Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rajagaluh Keramat, Desa. Ujungberung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Salah satu tempat wisata yang berupa kolam renang dan sangat digemari di kawasan Majalengka yaitu Kolam Renang Tirta Indah. Kolam renang tersebut merupakan salah satu yang paling populer serta berada di area kaki pegunungan. Dengan berbagai macam fasilitas yang memadai, membuat kolam renang tersebut begitu diminati.

Tirta Indah sendiri berada di sebuah lahan dengan luas mencapai 1,5 hektar. Anda bisa menemukan kolam renang tersebut di perbatasan antara Majalengka, Cirebon, Indramayu dan Kuningan. Tak mengherankan jika banyak pengunjung yang datang ke tempat ini berasal dari 4 daerah tersebut.

Menghabiskan akhir pekan untuk berkunjung ke Tirta Indah merupakan ide yang menarik untuk dilakukan. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai apa saja daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata tersebut, harga tiket, fasilitas dan lain sebagainya yang perlu untuk Anda ketahui.

Daya Tarik Kolam Renang Tirta Indah

Wisata Kolam Renang Tirta Indah Yang Memukau Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Lu’ay Marwan

1. Wahana Water Park

Sebagai salah satu tempat wisata atau tempat rekreasi keluarga yang berbasis wisata air, Tirta Indah menyediakan berbagai macam wahana-wahana yang seru dan sangat menarik. Wahana tersebut merupakan daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini. Salah satu wahana yang menjadi unggulan dari Tirta Indah yaitu Waterboom.

Keberadaan dari wahana tersebut memang sangat menarik perhatian para pengunjung. Waterboom tersebut juga dilengkapi dengan beberapa seluncuran yang bisa digunakan untuk bersenang-senang ketika Anda bermain air.

Selain itu juga terdapat bak raksasa yang tiap air penuh akan tumpah. Anda tidak hanya akan menemukan anak-anak saja yang ikut meramaikan wahana ini, melainkan juga banyak orang dewasa yang bersenang-senang.

Di sekitaran kolam sendiri Anda akan menemukan sebuah gazebo yang sengaja dibangun untuk wisatawan agar bisa duduk bersantai. Di Kolam Renang Tirta Indah Anda akan menemukan adanya papan luncur yang berjumlah 2 buah. Papan luncur tersebut bergelombang dan berada di ketinggian 15 m.

Dengan adanya papan luncur tersebut wisatawan akan dibawa untuk merasakan sensasi yang begitu seru dengan meluncur dari ketinggian. Tirta Indah memiliki suasana yang begitu alami karena terletak di kaki pegunungan, sehingga membuat banyak pengunjung ketagihan untuk datang ke tempat tersebut.

2. Kolam untuk Pengunjung Dewasa

Terdapat kolam yang dikhususkan bagi para pengunjung dewasa. Bagi Anda yang seorang remaja dan juga dewasa dengan tinggi badan yang terbilang mencukupi, maka bisa menjajal kolam tersebut.

Aktivitas di kolam ini memang hanya sekedar berenang saja, karena itu jika dibandingkan dengan area-area lain di Kolam Renang Tirta Indah, maka kolam dewasa cenderung lebih sepi.

3. Kolam untuk Anak-Anak

Selain kolam dewasa terdapat juga kolam yang dikhususkan bagi anak-anak. Kolam tersebut cukup dangkal dan dihiasi dengan ornamen berupa patung Arjuna di bagian tengahnya.

Kolam Renang Tirta Indah Yang Seru Dan Lagi hits Di Majalengka
Photo by Google Maps Ardi Setiawan

Anda yang kebetulan datang bersama dengan anak-anak kecil, maka bisa membawa mereka untuk berenang di tempat ini. Tersedia juga arena untuk bermain, sehingga membuat anak-anak merasa betah berada di kolam tersebut.

4. Kolam untuk Terapi Ikan

Daya tarik berikutnya yang membuat tempat pemandian ini begitu ramai dikunjungi yaitu adanya kolam terapi ikan. Tidak sedikit dari para pengunjung yang sangat menyukai area tersebut.

Nantinya Anda bisa duduk dengan santai sambil membiarkan ikan-ikan kecil mulai mengerumuni kaki Anda dan memakan sel-sel kulit yang sudah mati. Banyak yang percaya dengan terapi ikan tersebut mampu untuk menyembuhkan banyak penyakit. Salah satunya yaitu penyakit kulit yang ada di bagian kaki.

5. Wahana Outbound serta Arena Permainan

Kolam Renang Tirta Indah juga dilengkapi dengan wahana outbound. wisatawan yang berkunjung bisa mencoba untuk mendayung perahu karet yang ada di perairan serta bisa mengitari area wisata tersebut dengan perahu karet.

Selain itu juga tersedia wahana-wahana lain yang tak kalah seru. Seperti ATV, flying fox dan juga terdapat kebun binatang mini. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang betah berada di Tirta Indah, karena memang menyediakan wahana permainan yang begitu beragam.

Anda juga akan menemukan adanya bianglala yang menjadi favorit para pengunjung. Sedangkan untuk Anda yang ingin mengabadikan momen atau berburu foto, maka tersedia spot foto 3D di tempat tersebut.

6. Saung yang Nyaman

Selain banyak sekali tersedia wahana-wahana yang begitu seru dan menarik untuk dicoba, daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Tirta Indah yaitu adanya area dengan saung-saung yang terdapat di sekeliling perairan. Di saung itulah nantinya wisatawan bisa menikmati berbagai macam hidangan.

