Kampung Sampireun salah satu resort yang berkonsep mengusung konsep perkampungan khas Sunda di Garut, Jawa Barat. Model bungalo rumah terapung di permukaan danau yang dikelilingi oleh pegunungan dan hutan yang asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat.

Berada di wilayah dataran tinggi membuat Jawa Barat punya berbagai objek wisata menarik. Bukan hanya destinasi alam saja, ada aneka penginapan berupa hotel, resort, hingga guest house. Kalau berencana liburan di tempat tenang, disarankan berkunjung ke Kampung Sampireun Resort. Selain berlibur, rasakan juga sensasi menginap di alam terbuka yang indah. Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Kampung Sampireun Resort

Tentang Kampung Sampireun Resort
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

Garut mempunyai banyak pesona wisata yang kerap menjadi incaran para wisatawan. Hal ini karena sajian keindahan alam yang luar biasa. Mengingat lokasinya berada di dataran tinggi, tak heran pemandangannya berupa gunung dan perbukitan. Latar belakang inilah yang diterapkan oleh Kampung Sampireun, yang menyajikan resort sekaligus wahana untuk rekreasi.

Penginapan tersebut mengusung konsep unik yaitu suasana perkampungan khas Sunda. Sehingga nuansa yang diciptakan asri dan terkesan alami, berkat pepohonan yang tumbuh rimbun. Selama menginap disini, Anda akan merasakan sensasi liburan yang damai dan menenangkan. Area resort sangat cocok untuk vacation bersama keluarga atau bulan madu.

Sebenarnya, resort ini sudah didirikan sejak tahun 1999 hanya saja belum populer seperti sekarang. Namun setelah sedikit perbaikan dan perubahan konsep, pengunjung mulai berdatangan dari berbagai penjuru. Bahkan resort dan spa ini populer di kalangan pengguna sosial media. Berkat tag postingan foto dari pengunjung yang pernah datang.

Asal mula namanya berdasarkan nama danau atau situ yang berada di sekitarnya. Kata Sampireun diambil dari kosa kata Bahasa Indonesia, yang memiliki arti tempat singgah. Sesuai dengan tema penginapan yang diciptakan, sengaja dirancang senyaman mungkin untuk singgah sementara. Tujuannya agar wisatawan merasa betah untuk berlama-lama disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Sampireun

Daya Tarik Kampung Sampireun
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

Resort & Spa Kampung Sampireun mempunyai keunikan yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Pengelolanya merancang penginapan dengan kosep perkampungan khas Sunda. Mulai dari suasana layaknya daerah pegunungan hingga unit-unit kamar yang di desain joglo. Uniknya per kamar dibuat terpisah satu sama lain, sehingga terkesan lebih privasi.

Berdiri di atas lahan seluas kira-kira 4 hektar dan mempunyai sekitar 58 unit Bungalow. Tipe penginapannya sekelas Bungalow Lake dan Hill, serta Villa Garden dengan bangunan semi building. Jumlah unit yang cukup banyak ini bisa mengakomodir pengunjung yang ingin menginap. Namun pengunjung terkadang tidak kebagian kamar ketika datang saat long weekend atau libur panjang.

Di sekitar wisata terdapat 7 mata air yang memesona dan memanjakan mata siapapun. Sumber mata airnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk pengairan sawah dan sumber air bersih. Bahkan ada sumber mata air yang menjadi tempat pemandian umum. Ada pula yang difungsikan untuk mengairi kawasan hutan pinus, yang letaknya tidak jauh dari area wisata.

Sedangkan di Kampung Sampireun, terdapat danau yang terdiri beberapa sumber mata air cukup besar. Anda akan melihat sejumlah sampan yang mengapung di atas permukaan danau. Sampan-sampan tersebut digunakan sebagai transportasi pengunjung menuju ke kamar-kamar. Jadi unit Bungalow di penginapan ini sengaja dikonsep terapung di atas danau.

Di dalam danau terdapat ikan mas yang ukurannya lumayan besar dan berjumlah ratusan. Sambil menyebrangi danau menuju kamar, Anda bisa memberikan pakan ikan. Bungalownya memiliki desain seperti bentuk rumah panggung khas rumah Sunda Parahyangan. Terbuat dari kayu dan bambu sehingga terkesan tradisional. Teras bungalow langsung berhadapan dengan hamparan danau.

