Berwisata sekaligus menikmati sejarah dan edukasi yang menarik bisa dilakukan di Istana Bogor. Istana Presiden yang memiliki banyak koleksi karya seni dan wisatawan juga bisa merasakan interaksi langsung dengan satwa yang berada di kawasan Istana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menikmati liburan anti mainstream di Istana Bogor bisa Anda  lakukan bersama dengan keluarga. Terlebih pada Anda  yang senang melihat pemAnda ngan asri serta menikmati bangunan yang memiliki arsitektur yang rupawan, tempat ini patut dijadikan sebagai agenda liburan Anda . Penasaran dengan serba serbi Istana Presiden di Bogor? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Istana Bogor

Daya Tarik Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Nova K Sianturi)

Jika berkunjung ke Bogor, akan lebih lengkap rasanya apabila singgah ke Istana Bogor yang menyimpan sejuta cerita sejarah yang menarik. Dilihat dari bangunanya, istana ini memiliki bangunan utama yang kerap kali digunakan untuk acara kenegaraan yang bersifat resmi.

Terdapat 4 kamar tidur yang berada di sebelah kanan bangunan, dimana ruangan ini dikhususkan untuk sahabat dari kepala negara yang datang berkunjung. Selain itu ada juga 6 kamar tidur yang berada di sebelah sisi kiri yang dipakai untuk menjamu tamu negara, kantor pribadi presiden Indonesia, serta perpustakaan yang memiliki kisaran 4500 buku didalamnya.

Bangunan dari Istana Bogor juga terbilang sangat luas. Dimana seluruh bangunan pendukung memiliki luas yang mencapai kisaran 14.890 meter persegi. Pada sisi timur terdapat Taman Botani Kebun Raya Bogor yang terhampar hijau. Maka tidak heran apabila presiden Indonesia sering menghabiskan waktunya disini uda beristirahat dari hiruk pikuk keramaian kota Jakarta.

Daya Tarik dari Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Dian Savitri)

Terlepas Dari faktor sejarah dan juga arsitekturnya yang indah, daya tarik paling utama dari Istana ini yaitu adanya karya seni yang telah dikoleksi oleh mantan Presiden Soekarno. Tercatat sekitar 448 lukisan yang berada di bagian interior Istana Bogor. Baik lukisan itu berasal dari dalam maupun luar negeri.

Selain indahnya lukisan, dapat ditemui juga kisaran 360 patung yang membuat setiap sudut dari bangunan tersebut terlihat semakin menawan. Diantaranya ditemui patung Presiden Yugoslavia, Patung Sarinah karya Trubus, Josef Broz, patung kepala Sang Buddha dari Myanmar, dan beberapa patung lainnya.

Sementara pada ruang kerja, terdapat beberapa lukisan upacara perkawinan Rusia karya Makowski, patung Jatayu Merah, Lukisan Flamboyan buatan Adolf, patung Wayang dari uang kepeng serta keramik Thailand. Tidak ketinggalan juga adanya hadiah dari Perdana Menteri Uni Soviet, Nikita Khrushchev yang berupa keramik cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Istana Bogor

Alamat Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Rusfansyah Mustafa Dadum)

Destinasi wisata satu ini terletak di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Untuk lokasi tepatnya, Istana Bogor sekitar 60 kilometer dari Jakarta atau kisaran 43 kilometer dari Cipanas. Bangunan ini berlokasi di pusat Kota Bogor, dengan tanah datar yang memiliki luas kisaran 28,86 meter persegi, serta tinggi pada kisaran 290 meter dari permukaan laut.

Untuk rute yang bisa Anda  lalui jika menggunakan kendaraan pribadi roda 4, bisa dimulai dari keluar tol Jagorawi. Yang mana setelah Anda  keluar tol, selanjutnya mengambil arah kanan ke Kebun Raya Bogor atau Istana Presiden. Jika sudah sampai di Tugu Kujang, posisi Anda  sudah menghadap pada lebatnya pepohonan di Kebun Raya Bogor.

