Kampung Gajah Wonderland, Menikmati Beragam Destinasi Wisata Unik di Bandung

Kampung Gajah Wonderland, Menikmati Beragam Destinasi Wisata Unik di Bandung
Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sersan Bajuri, Desa. Cihideung, Kec. Parongpon, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Bandung memang menjadi salah satu kawasan yang tak henti hentinya menghadirkan keindahan. Ada banyak destinasi wisata yang unik dan menarik bisa anda kunjungi disini, salah satunya adalah Kampung Gajah Wonderland. Destinasi wisata ini memang sangat pas dikunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Kampung Gajah Wonderland adalah salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di Bandung. Bagaimana tidak, wisata yang telah berdiri sejak tahun 2010 ini menyajikan berbagai wahana dan atraksi yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja. bagi anda yang penasaran dengan destinasi satu ini, berikut simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Wisata Kampung Gajah Wonderland

Daya Tarik Kampung Gajah Wonderland
Photo by Twitter sobatjogja.com

Sekilas, jika anda mendengar Kampung Gajah Wonderland maka hal yang terlintas di benak adalah destinasi wisata yang dilengkapi dengan banyak hewan gajah. Namun, nyatanya ketika anda memasuki lokasi satu ini, anda pun akan mendapati banyak patung gajah yang menjadi ornamen dari destinasi satu ini.

Wisata ini memang sempat hits selama beberapa tahun silam, terutama pada awal pembukaannya. Disini, anda pun akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan yang seru maupun menantang adrenalin, seperti outbond dan waterboom yang tersedia di kawasan satu ini.

Sesaat anda menginjakkan kaki di destinasi wisata Kampung Gajah Wonderland tersebut, pastinya suasana yang sejuk dan dan relatif dingin ini akan menyambut anda. Hal ini dikarenakan lokasi dari kampung Gajah Wonderland ini berada di ketinggian 900 mdpl. Tak hanya itu, kontur tanah pun memiliki kemiringan yang mencapai 180 derajat.

Namun, saat berwisata ke tempat satu ini akan sangat terpuaskan dan betah berlama lama menhabiskna waktu di lokasi satu ini. sebab, ketika anda berada disini, tak hanya wahana permainan saja yang bisa anda coba jelajahi. Melainkan banyak hal seru lainnya yang tak bisa anda lewatkan ketika menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Daya Tarik di Kampung Gajah Wonderland
Photo by Google Maps andri y

Sebut saja seperti menikmati sajian kuliner yang ada di lokasi satu ini, berbelanja souvenir dan juga cinderamata untuk keluarga di rumah, hingga menikmati indahnya pemandangan alam yang lengkap dengan panoramanya yang memukau. Sebut saja seperti perbukitan yang apik dan hutan yang terhampar luas tentunya menjadi kegiatan menarik yang bisa anda dapatkan di lokasi satu ini.

Apabila anda datang di saat yang tepat, maka anda pun bisa menikmati berbagai macam event yang diselenggarakan di dalam destinasi wisata satu ini. contohnya saja seperti ketika tahun baru, Simbad Show yang biasanya digelar pada bulan Juni dan Juli, dan juga Kampung Gajah Hoki Lai yang diselenggarakan di Bulan Februari.

Berbagai keseruan dan keceriaan akan bisa anda nikmati ketika berada di lokasi satu ini. oleh karena itu, jika anda bingung mencari tempat berlibur di daerah Bandung, Kampung Gajah Wonderland bisa menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps mister eman719

Alamat dari Kampung Gajah Wonderland ini berada di Sersan Bajuri Km 3.8 Parongpong, cihideung, Kabupaten Bandung Barat. Apabila anda ingin berkunjung ke lokasi satu ini, maka anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan melewati rute tol yang mengarah ke kota Bandung dan nantinya keluar di Pasteur.

