Ingin berlibur ke Bandung? Inilah rekomendasi hotel dan penginapan murah di Kota Bandung, Jawa Barat yang menawarkan fasilitas terbaik dan suasana menginap yang nyaman.

Berlibur ke Kota Kembang Bandung tak lengkap bila hanya menghabiskan waktu sebentar. Pasalnya kawasan ini memiliki sederet destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan, mulai dari wisata alam hingga buatan. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih hotel bintang 1 hingga 4 yang menyediakan fasilitas lengkap dengan harga terjangkau. Berikut deretan penginapan dan hotel murah yang ada di Kota Bandung yang memiliki rating terbaik.

1. Buminanienie Family Guest House

Buminanienie Family Guest House
Image Credit: Google Maps (Buminanienie Guesthouse Bandung)

Menjadi rekomendasi guest house terbaik sekelas bintang 1 dengan harga yang sangat ramah di kantong. Lokasi tepatnya berada di kawasan Riau Bandung dengan lingkungan dan lokasinya yang nyaman. Tak hanya itu, para pengunjung akan dibuat betah karena bersih serta udaranya yang segar membuat pengalaman liburan di tempat ini tak mengecewakan.

Fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung cukup kompleks, seperti wifi di seluruh area, taman untuk bersantai, pijat, dan spa yang nyaman. Bandung yang bernuansa sejuk ini masih dilengkapi AC di setiap kamar, sehingga tidur pun tetap nyaman. Lokasi guest house hanya berjarak sekitar 5 menit dari factory outlet, sehingga aktivitas belanja Anda pun lebih mudah.

Lokasi: Jl. Wira Angun Angun No.15, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

2. The Salis Hotel Setiabudi

The Salis Hotel Setiabudi
Image Credit: Google Maps (rani oktaviani)

Bagi Anda yang mencari hotel cukup berkelas, maka penginapan di daerah Setiabudi ini jadi jawaban yang paling tepat. Pasalnya, kualitasnya sekelas hotel bintang tiga dengan layanan yang sangat mumpuni untuk Anda. Menariknya, harga kamar per malam kurang dari 200 ribu dengan fasilitas pijat, spa, internet gratis, dan layanan kamar selama 24 jam penuh.

Tak hanya menyediakan penginapan yang nyaman, lokasi ini juga ada di pusat kota dengan akses yang mudah. Anda bisa berkunjung ke Paris van Java dan Cihampelas dalam waktu sekitar 15 menit, sehingga mobilitasnya pun mudah. Tak kalah penting, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke Bandara Husein Sastranegara pun hanya 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.272, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

3. Hotel Salon Fora

Hotel Salon Fora
Image Credit: Instagram.com @hotelsalonfora_longhillcafe

Ingin merasakan sensasi liburan yang dekat dengan pusat perbelanjaan? Anda bisa memilih Hotel Salon Fora yang berada di daerah Gegerkalong dengan rating sebesar 7.0. Oleh sebab itu, hotel berbintang 1 ini cukup diminati banyak orang karena ulasannya yang memuaskan. Tak hanya itu, harga tiap kamar untuk satu malam pun kurang dari 200 ribu rupiah.

Untuk harga tersebut, para pengunjung akan mendapatkan sederet fasilitas yang menarik. Mulai dari minum gratis, kamar ber AC, televisi di dalam kamar, dan perlengkapan mandi. Hal ini jadi salah satu solusi bagi Anda yang tidak membawa peralatan mandi ke hotel. Selain itu, ada pula kawasan khusus untuk perokok agar asapnya tidak mengganggu tamu yang lain.

Lokasi: Jl. Gegerkalong Hilir No.8, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

4. Kenangan Bandung Hotel

Kenangan Bandung Hotel
Image Credit: Google Maps (Hotel Kenangan)

Rekomendasi selanjutnya berada di pusat kota dan memiliki akses internet gratis di setiap sudut hotel. Anda juga bisa menikmati kedai kopi yang buka setiap saat dan memiliki sajian minuman yang nikmat. Menariknya, hotel ini menawarkan fasilitas unik yang tak dimiliki oleh semua penginapan, yaitu kotak penyimpanan dan penitipan barang.

Dikarenakan lokasinya yang ada di pusat kota, Anda mendapat akses yang sangat mudah untuk ke pusat perbelanjaan. Pasar Baru dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit saja, sedangkan untuk ke bandara hanya perlu waktu sekitar 15 menit dengan mobil atau motor. Tak heran, hotel dengan harga sekitar 200 ribu rupiah ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Lokasi: Jl. Kebon Sirih No.4, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Retanata Homestay

Retanata Homestay
Image Credit: Agoda.com

Apakah Anda ingin menginap dengan keluarga besar? Retanata Homestay jadi pilihan yang sangat tepat karena penginapannya yang luas. Selain itu, para pengunjung akan mendapat akses wifi gratis di semua sudut tempat. Bahkan Anda juga dapat kamar ber AC yang sangat nyaman saat tidur serta kamar mandi dengan shower yang menyegarkan.

