Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Gunung Ciremai adalah gunung yang terkenal di Jawa Barat dan terdapat beberapa lokasi wisata yang ada di kaki gunung tersebut, salah satunya Kebun Raya Kuningan. Selain karena berada di kawasan Kuningan, ternyata nama kebun ini juga merepresentasikan pemandangan yang ada, termasuk keunikannya. Tumbuhan khasnya berbunga dan berdaun kuning, sangat indah dipandang.

Daya Tarik Wisata Kebun Raya Kuningan

Pesona Wisata Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Rifal Mushafa Dzikri

Secara umum, kebun ini adalah tempat wisata alam yang memiliki banyak koleksi bunga beraneka warna dan termasuk tanaman langka. Kebun ini juga dinobatkan sebagai tempat wisata berupa kebun raya yang paling luas dan paling besar di Indonesia. Pasalnya, tempat wisata ini berdiri di atas tanah seluas 156 hektar di kaki Gunung Ciremai.

Kebun raya ini juga disebut sebagai kebun yang unik karena memiliki khazanah bebatuan tematik dan kurang lebih 23.000 jenis tanaman ada di sini. Tidak heran jika kebun ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Entah itu wisatawan yang mampir setelah dari Gunung Ciremai atau memang langsung tertuju ke Kebun Raya Kuningan ini.

Objek wisata seperti ini memang sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah, koleksi tanaman yang ada di sini juga bisa menjadi bahan edukasi untuk anak-anak. Selain itu, anda juga bisa melihat pemandangan pantai di Laut Jawa dari lokasi kebun raya ini. Menarik, bukan?

1. Koleksi Tanaman Langka

Daya tarik utama dari kebun raya ini adalah koleksi tanaman yang sangat banyak, bahkan mencapai puluhan ribu dan terdiri dari jenis tanaman langka. Tanaman yang ada di sini semuanya terawat dengan baik agar dapat dinikmati keindahannya oleh para pengunjung. Tanaman yang khasnya adalah tanaman dengan daun dan bunga yang berwarna kuning.

Oleh karena itu, kebun raya ini memiliki spot yang diberi nama Taman Kuning. Taman Kuning ini juga menjadi spot yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan tumbuhan yang ada di dalamnya. Dengan keindahan yang dimilikinya, Kebun Raya Kuningan tidak pernah sepi dari para pengunjung, terutama saat masuk waktu liburan.

2. Bebatuan Vulkanik yang Unik

Wisata Kebun Raya Kuningan yang eksotis
Photo by Google Jono Jono

Tidak hanya tanaman yang menjadi daya tarik dari tempat ini, deretan bebatuan vulkanik juga sering menyita perhatian para pengunjung yang datang. Bebatuan vulkanik yang berukuran besar ini tersusun dengan indah di sepanjang jalan menuju lokasi kebun. Tidak heran jika bebatuan ini sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

3. Kualitas Udara yang Baik

Kebun Raya Kuningan adalah objek wisata alam asli buatan Indonesia yang terletak di kawasan lindung. Banyak sekali pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar lokasi dan menghasilkan udara yang bersih. Lokasi ini juga sering disebut sebagai lumbung oksigen yang berguna untuk menyerap karbondioksida yang ada di udara.

Anda akan merasakan udara yang sangat segar saat tiba di lokasi ini. menghirup udara yang berkualitas juga bisa membuat anda merasa lebih tenang dan lebih fresh. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan objek wisata alam dengan banyak pepohonan yang masih rindang dan tumbuh dengan baik. Bagi anda yang suka dengan alam, wajib berkunjung ke sini.

4. Banyak Lahan Terbuka dan Penginapan

Daya tarik lainnya adalah tersedianya lahan terbuka yang bisa anda manfaatkan saat berkunjung ke sini bersama teman-teman anda. Umumnya, lahan terbuka yang ada di sini dimanfaatkan untuk kegiatan outbond oleh institusi atau organisasi. Selain lahan terbuka, lokasi ini juga menyediakan penginapan berupa camping ground.

Di dalam camping ground tersebut sudah tersedia beberapa cottage dengan desain yang menyatu dengan alam. Fasilitas seperti ini tentu akan sangat menguntungkan jika anda sedang mencari tempat yang cocok untuk acara perusahaan bertema alam. Dengan begitu, hubungan antar anggota juga bisa menjadi lebih erat lagi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Jono Jono

Sesuai dengan namanya, kebun raya ini terletak di kawasan Kuningan, tepatnya Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Lokasi kebun saya ini berada di lereng barat daya dan berbatasan langsung dengan wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai. Jika anda berangkat dari pusat Kota Kuningan, anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Jika anda berangkat dari Kota Cirebon, maka anda perlu waktu setidaknya selama 1,5 jam untuk tiba di sini. Dari pusat Kota Kuningan, anda bisa mengambil jalur ke arah Sumber Plangon. Setelah bertemu dengan pertigaan, anda bisa ambil jalur yang lurus hingga menemukan Tugu Macan berwarna hitam. Dari ini, anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju lokasi.

