Happy Farm Ciwidey, Wisata Edukasi dengan Panorama Alam Memukau di Bandung

Happy Farm Ciwidey, Wisata Edukasi dengan Panorama Alam Memukau di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey No.km 33.7, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat

Saat ini semakin banyak ditemui objek wisata alam yang dipadukan dengan edukasi dan permainan. Sebagai contoh di Bandung, ada sebuah tempat wisata yang bernama Happy Farm Ciwidey dengan konsep yang dimaksud. Jika dilihat dari namanya, pastinya banyak yang sudah mengetahui kalau lokasinya berada di ketinggian atau dataran tinggi Bandung.

Objek wisata nini menawarkan pemandangan alam yang indah, tidak kalah dari pegunungan atau perbukitan. Selain itu, perpaduan konsep peternakan sebagai edukasi anak-anak ternyata banyak diminati. Terbukti dari pengunjung yang datang setiap harinya, jumlahnya bisa mencapai ratusan. Terlebih jika di hari libur, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Happy Farm masih dalam satu manajemen dengan Taman Kelinci Ciwidey. Meskipun dibuat terpisah, tetapi wisatawan dapat memasuki taman tersebut ketika berada di sini. Artinya, Taman Kelinci masuk kedalam kawasan Happy Farm dan tidak perlu membeli tiket tambahan jika ingin berkunjung.

Daya Tarik Wisata Happy Farm Ciwidey

Daya Tarik Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Rita Rahmawati

Oleh karena konsep wisatanya yang unik, Happy Farm Ciwidey cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Banyak hal yang didapatkan di sini, selain mendapatkan kesenangan, anak-anak pun mendapatkan pendidikan langsung di lapangan. Apalagi banyak daya tarik yang salah satunya mungkin dapat dijadikan alasan berkunjung.

1. Wisata Edukasi di Alam Terbuka

Seperti yang dikatakan sebelumnya, objek wisata ini termasuk salah satu wahana edukasi di Bandung. Wisatawan mendapatkan banyak pelajaran selama berkunjung, terutama bagi anak-anak. Konsepnya yang dibuat di alam terbuka semakin menambah daya tarik. Hamparan hijau luas membentang dilengkapi bunga warna-warni.

Udara di Happy Farm sejuk, ini dikarenakan tepatnya berada di dataran tinggi. Kualitasnya pun baik, jauh dari udara kotor yang biasa kita sebut polusi. Dengan luas lahan sekitar 3 hektar, pengunjung bebas mengakses semua titik lokasinya. Ini yang menyebabkan tidak mudah merasa bosan ketika mengunjunginya.

2. Wahana Candy House

Selain mendapatkan pendidikan, anak-anak dimanjakan dengan wahana Candy House. Sesuai namanya, wahana ini menampilkan berbagai macam permen sebagai daya tariknya. Tidak tanggung-tanggung, luas lahan untuk mendirikan Rumah Permen ini dibuat 5 x 10 meter. Tentu ada banyak sekali keseruan di dalamnya, baik untuk foto maupun bermain.

Pengelola Happy Farm Ciwidey membuat konsep wahana ini sesuai warna favorit anak-anak, yaitu pink dan biru. Dari banyaknya jenis permen, yang paling menarik perhatian adalah Cotton Candy. Menariknya, mereka bakal diajarkan cara membuat arum manis sendiri dengan bahan yang sudah disediakan.

3. Taman Bunga Cantik

Daya Tarik di Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Cha Salsabila

 

Taman Bunga semakin melengkapi daya tarik yang dimiliki objek wisata edukasi ini. Hamparan tanaman dengan daunnya yang hijau memberikan kesan yang begitu indah. Titik-titik berwarna-warni yang terlihat dari kejauhan. Merah, kuning, ungu, jingga, itulah warna bunga yang cantik dari berbagai jenis.

