Jendela Alam salah satu destinasi wisata dan edukasi yang populer di Lembang, Bandung Barat yang menarik untuk liburan keluarga. Wisata alam yang menawarkan arena belajar, outbound dan rekreasi dengan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Ketika mencari tempat wisata edukasi yang pas untuk keluarga, memang terkadang sedikit membingungkan. Beruntungnya, ada salah satu destinasi di Bandung Barat yang menyediakan konsep tersebut. Bernama Jendela Alam, tempat ini menyuguhkan wahana dan kegiatan edukatif yang menarik dilengkapi fasilitas yang lengkap, dijamin Anda dan keluarga mendapatkan pengalaman liburan seru tak terlupakan. Seperti apa keseruan berlibur ke wisata edukasi di Bandung Barat ini? Simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Tentang Jendela Alam Lembang

Tentang Jendela Alam
Image Credit: Twitter.com @kilafa_group

Bagi Anda yang suka kebingungan mencari wisata edukasi terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, ada baiknya berkunjung ke Jendela Alam. Mengusung tema edukasi yang menarik, tempat ini sangat pas dijadikan destinasi wisata untuk berlibur sekaligus mengisi kegiatan dengan edukasi.

Jendela Alam ini merupakan taman hiburan yang berada di kawasan Komplek Graha Puspa. Mengingat lokasinya yang berada di kompleks, maka taman ini dirancang dengan menarik menyerupai suatu peternakan. Tak heran jika objek wisata ini sangat tepat untuk belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan tentang hewan ternak dan lain sebagainya.

Wisata ini menyuguhkan pemandangan alam sekitar yang hijau, rindang, dan sejuk. Selain itu, pengunjung yang datang bisa mengikuti aktivitas yang bermanfaat. Berbagai kegiatan edukasi dirancang sedemikian rupa oleh pihak pengelola, sehingga menarik bagi keluarga dan anak anak. Tak hanya itu saja, kegiatan tersebut juga tersedia untuk murid TK, SD, SMP, hingga SMA.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Jendela Alam

Daya Tarik Wisata Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Dani Ramdani)

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan di kawasan wisata ini yaitu pemandangan yang ada di sekitarnya. Hal ini karena Jendela Alam berada di daerah pegunungan yang membuatnya sejuk dan asri. Selain itu, objek wisata ini menyuguhkan keunggulan lainnya yaitu harga tiket yang cukup terjangkau.

Destinasi yang satu ini memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat wisata lainnya. Konsepnya pun juga terbilang menarik karena mengusung wisata edukasi bagi anak anak maupun semua kalangan. Faktor inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih destinasi wisata untuk berlibur.

Jendela Alam Lembang menyediakan berbagai macam wahana seru yang bisa dicoba. Mulai dari wahana jendela edukasi sampai dengan jendela permainan yang membuat pengunjung betah berlama lama ketika berada di kawasan wisata edukatif yang satu ini. Dijamin, waktu liburan menjadi lebih berkesan dan juga tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jendela Alam

Alamat Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Abdi Elly)

Untuk sampai ke lokasi wisata yang satu ini cukup mudah dan tidak ribet. Sebab, rute perjalanan menuju lokasi wisata alam ini disediakan dengan akses jalan yang memadai. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang tidak kesulitan menjangkau. Anda hanya perlu menempuh waktu singkat yaitu sekitar 30 menit saja dari Balai Kota Bandung.

Selanjutnya, Anda harus melewati beberapa jalan seperti Jalan Sersan Bajuri atau Jalan Terusan Sersan Bajuri. Jika sudah, lanjutkan dengan belok ke arah kanan menuju Jalan Puspa Raya sampai menemukan Komplek Graha Puspa. Lebih tepatnya berada di Cihideung Kecamatan Parongpong Bandung Barat. Jika dirasa masih bingung, maka bisa mengikuti navigasi peta digital.

Harga Tiket Masuk Jendela Alam Lembang

Harga Tiket Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Abdi Elly)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, maka harus mengetahui rincian harga tiket masuknya. Tujuannya agar membawa budget yang sesuai dengan kebutuhan yang ada. Perlu diketahui, untuk tiket masuknya sendiri akan berbeda di waktu tertentu. Tiket yang tersedia diklasifikasikan antara hari biasa (weekday) dan akhir pekan (weekend).

