Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menghabiskan waktu senggang dengan liburan akan menjadi kegiatan melepas penat yang menyenangkan. Jika anda berada di Kota Bandung, Jawa Barat anda bisa menjadikan Kiara Artha Park bisa anda jadikan sebagai tujuan. Taman dengan nuansa modern ini termasuk destinasi wisata baru di Kota Kembang yang langsung menarik perhatian. Taman tematik dengan area yang luas, pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas dan wahana yang dihadirkan. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata Kiara Artha Park

Kiara Artha Park Yang Memukau dan Lagi Hits di Bandung
Photo by Google Maps indra triadhi

1. Termasuk Wisata Baru

Seperti Kiara Artha Park yang merupakan kawasan terpadu yang memadukan konsep hunian, komersial, bisnis dan juga wisata yang ikonik di kota Kembang. Memiliki luas sekitar 2,9 hektar, sebenarnya wisata ini adalah ruang publik dengan tema Taman Kota. Lokasinya berada di tengah kota yang membuatnya menarik perhatian dan mudah untuk dijangkau.

Wisata ini seakan menjawab kebutuhan rekreasi yang sedang trend di masa kini. Proses pembangunannya memang cukup panjang, sampai akhirnya diresmikan pada 17 Agustus 2019 lalu. Termasuk memiliki area yang luas, daya tampung wisata ini bisa mencapai 5 ribu sampai 6 ribu wisatawan. Hanya saja di masa pandemi berkurang menjadi sekitar 1500 saja.

2. Gabungan Wisata Sejarah dan Ruang Terbuka

Sebenarnya tujuan dari dibangunnya Kiara Artha Park untuk memperingati kejadian bersejarah di tahun 1955 yaitu Konferensi Asia Afrika. Sehingga anda juga akan menemukan Taman Asia Afrika lengkap dengan patung dari para inisiator KAA lengkap dengan bendera dari masing masing negara. Anda juga bisa menemukan taman taman tematik lainnya yang menarik.

Karena inilah bukan hal mengherankan jika pengunjung dari wisata ini begitu banyak. Kita juga bisa menyebutnya sebagai sebuah alun alun pada umumnya. Karena bisa menemukan lahan hijau serta pepohonan di beberapa sisi. Wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan saja, melainkan juga sejarah bangsa yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Ketika menginjakkan kaki di tempat satu ini, anda akan menemukan area ruang terbuka hijau yang begitu luas. Ruang terbuka ini berupa taman dengan tanaman tanaman yang membuatnya begitu indah. Terdapat juga beberapa pepohonan yang membuat kawasan taman ini menjadi lebih rindang. Area ini seringkali dijadikan sebagai tempat olahraga oleh pengunjung.

3. Miliki Dancing Fountain

Daya tarik yang menjadikan Kiara Artha Park istimewa adalah hadirnya air mancur menari atau Dancing Fountain. Air terjun menari dengan limpahan cahaya lampu warna warni ini biasanya akan dihadirkan ketika malam hari. Setidaknya anda bisa berkunjung ketika pukul 18.00 WIB untuk menyaksikan keindahan air mancur ini.

Yang membuatnya semakin menarik, air mancur yang seolah olah menari ini diiringi oleh musik tatar Sunda. Yang paling banyak dijadikan lagu pengiring adalah Manuk Dadali. Pertunjukkan ini biasanya dimulai di pukul 18.30, nantinya pertunjukkan akan memiliki jeda 1 jam sekali sampai di pukul 20.30 WIB.

Kiara Artha Park Yang Mempesona
Photo by Google Maps phimatra jaya

Dan jadwalnya akan berbeda ketika hari biasa atau di akhir pekan. Ketika malam minggu, pertunjukkan air mancur menari ini akan diperpanjang sampai pukul 21.30 WIB. dalam satu kali pertunjukkan biasanya akan ada sampai 4 lagu. Anda bisa mengabadikan atau menjadikan pertunjukkan ini sebagai latar belakang berfoto.

4. Kampung Korea

Selain bisa menemukan air mancur menari, Kiara Artha Park juga memiliki daya tarik berupa kampung Korea. Fenomena budaya Kpop memang telah menyentuh banyak generasi milenial, begitu juga di Bandung. Dan inilah yang juga menjadi alasan kini di Bandung juga ada beberapa wisata yang menawarkan budaya negeri Ginseng ini.