Suasana sekitar penginapan kental dengan nuansa Sunda, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan hutan pinus yang rimbun turut menambah suasana kian asri. Cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai, atau sekedar melepas penat agar fresh kembali. Meskipun dikelilingi oleh hutan pinus, namun tidak terkesan mistis justru semakin tampak teduh.

Masing-masing kamar di dalam bungalow telah dilengkapi dengan perabotan modern. Ada ruang bersantai yang sudah tersedia sofa dan meja. Kamar terdapat ranjang empuk, TV LED, lemari pakaian, hingga pengharum ruangan. Sedangkan kamar mandi disediakan bathup, wastafel, shower, serta peralatan mandi lengkap. Layanan kamar 24 jam dan bebas akses internet selama menginap.

Selain unit kamar yang nyaman, Kampung Sampireun juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya. Terpisah dari area bungalow, Anda akan menemukan restoran Seruling Bambu. Interior restoran dibuat semi modern, yang mana tetap menampilkan sisi modern tapi tetap khas Sunda. Menu yang disajikan berupa masakan Sunda, tapi juga tersedia aneka masakan luar negeri.

Tidak jauh dari restoran terdapat warung kopi dengan view danau, bernama Warung Kopi Kampung. Pengunjung bisa ngobrol santai di warung sambil menikmati suasana sekitar resort ini. Selain itu tersedia Bale Putri Amantie dan Boutique yang bisa dikunjungi. Fasilitas spa dan pijat dapat Anda rasakan ketika berkunjung kesini.

Taman Sanghyang Tradisional bisa Anda gunakan untuk lokasi hunting foto. Mau mengandakan rapat perusahaan juga bisa disini, karena tersedia area Convention Hall dan Meeting Room yang memadai. Bagi yang ingin dinner party boleh menggunakan Taman Sanghyang Dayu dekat danau. Kolam renang tersedia 24 jam khusus tamu yang ingin berendam.

Saat malam hari suasana Kampung Sampireun semakin romantis dan menarik. Pasalnya para tamu bisa mendengarkan alunan merdu dari grup kesenian. Mereka memainkan alat musik kecapi dan menyanyikan lagu-lagu daerah Sunda. Anda bisa menonton pertunjukan ini sambil menikmati sekuteng, minuman khas Sunda. Sangat pas untuk menghangatkan tubuh dari hawa malam Garut.

Menariknya, tempat unik ini menawarkan beberapa paket untuk menginap disini. Diantaranya paket outing, biasa dipilih oleh perusahaan untuk mengadakan annual meeting. Paling populer paket honeymoon khusus bagi pasangan pengantin baru. Rasakan suasana bulan madu romantis dan penuh kenangan di resort dan spa milik Garut ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Menginap di Kampung Sampireun

Alamat di Kampung Sampireun
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

Lokasi resort ini berada di Kampung Ciparay, Jl. Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Samarang, Garut, Jawa Barat. Kalau berangkat dari Jakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam. Selanjutnya ambil jalur via Tol Cipularang lalu Tol Cileunyi atau KM 154. Lurus saja kira-kira 200 meter, kemudian putar balik ke arah kanan menuju Garut dan ikuti jalur utama.

Dari jalan utama belok kiri, alihkan kemudi menuju Nagreg kurang lebih 35 kilometer. Temukan akses jalan menuju ke Cagak yang mengarah ke Garut, lalu belok ke kanan. Jika sudah menemukan Gapura Selamat Datang, lewat daerah Kadungora dan Leles, bertemu Jalan Otista. Ada Bunderan Tugu Adipura melaju ke pertigaan Jalan Raya Kamojang, barulah tiba di Kampung Sampireun.

Untuk menginap di resort dan spa ini pengunjung perlu mengeluarkan budget sekitar 1 juta per malam. Itupun tergantung dari kamar pilihan, kalau tipe kamar premium kemungkinan 2-3 juta per malam. Namun harga tersebut sebanding dengan segala keistimewaan yang diberikan. Ditambah fasilitas yang disediakan oleh pengelola resor cukup mewah dan menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Sampireun

Kegiatan di aKampung Sampireun
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

1. Tour Kampung Sampireun

Sekalipun Anda tidak menginap, tetap bisa menikmati beragam keindahan disini. Anda ditawarkan paket Half Day Tour, dimana wisatawan boleh mengelilingi area wisata. Pengunjung juga bisa menyantap sajian di resto Seruling Bambu atau Amantie Restaurant. Selain itu, Anda tetap boleh naik perahu dan berkeliling kawasan danau.