Pada tiket hari biasa, maka akan dikenakan biaya yang cukup terjangkau berkisar 15 ribuan saja. Sementara itu, pada weekend atau hari libur nasional akan dipatok dengan tarif berbeda berkisar 20 ribuan. Hal lain yang tak kalah penting yaitu biaya untuk menikmati wahana yang tersedia di kawasan wisata ini.

Anda perlu menyiapkan budget lebih jika ingin menikmati segala wahana yang tersedia di wisata edukasi Bandung Barat. Setidaknya wahana di sini akan dikenakan tarif yang beragam, mulai dari 20 ribuan hingga 60 ribuan. Hal ini akan disesuaikan dengan wahana atau fasilitas yang dipilih. Harga harga tersebut bisa berubah sewaktu waktu berdasarkan ketentuan pihak pengelola.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Jendela Alam

Aktivitas di Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Aksay Siroj)

1. Belajar Bercocok Tanam

Wahana pertama yang bisa dicoba merupakan bagian dari zona Jendela Edukasi. Di area ini pengunjung akan dibantu oleh seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang berbagai makhluk hidup yang sudah ada di area tersebut. Pengunjung dapat terjun langsung dalam wahana tersebut. Seperti contoh, belajar bercocok tanam dengan baik dan benar.

Anak anak akan diberi pengetahuan dasar bagaimana cara menanam tanaman, khususnya dengan cara konvensional. Pada kesempatan ini, pengunjung juga akan diberi peralatan untuk menanam, lengkap dengan benih tanaman. Agar memudahkan kegiatan tersebut, maka tersedia fasilitator atau pemandu untuk menjelaskan secara detail mengenai tahapan

2. Memanen Buah-Buahan

Jika kegiatan sebelumnya belajar cara menanam, maka disini akan diajarkan bagaimana memanen buah. Pengunjung berkesempatan untuk memetik tomat cherry yang lezat dan juga memakannya sepuas mungkin. Karena alasan tersebut, area ini menjadi populer di kalangan anak anak. Mereka bisa belajar sambil menyantap hasil panen tersebut.

3. Memberi Makan Para Hewan

Aktivitas yang tak kalah seru berikutnya yang bisa dilakukan pengunjung yaitu memberikan makan pada hewan hewan yang ada di Jendela Alam. Di sini Anda bisa menemukan berbagai hewan yang dikembang biakkan dengan mudah. Mulai dari kuda poni, kambing, etawa, sapi, hingga kelinci, dan lain sebagainya.

4. Bercocok Tanam Terarium

Selain menggunakan media tanah, wisata edukasi ini juga memberikan pembelajaran mengenai bercocok tanam dengan terarium. Istilah yang satu ini dikenal dengan bercocok tanam menggunakan media sekam. Jadi, pengunjung yang datang akan lebih memahami mengenai berbagai macam media tanam yang ada.

Tak berhenti sampai disitu saja, wisatawan yang datang juga akan diajarkan untuk menanam menggunakan cara yang konvensional. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa lebih memahami cara bercocok tanam. Menariknya, tanaman hasil belajar di tempat ini dapat dibawa pulang sebagai buah tangan.

5. Membuat Berbagai Makanan Olahan

Aktivitas seru lainnya yang bisa dikerjakan di kawasan wisata ini yaitu membuat berbagai makanan olahan. Pengunjung akan diajari mengolah makanan dengan berbagai metode. Misalnya saja membuat telur asin, membuat yogurt atau susu fermentasi, membuat cincau dan lain sebagai. Selain itu, pengunjung juga diperkenankan untuk merasakan apa yang mereka buat sebelumnya.

6. Berburu Harta Karun

Bagi Anda yang ingin mencoba keseruan lainnya, maka bisa mencoba permainan berburu peti harta karun. Permainan ini akan melibatkan beberapa orang atau berkelompok yang bermodalkan peta serta kompas yang dibuat sendiri. Untuk memainkannya, Anda diwajibkan untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan terlebih dahulu.

