Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Berkunjung ke Bandung, Jawa Barat sempatkan untuk mengunjungi Kawah Rengganis yang berada di Ciwidey. Destinasi wisata alam ini merupakan salah satu tempat yang favorit untuk menikmati panorama alam. Sebab di sekitar kawah anda akan bisa menikmati keindahan yang memukau, mungkin tak akan bisa untuk anda jumpai di tempat lain.

Selain itu, di kawah ini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai macam aktivitas menarik yang akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan. Pasalnya, tidak hanya berfoto, anda juga bisa berendam di air belerang yang hangat untuk relaksasi. Tentunya kegiatan ini akan membuat siapa saja tertarik dan betah berlama-lama di Kawah Rengganis.

Daya Tarik Wisata Kawah Rengganis

Wisata Kawah Rengganis Yang Menakjubkan di Ciwidey Bandung
Photo by Google Maps Eri Ricflair

1. Memiliki Kolam Renang yang Berbentuk Hati

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh wisata satu ini adalah kolam renangnya yang berbentuk hati. Setelah anda menemukan pancuran, maka anda pun akan bisa menemukan kolam renang dengan ukuran yang cukup luas. Kolam yang berbentuk hati tersebut memang menarik perhatian.

Sebab, apabila anda melihatnya dari ketinggian bentuknya memang persis seperti hati dan tentunya akan menambah keunikan tersendiri. Di sini, anda pun bisa berendam sepuasnya. Selain itu, bagi anda yang suka basah basahan wajib untuk singgah sejenak dan bermain air di kawasan satu ini.

2. Pemandangan yang Masih Alami

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh kawah satu ini adalah pemandangannya. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dan juga super cantik. Pesonanya tersendiri akan membuat anda tak menyesal ketika datang dan mengunjungi destinasi yang ada di kawasan Ciwidey ini.

Ditambah lagi, suasana alam yang tersaji di sekitar kawah memang masih alami dan juga asri. Sekeliling kawah, anda pun akan menemukan pepohonan rimbun dan juga menjulang tinggi. Namun, uniknya lagi Kawah Rengganis ini berbeda dengan kawah Putih Ciwidey. Hal ini dikarenakan ketika anda menginjakkan kaki ke tempat ini, anda pun tidak akan mencium aroma belerang yang kuat dan menyengat.

Wisata Kawah Rengganis Yang Indah dan Alami
Photo by Google Maps Ivan Fadila Putra

Tentunya akan membuat pengunjung menjadi betah menghabiskan waktu liburan disini. Pesona indahnya kawah yang ada di Bandung ini memang akan membuat siapa saja menjadi terpikat. Bagi anda yang sedang berada di Bandung, ada baiknya segera mengatur jadwal untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini.

3. Adanya Pancuran Air Panas

Hal yang menjadikan Kawah Rengganis berbeda dengan yang lain adalah adanya pancuran air panas. Dengan begitu, tentunya akan memungkinkan anda untuk berendam dengan menggunakan air belerang yang hangat. Uniknya, air belerang yang ada di kawasan wisata ini terbentuk atau merupakan dampak dari kawah Gunung Sunda Purba yang meletus jutaan tahun yang lalu.

Dengan adanya pancuran air hangat lengkap dengan senyawa sulfur di dalamnya akan sangat ampuh untuk mencegah berbagai macam masalah kulit yang anda hadapi. Sehingga tak mengherankan banyak orang yang memang sengaja datang ke wisata satu ini untuk mandi dan menyembuhkan penyakit.

Kemudian, anda juga bisa menemukan bahwa di spot pancuran air panas ini, anda pun akan bisa berendam ditemani dengan suasana yang sejuk dan pepohonan yang rindang. Suasananya yang sangat asri dan alami ini tentu saja akan membuat anda rileks dan betah untuk menghabiskan waktu di kawah cantik ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Kawah Rengganis
Photo by Google Maps Ahmad M. Sidik

Jika anda tertarik mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka anda pun bisa datang ke daerah Patengan, Rancabali, Bandung. Sedangkan untuk rutenya sendiri cukup mudah. Namun perlu anda tahu bahwa wisata satu ini sebenarnya adalah Kawah Cibuni. Akan tetapi, menurut warga sekitar karena adanya ambil alih dalam pengelolaanya maka sekarang menjadi Kawah Rengganis.

Rute menuju ke lokasi wisata, anda bisa datang dari arah mana saja. kemudian, arahkan kendaraan anda menuju ke daerah Ciwidey. Selanjutnya, anda pun bisa mendapati kebun teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII. Sehingga saat menuju ke lokasi ini, anda pun bisa menjumpai kebun teh yang terhampar luas. Pastinya akan sangat memanjakan mata.

Jika berbicara secara geografis, wisata satu ini memang masih menjadi satu dengan kawasan Glamping Lakeside Rancabali, Situ Patenggang. Sehingga jika anda ingin menuju ke kawah satu ini, maka anda pun bisa menggunakan kendaraan roda empat hingga sampai di wisata Situ Patenggang.

Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan melihat papan penunjuk jalan dengan jarak tempuh sekitar 2.5 kilometer. Sebelum anda mencapai kawah, anda bisa memarkir kendaraan di wisata Glamping Lakeside. Lalu anda pun bisa jalan yakni sekitar 5 menit mendekati kawah yang indah ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Wisata Kawah Rengganis di Ciwidey Bandung
Photo by Google Maps afrizal z.afsyari

Apabila anda tertarik mengunjungi destinasi Kawah Rengganis, maka sebaiknya anda bisa datang kesini mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Bagi anda yang suka melakukan jelajah pagi, berkunjung kesini dapat menjadi salah satu wisata yang bisa melepas penat akan aktivitas harian yang anda lakukan.