Fasilitas penunjang lainnya, yaitu layanan laundry untuk membersihkan baju baju Anda yang kotor. Tak kalah menarik, homestay ini memiliki teman yang cocok untuk bersantai dan melepas penat. Sepulang dari Bandung, tentu Anda ingin membeli oleh oleh maka dapat berkunjung ke kawasan Cihampelas atau Dago yang bisa ditempuh sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Lokasi: Jl. Hegarbudhi No.85, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

6. The Victoria Luxurious Hotel

The Victoria Luxurious Hotel
Image Credit: Instagram.com @victoriabandung

Bagi Anda yang ingin mendapat pengalaman menginap berbeda, maka dapat memilih hotel di kawasan Sukajadi satu ini. Para pengunjung yang memilih hotel berbintang tiga satu ini tentu tak boleh melewatkan aktivitas window shopping di Paris van Java dan factory outlet di sekitarnya. Anda juga bisa berkunjung ke Karang Setra Waterland atau Museum Barli untuk mengisi liburan.

Seperti kamar hotel bintang 3 pada umumnya yang menyediakan fasilitas memadai, tetapi hotel ini hanya membanderol sekitar 200 ribu per malamnya. Uniknya, hotel dengan rating 7,4 ini memiliki perpustakaan yang dapat diakses oleh seluruh pengunjung. Anda bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku di tempat yang nyaman dan tenang ini.

Lokasi: Jl. Sukaresmi No.4-6, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

7. Zodiak at Asia Afrika Hotel

Zodiak at Asia Afrika Hotel
Image Credit: Google Maps (Zodiak @ Asia Afrika Hotel Bandung)

Memiliki nama yang unik, hotel satu ini digandrungi oleh banyak orang sehingga tak pernah sepi pengunjung. Selain karena namanya, banyak orang yang tertarik menginap karena berada di pusat kota dan dekat dengan berbagai destinasi wisata. Selain itu, lokasi hotel berbintang 3 ini juga dekat dengan Kings Shopping Mall yang cocok untuk pecinta aktivitas belanja.

Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung pun hampir sama dengan penginapan pada umumnya. Akan tetapi, Anda akan mendapat pengering rambut yang jarang disediakan oleh pihak hotel. Dengan begitu, para pengunjung bisa mengeringkan rambutnya dengan lebih cepat dan dapat berkeliling kota Bandung dengan tatanan rambut yang sangat menawan.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.34, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

8. Zodiak at Kebon Jati Hotel

Zodiak at Kebon Jati Hotel
Image Credit: Google Maps (Fikrul Azmi)

Memiliki nama hampir sama dengan hotel sebelumnya, begitu pula dengan fasilitas yang tersedia untuk pengunjung. Akan tetapi, lokasi hotel satu ini cukup mudah dijangkau oleh Anda yang menggunakan kereta sebagai transportasi umum. Selain itu, Anda yang memakai pesawat pun hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 20 menit dari hotel.

Lokasi: Jl. Kebon Jati No.34, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

9. Hotel Citradream Bandung

Hotel Citradream Bandung
Image Credit: Google Maps (Hotel Citradream Bandung)

Berlibur di pusat kota memang menjadi pilihan yang tepat karena tidak memerlukan waktu tempuh yang panjang. Anda juga bisa mengaksesnya dengan kendaraan yang mudah, sehingga lebih hemat biaya. Oleh sebab itu, Hotel Citradream Bandung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di akhir pekan atau hari libur nasional.

Fasilitas yang disediakan oleh hotel bintang 2 ini cukup memadai seperti kamar hotel ber AC, akses wifi gratis di seluruh area, perlengkapan mandi, dan adanya televisi. Bagi Anda yang membutuhkan brankas, hotel ini juga menyediakan layanan serupa. Menariknya, para pengunjung yang menyukai aktivitas window shopping juga bisa berbelanja di Istana Plaza yang berjarak 5 menit.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.36-42, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

10. Sweet Karina Hotel

Sweet Karina Hotel
Image Credit: Agoda.com

Ingin mendapat akomodasi liburan yang terjangkau di kawasan Pasteur? Sweet Karina Hotel jadi jawaban yang tepat untuk Anda. Hotel ini dapat ditempuh sekitar 10 menit dari bandara dan 10 sampai 20 menit dari BTC serta Paris van Java yang diklaim sebagai pusat belanja terbesar kedua di Bandung. Liburan Anda pun akan sangat menyenangkan bila berada di hotel ini.