7. Fun Games

Wahana menarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja diberi nama dengan area Jendela Permainan. Sesuai dengan nama yang diberikan, pada area ini para pengunjung diperbolehkan bermain sepuasnya dengan fasilitas yang sudah disediakan. Salah satu area yang cukup populer dimainkan yaitu fun games.

Pada area Fun Games, pengunjung dianjurkan untuk bermain secara berkelompok atau berpasang pasangan. Sebab, permainannya akan melibatkan banyak orang, seperti four stroke race, tarik tambang, floater water stik, dan lain sebagainya. Tentunya wahana ini sangat tepat untuk melepas penat dan mencari kesenangan ketika berlibur.

Aktivitas Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Sarah Hasya)

8. Berenang

Berlibur bersama keluarga memang membutuhkan tempat wisata lengkap agar tidak ada satupun yang merasa bosan. Maka dari itu, Jendela Alam menyediakan fasilitas lengkap yaitu mini waterboom. Sehingga, bagi Anda yang membawa anak bisa menghabiskan waktu dengan berenang.

9. Perang Air

Selain dapat melakukan aktivitas berenang, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mencoba wahana lain yang ada di sekitar waterboom. Salah satu yang dapat Anda nikmati yaitu permainan Perang Air. Wahana ini bisa dilakukan pada area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Di sini, Anda secara berkelompok bisa saling menyerang menggunakan pistol air yang ada.

10. Berkuda

Di kawasan Jendela Permainan, pengunjung bisa merasakan bagaimana serunya menunggangi kuda poni yang sudah disediakan. Untuk mencoba aktivitas seru ini, pengunjung akan dipandu dengan tenaga ahli. Anda akan diajak mengelilingi area khusus berkuda dan merasakan pengalaman baru dengan menunggang kuda poni.

11. Menangkap Ikan

Selain berkuda, ada aktivitas yang begitu mengasyikkan untuk dilakukan bersama keluarga. Kegiatan yang satu ini sangat tepat dipilih bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Pengunjung bisa menangkap ikan di sungai buatan di kawasan ini. Aktivitas ini bisa menjadi salah satu permainan seru untuk menghabiskan waktu bersama orang tercinta.

12. Jendela Seni

Wahana selanjutnya yang disediakan tempat wisata Jendela Alam adalah Jendela Seni. Di kawasan permainan ini, pengunjung bisa membuat berbagai prakarya dan hasil seni yang menarik. Misalnya saja membuat dan menghias layangan, prakarya organik, serta menghias tanah liat yang membutuhkan kreativitas tinggi.

13. Jendela Workshop

Apabila wahana Jendela Seni dikhususkan bagi pengunjung kategori anak anak, maka berbeda halnya dengan Jendela Workshop. Di area ini pengunjung dewasa bisa mendapatkan ilmu yang berharga dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang begitu bermanfaat. Ada banyak workshop yang disediakan, mulai dari fase telur, biogas, anatomi hewan, dan hidroponik.

Fasilitas yang Tersedia di Jendela Alam Bandung Barat

Fasilitas Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (Adde Tatang)

Seperti objek wisata pada umumnya, terdapat fasilitas fasilitas penunjang untuk para pengunjung yang datang. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik jika berwisata. Beberapa fasilitas yang disediakan yaitu tempat parkir, toilet, aula, penjernihan air, mushola, dan lain sebagainya.

Tak berhenti sampai disitu saja, terdapat fasilitas playground dan bak pasir yang bisa dinikmati bagi pengunjung anak anak. Hal inilah yang membuat banyak orang betah berlama lama ketika datang ke Jendela Alam. Selain itu, Anda tidak usah khawatir lagi jika berada seharian di kawasan wisata, sebab semua fasilitas sudah tersedia dengan lengkap.

Berlibur bersama keluarga tentunya lebih seru jika dihabiskan di tempat wisata yang paling lengkap seperti Jendela Alam Lembang, Bandung Barat. Mengusung tema permainan edukasi, ada banyak area yang bisa dipilih untuk berlibur sekaligus belajar dengan menyenangkan. Selain itu, kawasan wisata ini dilengkapi dengan fasilitas mumpuni untuk menunjang kenyamanan pengunjung.