut rekomendasi tempat kulineran malam hari di Kota Bandung yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati hidangan lezat.

1. Sudirman Street Food atau Jalan Cibadak

Sudirman Street Food
Image Credit: Instagram.com @kokokuliner

Untuk Anda yang ingin berjalan jalan sembari menikmati berbagai kuliner, tempat satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota akan memudahkan Anda menjangkau tempat satu ini. Perlu Anda ketahui, jika kawasan satu ini merupakan tempat yang tepat untuk menemukan makanan non halal.

Kendati demikian Anda tetap bisa menemukan makanan halal yang juga sayang untuk Anda lewatkan. Makanan yang disediakan mulai dari makanan berat, seperti bakso, sate hingga jajanan. Anda bisa membeli ronde jahe untuk menghangatkan badan, atau pukis hingga bola ubi yang tak kalah nikmat. Pastikan Anda tidak hanya lapar mata ketika mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.107, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

2. Nasi Kalong

Nasi Kalong
Image Credit: Twitter.com @josstoday

Ingin cheating di malam hari dengan menikmati makanan berat? Jika iya maka Anda bisa menjadikan nasi Kalong sebagai tujuan wisata kuliner Anda di Bandung. Kuliner malam ini bahkan bisa dikatakan dalam jajaran tempat yang tak boleh dilewatkan. Nasi yang berawna hitam keunggulan ini memang begitu menggiurkan.

Dalam penyajiannya nasi hitam akan dipadukan dengan berbagai menu khas Sunda lainnya. Nasi Kalong yang memang buka di malam hari hingga dini hari ini juga dikenal dengan rasa sambalnya yang juara. Tenang saja, mencicipi makanan yang kondang ini tidak membutuhkan budget yang besar. Hanya ramah kantong yakni mulai Rp. 15 ribuan saja untuk satu porsinya.

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

3. Sate DJ

Sate DJ
Image Credit: Facebook.com @noviliday

Anda mungkin terbiasa menikmati sate dengan bumbu kacang atau kecap, dengan mengunjungi sate DJ Anda bisa menikmati sate yang lebih beragam. Di tempat satu ini Anda bisa menikmati sate yang disajikan tanpa bumbu. Daging yang bisa Anda pilih juga beragam, mulai dari daging ayam, sapi hingga daging kambing.

Umumnya sate DJ akan disajikan dengan tambahan acar dan juga bawang goreng. Kemudian olesan bumbu cabai tipis yang ditambahkan saat daging dibakar. Mengunjungi tempat satu ini Anda bisa mencicipi varian sate baru yang rasanya tidak kalah lezat. Hingga saat ini sate DJ menjadi salah satu sate yang wajib Anda kunjungi dan jajal saat ada di Kota Bandung.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purwakarta yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.276, Kebon Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

4. Nasi Uduk Cinta

Nasi Uduk Cinta
Image Credit: Instagram.com @foodgallerybdg

Jalan jalan di malam hari, Anda juga bisa menjajal menu makanan berat yang tak kalah kondang, yaitu nasi uduk. Di Bandung sendiri panganan satu ini memang memiliki banyak penggemar. Dan Anda bisa mengunjungi Nasi Uduk Cinta yang bayak menawarkan menu nasi uduk dengan lauk beragam. Mulai dari burung dara, pecel lele, ayam goreng madu hingga bawal yang digoreng atau dibakar.

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.97, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

5. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon
Image Credit: Twitter.com @natabandung9

Tempat kuliner malam hari yang juga populer adalah perkedel Bondon. Perkedel ini sangat cocok untuk Anda yang sekedar ingin camilan bukan makanan berat. Rasanya yang gurih dan juga lezat memang sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya itu, Anda bisa jajan murah dengan mengunjungi kuliner satu ini. dimana harganya dibandrol mulai Rp. 1000 saja setiap satu perkedelnya.

Lokasi: Jl. Stasiun Timur No.14, Kebon Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

6. Kerang Ajaib

Kerang Ajaib
Image Credit: Google Maps (Kerang Ajaib)

Apakah Anda pecinta seafood? Jika iya maka Anda harus mengunjungi kuliner malam hari kota Kembang berikut. Kerang Ajaib adalah tempat makanan seafood yang kondang dan menyediakan berbagai olahan kerang. Anda bisa menjajal menu kerang mulai dari kerang bambu, kerang hijau, kerang dara, kerang batik dan kerang lainnya.

