Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

Mengunjungi alam yang asri dengan suasana yang baru biasanya menjadi alternatif liburan yang menyenangkan, terutama bagi orang yang mempunyai aktifitas padat di kota. Mulai dari hiking, camping, permainan outbond atau hanya sekedar melihat sunset atau pun sunrise. Karacak Valley adalah tempat wisata yang menyediakan berbagai kegiatan yang menyenangkan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Sekilas Tentang Wisata Alam Garut

Tentang Karacak Valley
Image Credit: Facebook.com @dwiasihaw

Terletak tak jauh dari pusat kota, menjadikan tempat wisata alam satu ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan saat pertama kali dibuka, Karacak Valley ini ramai dikunjungi hingga mencapai 1000 pengunjung. Tempat wisata favorit ini mempunyai beberapa hal menarik yang bisa Anda eksplorasi bersama keluarga dan kawan terdekat.

Karena cuaca dan suhu di tempat wisata satu ini cenderung dingin, memang disarkan bagi pengunjung untuk membawa jaket. Perbekalan makanan juga boleh dibawa dari rumah untuk piknik Anda sekeluarga. Selain itu, kontur jalan yang masih alami dan terjal memang akan sedikit menyulitkan untuk beberapa orang, jadi tetap utamakan keselamatan ya.

Berwisata sambil berolahraga sangat cocok Anda lakukan di tempat ini. Tersedia area trekking bagi para pengunjung yang ingin mencoba hiking di area perbukitan. Pemandangan hutan pinus serta air terjun yang indah bisa Anda dapatkan disini. Berikut beberapa hal yang menarik di taman wisata alam ini kami ulas.

Daya Tarik Wisata Karacak Valley

Daya Tarik Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Yahya Abdurahman)

1. Spot Foto

Diapit oleh Gunung Papandayan dan Gunung Guntur, daerah wisata ini mempunyai pemandangan alam yang mengagumkan. Suasana yang asri serta udara yang segar, menjadi sensasi healing tersendiri bagi Anda. Banyak spot foto menarik dan estetik yang bisa Anda kunjungi untuk mengabadikan momen seru bersama keluarga dan kawan.

Tak hanya berburu sunset dan sunrise, latar pemandangan yang epik bisa Anda dapatkan kapan saja dan pada jam berapa saja. Siang hari dengan hamparan pepohonan hijau yang rindang, atau bahkan malam hari dengan hamparan bintang di langit, juga bisa menjadi background estetik foto Anda. Jadi, tunggu apalagi, siapkan kamera Anda.

2. Curug Ngebul

Air terjun atau yang biasa disebut dengan curug adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke Karacak Valley. Curug yang berada dalam kawasan wisata ini bernama Curug Ngebul. Walaupun Anda harus menempuh jalan cukup jauh dengan kontur jalan yang terjal, tetapi pemandangan segar air terjun ini sayang dilewatkan.

Curug Ngebul atau penduduk sekitar sering menyebutnya Curug Cibadak ini berada di lokasi yang cukup pelosok dalam hutan. Sehingga bila Anda ingin berkunjung kemari, Anda harus benar benar menyiapkan ekstra tenaga dan waktu. Anda hanya akan membutuhkan waktu berjalan sekitar 20 menit dengan jalur yang masih alami.

Daya Tarik Karacak
Image Credit: Google Maps (Riswan Susanto)

3. Puncak Dogar

Terdapat bukit kecil disekitar wilayah wisata ini. Puncak bukit ini terletak tak jauh dari pintu masuk utama Karacak Valley. Bila Anda menyempatkan datang ke salah satu spot bukit kecil ini, Anda akan disuguhi pemandangan kota Garut dari ketinggian. Akses jalan yang baik dan tidak terjal membuat para pengunjung antri untuk sampai ke bukit kecil ini.