2. Menginap Bersama Keluarga

Bisa dibilang resort ini sangat pas untuk liburan bersama keluarga. Hawanya bersahabat serta lingkungan yang ramah dan aman. Sebagian besar wilayahnya terbuka dan menyatu dengan alam. Walaupun mengajak anak-anak tetap bisa bersenang-senang, si kecil dijamin tidak rewel. Anda dapat menginap 1-3 hari disini agar liburan terasa lebih puas.

Masing-masing kamar di design ala perkampungan, dengan bagian teras langsung menghadap danau. Pondasi terbuat daru kayu, bilik bambu, serta atap dari anyaman daun kelapa. Gaya tradisional ini menghadirkan suasana menginap lebih hangat dan nyaman. Anda juga mendapat fasilitas perahu dayung yang bebas dipakai kapan saja selama bermalam disini.

Pengelola resor juga menyediakan children playground, taman bermain khusus tamu yang membawa anak-anak. Tersedia pula aktivitas fishing dan feeding fish untuk semua pengunjung. Kolam renang outdoor tersedia 24 jam, rasakan sensasi air yang dingin dan menyegarkan.

3. Keliling Area Danau

Pesona utama dari resor ini ialah area danau yang lumayan luas. Sejumlah perahu diturunkan guna transportasi tamu menuju kamar-kamar. Perahu juga dimanfaatkan untuk keperluan wisata, dimana pengunjung bisa berkeliling sekitar area danau. Menjelang malam hari suasana penginapan kian romantis, karena lampu-lampu sekitar danau menyala.

Kegiatan Menarik di Kampung Sampireun
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

4. Spa dan Refreshing Pikiran

Suasana adem langsung Anda dapatkan ketika pertama kali menginjakkan kaki disini. Kompleks penginapan tertata rapi, serta pohon-pohon rimbun membuat nuansanya semakin teduh. Tak heran bila objek wisata ini menjadi jujugan untuk refreshing pikiran. Anda bisa mencoba segala fasilitas yang tersedia, termasuk spa dan pijak refleksi di Taman Sari Royal Herritage Spa.

5. Makan Malam Romantis

Kampung Sampireun menyediakan Taman Sanghyung Dayu untuk tempat acara dinner party. Apalagi jika Anda mengambil paket Honeymoon, terutama pasangan baru menikah, akan mendapatlan 1x makan malam romantis di tepi danau. Lampu-lampu yang menyala di sekitar danau menambah suasana malam kian syahdu, dan membuat pasangan semakin mesra.

6. Hunting Foto

Tidak ada yang bisa menolak keelokan tempat wisata satu ini. Berlatar perbukitan dan kawasan hutan pinus menjadikan lanskap alamnya instagramable. Belum lagi penataan ruang yang estetik, tak ayal bila menjadi buruan para fotografer. Rasanya setiap sudut wisata ini sangat menawan dalam bidikan kamera. Mulai saat naik perahu hingga makan di restoran bisa jadi pose andalan.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Sampireun Garut

Fasilitas di Kampung Sampireun
Image Credit: Google Maps (Kampung Sampireun Resort & Spa)

Bukan hanya fasilitas kamar saja yang nomer satu, fasilitas lainnya juga tak kalah berkelas. Untuk layanan spa di Heritage Spa, disediakan 3 theraphist dan satu ruangan body sauna. Ada pula outlet khusus jamu yang menyediakan berbagai minuman tradisional yang sehat untuk tubuh. Bahkan ada fasilitas outing berupa arung jeram sebagai wahana memacu adrenalin.

Garut mempunyai andalan wisata dan resort yaitu Kampung Sampireun yang tak bisa ditolak keindahannya. Meskipun area penginapan tetapi punya konsep yang unik. Dimana unit-unit kamar mengapung di atas permukaan danau. Untuk masuk ke kamar Anda naik perahu terlebih dahulu agar bisa menyebrang.