Kebun Raya Bogor menjadi salah satu kebun botani yang populer dikunjungi wisatawan. Objek wisata nan indah yang memiliki beragam koleksi bunga dan tanaman tropis sebagai sarana edukasi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Destinasi yang merupakan ikon dari kota Hujan ini memang wajib untuk Anda singgahi ketika berada di Bogor. Di kebun botani ini, Anda pun akan disuguhkan destinasi yang memiliki lingkungan hijau dan asri. Tempatnya yang luas dan menyimpan berbagai koleksi tanaman menjadikan kawasan ini sebagai tempat untuk berlibur yang menyenangkan. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu ketika berada di kebun botani ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Bogor

Daya Tarik Kebun Raya Bogor
Image Credit: Google Maps (Arief Elfaigan)

Berkunjung ke Bogor kurang lengkap rasanya apabila tidak mampir ke Kebun Raya Bogor. Destinasi wisata yang terkenal akan panorama alamnya yang hijau dan menyegarkan ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk berlibur. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mampir dan mengunjunginya di kala suntuk atau sedang ingin menghabiskan waktu.

Area Kebun botani ini dibagi menjadi beberapa bagian saking luasnya. Memiliki koleksi ribuan tanaman dan bunga menjadikan kebun ini sangat cocok sebagai wahana untuk edukasi. Bagi Anda yang membawa si kecil berlibur kesini pun tentu saja tidak akan dilanda bosan karena banyak spot yang bisa untuk dijelajahi.

Tidak hanya menjelajah kebun dengan panorama yang hijau, disini Anda juga bisa untuk menengok beberapa museum yang ada di dalam Kebun Raya Bogor. Salah satu museum yang terkenal antara lain adalah Museum Zoologi. Di dalam museum ini, Anda akan menemukan berbagai koleksi dari fosil hewan.

Ada pun fosil fosil tersebut antara lain terdiri dari hewan laut, berbagai macam jenis burung hingga mamalia akan Anda temukan secara lengkap di lokasi ini. Berjalan jalan di kebun raya akan membuat hari Anda tidak bosan. Bahkan Anda bisa menjelajah mulai dari jam buka hingga petang untuk melihat koleksi dan keindahannya.

Tak mengherankan, hal ini dikarenakan Kebun Botani Bogor memiliki area yang sangat luas. Bahkan luas tanah dari destinasi satu ini mencapai sekitar 87 hektar. Tentu saja, hal ini menjadikan kebun ini sebagai salah satu destinasi yang nyaman untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Raya

Alamat Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Real Wahyudi)

Kebun ikonik ini terletak tepat di jantung kota Bogor. Sehingga, bagi Anda yang ingin mengunjunginya pun sangat mudah untuk menemukan lokasi tersebut. Untuk lokasi tepatnya yakni berada di Jalan Ir Haji Djuanda nomor 13, Paledang, Kota Bogor. Anda bisa datang ke wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika Anda mengunjungi destinasi ini dengan menggunakan kendaraan umum, Anda pun bisa naik kereta KRL dengan arah Bogor. Nantinya Anda bisa langsung turun tepat di Stasiun Bogor dan berjalan kaki sebentar. Anda bisa mengarahkan tujuan Anda ke lampu merah yang ada di Jalan Djuanda.

Selanjutnya, Anda pun bisa belok ke kanan dan berjalan kurang lebih dalam waktu yakni sekitar 300 meter. Barulah Anda bisa sampai di Kebun Raya Bogor. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan transportasi berupa bus, Anda bisa turun di Terminal Baranangsiang. Disini, Anda bisa melanjutkan dengan angkot nomor 03, 06 atau 13.

Untuk waktu tempuh dari Terminal Baranangsiang menuju ke lokasi kebun raya hanya membutuhkan waktu yakni sekitar 10 menit saja dengan jarak tempuh yakni sekitar 2 kilometer. Dan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda dari Tol Jagorawi dan belok ke kanan, nantinya Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 2 kilometer.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Kebun Botani Bogor

Harga Tiket Kebun Botani Bogor
Image Credit: Google Maps (Sheila Adhita)

Jam buka dari Kebun Raya Bogor sendiri adalah pukul 8 pagi hingga 4 sore ketika hari Senin sampai Jumat. Namun, bagi Anda yang ingin mengunjunginya di kala weekend, Anda bisa datang lebih pagi. Hal ini dikarenakan kebun ini sudah buka mulai pukul 7 pagi. Sehingga Anda pun akan lebih puas untuk menjelajah dan berjalan jalan di kawasan ini.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi Museum Zoologi, ada baiknya Anda datang pada pukul 8 pagi hingga 4 sore. Sedangkan bagi Anda yang ingin melihat berbagai macam spesies anggrek, Anda pun bisa datang mulai pukul 8 pagi hingga setengah empat sore. Lantaran spot satu ini memiliki jam tutup yang lebih cepat dibandingkan dengan jam operasional dari kebun raya.

