Kawah Gunung Galunggung, Objek Wisata Alam yang Kaya Pesona di Tasikmalaya

Kawah Gunung Galunggung, Objek Wisata Alam yang Kaya Pesona di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Linggajati, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kawah Gunung Galunggung layak Anda pertimbangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Destinasi ini terkenal menawarkan keindahan alam disertai pesona alam yang memukau. Pengunjung akan di buat betah dengan setiap tawaran setiap sudut pemandangan. Tidak salah destinasi menjadi tempat favorit untuk berlibur.

Gunung Galunggung itu sendiri merupakan gunung aktif yang ada di Tasikmalaya. Siapa sangka bahwa gunung yang sebelumnya pernah beberapa kali erupsi ini terdapat sebuah kawah danau hijau yang Indah. Di sinilah banyak ditemukan wisatawan berkumpul. Semilir angin semakin menambah kesegaran destinasi.

Keindahan wisata alam berupa kawah pegunungan ini memang tidak diragukan lagi. Terlebih destinasi sudah dilengkapi fasilitas lengkap. Beragam fasilitas membangun banyak kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan. Selain itu kenyamanan pengunjung pun begitu di perhatikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Kawah Gunung Galunggung

Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Yang Memukau Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps Cahyo Wiwoho

1. Keindahan Kawah dan Danau Hijau

Daya tarik utama dari Kawah Gunung Galunggung terletak dari adanya sebuah kawah danau hijau. Sebuah danau luas berwarna hijau begitu sangat mempesona untuk di lihat. Meski begitu butuh perjuangan panjang untuk sampai ke destinasi. Berada di Puncak gunung menjadi tantangan tersendiri yang harus dilewati.

Namun selagi di perjalanan Anda akan di buat seru. Sebab pemandangan alam sekitar masih sangat terjaga dengan baik. Terdapat pepohonan rindang masih menjulang tinggi. Rasa lelah akan hilang seketika melihat pemandangan kawah yang begitu memukau.

2. Udara Sejuk Khas Pegunungan

Berlama-lama di kawasan wisata ini di jamin bikin betah. Sebab nuansa alam begitu terasa bikin betah di tengah ketinggian mencapai 2.167 mdpl. Bahkan di sepanjang perjalanan Anda akan melihat berbagai pepohonan seperti pinus serta hutan yang masih sangat terjaga. Tak ayal kesegaran destinasi sangat terasa.

Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Yang Mempesona Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps Cahyo Wiwoho

Berkunjung ke Kawah Gunung Galunggung dapat menjadi spot untuk menghilangkan penat. Rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari akan hilang seketika melihat keindahan yang ditawarkan. Datang bersama keluarga atau rekan akan membuat momen liburan kian seru serta tak terlupakan.

3. Kawasan Flora dan Fauna

Berada di Puncak pegunungan nyatanya memberikan banyak kelebihan yang ditawarkan. Adapun pengunjung dapat lebih dekat dengan beragam flora dan fauna yang ada di destinasi. Nuansa sejuk begitu terasa mengingat ada berbagai jenis pohon tumbuh rindang. Misalnya pepohonan Montane dan Ericaceous.

Selain menawarkan berbagai pepohonan yang tumbuh tinggi. Pengunjung juga dapat melihat beragam satwa yang ada di sekitar destinasi. Seperti berbagai jenis burung serta monyet yang kerap terlihat di sepanjang perjalanan. Jadi perjalanan wisata Anda menjadi lebih beragam.

Alamat & Rute Menuju Wisata Kawah Gunung Galunggung

Rute Lokasi Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps DURANTET REGIS

Kawasan Gunung Galunggung memiliki pesona alam yang tidak ada duanya. Bila tertarik mengunjungi maka dapat di mulai dengan datang ke Desa Linggawangi, dengan Kecamatan Leuwisari. Destinasi memang terletak di kota Tasikmalaya. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan alat transportasi.

Menggunakan kendaraan pribadi akan memudahkan perjalanan. Sebab pengunjung menjadi tak perlu untuk mencari alat transportasi yang berbeda. Manfaatkan Google Maps sebagai penunjuk jalan untuk sampai ke lokasi. Meski telah terdapat papan penunjuk jalan yang menjadi petunjuk.