Seperti namanya, anda akan menemukan bangunan dengan arsitektur Korea Selatan. Dan bangunan ini juga menjadi ikon dari wisata satu ini. Selain bisa mengambil beberapa foto di bangunan ini, pengunjung juga bisa sekalian kulineran khas Korea. Berbagai kuliner khas negeri Ginseng dihadirkan dan bisa anda cicipi ketika anda sedang berada di wisata hits Bandung ini.

5. Miliki Dancing Fountain

Daya tarik yang menjadikan Kiara Artha Park istimewa adalah hadirnya air mancur menari atau Dancing Fountain. Air terjun menari dengan limpahan cahaya lampu warna warni ini biasanya akan dihadirkan ketika malam hari. Setidaknya anda bisa berkunjung ketika pukul 18.00 WIB untuk menyaksikan keindahan air mancur ini.

Yang membuatnya semakin menarik, air mancur yang seolah olah menari ini diiringi oleh musik tatar Sunda. Yang paling banyak dijadikan lagu pengiring adalah Manuk Dadali. Pertunjukkan ini biasanya dimulai di pukul 18.30, nantinya pertunjukkan akan memiliki jeda 1 jam sekali sampai di pukul 20.30 WIB.

Dan jadwalnya akan berbeda ketika hari biasa atau di akhir pekan. Ketika malam minggu, pertunjukkan air mancur menari ini akan diperpanjang sampai pukul 21.30 WIB. dalam satu kali pertunjukkan biasanya akan ada sampai 4 lagu. Anda bisa mengabadikan atau menjadikan pertunjukkan ini sebagai latar belakang berfoto.

6. Trem dan Festival

Mengunjungi wisata ini anda juga akan menemukan daya tarik lainnya yang membuatnya begitu unik. Kiara Artha Park memiliki wahana yang menjadi favorit anak anak yakni Trem. Trem ini sendiri adalah kereta yang sangat mirip dengan kereta yang ada di Eropa. Pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan kendaraan khusus ini.

Di taman tematik ini, anda juga bisa menemukan festival yang kerap dilakukan. Salah satunya adalah festival of light yang sangat menawan. Anda bisa menikmati berbagai ornamen dengan lampu lampu yang membuat suasananya berbeda. Festival Of Light ini juga menjadi wahana favorit para pengunjung karena keindahan yang ditawarkan.

Alamat dan Rute Perjalan Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Kiara Artha Park
Photo by Google Maps Luli Mitra Pambagyo

Untuk anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Kiara Artha Park, anda bisa menuju jalan Banten, Kebon Waru, Kec. Batununggal, Bandung. Tidak sulit bagi anda untuk menjangkau destinasi wisata ini karena lokasinya memang berada di pusat kota.Hal ini juga menjadi alasan mengapa kawasan wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasinya yang strategis akan memudahkan anda untuk menjangkaunya dari berbagai arah. Salah satu rute yang bisa digunakan yakni dari alun Alun Kota Bandung. Setelah itu silahkan ambil jalan ke arah Timur untuk melewati Jl. Ahmad Yani. Barulah dilanjutkan menuju Jl. Jakarta atau bisa juga masuk ke Kiaracondong.

Sementara jika anda memulai perjalanan dari arah Tol Buah Batu, anda silahkan mengambil jalur kanan. Setelah sampai di traffic light Kiaracondong anda ambil belok kiri untuk menuju Jl Kiaracondong melalui jalur Flyover. Anda bisa menggunakan kendaran pribadi baik mobil atau motor untuk sampai di wisata satu ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket dan Jam Operasional Kiara Artha Park
Photo by Google Maps Arif Setiawan

Walaupun konsepnya seperti taman kota, untuk menikmati taman cantik ini anda harus membayar sejumlah biaya masuk. Harga tiket masuknya ramah kantong, yakni mulai dari Rp 10 ribu di hari biasa, dan Rp 15 ribu saat akhir pekan atau liburan. Pastikan anda menyimpan tiketnya dengan baik, karena ketika akan pulang anda bisa menukarkannya dengan minuman tertentu.

Harga tiket masuk Kiara Artha Park diberlakukan juga anak anak yang sudah berumur 5 tahun dengan harga full. Anda juga perlu menyiapkan dana untuk memasuki beberapa wahana. Misalnya Festival Of Light yang dibanderol dengan harga tiket mulai Rp 2 5 ribu hingga Rp 40 ribu. Harga Tiket masuk juga masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan anda.