Bisa dikatakan bahwa Happy Farm Ciwidey hampir dipenuhi taman bunga yang mengelilingi sebagian besar lokasi. Sepanjang jalan masuk, wisatawan melewati jalan setapak yang sebelah kanan dan kirinya dipenuhi hamparan bunga. Bentuknya bermacam-macam, ada yang lingkaran, memanjang membentuk seperti garis, dan berpetak biasa.

4. Kebun Binatang Mini

Berkunjung ke sini kurang lengkap jika tidak melihat koleksi binatang yang disediakan. Tentunya binatang yang dimaksud adalah hewan peliharaan yang masuk dalam kategori peternakan. Domba dan sapi adalah diantaranya yang dapat dilihat di sini. Semua binatang dimasukkan kedalam kandang dan kawasan khusus yang dinamakan Petting Zoo.

Daya tarik Happy Farm ini selalu menjadi pusat perhatian. Pasalnya, anak-anak tidak hanya melihatnya saja dari luar kandang, namun bisa juga memberi makan dan bahkan menyusui anak sapi. Memang sedikit terlihat unik karena sapi yang menghasilkan susu justru harus diberi susu dari wisatawan.

5. Taman Kelinci

Berbeda dengan Petting Zoo yang tidak boleh memasuki kandang, di Taman Kelinci, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan menggemaskan ini. bermain bersama, berkejaran, dan memberinya makan diperbolehkan di Happy Farm Ciwidey. Pengawasan orang tua sangat diperlukan ketika memasuki kawasan ini.

Bukan untuk keselamatan anak-anak, namun lebih kepada keselamatan kelinci. Pastinya kita tahu sendiri bahwa anak-anak terkadang tidak dapat menahan rasa gemasnya kepada hewan lucu ini. Jika sudah demikian, kemungkinan mereka akan memeluk erat yang justru dapat menyakiti kelinci.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Ganda Sugita

Happy Farm Ciwidey lokasinya cukup strategis, tidak jauh dari perkotaan dan tepatnya di sebelah jalan raya. Jarak dari Alun-alun Bandung cukup jauh, sekitar 34 kilometer dan butuh 1 jam untuk bisa sampai ke lokasi. Tetapi jarak dari pusat Ciwidey sangat dekat, dari alun-alun Ciwidey hanya 4 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu kurang 10 menit.

Rute terbaik apabila saat ini anda berada di Bandung, arahkan kendaraan menuju ke Alun-alun Bandung. Kemudian mengambil arah yang menuju Jalan Pasirkoja dan melewati Alun-alun Soreang. Dari titik ini, lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Propinsi dan Jalan Kp. Wr. Tujuan berikutnya ke Alun-alun Ciwidey, tetap perhatikan papan petunjuk.

Setibanya di Jalan Raya Ciwidey, ikuti jalan hingga menemukan pertigaan Alfamart. Ambil arah kanan yang menuju ke kawasan Cikembang, kemudian lurus saja hingga menemukan Masjid Jami Al-Mujahidin. Tidak jauh setelah ini, anda akan menemukan objek wisata tujuan di sebelah kiri jalan raya.

Harga Tiket Masuk Happy Farm Ciwidey

Photo by Google Maps Revi Renansiva

Harga tiket masuk Happy Farm masih standar dan bahkan dapat dikatakan cukup murah. Satu orang pengunjung di banderol dengan tiket sebesar 10.000 rupiah. Supaya tidak terjadi salah paham, tiket ini hanya berlaku untuk sebagian wahana saja. Jika ingin menikmati wahana permainan lain, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Contohnya jika ingin meminjam kostum Princess di Candy House, tambahan biaya yang diperlukan sebesar 40.000 rupiah. Memasuki kawasan ini juga tidak gratis, anda harus menyiapkan 20.000 rupiah untuk satu anak. Tambahan lain yang dibutuhkan apabila ingin menaiki kuda mengelilingi Happy Farm Ciwidey dengan biaya 20.000 rupiah.