Karena jalan sekitar Kebun Raya dan Istana Bogor menggunakan sistem satu arah, maka Anda  diharuskan untuk membelokkan kendaraan ke kiri untuk menuju Jalan Otto IskAnda r Dinata atau biasanya disebut Otista. Selanjutnya Anda  bisa melewati jembatan Otista, lalu lihat di sebelah kanan sudah ada pintu menuju istana ini.

Bagi Anda  yang menggunakan transportasi umum berupa kereta, setelah keluar dari stasiun Bogor Anda  bisa langsung memilih naik angkutan umum atau berjalan kaki. Apabila memilih jalan kaki, Anda  diharuskan berjalan sekitar jarak 1 kilometer dengan menelusuri trotoar. Jika sudah sampai pada persimpangan Jalan JuAnda , maka Anda  dipastikan sudah sampai di depan Istana.

Namun jika Anda  memilih untuk naik angkutan umum dari Stasiun Bogor, sebaiknya memilih angkutan dengan nomor 03 yang diberikan simbol strip biru. Yang mana angkutan umum ini langsung mengantar Anda  untuk menuju Istana Bogor. Cukup satu kali naik angkot, Anda  sudah sampai pada destinasi wisata yang menakjubkan ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Istana Bogor

Harga Tiket Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Deni Java)

Tidak perlu khawatir akan mengeluarkan uang jika akan berkunjung di Istana Bogor. Pasalnya, tempat wisata ini tidak dipungut biaya atau harga tiket apapun. Tentu peraturan ini menjadi kabar gembira bagi Anda  yang ingin merasakan liburan tanpa membayar biaya ataupun tiket masuk.

Tapi ada satu hal yang perlu Anda  pahami sebelum berkunjung. Dimana akan ada beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi sebelum memasuki kawasan Istana Presiden ini. Diantaranya seperti tidak diperkenankan membawa kamera serta mengambil gambar, dan harus menggunakan pakaian rapi seperti batik atau kemeja.

Bagi Anda  yang ingin membawa si kecil ke Istana Bogor, ada juga syarat yang telah ditetapkan dari pihak pengelola. Yakni batas usia anak yang akan berkunjung minimal 10 tahun. Apabila kurang dari 10 tahun, sangat disayangkan Anda  tidak bisa mengajak si kecil untuk menikmati keindahan dan melihat koleksi Istana.

Sedangkan hari operasional objek wisata ini sendiri setiap hari senin hingga hari kamis dengan waktu operasional pukul 9 pagi hingga jam 2 siang. Jam operasional ini akan berbeda untuk Anda  yang datang di hari jumat. Dimana kawasan ini dibuka pada pukul 9 pagi hingga jam 11 siang, serta pada pukul 2 siang hingga 4 sore.

Apabila Anda  wisatawan yang datang dari luar kota Bogor, sebaiknya memperhatikan hari serta jam operasional Istana Bogor dengan benar. Hal ini bertujuan agar Anda  tidak salah waktu ketika akan berwisata di tempat ini. Karena akan sangat disayangkan apabila sudah berada di lokasi namun bertepatan pada hari istana ditutup.

Penginapan Murah di Sekitar Istana Bogor

Penginapan Istana Bogor
Image Credit: Facebook.com @hotelroyalbogor

Sebagai tempat destinasi wisata yang populer dan banyak diminati, tentu saja pada kawasan Istana Bogor juga banyak ditemui hotel atau penginapan yang berdekatan dengan Istana Presiden maupun Kebun Raya Bogor. Dengan begitu, wisatawan luar kota Bogor akan sangat dimudahkan dengan pilihan hotel yang beragam.

Diantaranya yaitu ada Hotel Royal Bogor. Hotel ini bisa dijadikan pilihan karena lokasinya yang strategis serta dekat dengan Museum Zoologi Bogor, Bogor Trade Mall, hingga Presidential Museum. Jarak yang harus Anda  tempuh untuk bisa sampai di Hotel Royal Bogor jika dimulai dari Istana Bogor yaitu berkisar 240 meter.

Tarif atau harga kamar Hotel Royal Bogor dalam satu malam pun cukup terjangkau, tidak terlalu murah bahkan tidak terlalu mahal, yaitu berkisar pada harga 300 ribu per malamnya. Belum lagi fasilitas hotel yang memadai, pasti membuat waktu istirahat Anda  disini menjadi lebih nyaman dan tidur dengan nyenyak.