Sebelum berlibur kesini, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Diantaranya adalah Anda bisa membeli tiket secara langsung melalui website resmi dari Kebun Raya Bogor yakni di www.kebunraya.id. Bagi Anda yang mengajak si kecil dan telah memiliki tinggi badan di atas 80 cm, maka anak tersebut telah diwajibkan untuk dikenakan tiket masuk.

Adapun di masa pandemi yang sedang berlangsung, Anda juga bisa tetap mengunjungi destinasi wisata ini, namun dengan beberapa ketentuan. Antara lain wajib datang dalam kondisi yang sehat dan menggunakan masker. Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk membawa hand sanitizer sekaligus mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Setelah membahas jam operasional, harga tiket masuk dari Kebun Raya Bogor ini terbilang cukup murah. Mengingat lokasi dari kebun ini yang sangat luas. Untuk bisa masuk kesini, Anda hanya dikenakan tarif sekitar 15 ribu rupiah saja. Sedangkan bagi Anda yang membawa turis asing, biaya masuknya akan dikenakan yakni kurang lebih 25 ribu rupiah.

Wisata ini juga menyediakan beberapa bundling tiket yang bisa Anda pilih. Diantaranya seperti bundling tiket masuk dan kopi yang dikenakan tarif berkisar 25 ribu rupiah, bundling tiket masuk dan sewa bus yakni sekitar 35 ribu rupiah saja. serta ada pula bundling tiket masuk dan juga sewa sepeda keranjang akan dikenakan biaya yakni sekitar 35 ribu rupiah.

Disini juga disediakan tiket trip yang bisa Anda ikuti. Ada pun tiket trip tersebut terdiri dari tiga jenis yakni historical trip, eco tree trip dan juga interesting collection trip. Untuk tiket masuk dari ketiga trip tersebut yakni sekitar 50 ribu rupiah. Untuk biaya tiket masuk parkir bagi Anda yang membawa mobil adalah sekitar 50 ribu rupiah dan pengendara sepeda dan motor yakni sekitar 5 ribu rupiah.

Kegiatan Seru yang Anda Lakukan di Kebun Raya

Kegiatan Seru di Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Chairul Fajar)

1. Jogging dan Berolahraga

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di Kebun Raya Bogor tentunya adalah olahraga. Dengan suasananya yang rimbun dan hijau akan menjadi lokasi yang pas untuk berolahraga di pagi hari. Disini, Anda pun akan mendapatkan udara yang sejuk dan pastinya akan merefresh pikiran Anda.

Di dalam area taman, terdapat beberapa aktivitas untuk olahraga yang bisa Anda lakukan. Sebab, tersedia trek untuk jogging dan ada pula spot yang bisa Anda gunakan untuk bersepeda. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin olahraga dengan suasana yang aman dan nyaman, ada baiknya bisa mendatangi kawasan kebun botani ini.

2. Berpiknik di Sekitar Danau

Selain berolahraga, Anda juga bisa untuk bersantai dan berpiknik di tepi danau. Pasalnya di dalam Kebun Raya Bogor terdapat danau kecil yang berada di kebun botani. Untuk posisi dari danau tersebut menghadap langsung menuju ke Istana Bogor. Tentunya ini menjadi salah satu spot favorit yang harus Anda kunjungi ketika berada disini.

3. Duduk di Taman Soedjana Kassan

Keindahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Taman Soedjana Kassan. Di dalam spot satu ini, Anda pun akan dimanjakan dengan pesonanya yang luar biasa. Taman Soedjana Kassan atau yang disebut dengan Taman Rahasia.

Di taman ini, Anda pun akan menemukan lambang negara Indonesia yakni Garuda Pancasila. Karena lambang negara tersebut yang letaknya masih samar samar membuat taman ini diberi julukan sebagai Taman Rahasia. Sebab, Anda perlu untuk lebih teliti dan seksama di dalam menemukannya.

Keunikan lain yang terdapat di taman satu ini adalah pada area tangga. Pada spot satu ini, Anda pun bisa berfoto karena tempatnya yang sangat instagramable. Disini, Anda akan melihat indahnya akar akar gantung dengan ukuran yang cukup besar. Tak mengherankan lokasi ini menjadi tempat favorit untuk mengambil gambar.

Kegiatan di Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Cusoget)

4. Melihat Koleksi Anggrek

Kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Kebun Raya Bogor adalah melihat koleksi bunga anggrek yang indah. Untuk melihat koleksi tersebut, Anda bisa masuk ke rumah anggrek. Kebun botani ini memang identik dengan pemandangan dan suasananya yang indah.

Hal ini juga berkat kehadiran dari rumah anggrek yang menyimpan berbagai macam jenis anggrek. Saat berada di lokasi ini, Anda pun bisa melihat kurang lebih sekitar 500 spesies dari anggrek. Anggrek tersebut diambil dari hutan dan juga merupakan persilangan dari anggrek anggrek lain yang ada disini.

Memasuki kawasan ini, Anda pun akan disambut dengan warna warna anggrek yang sangat beragam dan tentunya indah. Pengunjung juga bisa melihat keindahan anggrek yang bergantungan di rumah tersebut. Tentu saja hal ini akan menjadi keindahan tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi tempat satu ini.

