Kawah Putih Ciwidey salah satu objek wisata alam unik dan menawan di kaki Gunung Patuha, Bandung. Kawah terkenal dengan airnya berwarna putih ini menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan sebagai alternatif menghabiskan waktu liburan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Berbicara tentang wisata alam yang ada di Bandung, Jawa Barat memang tidak akan ada habisnya. Sebab, berbagai deretan tempat wisata yang menarik tersedia di Kota Kembang ini. Salah satu wisata yang memikat para pengunjung adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawasan ini terbentuk dari letusan gunung Patuha pada beberapa tahun silam. Untuk lebih lanjut, berikut ulasan lengkapnya!

Sejarah Singkat Kawah Putih Ciwidey

Sejarah Kawah Putih Ciwidey
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Seperti halnya destinasi wisata alam yang ada di Bandung lainnya, Kawah Putih ini juga memiliki sejarah yang menarik. Sejarah ini berasal dari cerita rakyat yang berkembang di lokasi setempat dan juga berdasarkan pemahaman ilmu pengetahuan. Sejarah awal mula tempat wisata ini menjadi bisa dibilang cukup unik untuk diketahui.

Menurut sejarah yang ada, kawah putih ini dapat terbentuk akibat dari letusan gunung yang ada di Bandung yaitu Patuha. Letusan ini kemungkinan diperkirakan terjadi sekitar abad ke 10 dan 12. Karena dahsyatnya letusan tersebut, maka memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan yang ada di sekitar dari gunung tersebut.

Bahkan letusan Gunung Patuha tidak hanya menghasilkan fenomena kawah ini saja, namun juga memiliki beberapa kawah lainnya. Namun yang paling terkenal dan cukup populer di kalangan wisatawan yaitu Kawah Putih Ciwidey. Pasalnya, kondisi dari kawah dianggap memiliki warna putih. Padahal warna tersebut terjadi akibat pantulan dari tanah dasar kawah.

Memang pada awalnya warga setempat belum menyadari akan potensi wisata dari kawah ini cukup besar. Ditambah lagi kepercayaan masyarakat lokal di sekitar kawah juga masih percaya dengan mistis. Tak heran jika kawasan wisata ini awalnya belum banyak dikenal oleh para pelancong yang ada di Indonesia.

Sejarahnya berlanjut pada tahun 1987 karena kedatangan seorang ahli geologi yang melakukan penelitian di puncak gunung Patuha. Setelah melakukan perjalanan dan tiba di wilayah puncak, ia menemukan sebuah kawah yang menakjubkan dengan air sedikit ke hijau hijauan. Tak hanya itu saja, di sekitar kawah juga ditemukan aroma belerang yang cukup kuat.

Setelah itu, pemerintah Belanda menemukan jika kawah yang satu ini memiliki potensi hasil alam berupa kapur yang sang baik. Karena alasan tersebut, maka dibangunlah sebuah kapur yang diberi nama Zwavel Ontgining. Sayangnya, pabrik ini harus beralih kekuasaan ke tangan pemerintah Jepang. Ketika Indonesia merdeka, pihak pemerintah baru menyadari wisata di kawah Putih.

Hal inilah yang membuat pemerintah Indonesia mulai mengelola lokasi wisata di Ciwidey Bandung ini. Pemerintah berusaha untuk memberikan fasilitas terbaik sampai dengan pembangunan jalur akses yang memadai. Sehingga, kawasan wisata ini sudah memiliki fasilitas dan jalur menuju lokasi wisata kawah dengan akses yang mudah.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawah Putih Ciwidey

Daya Tarik Kawah Putih Ciwidey
Image Credit: Facebook.com @travelokaid

Setelah mengetahui sejarah singkat dari kawah yang satu ini, tentu Anda penasaran bukan dengan daya tarik wisata Kawah Putih ini? Objek wisata yang terbentuk karena fenomena alam ini memang memiliki pesona yang bisa dibilang cukup memukau. Bagaimana tidak, sebab kawah cantik ini menyuguhkan air dengan gradasi warna unik.

