Kebun Binatang Bandung salah satu objek wisata alam dan edukasi favorit di Bandung, Jawa Barat yang memiliki koleksi satwa lebih 800 spesia dari kelas mamalia, aves, reptil & ikan. Mengajak si kecil ke Bandung Zoo tentunya menjadi liburan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Saat Anda sedang ke Bandung, ada salah satu tempat wisata yang cocok untuk dinikmati bersama si kecil dan keluarga. Kebun Binatang menjadi destinasi menarik yang sayang untuk Anda lewatkan ketika akhir pekan di Bandung. Sebab, banyak keseruan yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke wisata satu ini. apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Kebun Binatang Bandung

Daya Tarik Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps (Riyat Ruli)

Ketika Anda menginjakkan kaki disini, suasana yang hijau dan sejuk akan Anda dapatkan. Ditambah lagi dengan riuhnya suara binatang akan menambah liburan Anda bersama anak menjadi lebih seru. Kebun Binatang Bandung atau yang sering kali disebut dengan Bandung Zoo merupakan salah satu tempat rekreasi yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke kota kembang.

Sebab, tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi yang memiliki berbagai macam koleksi, baik flora dan fauna. Jika di total jumlah binatang yang mendiami tempat wisata ini bisa mencapai kurang lebih 800 organisme. Berbagai satwa tersebut terdiri dari ikan, mamalia, reptil dan juga kelas aves bisa Anda temukan disini.

Tak hanya menjadi tempat untuk penangkaran hewan dan tempat wisata saja, kebun binatang yang ada di kota Bandung ini juga menjadi salah satu tempat untuk penelitian serta sarana pendidikan. Untuk luas area dari kebun binatang ini sendiri sangatlah besar, bahkan luasnya bisa mencapai 14 hektar.

Dengan tempat yang luas tersebut, Anda juga akan disuguhkan dengan suasana yang asri sekaligus nyaman. Sehingga Anda pun akan betah untuk berwisata dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini bersama dengan keluarga. Di kebun binatang ini, Anda tak hanya akan melihat tingkah hewan hewan saja.

Melainkan, Anda juga bisa merasakan keseruan dan berinteraksi secara langsung dengan binatang yang ada di tempat wisata ini. sebut saja Anda bisa menunggang berbagai macam hewan seperti kuda, gajah dan juga unta. Tentunya akan menjadi liburan yang cocok untuk si kecil ketika hari libur tiba.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang

Alamat Kebun Binatang
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Bandung Zoo ini berada di Jalan Kebun Binatang no 6. Tepatnya di daerah Lebak Siliwangi, Kota Bandung. Saat Anda ingin kesini, Anda pun bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Namun, bagi Anda yang ingin menaiki angkutan umum pun juga bisa.

Jalurnya adalah Anda bisa menaiki angkutan umum yang memiliki rute yakni Cisitu – Tegalega, Caringin – SD Serdang, Panghegar – Dipatiukur dan juga rute Cicaheum – Ledeng. Nantinya, Anda bisa memberitahukan kepada supir untuk diturunkan tepat di depan pintu gerbang dari Kebun Binatang ini.

Jam buka dari objek wisata ini adalah mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, bisa datang di jam jam tersebut. Kelebihan dari Kebun Binatang Bandung adalah tidak memiliki hari libur. Sehingga Anda pun bisa datang kapan saja pada hari Senin hingga Minggu.

Sedangkan untuk harga tiket masuk dari tempat wisata ini adalah kurang lebih sekitar 50 ribu rupiah per orang. Apabila Anda mengajak anak kecil yang memiliki tinggi diatas 80 cm, maka anak tersebut haruslah membayar tiket masuk dengan harga normal. Harga 50 ribu tersebut, Anda juga sudah bisa masuk ke wahana taman bermain sekaligus perahu dayung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bandung Zoo

Aktivitas di Bandung Zoo
Image Credit: Google Maps (Agse Journey)

1. Outbound

Tak hanya menyaksikan hewan hewan saja, bagi Anda dan si kecil yang menyukai kegiatan outbond, Kebun Binatang adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu. Disini, Anda bisa mencoba untuk menaiki flying fox yang bisa dimainkan oleh orang dewasa dan juga anak anak yang memiliki tinggi badan tertentu.

Bagi Anda pecinta kegiatan adrenalin, tentunya olahraga satu ini perlu untuk Anda coba. Selain itu, flying fox adalah salah satu wahana yang tidak membosankan. Sebab, ketika Anda berada disini, Anda bisa menikmati kesejukan udara di kota Bandung sembari meluncur dari ketinggian. Tentunya Anda akan sayang sekali melewatkan wahana satu ini.

2. Bermain di Wahana Anak

Apabila Anda membawa anak kecil kesini, wahana bermain anak menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu. Hal ini dikarenakan Bandung Zoo memang sengaja menyediakan tempat untuk bermain bagi si kecil. Di tempat ini, tersedia berbagai macam permainan.

Sebut saja seperti kereta api, skuter anak dan juga playground yang tentunya akan membuat si kecil menjadi betah untuk bermain di lokasi ini. namun, sebagai orang tua Anda juga tetap perlu untuk mengawasi si kecil ketika bermain di wahana ini. dengan kehadiran wahana satu ini dapat menjadi tempat beristirahat sekaligus bermain bagi si kecil.

3. Menunggang Satwa

Aktivitas satu ini juga menjadi favorit bagi para wisatawan, terutama anak anak. Dengan melakukan kegiatan satu ini, maka si kecil pun akan merasakan sensasi menunggang hewan yang ada di kebun Binatang Bandung. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki berbagai macam koleksi satwa satwa yang jinak dan juga dapat dinaiki.