5. Menyusuri Jalan Astrid

Terdapat hal unik yang bisa Anda temukan ketika berada di jalan Astrid di Kebun Raya Bogor ini. disini, wisatawan bisa melihat indahnya deretan bunga yang berwarna kuning dan merah di sepanjang tengah jalan. Seakan akan ketika Anda menyusuri jalanan ini, maka jalan tersebut akan terbelah menjadi dua dengan adanya keberadaan bunga tersebut.

Di sepanjang jalan ini, Anda bisa menemukan bunga Tasbih. Bunga yang sering kali disebut dengan Canna Hybrida ata Kana Hias ini sangatlah cantik. Sehingga sepanjang 200 meter, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama yang indah dan juga mempesona akibat adanya bunga tersebut.

Bahkan ketika suasana sedang mendukung, Anda pun bisa menyaksikan indahnya bunga tasbih yang sedang bermekaran. Kemudian, di waktu musim hujan tiba biasanya bunga bunga tersebut akan berguguran sehingga akan menambah suasana menjadi lebih indah. Pastikan Anda mengabadikan momen ini di kamera.

6. Menyusuri Taman Astrid

Memasuki Kebun Raya Bogor, Anda pun akan menemukan banyak sekali taman di lokasi satu ini. salah satu taman yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat wisata ini adalah Taman Astrid. Nama dari taman ini diambil dari seorang permaisuri yang berasal dari Belgia yang terkenal akan kecantikannya.

Terinspirasi dari nama tersebut, taman ini pun dibuat dan di dekorasi dengan sangat cantik. Untuk menemukan taman ini, Anda bisa datang ke belakang pintu IV. Pintu ini merupakan kawasan khusus pejalan kaki yang ingin datang ke Kebun Raya Bogor. Memasuki Taman Astrid, Anda pun akan langsung disambut dengan suasananya yang hijau.

Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan rumput hijau tebal dan dilengkapi dengan air mancur yang indah. Untuk kolamnya sendiri pun dihiasi dengan bunga Kana yang sangat cantik. Tentunya hal ini akan membuat siapa saja yang datang menjadi betah dan ingin berlama lama di lokasi ini.

Di Taman Astrid Anda juga akan disuguhkan dengan salah satu tanaman langka yang ada di Indonesia. Pasalnya, kolam yang ada di disini memiliki tanaman teratai raksasa. Bahkan kolam ini pun kerap kali disebut dengan Veronica Amazonica atau Giant Lotus karena keberadaan teratai raksasa tersebut.

Kegiatan Lakukan di Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Chepys Hidayat)

7. Rehat di Grand Garden

Grand Garden atau yang juga disebut dengan Kafe Dedaunan merupakan salah satu tempat yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Lokasinya sendiri yakni berada di dekat Taman Astrid. Hal yang menjadi daya tarik dari kafe ini adalah adanya payung payung berwarna merah yang digunakan sebagai tempat untuk berteduh pada area outdoor.

Ciri khas lain yang menjadikan kafe ini banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah banyaknya ornamen yang memiliki perpaduan khas antara jaman kolonial Belanda dan Indonesia. Tentu saja, beristirahat disini akan menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika singgah di Kebun Raya Bogor.

8. Berjalan di Jembatan Pemutus Cinta

Saat berada di kabun raya, Anda juga bisa untuk menyusuri Jembatan Pemutus Cinta. Menurut mitos yang beredar, banyak orang yang melewati jembatan ini dan hubungan mereka harus berakhir. Namun, dibalik mitos yang beredar, jembatan ini memiliki keindahan tersendiri.

Jembatan yang memiliki warna merah tersebut adalah salah satu jenis suspension bridge yang mana memiliki rangka dengan kawat yang tebal. Panjang jembatan ini kurang lebih sekitar 25 hingga 30 meter dan sangat khas dengan jaman kolonial Belanda. Ketika berjalan di jembatan ini, Anda pun akan merasakan sensasi tersendiri.

9. Museum Zoologi

Bagi Anda yang ingin belajar tentang fosil, ada baiknya Anda mampir dan mengunjungi museum Zoologi. Museum ini merupakan bangunan yang menampilkan berbagai macam hewan yang telah diawetkan. Tak hanya itu saja, ketika berada disini wisatawan pun akan disuguhkan dengan diorama yang menceritakan tentang kehidupan dari hewan tersebut.

Kegiatan Anda Lakukan di Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fuad Anshari)

10. Mengunjungi Taman Meksiko

Keberadaan taman ini menjadi salah satu daya tarik yang disukai oleh pengunjung ketika berada di Kebun Raya Bogor. Di taman ini Anda akan merasakan sensasi bak di gurun karena tandus dan gersang, namun angin semilir tetap bisa Anda nikmati saat berada disini. Di tempat ini, Anda juga bisa melihat 3 patung yang mengenakan topi Sombrero dengan ciri khas Meksiko.

Berjalan jalan di Kebun Raya Bogor menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang. Dengan keberadaan kebun ini, Anda pun bisa merasakan udara yang sejuk dan hijaunya pemandangan. Tentu saja, tempat ini sangat pas untuk Anda yang ingin rehat dan melepas penat.