Suasana yang ada di lokasi kawah ini tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Apalagi kondisi alam sekitar yang masih asri, sehingga dapat dinikmati oleh para pelancong yang datang ke kawasan wisata ini. Kawah ini menawarkan panorama menawan berupa air kawah dan rimbunnya pegunungan sekitar yang mengelilingi Kawah Putih.

Hal menarik pada wisata alam ini yaitu warna air kawah bisa berubah pada waktu waktu tertentu. Pesona menawan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu suhu udara, kadar belerang, sampai dengan kondisi dari cuaca. Tentu saja momen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir.

Daya Tarik Kawah Putih
Image Credit: Twitter.com @ributribut

Apabila sedang beruntung, pengunjung bisa mengabadikan momen terbaik dengan warna air kawah yang sangat eksotis dan memukau. Bahkan, banyak para wisatawan menjadikan kawah ini sebagai latar belakang foto atau background foto yang indah serta menarik. Tak jarang, banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah demi mendapatkan foto epic dari area kawah.

Kawasan wisata alam ini memiliki lahan yang cukup luas, sehingga membuat pengelola harus membuat jalur khusus. Jalur ini sengaja dibuat dengan baik hingga ke bagian tengah kawah. Tujuannya untuk memudahkan para wisatawan untuk menikmati suasana yang ada di bagian Kawah Putih Ciwidey yang memukau tersebut.

Karena dikelilingi pegunungan dan pepohonan rindang, tak heran jika suasana yang ada di kawasan wisata alam ini sangat sejuk. Bahkan pada waktu tertentu, suhu udara kawah ini bisa sangat dingin. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para wisatawan untuk mengunjungi kawah yang satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kawah Putih

Alamat Kawah Putih
Image Credit: Facebook.com @kata-bijak-urang-sunda

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, maka bisa langsung datang ke lokasi Sugihmukti. Kawasan wisata ini masih masuk dalam satu wilayah Pasir Jambu yang ada di Bandung. Sementara itu, akses menuju tempat ini juga tidak terlalu sulit dan ekstrim. Sebab, pihak pengelola sudah membangun wisata alam ini dengan cukup baik.

Apabila datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mengambil jalur yang melewati Tol Kopo atau jalur Tol Purbaleunyi, lalu menuju ke jalan Kopo Soreang. Setelah itu, ikutilah petunjuk jalan yang mengarahkan ke wisata Ciwidey. Tak jauh dari kawasan yang satu ini Anda akan menemukan pintu masuk ke kawasan wisata alam ini.

Akses lain yang bisa Anda pilih untuk menuju lokasi wisata yang satu ini yaitu menggunakan transportasi umum perjalanan ini dimulai dari terminal Leuwi Panjang yang ada di Kota Bandung, lalu dilanjutkan menggunakan kendaraan L300 menuju ke Ciwidey. Setelah itu, naiklah angkot berwarna kuning arah Situ Patenggang dan turunlah di depan gerbang masuk wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih Ciwidey

Harga Tiket Kawah Putih
Image Credit: Google Maps (Muhammad Kosasih)

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi objek wisata Kawah Putih Ciwidey yaitu tiket masuk dan jam buka. Hal ini penting sekali diperhatikan, apalagi bagi Anda yang sudah jauh-jauh datang ke wisata alam ini. Sehingga, Anda tidak lagi salah dan harus menerima kekecewaan karena datang di waktu yang tidak tepat.

Untuk jam bukanya sendiri, Kawah Putih dibuka pada setiap harinya dengan jam operasional mulai 7 pagi sampai jam 5 sore WIB. Sementara itu untuk tiket masuk yang dibanderol bagi para wisatawan yang datang juga patut diketahui. Pasalnya, ada tiga klasifikasi tiket harga masuk bagi para pengunjung wisata alam kawah ini.

Bagi Anda yang termasuk wisatawan domestik, maka harga tiket yang dipatok berkisar 25 ribuan rupiah saja. Sedangkan bagi para pelancong dari mancanegara harus merogoh kocek yang lumayan cukup tinggi yaitu berkisar 75 ribuan. Dengan tarif tersebut, tentu Anda sudah bisa menikmati liburan seru di kawasan kawah yang eksotis ini.