Pertama, Anda bisa mengajak si kecil untuk menunggangi gajah. Apabila dirasa belum puas, maka Anda bisa mengajaknya untuk menunggangi nta dan juga kuda yang memang telah aman untuk ditunggangi. Anda juga tak perlu khawatir karena kegiatan satu ini telah didampingi oleh petugas yang telah memiliki pengalaman.

4. Berfoto

Disini, Anda juga bisa berfoto dengan hewan-hewan yang ada di Bandung Zoo. Selain itu, pemandangannya yang hijau dan asri juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri untuk masuk ke dalam bidikan kamera Anda. Sehingga, kegiatan berfoto akan menjadi kenangan yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung kesini.

Namun, saat Anda menghabiskan waktu di lokasi ini, bukan hanya binatang saja yang bisa Anda foto. Akan tetapi, Anda juga bisa berfoto dengan berbagai macam badur dengan karakter kartun yang bisa Anda temukan di Bandung Zoo. Sebut saja seperti Elsa dari film Frozen, kartun Doraemon dan juga lain sebagainya.

Hal ini tentu saja akan menjadi momen dan kegiatan yang seru bagi si kecil. Pasalnya, anak anak bisa berfoto dengan karakter kartun yang diidolakannya. Anda pun bisa melakukan swafoto bersama dengan si kecil dan juga badut badut tersebut. Sehingga liburan di lokasi satu ini tidak akan membosankan.

Aktivitas Seru di Bandung Zoo
Image Credit: Google Maps (Saepul Andri)

5. Naik Perahu

Setelah seru seruan dengan badut karakter, Anda pun bisa mengelilingi danau yang ada di kebun binatang ini dengan menggunakan perahu. Wahana perahu ini merupakan salah satu kegiatan gratis yang bisa Anda dapatkan di lokasi ini. hal tersebut dikarenakan ketika tiket masuk yang Anda beli di loket akan include dengan wahana ini.

Disini, Anda bisa menaiki perahu besar yang mampu untuk memuat banyak orang. Kegiatan mengelilingi danau ini biasanya akan berlangsung selama beberapa menit. Tentu saja kegiatan satu ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi si kecil. Akan tetapi, jika Anda ingin untuk menaiki perahu pribadi yang khusus untuk dua orang, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan.

6. Mengunjungi Teater

Di Kebun Binatang Bandung juga terdapat tempat lain yang bisa Anda kunjungi yakni salah satunya adalah teater satwa. Ketika Anda berwisata ke tempat satu ini, pastikan Anda untuk mampir. Teater satu ini biasanya akan berlangsung selama 2 kali setiap harinya. Yakni pada pukul 11 siang dan juga 3 sore.

Anda nantinya akan disuguhkan dengan pertunjukan dari anjing berjenis poodle dan burung kakak tua yang lucu dan menggemaskan. Bagi Anda yang mengunjungi kebun binatang ini bersama si kecil, pastinya anak Anda pun akan betah dan tertarik untuk datang dan melihat pertunjukan satu ini.

7. Melihat Berbagai Jenis Fauna

Hal utama yang bisa Anda lakukan disini adalah melihat berbagai jenis fauna dari dekat. Bandung Zoo merupakan salah satu kawasan wisata yang mempunyai berbagai macam hewan, baik yang dilindungi maupun tidak. Ada berbagai macam hewan yang bisa Anda temui di tempat satu ini.

Sebut saja seperti beberapa hewan yang dilindungi seperti singa, beruang madu, gajah sumatra, burung koak biru dan juga lain sebagainya. Selain itu, binatang mamalia dan juga ikan serta aves juga bisa Anda temukan di tempat wisata ini. sehingga dapat menjadi salah satu wisata edukasi yang lengkap untuk si kecil.

8. Pagelaran Budaya

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa Anda lihat disini adalah pagelaran budaya. Disini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam atraksi khas daerah Sunda. Biasanya ketika musim libur tiba, Anda akan bisa melihat pertunjukkan angklung. Hal ini tentu saja akan menjadi sarana pembelajaran mengenai budaya kepada si kecil.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Binatang Bandung

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps (Alza Amirzan)

Bagi Anda yang berwisata ke lokasi ini, tidak perlu khawatir akan fasilitas yang disediakannya. Hal ini dikarenakan kebun binatang tersebut telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjungnya. Disini, Anda bisa berkunjung ke pujasera yang memang telah disediakan sebagai tempat untuk kuliner.

Sehingga bagi Anda yang kelaparan, Anda pun bisa membeli berbagai makan dan minuman di lokasi satu ini. selain itu, bagi Anda yang ingin mengadakan berbagai acara di lokasi ini, maka Anda tak perlu khawatir karena telah tersedia aula yang cukup untuk digunakan dalam mengadakan berbagai macam acara.

Fasilitas lain yang tersedia antara lain adalah masjid sebagai tempat untuk ibadah, kolam air lengkap dengan perahunya, tempat bermain anak dan juga toilet. Semua fasilitas tersebut lengkap tersedia. Sehingga Anda pun akan nyaman untuk berwisata di tempat satu ini. pada kebun binatang ini juga dilengkapi dengan panggung yang memang ditujukan sebagai tempat untuk pagelaran seni dan budaya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda nikmati selama berlibur di kota Bandung. Kebun Binatang satu ini dapat menjadi tempat alternatif untuk berlibur bersama dengan keluarga. Hal ini dikarenakan Kebun Binatang Bandung adalah sarana edukasi yang pas bagi si kecil. Selain itu, disini juga tersedia berbagai macam kegiatan menarik yang sayang dilewatkan. Jika Anda mengajak si kecil pastinya akan betah menghabiskan waktu di tempat ini.