Lokasi: Jl. Terusan Babakan Jeruk IV No.38, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

11. Meize Hotel Bandung

Meize Hotel Bandung
Image Credit: Booking.com

Menjadi salah satu pilihan yang tepat bila Anda ingin menginap di kawasan Riau Bandung. Meize Hotel memiliki sederet pilihan kamar dengan harga terjangkau, yaitu sekitar 250 ribu rupiah dengan layanan yang memuaskan. Dengan harga tersebut, Anda mendapat akses internet secara gratis di seluruh area hotel sehingga tak perlu khawatir kehabisan kuota selama liburan.

Selain wifi, seluruh pengunjung masih mendapat fasilitas lain yang disediakan oleh hotel. Antara lain kamar bersih dan luas, AC yang membuat tidur lebih nyaman, perlengkapan mandi, serta brankas. Seakan tak cukup, Anda juga mendapat pengalaman belanja yang memuaskan dari toko yang ada di area terdekat dengan harga yang tergolong murah.

Lokasi: Jl. Sumbawa No.7, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

12. Vio Hotel Cimanuk

Vio Hotel Cimanuk
Image Credit: Booking.com

Masih berada di kawasan Riau Bandung, Anda disuguhi penginapan yang terjangkau seperti Vio Hotel Cimanuk. Dengan menginap di tempat ini, Anda mendapat akses yang mudah bila ingin berlibur di sekitarnya. Beberapa destinasi yang dekat dari hotel yaitu Museum Geologi, Heritage The Factory Outlet, dan Museum Pos yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Hotel bintang 3 ini memiliki taman yang dapat dikunjungi untuk melepas penat serta kedai kopi bagi para pecinta varian kopi dari seluruh Indonesia. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat fasilitas lain yang memadai. Antara lain AC di setiap kamar, handuk, brankas, dan perlengkapan mandi yang seringkali luput untuk dibawa saat bepergian.

Lokasi: Jl. Cimanuk No.15, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

13. Accordia Dago Hotel

Accordia Dago Hotel
Image Credit: Instagram.com @accordiadago

Menginap di daerah Dago merupakan salah satu pilihan yang tepat karena menawarkan pemandangan yang luar biasa. Accordia Dago Hotel menawarkan harga kamar per malam dengan sangat terjangkau, yaitu sekitar 250 ribu rupiah. Fasilitas yang disediakan, antara lain akses wifi secara gratis di seluruh area dan area merokok agar tak mengganggu pengunjung lain.

Selain itu, Anda juga dapat mendapat fasilitas yang lengkap di tiap kamar seperti pengering rambut dan setrika yang dibutuhkan agar baju dari koper tetap licin. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, Anda bisa memanfaatkan fasilitas antar jemput. Fasilitas ini bisa dipakai bila Anda memakai transportasi pesawat dan turun di Bandara Husein Sastranegara.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

14. Magnolia Bed & Breakfast

Magnolia Bed & Breakfast
Image Credit: Agoda.com

Ingin merasakan hecticnya menginap di kawasan Sukajadi dengan harga yang terjangkau? Magnolia Bed & Breakfast ini jadi pilihan tepat untuk Anda karena dibanderol dengan harga dibawah 300 ribu per malamnya. Selain dekat dengan Paris van Java, hotel bintang dua ini juga dekat dengan Museum Barli dan Karang Setra Waterland yang tak boleh dilewatkan.

Mengingat banyaknya penginapan yang berkualitas di daerah Sukajadi, ternyata Magnolia mampu mendapat rating 7,8 dari pengunjung. Banyak pengunjung merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh hotel ini, sehingga memberikan ulasan serupa. Hal tersebut dikarenakan banyaknya fasilitas yang disediakan termasuk akses wifi dengan jaringan kuat di seluruh area.

Lokasi: Jl. Sindang II Sirna No.363, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

15. Hotel Mawar

Hotel Mawar
Image Credit: Hotels.com

Diklaim sebagai hotel bintang dua yang menawarkan kamar dengan harga terjangkau, Hotel Mawar jadi salah satu tempat yang ramai pengunjung. Anda dapat menempuh waktu tempuh sekitar 30 menit dari bandara dengan kendaraan bermotor. Fasilitas yang tersedia di hotel ini sangat memadai dan membuat para pengunjung betah bermalam di tempat ini.