Jangan lupa untuk menyiapkan segala persiapan serta perlengkapan dengan lengkap. Hal itu mengingat destinasi berada di Puncak yang mana butuh perjuangan ekstra untuk sampai. Berbagai medan jelas menjadi tantangan. Maka dari itu pastikan menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman selama mendaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Gunung Galunggung

Tiket Masuk Di Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung
Photo by Google Maps Resi Ikhwan N VerRIN

Berkunjung ke destinasi Indah dan penuh tantangan tidak melulu harus mengeluarkan dana yang mahal. Sebab beberapa masih terkenal bijak dalam penerapan tarif masuk. Misalnya ketika mengunjungi Kawah Gunung Galunggung yang hanya menerapkan tarif sebesar Rp 15.000.

Harga tiket masuk demikian jelas terasa murah. Apalagi Anda dapat dengan puas mengeksplorasi setiap detail keindahan yang di tawarkan. Jangan lupa untuk menyiapkan budget lebih terutama bila tertarik memanfaatkan beberapa fasilitas penunjang yang di tawarkan.

Namun, perlu diketahui bahwa perubahan harga tiket masuk dapat sewaktu-waktu terjadi. Hal itu bergantung dari kebijakan pihak terkait sebagai penentu kebijakan. Maka dari itu tidak salah bila menanyakan terlebih dahulu ke pihak terkait. Atau Anda dapat menghubungi hotline terkait untuk memastikan langsung.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Kawah Gunung Galunggung

Kegiatan Menarik Di Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung
Photo by Google Maps Puja Sudarmawan

1. Perjalanan Seru Menarik

Ada banyak kegiatan dapat dilakukan selama datang ke Kawah Gunung Galunggung. Aktivitas selama di perjalanan saja begitu seru dilakukan. Perlu diketahui bahwa butuh perjalanan panjang dengan jalan kaki untuk menuju ke destinasi. Persiapkan mental dan tenaga untuk siap menghadapi setiap medan.

Untungnya selagi di perjalanan, Anda dapat melihat berbagai keindahan alam yang ditawarkan. Kesegaran alami terasa memikat dengan banyak pepohonan melambung tinggi. Sebelum sampai ke Puncak maka pengunjung harus melewati terlebih dahulu 623 anak tangga untuk kemudian dapat melihat kawah danau hijau.

2. Menikmati Keindahan Destinasi

Setelah melintasi perjalanan panjang, rasa lelah Anda akan hilang seketika. Melihat pemandangan yang ditawarkan membuat siapa pun akan merasa betah. Sejenak nikmatilah nuansa kesegaran yang begitu terasa. Duduk sejenak di beberapa tempat duduk yang di persiapkan sembari melihat pemandangan memukau.

Keindahan destinasi menjadi tawaran yang bikin betah. Adapun Anda akan kian di manjakan dengan adanya sebuah kawah danau hijau. Di sinilah terdapat banyak wisatawan berkumpul menikmati waktu berlibur. Bahkan pengunjung kerap memilih menginap di tengah tenda camping untuk semakin lama di destinasi.

3. Piknik Bersama Rekan

Datang bersama keluarga atau rekan jelas semakin menambah betah selagi datang ke Kawah Gunung Galunggung. Momen di perjalanan menjadi lebih seru untuk dihabiskan waktu bersama. Selain itu adapun Anda akan begitu menikmati waktu melihat pemandangan yang memuaskan.

Setelah sampai di Puncak, pengunjung akan semakin di manjakan. Wisatawan dapat pula mendirikan tenda untuk berkemah seru. Tentu menjadi pengalaman tak terlupakan untuk dapat t menghabiskan waktu di tengah destinasi yang menawan. Momen berlibur pun kian tak terlupakan.

4. Hunting Foto

Selagi berada di destinasi Indah paling cocok untuk berswafoto. Di segala penjuru wisata alam terdapat beragam tawaran spot foto berkualitas. Adapun Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapat hasil jepretan berkualitas. Latar belakang pemandangan Indah akan membuat hasil foti pun menawan.

Rasanya destinasi ini memang cocok untuk Anda yang suka fotografi. Dari segala sudut saja terlihat pemandangan memukau. Tawaran keindahan sangat cocok untuk menambah cantik feed media sosial pengunjung. Tak salah banyak wisatawan yang memanfaatkan keindahan alam sebagai objek latar belakang foto.