Selain itu ada pula Sahira Butik Hotel atau Syariah Hotel. Yang mana jarak antara hotel dengan Kebun Raya Bogor hanya berkisar 400 meter. Apabila Anda  dari Stasiun Kereta Bogor, hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit berkendara untuk bisa sampai di Sahira Butik Hotel yang berada di kawasan Bogor Tengah.

Jika tidak ingin menginap di hotel, Anda  bisa menggunakan penginapan Poetri Guest House yang bisa dijadikan tempat menginap bersama dengan keluarga. Penginapan ini cukup dekat dengan Terminal Bus Baranangsiang, yakni hanya berkisar 110 meter saja. Selain itu, guest house ini juga cukup dekat dengan Giant Botani Square yang hanya berjarak kisaran 340 meter.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Istana Bogor

Kegiatan di Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Ulez Zelu)

1. Melihat Koleksi Satwa

Hal menarik yang bisa Anda  lakukan ketika berkunjung di Istana Bogor yaitu memberi makan satwa yang berada di kawasan istana. Salah satunya yaitu memberi makan kumpulan rusa. Tentu kegiatan ini bisa dengan mudah dilakukan oleh para pengunjung. Pasalnya, hewan rusa tersebut dibiarkan bebas berkeliaran di halaman Istana.

Diketahui juga bahwa kumpulan rusa tersebut langsung didatangkan dari Nepal. Dan hingga saat ini, kesehatan hewan rusa yang lucu itu tetap terjaga dari dulu hingga sekarang. Umumnya, banyak masyarakat Bogor yang berlibur ke tempat ini untuk turut serta memberi makan rusa dengan sayuran berupa wortel.

Selain rusa, pengunjung juga bisa melihat ikan koi yang berenang kesana kemari pada kolam yang telah disediakan. Dengan melihat ikan koi, Anda  bisa merasakan kenikmatan tersendiri. Apalagi penampilan ikan koi yang memiliki corak yang berwarna warni dan rupawan. Pasti Anda  akan senang melihatnya.

2. Hunting Foto

Jika berkunjung ke Istana Bogor, Anda  tidak dibebaskan untuk dapat mengambil foto menggunakan kamera ataupun handphone. Pada setiap rombongan yang datang, hanya diperbolehkan satu juru foto yang diperkenankan untuk membawa kamera dan juga berfoto di beberapa tempat yang telah ditentukan.

Namun untuk pengambilan gambar yang memiliki tujuan khusus seperti foto ataupun video, harus mendapatkan izin dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan. Maka dari itu, agar liburanmu semakin berkesan, tidak ada salahnya untuk menaati peraturan yang berlaku di kawasan Istana Presiden ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Istana Bogor

Fasilitas di Istana Bogor
Image Credit: Google Maps (Edward Stefanus)

Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata lainnya, di Istana Bogor juga menyediakan beberapa fasilitas yang sangat memadai untuk dinikmati oleh para pengunjung yang singgah pada area tersebut. Diantaranya seperti tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang luas serta toilet yang bersih.

Jika mulai merasakan lelah setelah berjalan jalan di kawasan istana, Anda  tidak perlu khawatir mencari tempat untuk istirahat. Sebab, di kawasan Istana juga disediakan beberapa kursi yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk melepas lelah. Anda  juga bisa menikmati hijaunya pemAnda ngan dari area destinasi wisata ini sambil duduk dan bersantai.

Untuk Anda  umat muslim yang berniat untuk mengunjungi tempat ini sebagai destinasi wisata, Anda  tidak perlu khawatir lagi. Sebab di tempat ini juga disediakan rumah ibadah yang bisa digunakan dengan bebas bagi para pengunjung. Selain memadai, mushola yang diberikan juga nyaman untuk digunakan.

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai destinasi wisata yang bisa Anda  kunjungi yaitu Istana Bogor. Namun perlu diperhatikan dengan seksama syarat apa yang harus Anda  lakukan sebelum menikmati keindahan istana yang berada di Provinsi Jawa Barat ini. Sangat diharapkan agar Anda  bisa menaati setiap peraturan yang telah ditetapkan pada area Istana Presiden.