Selanjutnya dari pintu tol tersebut, anda bisa berjalan menelusuri jalan hingga nantinya bertemu dengan tikungan kiri yang mengarah ke kawasan Lembang. Selanjutnya, anda pun bisa meneruskan perjalanan hingga nantinya bertemu dengan Terminal Ledeng yang berada di bagian kanan jalan.

Setelah itu, anda pun telah mulai dekat dengan Kampung Gajah Wonderland. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jarak sekitar 3.5 kilometer dari Jalan Sersan Bajuri. Untuk menandakan bahwa anda telah tiba di tempat tujuan adalah adanya patung patung gajah dengan ukuran besar yang bisa anda temukan di tempat tersebut.

Sedangkan bagi anda yang ingin ke Kampung Gajah wonderland menggunakan sepeda motor tentu saja juga bisa. Anda bisa menempuh rute yang hampir sama dengan menggunakan mobil. Namun apabila anda berasal dari Jakarta menuju ke lokasi ini, anda harus menempuh rute yang berbeda.

Sebab, untuk bisa sampai ke lokasi ini anda harus menggunakan jalur Puncak atau Jonggol terlebih dahulu. Kemudian, melanjutkan perjalanan melalui Cianjur, Padalarang, hingga Cimahi. Nantinya anda pun akan menemukan rambu rambu atau penunjuk jalan yang mengarah ke daerah Lembang.

Apabila anda masih kebingungan, maka tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi peta digital yang terpasang di ponsel anda. Dengan Google Maps atau Waze akan memudahkan anda untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. oleh karena itu, anda pun akan bisa sampai di tempat tujuan dengan mengikuti peta tersebut.

Dan bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi satu ini dengan menggunakan kendaraan umum, maka tentunya anda juga bisa untuk melakukannya. Disini, anda bisa naik angkot dengan tujuan Parongpong dari Terminal Ledeng. Untuk anda yang ingin menuju ke lokasi satu ini pun cukup mudah.

Anda hanya perlu untuk menggunakan angkot jurusan Ciroyom – Lembang apabila anda datang dari Bandara Husein Sastranegara. Nantinya anda pun akan bisa sampai ke lokasi wisata satu ini. bahkan anda pun bisa menyewa atau mencarter mobil dengan supir agar lebih mudah menuju ke tempat wisata satu ini.

Harga Tiket Masuk Kampung Gajah Wonderland

Tiket Masuk di Kampung Gajah Wonderland
Photo by Google Maps Ishak Komarudin

Destinasi wisata satu ini mematok harga tiket yang bervariasi. Bahkan harga tiket tersebut akan mengalami perubahan terutama di musim liburan. Namun umumnya harga tiket ini berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu pada hari hari biasa, bukan high season. Jika anda ingin masuk ke waterboom, tentunya anda juga akan dikenakan harga yang berbeda.

Jika anda pergi di hari weekday, maka anda akan dikenakan tarif yakni sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang datang ketika weekend atau hari dengan tanggal merah, maka anda pun akan dikenakan biaya yakni sekitar 70 ribu rupiah untuk memasuki waterboom nya saja.

Sedangkan untuk jam buka operasional dari tempat ini pun bervariasi. Untuk food stand dan juga Park & Attractions, akan mulai beroperasi mulai dan 9 pagi saat hari biasa dna 8 pagi saat akhir pekan. Untuk jam tutupnya yakni sama sama pukul 18.00, baik weekday maupun weekend.

Sedangkan untuk Japanese Restaurant, Sundanese Restaurant dan juga Western Restaurant, anda pun bisa mengunjunginya mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Untuk itu, bagi anda yang tidak membawa makanan ketika mengunjungi destinasi satu ini, tidak perlu khawatir sebab banyak restoran yang buka untuk memanjakan perut anda.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Kampung Gajah Wonderland
Photo by Google Maps Joko JAcK88

1. Berenang di Waterboom

Waterboom yang ada di kawasan Kampung Gajah Wonderland ini terbilang cukup besar. Oleh karena itu, ketika anda berwisata ke tempat ini tak ada salahnya untuk membawa baju ganti dan juga baju renang maupun kacamata renang. Hal ini dikarenakan anda bisa menghabiskan waktu akhir pekan dengan bersantai dan berenang di lokasi satu ini.