Kegiatan Menarik Lainnya Di Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung
Photo by Google Maps Ruddy Rstnd

5. Memancing

Selain hanya dapat melihat pemandangan yang memukau. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas yang seru. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa destinasi ini memiliki sebuah danau hijau yang sangat cantik. Wisatawan tidak hanya dapat melihat keindahannya saja melainkan aktivitas memancing juga dapat di pilih.

Kerap di temui wisatawan yang sedang asyik memancing di danau. Jika beruntung maka Anda dapat mendapatkan hasil berupa ikan atau udang. Hasil tangkapan dapat di bakar untuk menemani momen camping di gunung cantik ini. Momen kebersamaan selama berlibur pun kian berwarna.

6. Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Momen paling di tunggu di Kawah Gunung Galunggung ialah pada sore hari. Di waktu ini pengunjung kerap berkumpul untuk melihat keindahan matahari terbit. Sunset memang terasa begitu menawan di tengah ketinggian. Siapa pun yang melihat jelas akan betah berlama-lama.

Selain melihat nampak sunset, sunrise pun tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi jika wisatawan memutuskan untuk mendirikan tenda. Bangunlah pada pagi hari untuk melihat langsung nampak matahari terbit. Di tengah kesegaran nuansa di pagi hari, pengunjung akan di manjakan dengan munculnya matahari di waktu Fajar.

7. Berendam di Wisata Air Panas

Kelebihan lain ketika datang ke kawah cantik ini adalah dekat dengan destinasi lain. Misalnya Anda yang berminat datang ke Pemandian Air Panas Galunggung. Mampir ke destinasi ini menjadi pilihan tepat untuk sejenak relaksasi diri. Air yang merupakan alami dari pegunungan menjadi kelebihan yang ditawarkan.

Meskipun air panas berasal dari gunung asli akan tetapi tidak ada bau belerang. Ini bisa dibilang menjadi kelebihan yang semakin menambah nyaman wisatawan. Rasa lelah pun hilang seketika di tengah relaksasi berendam di air hangat.

8. Berburu Kuliner

Piknik di tengah Puncak Gunung Galunggung memang seru untuk dilakukan. Anda dapat membawa bekal untuk semakin menikmati pemandangan. Jika tidak sempat membawa bekal yang cukup pun tak masalah mengingat ada beberapa warung makan tersedia di destinasi. Warung makan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut.

Terlebih terdapat berbagai macam menu masakan tersedia. Mulai dari makanan berat hingga menu cepat saji. Di tengah keindahan destinasi Anda dapat menyantap menu masakan lezat. Momen berlibur pun kian semakin tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Gunung Galunggung

Fasilitas Di Wisata Alam Kawah Gunung Galunggung
Photo by Google Maps Cecilia Fenny

Mengenai fasilitas, Kawah Gunung Galunggung terbilang sudah cukup lengkap. Wisatawan dapat dengan mudah menemui berbagai macam fasilitas umum yang tersedia. Sebut saja area parkir luas di kawasan sebelum mendaki, kamar mandi, serta mushola. Fasilitas tersebut jelas membantu perjalanan wisatawan nantinya.

Selain itu telah terdapat berbagai macam fasilitas penunjang yang dipersiapkan. Misalnya akses jalan yang sudah semakin mudah di lewati. Bahkan telah terdapat tangga dengan jumlah mencapai 623. Tangga ini menjadi akses untuk mencapai Puncak kawah. Menjadi tantangan tersendiri jelas untuk melewatinya.

Di tengah destinasi juga terdapat pilihan spot camping. Camping ground ini menjadi pilihan untuk Anda habiskan waktu lebih lama di tengah destinasi. Berkumpul bersama rekan di tengah Puncak menjadi momen yang seru tak terlupakan. Tidak lupa untuk bangun lagi melihat sunset Indah yang ditawarkan.

Membawa bekal merupakan hal wajib ketika mendaki Puncak. Meski begitu untuk datang ke destinasi ini tidak perlu banyak bekal mengingat terdapat warung makan yang menjadi pilihan. Adanya penjual ini memberi kelebihan untuk Anda nikmati. Apalagi beragam menu ditawarkan menjadi kelebihan tersendiri.

Itu dia beberapa informasi mengenai daya tarik, fasilitas, dan kegiatan yang dapat dilakukan selama dayang ke Kawah Gunung Galunggung. Mengingat perjalanan panjang maka ada baiknya menyiapkan segala perlengkapan dengan baik. Tenaga serta mental pun wajib di persiapkan agar perjalanan aman sampai ke Puncak.