Lain halnya dengan Taman Kelinci, cukup siapkan 15.000 rupiah dan mendapatkan bonus 2 wortel ukuran besar. Bagi yang ingin memberi makan binatang ternak, pengelola menyediakan paket sayuran dengan harga 15.000 rupiah. Objek wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga jam 6 sore.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Zakaria Zamrudioko

Perlu diketahui, Happy Farm Ciwidey mulai aktif dan diresmikan pada tahun 2019. Hingga saat ini masih dalam perkembangan, terutama dalam hal fasilitas dan wahana. Untuk saat ini, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, semuanya dipastikan seru bagi anak-anak.

1. Memberi Makan Hewan Ternak

Konsep wisata yang dibuat mirip peternakan ini dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Edukasi atau pendidikan yang dimaksud adalah memberi makan hewan. Misalnya ingin memberi makan kambing, silahkan membeli sayuran yang disediakan pengelola. Bukan pendidikan dalam memberi makan tentunya, tetapi belajar berinteraksi dengan mereka.

Masing-masing hewan memilki jenis makanan kesukaan yang berbeda. Anda dapat mengarahkan anak-anak dalam hal ini. Selain memberi makan, ada juga kegiatan menyusui hewan, namun kali ini khusus anak sapi. Dalam hal keamanan sangat diperhitungkan, karena anak-anak hanya diperbolehkan memberi susu dari luar kandang.

2. Bermain dengan Kelinci

Aktivitas Menarik Dilakukan di Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Fazrin CS

Taman Kelinci terasuk wahana andalan di Happy Farm. Bagaimana tidak, kelinci merupakan hewan yang pendiam dan sekaligus menggemaskan. Apalagi pengelola membebaskan anak-anak bermain bersama mereka. Memberi makan, berlarian, dan bahkan menggendong biasanya dilakukan pengunjung.

3. Tunggang Kuda Keliling Happy Farm Ciwidey

Lokasi seluas 3 hektar tidak memungkinkan jika harus dikelilingi dengan berjalan kaki. Cukup melelahkan tentunya, karena terlalu luas untuk dijangkau. Solusinya, anda dapat menunggang kuda sambil menikmati kesejukan suasana. Jalan setapak telah tersedia, ada juga pawang yang selalu mendampingi selama kuda berjalan.

4. Berburu Spot Foto

Mengabadikan momen termasuk aktivitas wajib apabila berkunjung ke Happy Farm Ciwidey. Keindahan alam nan mempesona sayang jika hanya dilewatkan. Apalagi banyak spot yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan foto. Sebut saja di area outdoor yang terdapat taman bunga, pasti cocok dijadikan background.

Belum lagi pengelola menyediakan spot khusus dalam hal ini, yakni Candy House. Bukan hanya anak-anak yang memanfaatkannya untuk berfoto, melainkan juga dewasa. Kebanyakan usia dewasa yang berfoto di Rumah Permen ini menggunakan kostum hewan lucu, kelinci salah satunya.

Fasilitas Penunjang di Happy Farm Ciwidey

Fasilitas di Happy Farm Ciwidey
Photo by Google Maps Henry Erik Estrada

Fasilitas Happy Farm sangat lengkap, seperti halnya yang anda temukan di objek wisata lainnya. Area parkir nya luas untuk ratusan sepeda motor dan puluhan mobil. Kondisi toilet nya nyaman dan bersih, air pun selalu keluar. Fasilitas lain yang dapat ditemukan diantaranya mushola, gazebo, rumah makan, dan penginapan di sekitar lokasi.

Berlibur mengajak anak-anak bermain mendapatkan banyak keuntungan. Selain dapat meredakan stres dari aktivitas sehari-hari, melihat keceriaan anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Terlebih jika berkunjung ke Happy Farm Ciwidey, dimana suasananya asri dan mendamaikan sekaligus didapatkan.