Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Saat berada di Kabupaten Cianjur, anda bisa berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Lokasinya yang berada di antara Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Karena memiliki ketinggian 1425 di atas permukaan laut, tak heran area wisata alam ini sangat sejuk. Selain itu, pemandangannya yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Destinasi wisata ini juga memberikan pelayanan untuk masyarakat. Diantaranya adalah untuk pendidikan lingkungan dan penelitian. Namun, tempat ini juga dibuka untuk anda yang ingin berwisata dan merasakan segar serta keindahan bentang alam yang mempesona. Anda pun bisa melakukan gathering bersama keluarga hingga melihat indahnya bunga sakura yang bermekaran. Cari tahu daya tarik dan apa saja kegiatan seru yang bisa anda lakukan disini.

Daya Tarik Wisata Kebun Raya Cibodas

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps anggrek puspasari

1. Terdapat Berbagai Jenis Tanaman

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu Botanical Garden yang ada di Indonesia lantaran memiliki banyak sekali varian koleksi pepohonan. Bahkan hingga sekarang terdapat sekitar lebih dari 5 ribu sampel tanaman dari sekitar 1206 pepohonan, baik tua maupun muda. Untuk itu, jika anda ingin mengetahui berbagai macam informasi seputar tanaman, ada baiknya anda datang ke tempat ini.

2. Adanya Taman Sakura

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kebun raya ini adalah keberadaan taman sakura ala jepang. Jika anda belum kesampean untuk melihat sakura di Jepang, maka anda pun bisa langsung mengunjungi tempat ini. meskipun sejatinya pohon sakura hanya bisa tumbuh di negara yang memiliki empat musim, namun di kebun raya ini sakura tersebut dapat tumbuh subur.

Disini, anda pun akan menemukan lebih dari 7 varian pohon sakura. Hal ini dikarenakan iklim Indonesia sejatinya bukanlah habitat dari pohon sakura. Bagi anda yang ingin melihat keindahan pohon ini, ada baiknya anda datang ke sini antara bulan Januari hingga Februari dan juga Bulan Juli hingga Agustus. Sebab di waktu tersebut bunga sakura akan bermekaran.

3. Memiliki Rumah Kaca Untuk Menyimpan Tanaman

Adanya rumah kaca di area satu ini juga dapat menjadi hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal ini dikarenakan sebagai tempat untuk konservasi, maka wisata Kebun Raya Cibodas memiliki rumah kaca yang berguna untuk melindungi berbagai macam jenis tanaman. Anda akan bisa menemukan anggrek, kaktus hingga tanaman lain yang akan punah. Terdapat sekitar 360 jenis anggrek dan 350 kaktus bisa anda jumpai disini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps Faris Jhatisunda

Apabila anda ingin berkunjung ke destinasi Kebun Raya Cibodas, maka anda pun bisa langsung datang ke Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas yang berada di Kabupaten Cianjur. Untuk jaraknya sendiri hanya beberapa kilometer saja dari Istana Cipanas apabila anda berangkat dari Bandung.

Jika anda berangkat dari Jakarta, untuk bisa sampai ke kawasan satu ini maka anda pun memerlukan waktu yakni kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam saja. hal tersebut tergantung pada lalu lintas yang ada, apakah macet atau tidak. Selain itu, jika anda datang melalui Bogor, maka rute yang bisa anda lewati adalah melalui perkebunan teh dan juga Puncak Pass.

Nantinya anda akan bertemu dengan pertigaan Paragajen dan pilihlah ke arah yang menuju Cibodas. Namun apabila anda berangkat dari daerah Sukabumi, Bandung, Cianjur dan juga Istana Cipanas, maka anda pun bisa berjalan ke arah Rumah Sakit Cimacan. Lalu setelah menemukan pertigaan Paragajen, anda bisa belok ke kiri dan sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps Indra Saputra

Jika pengunjung ingin datang dan berwisata ke Kebun Raya Cibodas, maka anda pun tidak perlu khawatir akan biaya tiket masuk yang dibebankan. Sebab, berada disini anda akan dikenakan harga yang sangat murah dan terjangkau. Ditambah lagi untuk pengunjung asing dan lokal akan dikenakan harga tiket masuk yang sama.

Untuk hari biasa atau weekday, anda akan dikenakan biaya yakni sekitar 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk akhir pekan, maka biaya yang akan anda bayarkan yakni sekitar 25 ribu rupiah. Tiket masuk sepeda saat weekday kurang lebih 15 ribu rupiah dan tiket masuk sepeda weekend yakni dalam kisaran 25 ribu rupiah.

Kemudian, anda juga akan dikenakan biaya tiket parkir untuk yang membawa kendaraan pribadi. Adapun tiket parkir untuk anda yang membawa mobil adalah sekitar 35 ribu rupiah dan untuk anda yang membawa sepeda motor yakni akan dikenakan biaya sekitar 5 ribu rupiah saja.

Berbicara mengenai jam bukanya sendiri, wisatawan bisa mulai datang ke lokasi satu ini yakni mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore pada hari Senin – Jumat. Sedangkan untuk weekend dan hari libur nasional, maka anda bisa datang mulai 7 pagi hingga 4 sore. Jika anda ingin datang ketika sepi, sebaiknya anda menghindari datang di kala weekend.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas di Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps Nia Sari

1. Mengikuti Kegiatan Pendidikan Lingkungan

Mencari tempat wisata dengan sarana edukasi? Maka anda pun bisa datang dan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Sebab, untuk wisata edukasi disini, terdapat program pendidikan lingkungan yang bisa anda ikuti. Tentunya kegiatan satu ini akan sangat cocok bagi anda yang secara khusus ingin belajar mengenai lingkungan. Terlebih lagi, jika anda ingin belajar tentang bunga dan tanaman.