Perlu diketahui juga, ada penggolongan tiket lainnya bagi yang membawa rombongan. Jika Anda datang ke kawasan ini dengan rombongan, maka tarif yang dikenakan cukup jauh secara signifikan dari pada harga tiket masuk sebelumnya. Rombongan akan dikenakan tarif berkisar 150 ribuan per mobil. Angka ini juga belum termasuk tiket masuk per orangnya ketika ingin berwisata seru.

Penggolongan tiket pada kawasan objek wisata ini memang cukup terjangkau bagai kawasan domestik. Namun, hal tersebut tak berlaku pada pelancong yang berasal dari mancanegara. Pasalnya, mereka harus membayar lebih tinggi berdasarkan peraturan yang sudah ada. Perlu diketahui juga, harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu waktu tergantung pihak pengelola.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Kawah Putih

Aktivitas di Kawah Putih
Image Credit: Google Maps (Yani Yani)

1. Menikmati Pemandian Air Panas

Ketika berada di kawasan wisata alam yang satu ini, Anda memiliki banyak kesempatan menarik untuk menghabiskan liburan seru. Anda bisa mengajak keluarga, kerabat, atau orang yang disayangi saat mengunjungi wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Ada beberapa pilihan aktivitas yang dapat Anda lakukan, salah satunya yaitu menikmati pemandian air panas.

Anda bisa sekedar berendam di kawasan pemandian air panas yang terletak di sekitar kawah putih ini. Bahkan Anda juga bisa berenang di kolam pemandian ini. Air panas yang berasal dari panas bumi ini cukup aman, meskipun aroma belerang cukup menyengat. Sebagian warga meyakini jika kandungan sulfur dari air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit.

2. Berburu Foto Keren

Berlibur di kawasan wisata alam tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen terbaik. Dengan pemandangan yang memukau serta air kawah yang berwarna unik, maka Anda bisa menjadikannya latar belakang yang cukup menawan. Keindahan wisata alam ini akan memberikan pengalaman liburan seru yang tak terlupakan.

Saat Anda berada di tempat wisata ini, maka jangan melupakan untuk sekedar selfie atau berfoto bersama. Pasalnya, terdapat banyak spot unik dan menarik yang bisa dijadikan sebagai background untuk mengabadikan momen. Apabila beruntung, Anda bisa mendapatkan potret menarik dari keindahan air kawah yang unik.

Aktivitas Kawah Putih
Image Credit: Twitter.com @r21wid

3. Menikmati Makanan Khas

Setelah lelah berjalan jalan dan juga berfoto di kawasan Kawah Putih Ciwidey, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan berwisata kuliner. Lengkapi perjalanan Anda dengan berwisata kuliner menikmati makanan khas Bandung. Dengan begitu, momen liburan menjadi lebih seru dan lengkap ketika berada di kawasan wisata alam ini.

Untuk memanjakan lidah, Anda bisa menyantap sajian yang tersedia di sekitar lokasi kawah putih. Terdapat beberapa pilihan menu makanan khas yang harus Anda coba saat berada di Bandung. Anda bisa menikmati kuliner khas seperti bajigur, wedang Bandrek dan lainnya. Sambil memanjakan lidah Anda dengan kuliner khas, Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitarnya.

4. Menginap dan Menikmati Panorama Indah

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama dan menyatu dengan alam, maka bisa menginap di sekitar kawasan wisata ini. Ada banyak penginapan yang bisa Anda pilih ketika berada di sekitar kawah cantik ini. Bahkan beberapa di antara akomodasi tersebut menawarkan fasilitas yang cukup memadai Untuk para pengunjung yang datang.

Itulah beberapa informasi penting mengenai Kawah Putih Ciwidey yang cukup menawan. Anda bisa datang ke wisata alam di Bandung ini dengan siapa saja untuk menghabiskan waktu liburan seru. Selain dapat berfoto ria di kawasan wisata ini, Anda juga dapat melakukan kegiatan lainnya yaitu berendam di pemandian air panas dekat kawah, menyantap kuliner khas, dan menginap pada lokasi wisata ini.