Lokasi: Jl. Pangarang No.14, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

16. Serela Riau

Serela Riau
Image Credit: Google Maps (Feby Satria)

Berada di pusat kota, tetapi menawarkan kamar hotel bintang 3 dengan harga yang relatif terjangkau. Hanya memerlukan biaya sekitar 250 ribu rupiah untuk mendapatkan seluruh fasilitas yang tersedia. Tempat ini menyediakan tempat bermain untuk anak anak, tempat karaoke untuk melepas penat, dan pusat kebugaran bagi pecinta olahraga.

Terdapat 82 kamar dengan fasilitas yang sangat memadai, seperti AC, televisi, alat untuk membuat teh atau kopi, brankas, dan perlengkapan mandi. Tak kalah menarik, hotel ini memiliki restoran dengan menu khas Nusantara dan Western yang mampu menggoyang lidah Anda. Dengan begitu Anda tak perlu mencari menu bersantap jauh dari lokasi hotel.

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.56, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

17. Villa Puri Teras

Villa Puri Teras
Image Credit: Tripadvisor.com

Lembang menjadi kawasan liburan terbaik yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Sederet wisata di Lembang ini bisa Anda kunjungi dengan mudah bila memilih hotel di kawasan setempat. Villa Puri Teras jadi pilihan yang tepat karena membanderol setiap kamarnya dengan harga di bawah 300 ribu rupiah.

Fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung cukup memadai, seperti akses internet secara gratis, televisi, dan kamar mandi dalam yang nyaman. Di kamar ini, Anda tak perlu fasilitas AC karena kawasan Lembang sangat sejuk lengkap dengan pemandangan dan suasana pagi yang menyenangkan, sehingga menambah pengalaman liburan Anda.

Lokasi: Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

18. Mutiara Bandung Hotel

Mutiara Bandung Hotel
Image Credit: Instagram.com @hotelmutiarabandung

Pusat kota Kembang ini tak banyak memiliki rekomendasi hotel terjangkau lengkap dengan kolam renang, tetapi Mutiara Hotel jadi pilihan yang sangat tepat. Anda dapat berenang hingga puas di kolam yang terbuka untuk seluruh pengunjung. Harga untuk menginap di hotel bintang 3 ini pun tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, yaitu kurang dari 300 ribu rupiah.

Fasilitas untuk tiap kamar, yaitu televisi, AC untuk suasana tidur lebih nyaman, satu set meja dan kursi, serta perlengkapan mandi. Tak kalah menarik, hotel satu ini memiliki taman yang dapat dipakai untuk bersantai dan melepas lelah setelah berjalan jalan. Berjalan jalan di sekitar Braga City Walk memang cukup menyita energi, meskipun hanya berjarak sekitar 800 meter.

Lokasi: Jl. Kebon Kawung No.60, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

19. Grand Pasundan Convention Hotel

Grand Pasundan Convention Hotel
Image Credit: Booking.com

Menjadi satu satunya rekomendasi hotel bintang 4 yang dibanderol dengan terjangkau, yaitu di bawah 300 ribu rupiah. Penawaran harga hotel akan semakin terjangkau bila Anda memakai jasa aplikasi pemesanan hotel. Lokasinya berada di pusat kota Kembang dengan akses yang cukup mudah dari berbagai sudut kota, termasuk dari bandara atau stasiun.

Di tiap kamar, Anda sudah mendapat televisi, AC, kulkas, alat untuk membuat teh atau kopi, brankas, serta perlengkapan mandi. Fasilitas umum yang disediakan untuk pengunjung, yaitu kolam renang yang bisa diakses seluruh pengunjung, ruang karaoke, dan taman. Selain itu, masih ada restoran dan bar yang bisa dikunjungi di malam hari untuk sekedar bersantai bersama teman.

Lokasi: Jl. Peta No.147 – 149, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung.

20. Yokotel Hotel

Yokotel Hotel
Image Credit: Booking.com

Bila Anda datang ke kota Bandung dengan akses transportasi kereta api, maka menginap di Yokotel Hotel ini jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 5 menit hingga ke tempat ini. fasilitas yang disediakan oleh hotel bintang 2 ini, antara lain televisi, AC, brankas, perlengkapan mandi, dan akses wifi secara gratis.

Lokasi: Jl. Kebon Jati No.17 & 19, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

Kota Bandung menyuguhkan sederet destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Oleh sebab itu, terasa tak lengkap bila memiliki waktu liburan yang terbatas. Bila Anda mencari hotel dengan harga terjangkau di Bandung, maka rekomendasi terbaik di atas bisa Anda pilih. Rentang harga mulai dari 150 ribu hingga 300 ribu rupiah, jadi manakah pilihan anda?