Untuk program yang ada disini sendiri terbagi menjadi dua kategori. Diantaranya adalah Wisata Flora dan Pemanduan. Bagi anda yang mengikuti pendidikan Wisata Flora, maka nantinya akan berisi paket pendidikan Lingkungan yang memang disediakan untuk pelajar, baik dari lingkup Sekolah Dasar hingga sMA.

Kemudian, ada pula yang terbuka untuk umum yakni program Pemanduan. Untuk kegiatan yang ada di dalam program pemanduan ini adalah berisi tentang pengenalan lingkungan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa belajar mengenai tanaman hias dan juga berbagai tempat menarik. Bagi anda yang ingin mengikutinya, lebih baik anda bisa melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dahulu.

2. Berkeliling Ke Galeri Tanaman Hias

Bagi anda yang menyukai tanaman hias, berkunjung ke Kebun Raya Cibodas adalah salah satu hal yang wajib untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan pada tempat satu ini terdapat galeri tanaman hias. Dimana disini terdapat berbagai keanekaragaman hayati. Bahkan koleksi tanaman hias yang ada disini terbilang cukup lengkap.

Galeri yang penuh tanaman hias tersebut akan menjadi salah satu pemandangan yang dapat menyejukkan mata anda. Pecinta tanaman hias tentunya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi galeri ini. anda bisa datang kesini setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

3. Bermalam di Guest House

Jika anda merasa berkeliling satu hari di kebun raya kurang memuaskan, maka anda pun bisa menginap di Guest House yang tersedia di lokasi satu ini. pasalnya, di area kebun raya sendiri terdapat Guest House yang bisa anda tempati dan siap untuk melayani wisatawan ketika menginap.

Aktivitas Seru di Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps dir maya

Di destinasi wisata satu ini setidaknya anda akan menemukan 3 guest house yang memiliki jumlah kamar dan tempat tidur yang berbeda beda. Nantinya, anda pun hanya perlu untuk menyesuaikan tempat tinggal tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda pergi dengan keluarga besar, maka anda pun bisa menyewa guest house yang memiliki ruangan dengan jumlah banyak.

4. Hunting Foto

Salah satu hal atau kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di tempat ini adalah hunting foto. Sebab, di Kebun Raya Cibodas memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Ditambah lagi banyak spot spot foto menarik yang bisa anda gunakan untuk berfoto.

Tak mengherankan jika lokasi satu ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk pemotretan. Sebut saja seperti prewedding maupun kegiatan komersial lainnya. Bagi anda yang ingin melakukan pemotretan di lingkungan satu ini, tentunya anda akan dikenakan biaya tambahan yakni sekitar 1 hingga 2 juta rupiah.

Namun, jika anda hanya menggunakannya hanya untuk kebutuhan selfie atau hunting foto pribadi menggunakan kamera handphone, maka anda pun tidak perlu membayar biaya tambahan. Anda bisa berfoto sepuasnya ketika berada di area satu ini. tentu saja, akan sangat pas bagi anda yang memiliki hobi berfoto.

5. Gathering

Apabila anda mencari tempat gathering yang memiliki pemandangan indah dan suasana yang sejuk, maka Kebun Raya Cibodas ini dapat menjadi jawabannya. Hal ini dikarenakan merencanakan kegiatan dan aktivitas seru bersama keluarga maupun rekan kerja tentu saja sangat pas apabila anda melakukannya di tempat satu ini.

Disini, anda pun akan menemukan area tanah lapang yang memiliki keindahan alam tersendiri. Ditambah dengan udaranya yang masih segar, pastinya akan sangat cocok sebagai lokasi untuk berkumpul atau gathering. Untuk paketnya sendiri, anda tak perlu khawatir, karena pihak pengelola telah menyiapkan paket lengkap dengan makan siang untuk anda yang ingin gathering disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas
Photo by Google Maps Naura Alifa

Jika berbicara tentang fasilitas, destinasi wisata ini memang menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan. Disini anda akan menemukan mushola yang bisa anda gunakan untuk beribadah. Kemudian, ada pula gazebo sebagai tempat untuk beristirahat.

Selanjutnya, ada pula toilet, shelter hingga peta kawasan dan papan penunjuk arah. Sehingga ketika anda berjalan jalan di lokasi ini pun tidak akan tersesat. Selain itu, untuk tempat parkirnya sendiri pun terbilang sangat luas dan terdiri dari dua tempat. Anda dapat menemukan parkir bus yang berada di luar pintu masuk.

Sedangkan bagi anda yang membawa mobil dan motor, maka bisa dengan mudah untuk memarkirkannya di area dalam kebun raya ketika weekday. Namun, saat weekend anda bisa memarkirkannya di luar kawasan kebun raya. Ada pula minibus yang menjadi fasilitas umum dari wisata ini. hanya dengan membayar 10 ribu rupiah saja, anda bisa berkeliling tanpa rasa capek.

Menghabiskan waktu di Kebun Raya Cibodas memang akan membuat anda lupa waktu. Sebab, banyak hal menarik yang bisa untuk anda temukan di lokasi satu ini. oleh karena itu, bagi anda yang masih bingung untuk mencari tempat hiburan yang menyuguhkan panorama alam yang indah dan suasana yang sejuk, maka anda pun bisa langsung datang mengunjungi wisata satu ini saat akhir pekan tiba. Dijamin, anda pun akan betah.