Menikmati kerang di malam hari sembari mengobrol ringan tentunya menjadi salah satu cara kulineran yang menyenangkan. Anda bahkan bisa request bagaimana cara pengolahannya, mulai dari kerang rebus, goreng hingga tumis. Kerang Ajaib menawarkan harga yang bersaing tergantung dari jenis kerang dan juga jenis olahan yang Anda nikmati.

Lokasi: Jl. Buah Batu No.19, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung.

7. Ronde Alkateri

Ronde Alkateri
Image Credit: Twitter.com @rayvieralaxmana

Kota Bandung termasuk dalam kota yang memiliki udara dingin, terutama ketika malam hari. Untuk itu Anda yang ingin menghangatkan badan dengan kulineran bisa memanfaatkan ronde sebagai camilan malam. Ronde yang begitu dikenal dan banyak dituju adalah Ronde Alkateri. Kedai yang buka hingga pukul 10 malam ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

Tempatnya memang sederhana, namun di tempat ini Anda bisa memilih menu ronde yang menggunakan kuah gula merah atau menggunakan kuah gula putih. Satu mangkuk ronde dengan kuah pilihan akan disajikan dengan isian bola bola ronde yang warna warni. Di dalam bola bola ini berisikan kacang yang gurih dan juga manis di saat yang bersamaan.

Lokasi: Jl. Cibadak No.99, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

8. Kobe Teppanyaki

Kobe Teppanyaki
Image Credit: Google Maps (Seno Prasetyo)

Kobe Teppanyaki bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Anda yang ingin mencicipi makanan yang kenyang tetapi harganya terjangkau. Kuliner yang buka di malam hari ini hampir selalu dipadati oleh pengunjung. Untuk itu bagi Anda yang singgah di Kota Bandung jangan sampai untuk melewatkan cicipi kulineran di tempat satu ini.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Sukabumi yang Terkenal Enak

Lokasinya yang tidak jauh dari Alun Alun Kota Bandung akan memudahkan Anda untuk menjangkau tempat satu ini. Menu yang ditawarkan di tempat ini adalah menu kas China dan Jepang. Anda bisa mencicipi sushi, teriyaki, sukiyaki, yakiniku dan menu lezat lainnya. Dari semua menu yang ada menu steamboatnyalah yang paling menjadi favorit.

Mengunjungi tempat satu ini bersama temen temen tentunya menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Karena menikmati steamboat dengan isian yang melimpah ini akan sangat cocok bersama teman atau keluarga. Mengingat satu porsinya bisa dinikmati 4 orang. Tenang saja, harga yang ditawarkan tidaklah mahal yakni mulai dari Rp. 20 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Cibadak No.101, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

9. Punclut

Punclut
Image Credit: Google Maps (Raden Ali Syahied)

Kulineran malam dengan makanan berat juga bukanlah ide yang buruk. Anda bisa mengunjungi Puclut ketika berada di Bandung. Di destinasi wisata kuliner ini, Anda bisa menikmati makanan khas Sunda lengkap. Mulai dari nasi merah dengan lalapan, sambal terasi dan laiinnya. Tak jauh dari pusat kota, di kawasan ini Anda bisa menemukan penjual makanan Sunda salah satunya nasi timbel.

Punclut tidak hanya menawarkan wisata kuliner dengan rasa yang nikmat. Jajaran cafe instagramablenya juga layak untuk Anda kunjungi. Panorama dari atas ketinggian yang ditawarkan juga sangat sayang untuk dilewatkan. Wajar jika tempat kulineran satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kab. Bandung Barat.

10. Kedai Makanan Ceu Mar

Kedai Makanan Ceu Mar
Image Credit: Twitter.com @hiksscompany

Buka malam hari hingga pagi hari, Anda bisa menjadikan Kedai Makanan Ceu Mar. Kedai makanan satu ini menyediakan banyak menu yang akan memanjakan lidah juga perut Anda. Konsep yang ditawarkan oleh tempat makan ini adalah prasmanan. Sehingga Anda bisa memilih nasi dengan berbagai lauk yang disediakan dengan lebih bebas.

Sekalipun tempat makan satu ini buka malam hari, tetapi justru ketika tengah malam warung makan satu ini selalu dipadati pengunjung. Di tempat makan satu ini, Anda bisa menjajal lauk seperti gulai sapi, lalapan, oseng oseng usus, babat dan menu lainnya. Yang paling menjadi primadona, adalah menu gulai sapinya yang terkenal gurih dan juga empuk.