Jarak yang perlu anda tempuh kurang lebih 8 kilometer dan anda akan melewati objek wisata Cipaniis. Lanjutkan perjalan anda hingga bertemu dengan pertigaan, lalu ambil jalan menuju Padabeunghar. Setelah masuk ke Kecamatan Pasawahan, jalan yang anda lewati akan berkelok-kelok dan menanjak. Jika sudah menemukan banyak batuan vulkanik, lokasi sudah dekat.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Tiket Masuk wisata Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Fallen Vengeance

Untuk menikmati wisata di Kebun Raya ini anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Pasalnya, tiket masuk ke tempat ini hanya Rp 6 ribu untuk orang dewasa dan Rp 4 ribu untuk anak-anak. Sangat terjangkau, bukan? Selain tiket masuk, anda juga perlu untuk membayar parkir berdasarkan kendaraan yang anda tumpangi.

Jika anda menggunakan motor, maka biaya parkir yang perlu anda bayar adalah Rp 3 ribu per kendaraan. Untuk mobil sebesar Rp 6 ribu dan untuk bus adalah Rp 11 ribu. Lokasi ini memang sering dikunjungi anak-anak sekola yang sedang melakukan study tour ke Jawa Barat, sehingga anda juga akan menemui kendaraan bus yang parkir di sini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas yang Menarik Di Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Edi Hidayat

1. Menikmati Keunikan Bebatuan dan Tanaman

Seperti yang telah dibahas sebelumnya jika Kebun Raya Kuningan ini memiliki koleksi batuan tematik dan tanaman yang mencapai puluhan ribu. Bebatuan vulkanik ini juga menjadi salah satu ciri khas yang ada di sini dan tersusun secara artistik. Banyak bebatuan vulkanik yang berukuran besar tersusun rapi di sepanjang jalan menuju kebun raya ini.

Karena keunikannya, banyak wisatawan yang menggunakan batu vulkanik ini untuk mengambil foto dengan latar belakang yang unik. Selain bebatuan, koleksi tanaman yang ada di sini juga menjadi daya tarik tersendiri. Koleksi tanaman yang mencapai puluhan ribu tersebut terbagi ke dalam 114 petak berdasarkan regionnya dan 9 zonasi.

Anda akan menjumpai banyak jenis tanaman yang mungkin belum pernah anda jumpai sebelumnya. Koleksi tanaman ini juga bisa menjadi wisata edukasi untuk memperkenalkan jenis tanaman langka yang ada di Indonesia. Dengan begitu, wisatawan yang datang tidak hanya menikmati keindahannya, tetapi juga fakta yang ada di balik tanaman tersebut.

2. Menikmati Pemandangan Sekitar

Selain memiliki koleksi bebatuan dan tanaman yang unik, kebun raya ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sepanjang mata memandang, anda akan menjumpai perbukitan dengan pohon-pohon yang rindang. Untuk melihat pemandangan kebun raya 360 derajat, anda juga bisa menanjak ke Patung Kuda Kuningan yang ada di sini.

Aktivitas Menarik lainnya Di Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Hasanudin Musa Asmat

3. Outbond

Kebun Raya Kuningan juga sering dijadikan tempat outbound oleh para pengunjung yang berasal dari sebuah institusi atau organisasi. Dengan alam yang terbuka dan udara yang sejuk, kegiatan outbond di tempat ini sangat asyik untuk dilakukan bersama teman-teman. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang ingin melakukan outbond di tempat ini.

4. Menginap

Anda ingin menginap? Tidak perlu khawatir karena kebun raya ini menyediakan tempat untuk menginap berupa camping ground dengan cottage eco design. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang tertarik dengan penginapan berkonsep alam terbuka. Karena desainnya yang unik, lokasi penginapan ini juga sering dijadikan tempat berswafoto.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Kuningan

Fasilitas wisata Kebun Raya Kuningan
Photo by Google Maps Dafa Islamay Pasha

Bicara tentang fasilitas, kebun raya ini telah menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kenyaman pengunjung yang datang. Di sini terdapat toilet, musala, area parkir yang luas, gedung pertemuan, sampai penginapan berupa camping ground. Dengan fasilitas yang disediakan di sini, anda tidak perlu khawatir jika ingin pergi ke kamar mandi.

Selain itu, pemeluk agama Islam juga tetap bisa melakukan kewajibannya dengan baik di musala yang sudah disediakan. Gedung pertemuan yang ada di sini juga sering dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin melakukan pertemuan di ruang terbuka bertema alam.

Kebun Raya Kuningan bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk anda dan keluarga atau bersama teman-teman. Banyak hal yang bisa anda lakukan di sini dan tempat ini memiliki kualitas udara yang baik. Jika berkunjung ke Kuningan, jangan lupa untuk mampir ke wisata alam ini.