Siapkan kamera Anda untuk berfoto di spot ini. Anda akan jarang menemukan momen berada diatas ketinggian bukit seperti ini. Walaupun pemandangan siang juga terlihat fantastis, tetapi pemandangan dari atas bukit ini juga akan terlihat indah saat malam hari. Dengan pemandangan bawah lampu perkotaan dipadukan hamparan bintang dilangit.

4. Hutan Pinus

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan dari wisata Karacak Valley ini adalah hutan pinusnya. Hamparan pepohonan pinus yang berjajar ditambah hawa dan udara sejuknya yang menenangkan, membuat Anda akan betah berlama lama ditempat ini. Bersantai duduk bercengkrama sambil menikmati kopi atau bekal piknik.

Hutan pinus ini juga menjadi spot favorit pengunjung untuk bersantai membawa tenda kecil atau hammock. Walaupun bercengkrama bersama keluarga atau kawan, bila di kawasan hutan seperti ini harus tetap berhati hati dan selalu menjaga kebersihan hutan ya. Sampah sampah yang berserakan setelah piknik juga harus menjadi perhatian bersama.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Muhamad Rifqi Waldani)

Objek wisata alam ini berlokasi tepatnya di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kami akan sedikit memberikan ancer-ancer atau arah yang harus Anda tuju ke arah lokasi. Bila Anda berangkat dari Terminal Guntur ataupun dari Alun-alun Tarogong, Anda bisa berkendara sampai kearah perempatan sukdana.

Anda bisa memilih rute dari arah jalan Ciledug ataupun rute dari jalan Pasundan untuk bisa sampai ke perempatan sukdana. Sesampainya di perempatan sukdana tersebut, Anda akan menemukan sebuah gapura yang terletak tak jauh disebelah kanan jalan. Anda tinggal masuk ke jalan bergapura tersebut dan ikuti arah jalannya.

Ketika mengikuti arah jalan tersebut, bila Anda sudah sampai di sebuah persimpangan jalan kedua, kemudian segera pilih jalan kiri. Di sebelah kiri nanti akan ada sebuah tanjakan dengan belokan curam. Terus lajukan kendaraan Anda hingga menemukan jalan buntu didepan pintu masuk sebuah peternakan.

Setelah melihat pintu masuk peternakan tersebut, silahkan ambil jalan ke kiri. Terdapat sebuah jalan yang belum di aspal, tetap terus ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai di lokasi wisata. Karena jalannya yang masih alami, Anda harus berhati-hati dalam berkendara, belokan curam dan kontur tanah yang makadam akan sedikit menyulitkan perjalanan Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Karacak Vallley
Image Credit: Tribunnews.com

Harga tiket masuk ke Karacak Valley cukup terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk tiket anak dan Rp. 10.000 untuk tiket dewasa. Untuk biaya parkirnya sendiri biayanya juga relatif sama dengan tempat wisata lainnya yaitu Rp. 3.000 untuk kendaraan motor roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil.

Bila Anda dan keluarga ingin camping di area wisata ini tetapi tidak membawa perlengkapan yang lengkap, Anda juga bisa menyewanya di lokasi lho. Pihak pengelola taman wisata sudah menyediakan jasa pinjam peralatan camping yaitu tenda dengan tarif murah dan terjangkau yaitu sekitar hanya Rp 50.000 saja per malamnya.

Tetapi harga diatas hanyalah estimasi. Biaya masuk ataupun sewa peralatan bisa berubah ubah seiring dengan kebijakan pihak pengelola tempat wisata. Sementara untuk jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Walaupun jumlah pengunjung masih dibatasi terkait kebijakan PPKM, tetapi Anda masih bisa datang di jam operasional tersebut.

Saat berkunjung ke Karacak Valley memang lebih tepat dan nyaman bila musim kemarau. Bila saat cerah, Anda bisa mendapatkan pemandangan sunset atau sunrise yang indah. Ataupun bila malam hari, hamparan pemandangan bintang juga tak kalah memukau. Tetapi pemandangan ini tak bisa Anda temukan bila berkunjung saat musim hujan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Karacak Valley
Image Credit: Twitter.com @jabarnewss

1. Camping

Wisata alam Karacak Valley bisa Anda jadikan tempat yang sempurna untuk camping. Area camping ground di tempat ini bisa menampung hingga 1000 orang sekaligus lho. Camping dengan pemandangan dua gunung besar yaitu Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray akan memberi kesan tersendiri bagi liburan Anda.

