Jatiluhur Water World, Taman Rekreasi Air Favorit di Purwakarta

Jatiluhur Water World, Taman Rekreasi Air Favorit di Purwakarta
Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Dunia air merupakan destinasi wisata yang paling banyak disukai oleh anak. Jika anda mencari tempat berlibur berkonsep permainan air, Jatiluhur Water World di Kabupaten Purwakarta adalah pilihan yang tepat. Karena kawasan piknik yang asyik ini menawarkan berbagai daya tarik yang dapat memikat hati wisatawan, seperti panorama waduk yang indah mempesona, wisata kuliner dan lain sebagainya.

Selain itu, beragam aktivitas menarik di area ini, seperti berenang dan bermain air, berseluncur, serta permainan lainnya, dapat memberikan kesan yang mendalam bagi anak dan keluarga. Bukan hanya tempat bermain untuk anak, daerah wisata ini juga menyediakan kolam renang untuk remaja maupun orang dewasa. Sehingga zona rekreasi ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Daya Tarik Wisata Jatiluhur Water World

Daya Tarik Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps Tommy Tjahjono

Hal utama yang perlu diketahui oleh wisatawan tentang Jatiluhur Water World adalah beragam daya tarik yang ada di lokasi wisata ini. Oleh karena itu, perlu disampaikan tentang berbagai hal yang menarik pada destinasi wisata alam yang modern ini, berikut ulasannya!

1. Panorama Waduk Jatiluhur yang Indah Mempesona

Objek wisata ini merupakan kombinasi antara keindahan alam waduk dengan permainan air yang modern. Jadi, jika berkunjung ke daerah wisata keluarga ini, sebaiknya melihat panorama waduk Jatiluhur yang indah mempesona. Berbagai pemandangan yang dapat disaksikan seperti daerah perbukitan, gunung tiga menara, air waduk yang segar, pepohonan hijau yang asri, semua pesona tersebut membuat hati tenteram.

Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah, waduk dengan luas hingga 8.300 hektare tersebut berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air. Selain itu, lokasi ini juga digunakan untuk irigasi sawah dengan luas lahan sekitar lebih dari 240.000 hektare. Sehingga air waduk sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya.

2. Terdapat Area Budidaya Ikan

Daya Tarik di Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps Selly Guntara

Daya tarik lain yang ada di Jatiluhur Water World adalah terdapat area budidaya ikan, adapun jenis ikan yang di ternak, seperti bandeng, nila dan juga patin. Bagi wisatawan yang ingin belajar tentang cara budidaya ikan, mulai dari bibit, merawat, hingga memanen, maka harus mendatangi tempat budidaya tersebut. Hanya ada satu cara untuk dapat mengakses tempat ternak ikan, yaitu menggunakan perahu nelayan.

Sebab lokasi budidaya ada di tengah waduk Jatiluhur. Sedangkan ikan yang berada di area waduk, yang tidak dibudidayakan, jumlah lebih banyak hingga mencapai jutaan ekor. Sehingga banyak penduduk lokal maupun pengunjung yang menangkap ikan dengan berbagai cara, ada yang menggunakan jaring dan ada juga yang memancing.

3. Wahana Permainan Air

Daya tarik yang menjadi favorit dan lagi hits di Jatiluhur Water World adalah terdapat wahana permainan air untuk segala usia, baik untuk anak kecil, remaja maupun dewasa. Sehingga area ini banyak dipadati pengunjung lokal, domestik, maupun mancanegara. Adapun berbagai permainan tersebut yaitu waterboom, perosotan atau seluncur, ember tumpah, dan yang lainnya.

Selain itu, ada juga tempat bermain asyik dan seru yaitu kolam renang anak, yang diperuntukkan bagi anak kecil yang ingin belajar berenang. Sedangkan untuk orang dewasa, ada kolam renang dewasa. Bagi wisatawan yang ingin mencoba kolam renang standar nasional, di kawasan ini juga tersedia kolam renang Olympic.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps Santi Mayasari

Jangan tunda lagi untuk berkunjung ke Jatiluhur Water World, destinasi wisata alam dan keluarga ini berada di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Area ini berada di tempat strategis, jika perjalanan dimulai dari Jalan Pramuka Kabupaten Purwakarta, maka jarak tempuh sekitar 8 km, sedangkan waktunya hanya 20 menit saja.

Adapun rute perjalanannya adalah sebagai berikut, jika wisatawan berasal dari luar kota, maka dimohon untuk mencari tol dengan pintu gerbang keluar tol Jatiluhur. Setelah itu, lanjutkan perjalanan mengambil arah belok kiri dari pintu keluar tol tersebut, lalu menuju Jalan Ciganea.