Selain itu, di area wisata ini juga banyak sekali terdapat ornamen-ornamen patung hewan, seperti contohnya dinosaurus. Di bagian tepian kolam sendiri Anda akan menemukan adanya ornamen berupa buah-buahan.

Ornamen buah naga dan buah durian mewakili ciri khas dari daerah tersebut. Anda akan menemukan banyak sekali para penjual buah yang menjajakan dagangannya di sekitar area tempat wisata. Durian khas tempat tersebut memang terkenal memiliki rasa yang sangat legit serta warna kekuningan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Kolam Renang Tirta Indah Di Majalengka
Photo by Google Maps toni nding

Kolam Renang Tirta Indah ini berada di Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Tepatnya yaitu berada di ujung Berung Sindang Wangi. Untuk menuju ke tempat tersebut relatif mudah. Rute yang dilalui pun juga terbilang cukup nyaman.

Untuk memudahkan mencari lokasi, Anda bisa memanfaatkan Google Maps. Sehingga dengan begitu Anda cukup mengikuti arahan yang diberikan agar bisa sampai ke tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Di Wisata Kolam Renang Tirta Indah Majalengka
Photo by Google Maps Indonesia Negaraku

Bagi Anda yang berencana untuk pariwisata dan bermain air di kolam renang ini, maka nantinya akan dikenakan tiket masuk. Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir akan menguras kantong. Tiket masuk sendiri bagi anak-anak sebesar Rp 20.000.

Sedangkan tiket masuk untuk orang dewasa sebesar Rp 25.000. Kolam renang dibuka setiap hari yaitu pada hari Senin hingga hari Minggu. Sedangkan untuk jam operasional tempat rekreasi ini yaitu dimulai pada pukul 8 pagi dan akan tutup saat menjelang 4 sore.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Nia Safitri
Photo by Google Maps Nia Safitri

1. Bermain Air

Aktivitas menarik pertama yang tentunya bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Kolam Renang Tirta Indah ini yaitu bermain air. Anda bisa berenang ataupun basah-basahan di kolam yang tersedia di sana. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa kolam di tempat pemandian tersebut dibedakan untuk dewasa dan anak-anak.

Bagi Anda yang tertarik untuk berenang, maka bisa mencoba area kolam yang dikhususkan bagi orang-orang dewasa. Memiliki kedalaman yang cukup, sehingga sangat cocok untuk di gunakan untuk aktivitas berenang.

2. Menikmati Wahana

Wahana yang tersedia di Tirta Indah sangatlah beragam. Dengan menikmati wahana-wahana tersebut Anda akan merasakan keseruan ketika berlibur ke tempat ini.

Terlebih jika disini Anda membawa anak-anak kecil, maka dijamin mereka akan sangat suka. Wahana permainan yang tersedia bagi orang dewasa pun juga bisa membuat Anda merasa betah ketika berada di Tirta Indah.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Kolam Renang Tirta Indah Majalengka
Photo by Google Maps HARI KURNIAWAN

3. Berburu Foto

Aktivitas berburu foto juga mungkin untuk dilakukan ketika Anda mengunjungi tempat tersebut. Di sana terdapat spot foto yang menarik dan sangatlah instagramable. Karena itu, pastikan kamera ponsel Anda terisi baterai penuh. Sehingga dapat mengabadikan momen ketika berada di sana.

Salah satu yang sangat di rekomendasikan untuk Anda jadikan spot foto yaitu area 3D. Banyak wisatawan yang menggunakan tempat tersebut untuk melakukan kegiatan swafoto. Selain itu pemandangan yang disuguhkan oleh Kolam Renang Tirta Indah sangatlah elok, karena lokasinya yang berada di kaki pegunungan.

4. Bersantai di Saung

Tidak hanya dapat bermain air saja, Tirta Indah juga memungkinkan bagi Anda untuk bersantai di saung. Menikmati kuliner sambil lalu melihat pemandangan pegunungan yang begitu asri merupakan ide yang menarik untuk dilakukan.

Selain itu bersantai di saung juga akan membuat pikiran Anda sedikit rileks. Terlebih udara pegunungan yang segar dan sejuk akan menambah suasana jadi semakin tenang.

Fasilitas Wisata di Kolam Renang Tirta Indah

Fasilitas Di Wisata Kolam Renang Tirta Indah Majalengka
Photo by Google Maps ang doyok

Sebagai salah satu tempat wisata populer dan banyak diburu oleh wisatawan, tempat ini mempunyai fasilitas yang sangat memadai. Anda akan menemukan area tunggu yang nyaman dan cukup. Selain itu juga tersedia berbagai macam menu pilihan di kafetaria yang terdapat di sekeliling kolam.

Tak hanya itu saja, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan wisatawan Tirta Indah menggunakan banyak sekali petugas yang berjaga di sekitar kolam. Sehingga dengan begitu Anda bisa berenang dengan santai. Fasilitas standart seperti contohnya ruang ganti, topiet, mushola dan ruang bilas juga bisa Anda temukan.

Bagi yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan peralatan sebelumnya, maka tidak perlu khawatir, karena di tempat tersebut juga tersedia toko yang menjual perlengkapan dan pakaian renang. Untuk area parkirnya sendiri sangat luas. Sehingga tidak perlu khawatir akan tidak kebagian tempat parkir.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai fasilitas, harga tiket, lokasi dan hal-hal lain terkait Kolam Renang Tirta Indah. Jika Anda kebetulan tengah berkunjung ke Majalengka, maka sangat direkomendasikan untuk singgah sebentar ke kolam renang tersebut. Dipastikan Anda akan memperoleh pengalaman seru ketika berkunjung ke tempat ini.