Wahana satu ini pastinya akan menjadi favorit bagi si kecil ketika berada di lokasi satu ini. disini, anda pun juga bisa mengajarkan si kecil bagaimana caranya berenang karena tempatnya sendiri cukup aman. Selain itu, disini anda pun juga bisa menyewa pelampung besar untuk bersantai di kolam renang.

Ada beberapa wahana permainan di Waterboom yang akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini. sebut saja mulai dari Octopus Racer, Kiddy Pool, Big Tornado, Wape Pool, Aqua Boat, Bungee Trampoline dan juga masih banyak lainnya. Tentunya anda pun akan puas bermain seharian di tempat satu ini.

2. Mencicipi Berbagai Macam Sajian Kuliner

Jika anda telah lelah untuk bermain, maka saatnya untuk memanjakan lidah. Sebab, di lokasi satu ini juga tersedia banyak sekali restoran yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang akan membuat anda ketagihan. Untuk itu, bagi anda yang kelaparan langsung saja melipir ke kawasan kuliner yang ada di lokasi satu ini.

Anda bisa memilih beberapa tempat seperti Japanese Restaurant, Western Restaurant hingga restoran Sunda bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas Indonesia. Di lokasi satu ini, anda juga bisa menemukan Food Stand tempat anda bisa membeli berbagai macam jajanan yang tentunya dengan rasa yang lezat.

3. Berburu Souvenir

Aktivitas Menarik di Wisata Kampung Gajah Wonderland
Photo by Google Maps أغوس مجاهدين

Jika anda ingin memberikan oleh oleh atau cinderamata untuk keluarga di rumah, maka anda pun juga bisa untuk melakukannya di lokasi satu ini. Sebab, salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di lokasi satu ini adalah berburu souvenir dan cinderamata yang pastinya cocok untuk keluarga anda di rumah.

4. Hunting Foto

Di tempat ini, anda  pun akan disuguhkan dengan berbagai macam tempat wisata hits yang dan juga pemandangan alam yang menarik. Hal ini dikarenakan ketika anda mengunjungi lokasi yang berada di perbukitan ini, maka pemandangan alam yang indah akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Salah satunya untuk mengabadikan foto.

Oleh karena itu, anda bisa berfoto dengan latar belakang panorama alam yang mengagumkan. Selain itu, banyaknya ornamen berupa gajah gajah dan juga background lain di lokasi satu ini juga bisa menjadi salah satu lokasi yang pas untuk berfoto. Pastikan anda membawa kamera ketika sedang berwisata di lokasi satu ini.

Keadaan Kampung Gajah Wonderland Saat Ini

Photo by Google Maps John Cooper

Dengan banyaknya wahana permainan dan juga waterboom di kawasan wisata satu ini, ternyata menurut informasi yang beredar objek wisata satu ini telah ditutup permanen. Hal tersebut dikarenakan adanya masalah internal. Penutupan ini telah dimulai sejak 13 Desember 2017 silam.

Sehingga, saat ini hanya tersisa puing puing dan juga patung patung gajah serta kondisi lingkungan yang tidak terawat. Sangat disayangkan, padahal destinasi wisata satu ini memiliki daya tarik tersendiri lantaran suasananya yang sejuk dan juga tempatnya yang bagus. Diharapkan Kampung Gajah Wonderland bisa dibuka kembali suatu saat nanti.

Kampung Gajah Wonderland adalah salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga atau sahabat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Oleh karena itu, bagi anda yang bingung saat ke Bandung bisa mengunjungi lokasi satu ini. semoga saja keadaan menjadi membaik dan destinasi wisata yang menyenangkan satu ini bisa dibuka kembali seperti dulu kala.