Bila camping di gunung mempunyai medan yang terlalu berat untuk Anda keluarga dan kawan, camping di tempat ini juga tidak kalah serunya. Tunggu apalagi, siapkan perlengkapan camping Anda dan ajak sanak saudara atau kawan Anda untuk sejenak healing di tempat wisata indah ini. Bila Anda ingin camping tetapi tidak membawa peralatan seperti tenda, tak perlu khawatir.

Pihak pengelola Karacak Valley menyediakan jasa persewaan tenda yang murah dengan harga terjangkau. Sewa tenda kapasitas 4-6 orang Rp 50.000, Sewa tenda kapasitas 8 orang Rp 90.000, Sewa tenda kapasitas 10 orang Rp 110.000 dan Sewa tenda besar Rp 120.000. Untuk konsumsi Anda bisa memesan makanan siap saji yang disediakan oleh pihak pengelola.

2. Hammocking

Setelah lelah dengan perjalanan berkeliling hutan dan sekitarnya. Anda bisa juga lho, bersantai sambil mengobrol atau menikmati makan siang sambil bersantai. Hammocking bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan bukan? Bersantai sejenak menikmati udara sejuk sambil bercengrama diatas hammock.

3. Trekking

Dengan kontur perbukitan dan diapit dua gunung besar, Karacak Valley merupakan tempat yang cocok untuk trekking. Trekking atau hiking menyusuri hutan pinus atau berjalan melalui perbukitan. Dengan latar pemandangan alam yang asri dan rindang, trekking di tempat wisata ini tidak akan menguras tenaga.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Karacak Valley

Fasilitas di Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Ri Ve)

1. Mushola

Tak perlu khiawatir dengan fasilitas di sekitar lokasi wisata. Bila Anda ingin beribadah di sela sela kegiatan liburan Anda, pihak pengelola taman wisata sudah menyediakan tempat ibadah untuk Anda dan keluarga. Dengan ruang yang luas dan kebersihan tempat yang terjaga, membuat Anda akan nyaman beribadah di tempat ini.

2. Toilet

Tak jauh dari tempat ibadah tersebut, ada toilet yang disediakan untuk pengunjung. Toilet khusus pengunjung ini juga tetap terjaga kebersihannya. Jadi Anda tidak perlu cemas bila mengajak anak anak. Fasilitas toilet ini juga tersebar di beberapa titik sehingga Anda bisa menemukan toilet terdekat dengan mudah.

3. Tempat Makan

Tempat makan dengan berbagai pilihan menu juga tersedia di Karacak Valley ini. Berlokasi di dekat loket pembayaran tiket, tempat makan ini juga terletak dekat dengan jalur trekking pengunjung dan mushola, sehingga memudahkan Anda menemukannya. Tersedia dua tempat makan yang bisa Anda pilih bila berkunjung ke wisata satu ini.

4. Saung Gazebo

Bila Anda berada di jalur trekking dan membutuhkan waktu untuk beristirahat sejenak, Anda bisa beristirahat di saung gazebo yang disiapkan. Saung gazebo yang terletak di jalur trekking pengunjung juga sering dijadikan tempat berteduh kala musim hujan. Saung gazebo dengan ukuran cukup besar ini bisa menampung Anda dan beberapa pengunjung lainnya.

Berwisata alam menjadi trend sendiri dikalangan masyarakat saat ini. Menikmati pemandangan dengan dominan hijau alami memberikan sensaisi healing tersendiri. Tetapi yang perlu diperhatikan juga terkait kebersihan tempat wisata alam, jangan sampai meninggalkan sampah yang bisa merusak lingkungan ya, selamat berlibur!