Lokasi: Jl. Braga No.29, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

11. Bubur Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Bubur Kaki Lima Rasa Bintang Lima
Image Credit: Google Maps (Ain Mushalin)

Bubur ayam tidak hanya bisa dinikmati sebagai menu sarapan saja. Karena Anda juga bisa mencicipi nikmatnya bubur ayam yang dikenal dengan Bubur Kaki Lima Rasa Bintang Lima di Bandung. Kuliner satu ini sangat cocok sebagai tempat kulineran malam hari. Karena buka dari pukul 6 petang sampai tengah malam.

Kendati berada di pinggir jalan, rasa yang dihadirkan akan membuat siapapun ketagihan. Bubur ayam gurih akan disajikan dengan topping ampela ati dan ditambahkan dengan daun bawang. Jangan lupakan bawang goreng dan topping tambahan lainnya yang membuat sedap. Mau tim diaduk atau tidak, bubur ayam satu ini memang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Bandung.

BACA JUGA:  20 Restoran & Tempat Makan di Bogor yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Cikapundung Barat No.1, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

12. Warung Tutug

Warung Tutug
Image Credit: Instagram.com @diary_culinary

Nasi Tutug menjadi salah satu makanan khas Sunda yang juga begitu banyak penggemarnya. Anda bisa menemukan banyak warung yang menjual makanan satu ini. Dan salah satunya bisa Anda temui di daerah Jl. Pasir Kaliki No 67. Dimana nasi tutug oncom di tempat satu ini memang sudah terkenal akan rasanya yang nikmat.

Nasi putih yang ditambahkan dengan oncom, kemudian ditambahkan dengan lauk pauk pilihan memang tidak bisa dilewatkan. Warung Tutug satu ini buka hingga dini hari, sehingga tidak ada salahnya Anda kulineran malam di tempat satu ini. Dijamin Anda akan merasakan nikmatnya nasi tutug yang memang sudah terkenal.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.67, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

13. Seafood Kiloan Bang Bopak

Seafood Kiloan Bang Bopak
Image Credit: Twitter.com @raffantra

Untuk Anda yang masih belum puas mencicipi seafood di kota Kembang, Anda bisa melajukan kendaraan Anda ke Seafood Kiloan Bang Bopak. Wisata kulineran satu ini memang sudah memiliki banyak cabang di seluruh sudut kota Bandung. Paling nikmat memesannya langsung di tempat, bersama keluarga atau teman teman. Walaupun Anda tetap bisa untuk membawanya pulang atau dibungkus.

Lokasi: Jl. Brigadir Jend. Katamso No.33, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

14. Bebek Mc Darmo

Bebek Mc Darmo
Image Credit: Google Maps (Kemala Wijayanti)

Warung sederhana yang cocok untuk kulineran di malam hari selanjutnya adalah Bebek Mc Darmo. Kuliner satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang begitu lezat. Bahkan banyak pengunjung yang rela mengantri demi mencicipi gurih dan lezatnya bebek di tempat satu ini. buka hingga tengah malam, bebek satu ini cocok untuk destinasi wisata kuliner selanjutnya.

Lokasi: Jl. Sumatera No.37, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

15. Roti Bakar Madtari

Roti Bakar Madtari
Image Credit: Twitter.com @mireuharu

Roti bakar akan menutup perjalanan rasa Anda di kota Kembang. Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah roti bakar madtari. Suasana tempatnya yang nyaman lengkap dengan berbagai menu andalan yang disajikan akan menjadi pemadam kelaparan di malam hari. Selain menikmati roti bakar, Anda juga bisa menikmati STMJ yang terkenal lezat.

Favorit warga Bandung, STMJ di tempat ini memang sayang untuk Anda lewatkan. Perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih sangat pas di lidah dan juga bisa menambah stamina. Menu menunya yang memang jempolan menjadikan tempat satu ini selalu ramai pengunjung. Bahkan ketika malam hari sering dijadikan tempat nongkrong.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Itulah rekomendasi tempat kuliner malam yang bisa Anda kunjungi di Bandung. Tak hanya terkenal enak, beberapa di antaranya juga sudah legendaris dan menjadi jujugan pecinta kuliner. Harga yang ditawarkan juga tidak akan membuat kantong Anda jebol. Jadi sudah siap wisata kulineran di Bandung?