Selain itu, keunggulan dari destinasi satu ini adalah memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Bagaimana tidak, dengan membayar biaya sekitar 20 ribu rupiah saja, anda pun telah bisa masuk dan menikmati berbagai macam wahana dan wisata yang ada di Kawang Rengganis ini.

Biaya satu ini anda bayarkan ketika anda membeli tiket secara terpisah di area pintu masuk khusus Kawah Rengganis. Namun, apabila anda membeli tiket terusan yakni di Glamping Lakeside Rancabali, maka anda pun bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri yang bisa anda dapatkan.

Kemudian, bagi anda yang membawa kendaraan bermotor, biasanya juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk harganya sendiri berbeda, tergantung kendaraan yang anda bawa yakni umumnya adalah sepeda motor. Namun, tetap saja wisata disini tidak akan menguras kantong dan sangat cocok apabila anda ingin mengunjunginya saat akhir bulan.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru Di Kawah Rengganis Ciwidey Bandung
Photo by Google Maps yadi mulyadi

1. Hunting Foto

Salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di Kawah Rengganis adalah hunting foto. Hal tersebut dikarenakan wisata satu ini memang memiliki panorama alam yang indah dan juga memukau. Tidak hanya itu saja, jika anda memang sedang mencari lokasi yang bagus untuk berfoto, destinasi satu ini tempat yang pas.

Spot favorit wisatawan untuk mengambil gambar adalah di batu berasap. Batu tersebut merupakan bentuk dari letusan gunung Sunda Purba yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Hal tersebut ternyata memiliki keunikan tersendiri lantaran batu batu tersebut saat ini masih berasap.

Tentu saja dengan adanya fenomena satu ini tentu saja akan membuat siapa saja jadi ingin berwisata dan mengabadikan momen di spot satu ini. oleh karena itu, jika anda berkesempatan untuk mengunjungi wisata satu ini jangan lupa untuk berfoto di spot ikonik yang mungkin hanya bisa anda temui disini.

Kemudian, anda juga bisa berfoto jembatan kayu. Jembatan yang ada di kawah Rengganis ini juga bisa anda manfaatkan untuk sekedar lewat dan berhenti sejenak untuk mengambil pose. Jembatan satu ini memang sengaja dibuat sebagai salah satu jembatan penyeberangan dan berada di atas aliran air belerang.

Aktivitas Seru Lainnya Di Kawah Rengganis Ciwidey Bandung
Photo by Google Maps ricky rianto

Bentuknya yang unik dan sangat ikonik ini tentu saja menjadi salah satu spot menarik yang bisa anda gunakan untuk berfoto. Selanjutnya ada pula banyak spot lain yang bisa anda jadikan lokasi untuk hunting foto. Sebab perlu anda ketahui bahwa kawah satu ini memang menyuguhkan pemandangan yang apik di segala sudut.

2. Berendam

Berendam di air belerang hangat menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan. Berbeda dengan kawah yang lain, Kawah Rengganis ini tidak memiliki bau belerang yang menyengat. Dengan begitu, anda pun akan bisa nyaman untuk relaksasi di kawah ini.

Airnya yang hangat juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, banyak orang yang memang sengaja datang ke lokasi wisata ini untuk menyempatkan diri berendam dan merasakan sensasi hangatnya air belerang hangat di lokasi wisata ini. tentu saja hal tersebut akan membuat siapa saja ingin berendam disini.

3. Bersantai dan Menikmati Pemandangan Alam

Saat menghabiskan waktu di tempat wisata yang apik, tentunya akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini tentu saja yang bisa anda dapatkan ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Oleh karena itu, bagi anda yang memang ingin merasakan segarnya udara dan lanskap alam nan memanjakan mata, wisata satu ini dapat menjadi rekomendasi untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawah Rengganis

Fasilitas Wisata Kawah Rengganis di Ciwidey Bandung
Photo by Google Maps miftahul Jannah (Bang miftah)

Mengenai fasilitas yang tersedia di wisata satu ini cukup lengkap. Anda pun bisa memarkir kendaraan yang dibawa di area parkir Glamping Lakeside yang cukup luas. Selain itu, anda pun juga bisa untuk menikmati wisata berendam karena fasilitas di tempat ini memang sudah disesuaikan oleh pengelola untuk kegiatan berendam.

Selain itu, apabila anda merasa lapar setelah melakukan berbagai macam aktivitas, maka anda pun bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi warung makan yang berada di sekitar Kawah Rengganis. Warung tersebut akan tersedia berbagai macam makanan untuk mengganjal perut. Mulai dari nasi sayur, mie instan, gorengan dan juga kopi, yang ditawarkan dengan harga yang ramah di kantong.

Kemudian, fasilitas penunjang lainnya adalah mushola atau tempat ibadah. Sehingga bagi anda yang memang ingin beribadah, tidak perlu untuk keluar atau meninggalkan area ini. sebab, disini telah terdapat mushola dan juga toilet yang bisa anda gunakan. Fasilitas yang lengkap akan menunjang liburan lebih nyaman.

Berlibur di Kawah Rengganis yang berada di Ciwidey ini memang menjadi pengalaman seru dan pastinya tak terlupakan. Hal ini dikarenakan saat menghabiskan waktu di kawah ini, anda pun akan bisa merasakan kesegaran dan hangatnya berendam di air belerang hangat. Rasa lelah dan letih yang anda rasakan pastinya akan langsung hilang dalam sekejap saat habiskan waktu di kawah cantik ini.