Sementara itu jam operasional wisata ini mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Wisata ini juga buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Namun apabila ada informasi tutup sementara, anda bisa mengaksesnya di media sosialnya. Untuk mengintip air mancur menariknya, anda bisa datang sore hari tetapi jika untuk olahraga lebih enak pagi hari.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru di Kiara Artha Park Bandung
Photo by Google Maps arip budiman

1. Berjalan-jalan di Area Taman Asia Afrika

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Kiara Artha Park memang dibangun untuk mengingat peristiwa KAA. Sehingga anda bisa menemukan taman yang dikenal dengan Taman Asia Afrika. Memiliki gerbang masuk yang lebar dan tinggi dan pada kiri dan kanannya berjajar gedung mirip hangar. Berjalan jalan di area wisata ini sangat menyenangkan karena panoramanya indah.

2. Bersantai

Memiliki lokasi yang strategis tidak ada salahnya anda menjadikan wisata satu ini sebagai spot untuk nongkrong dan bersantai. Baik pagi, siang sampai malam hari anda bisa menikmati taman ini. Apalagi di dalamnya juga ada cafe yang bisa anda jadikan tempat ngobrol sembari ngopi ngopi seru. Makin menyenangkan jika anda sekalian bertemu teman teman.

3. Menjelajah Kampung Korea

Menjadi spot yang ikonik, anda bisa merasakan suasana khas Negeri Ginseng tanpa harus jauh jauh ke luar negeri. Suasananya akan semakin kental jika anda menyewa hanbok atau pakaian khas Korea. Sembari berjalan jalan atau berfoto, anda juga bisa sekalian kulineran. Ada banyak menu khas Korea yang biasanya ada di drama drama untuk anda jajal.

Aktivitas Seru Lainnya di Kiara Artha Park Bandung
Photo by Google Maps Baby Yumna’s Diary

4. Olahraga

Jogging track yang dihadirkan di Kiara Artha Park cukup panjang sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk olahraga. Pengunjung juga bisa menaiki sepeda maupun skateboard di area jogging tracknya. Dengan suasana yang nyaman dan sejuk, kegiatan olahraga tentu akan memberikan kesan yang berbeda. Makin seru jika bersama keluarga atau teman teman anda.

5. Menaiki Trem

Selain menyusuri jogging track dengan jalan kaki atau bersepeda, pengunjung juga bisa berkeliling dengan trem. Bus satu ini mirip dengan Bus Bandros yang memiliki nuansa vintage yang begitu kental. Bus ini akan membawa anda mengelilingi kawasan taman Asia Afrika. Beroperasi hingga malam hari, anda bisa menaiki yang berwarna merah ataupun hijau.

6. Hunting Foto

Saat ini kebanyakan destinasi wisata memang menawarkan spot foto yang melimpah. Begitu juga dengan Kiara Artha Park yang juga memiliki banyak spot foto menarik. Mulai dari background kolam air mancur, kampung Kore, patung patung di taman dan lainnya. Pesonanya akan makin berkali lipat ketika sudah memasuki sore hari.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kiara Artha Park

Fasilitas di Wisata Kiara Artha Park
Photo by Google Maps Reza “ray-ray” Pahlevi

Walaupun termasuk wisata yang masih baru, tetapi anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya. Mulai dari area parkir yang luas dan bisa menampung kendaraan pengunjung dengan aman. Selain itu anda juga bisa menemukan toilet yang dalam keadaan memadai. Terdapat juga tempat ibadah berupa mushola yang bisa digunakan pengunjung.

Pengunjung juga akan semakin nyaman dengan beberapa fasilitas tambahan lainnya di Kiara Artha Park. Seperti hadirnya tempat makan juga cafe yang menyediakan banyak makanan juga minuman. Jika anda berkunjung dengan anak-anak, anda bisa mengunjungi area fun and Adventure yang penuh permainan bagi anak anak. Area bersepeda, jogging track sampai area terbuka hijau juga bisa ditemukan.

Beberapa kursi taman ataupun gazebo juga dihadirkan untuk tempat istirahat pengunjung. Jika anda berasal dari luar kota ataupun ingin berlama lama ketika liburan di sini, anda bisa menemukan beberapa penginapan terdekat. Anda bisa bermalam hanya dengan harga ratusan saja, namun tergantung hotel atau penginapan mana yang anda pilih.

Menghabiskan liburan di Bandung, jangan sampai melewatkan keindahan Kiara Artha Park. Taman tematik ini menawarkan banyak wahana dan spot yang membuat liburan anda makin berkesan. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan ketika berada di sini. Yang jelas, tak lengkap rasanya jika ke Bandung tak singgah di taman ini.