Berikutnya, anda akan melintasi jembatan Citarum, kemudian arahkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Pramuka, berikutnya ada pertigaan dan plang penunjuk arah menuju Jatiluhur. Akan tetapi, kendaraan anda tetap ambil jalur lurus hingga sampai di bundaran, lalu ambil arah ke kiri menuju bendungan Jatiluhur, dan di situlah pintu masuk lokasi wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Jatiluhur Water World

Tiket Masuk di Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps rrachmalia

Adapun harga tiket masuk di Jatiluhur Water World bervariasi, antara hari biasa dengan hari libur akhir pekan dan hari libur nasional memiliki harga yang berbeda. Jika wisatawan berkunjung pada hari Senin sampai dengan Jumat, harga tiket masuk 30.000 per orang. Sedangkan pada hari libur akhir pekan, tiket masuk 45.000 per orang, khusus hari libur nasional, harganya 5.000 rupiah.

Selain itu, ada juga retribusi parkir bagi yang membawa kendaraan bermotor. Pengunjung yang membawa sepeda motor, karcis parkir Rp. 5.000, bagi wisatawan yang membawa mobil tiket parkir Rp. 10.000, sedangkan rombongan yang membawa bus, retribusi parkir Rp. 15.000. Harga tersebut suatu saat dapat berubah, melihat kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak pengelola.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps Tambang Raras

Selain ulasan beragam daya tarik yang ada di Jatiluhur Water World, hal lain yang perlu diketahui wisatawan yaitu kegiatan seru, asyik dan menarik di lokasi wisata ini. Berikut ulasan yang penting untuk diketahui oleh pengunjung tentang beragam aktivitas menarik yang ada di kawasan ini!

1. Berseluncur Seru dan Menegangkan

Bermain air di kolam merupakan hal biasa, namun ada permainan air di sini yang perlu di coba yaitu berseluncur seru dan menegangkan hingga finish ke kolam. Banyak pengunjung yang menggunakan fasilitas ini, baik anak kecil, remaja maupun orang dewasa. Sebab alat seluncur ini memiliki ketinggian hingga 11 meter, sedangkan jalur yang berkelok dengan panjang hingga lebih dari 40 meter.

Sehingga siapa pun yang mencoba wahana ini, tentu akan memacu adrenalin dan jiwa mudanya semakin menggelora. Berbagai ekspresi muncul saat mereka meluncur, teriakan untuk menghilangkan rasa takut, hingga terdiam dan bahkan tertawa bahagia saat tiba di kolam. Inilah aktivitas menarik yang lagi hits dan sering dilakukan oleh wisatawan.

Photo by Google Maps Indrian Abon

2. Hunting Foto Instagramable

Jangan lupa untuk membawa kamera atau handphone dengan resolusi tinggi, karena pemandangan indah dan banyak spot menarik di Jatiluhur Water World. Sehingga hunting foto instagramable di lokasi ini merupakan aktivitas menarik yang sering dilakukan wisatawan. Mengasah jiwa seni dan belajar menjadi fotografer handal bisa anda coba dan lakukan saat berada di area ini.

3. Wisata Kuliner

Aktivitas menarik di Jatiluhur Water World berikutnya adalah wisata kuliner nikmat. Destinasi wisata alam dan keluarga ini menyediakan restoran yang cukup asyik dan menarik, karena berada di tengah waduk, sehingga dinamakan restoran apung. Jika wisatawan ingin berkunjung ke restoran tersebut, maka harus di tempuh dengan menggunakan perahu nelayan.

Harga sewa perahu tersebut sekitar Rp. 200.000 dengan kapasitas 10 orang, sehingga setiap orang hanya mengeluarkan Rp. 20.000 saja. Merasakan sensasi makan di atas waduk, merupakan pengalaman yang langka dan menjadi kenangan yang sangat berkesan. Sedangkan menu yang disediakan, kebanyakan dari bahan dasar ikan, seperti bandeng, patin, nila dan jenis ikan tawar lainnya.

Fasilitas Penunjang di Jatiluhur Water World

Fasilitas di Jatiluhur Water World
Photo by Google Maps Wahyuni Wahyuni

Fasilitas yang ada di Jatiluhur Water World cukup memadai dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, seperti area parkir yang luas, toilet umum dan mushola. Selain itu, ada juga kamar bilas untuk pengunjung yang habis bermain air, dan juga kamar ganti. Fasilitas yang tidak boleh dilupakan dan sekaligus menjadi daya tariknya adalah wahana permainan air.

Mencari tempat berlibur bersama keluarga yang indah dan penuh makna memang sangat penting. Jatiluhur Water World adalah salah satu tempat yang cocok jika saat ini anda berada di Purwakarta. Sebab kawasan wisata ini memiliki panorama alam yang cantik dan eksotik, juga menyediakan wahana bermain yang seru, menantang, dan dapat memacu adrenalin.