Gunung Tilu, Destinasi Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona di Kuningan

Gunung Tilu, Destinasi Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona di Kuningan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Cimara, Kec. Cibeureum, Kab. Kuningan, Jawa Barat

Gunung Tilu merupakan destinasi alam yang terkenal dengan keasriannya di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sesuai dengan namanya gunung ini memiliki tiga puncak, bahkan jika dilihat dari arah mana pun. Gunung ini tidak termasuk gunung yang aktif. Gunung ini kaya akan hutan-hutan yang masih alami, sehingga flora dan fauna masih terdapat beraneka ragam.

Ketiga puncak tersebut dinamakan dengan Puncak Sukmana dengan ketinggian 1154 m dpl untuk puncak tertinggi, 1076 m dpl untuk puncak sedang, dan 1112 m dpl untuk puncak terendah. Gunung ini menjadi penghulu bagi tiga sungai kecil yaitu Sungai Cikaro, Sungai Cijalengkok, dan Sungai Citaal. Nantinya sungai kecil tersebut membentuk dua sungai besar.

Terdapat dua batu besar yang berada di Gunung Tilu dengan sebutan batu naga. Batu ini saling berhadapan dan memiliki gambar seperti naga. Para arkeolog telah meneliti batu besar tersebut yang diperkirakan sudah ada sejak zaman prasejarah sekitar abad 14 masehi. Di batu tersebut terdapat ukiran seorang punakawan dan pria bersenjata berkepala botak.

Daya Tarik Wisata Gunung Tilu

Daya Tarik Wisata Gunung Tilu
Photo by Instagram majalengka_photo.id

Gunung ini terletak di Jawa Barat, tepatnya di Cimara Kabupaten Kuningan. Gunung Tilu merupakan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat lokal maupun turis asing. Karena wisata ini memiliki pemandangan alami yang luar biasa, sehingga membuat pengunjung terpesona.

1. Memiliki Keindahan Alam

Keindahan alam yang ditawarkan wisata ini tidak ada tandingan duanya. Pengunjung akan dibuat terpesona dengan banyaknya pepohonan, tumbuhan, dan hewan-hewan yang masih banyak dan jarang sekali ditemukan di kebun binatang. Keindahan alamnya masih jarang disentuh oleh manusia.

Baca Juga:  31 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru, Populer & Hits Buat Liburan

2. Memiliki Nilai Sejarah

Gunung Tilu memiliki nilai sejarah, yang mana dapat dibuktikan dengan adanya dua batu besar yang saling berhadapan dengan gambar naga. Selain itu, terdapat ukiran seorang punakawan dan pria botak membawa senjata. Batu ini disebut dengan batu naga. Usia batu ini sekitar abad 14 M.

3. Sebagai Hulu dari Sungai-Sungai

Daya tarik lainnya dari gunung ini adalah sebagai hulu dari ketiga sungai kecil dan membentuk dua sungai besar. Sungai ini merupakan daya sumber air Desa Cimara.

4. Tempat berlindungnya Fauna dan Flora

Wisata Alam Gunung Tilu Yang Sejuk Dan Menawan Di Kuningan
Photo by Google Maps Heri Saeful Bahri

Karena kawasan gunung ini masih alami, membuat berbagai fauna dan flora masih banyak di dalamnya. Salah satunya sebagai tempat berlindungnya para reptil dan tumbuhan langka seperti kantong semar.

5. Pemandangan Sunrice dan Sunset

Seperti pegunungan lainnya, di puncak gunung akan disajikan pemandangan sunset dan sunrice di pagi dan sore hari. Para pendaki akan dibuat terpesona akan keindahan sunrice dan sunset ketika terlihat dari puncak Gunung Tilu. Selain itu, pemandangan juga dihiasi dengan kabut kawah khas pegunungan.

6. Tempat Camping Paling Nyaman

Wisata ini menyediakan area khusus untuk pendirian tenda para pendaki. Sehingga pendaki tidak akan susah-susah mencari tempat pendirian tenda. Sambil camping malam harinya, pendaki dapat menghidupkan api unggun sambil menikmati keindahan kota dari puncak gunung.

7. Sebagai Tempat Berlindungnya Burung Langka

Area hutan gunung yang masih alami adalah tempat paling nyaman untuk berlindung dan berkembang biak para burung. Terdapat burung elang, merak, kakak tua, dan burung lainnya. Selain burung, juga terdapat sekelompok monyet yang bergelantungan di atas pohon.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Gunung Tilu
Photo by Facebook Piknik Yuk

Gunung Tilu terletak di kawasan Jawa Barat Kabupaten Kuningan. Letaknya masih jarang dijamah, sehingga masih sulit untuk menuju wisata ini. Selama perjalanan pengunjung akan mengalami kesulitan berupa jalan yang masih belum diaspal dan berbatuan. Serta memiliki banyak belokan naik turun yang membuat pengunjung tidak nyaman.

Namun, untuk rute menuju wisata ini para pengunjung tidak perlu khawatir. Karena telah terdapat pemandu wisata yang siap menunjukkan jalan. Serta telah disediakan beberapa kendaraan khusus agar penumpang bisa selamat sampai tujuan.

Untuk pengunjung yang baru datang selain dibantu oleh pemandu wisata, dapat menggunakan Goggle Maps sebagai pilihan petunjuk arah paling tepat. Tetapi, jika sinyal Anda terdeteksi di area tersebut.

Harga Tiket Masuk Gunung Tilu

Harga Tiket Masuk Gunung Tilu
Photo by Instagram andree neru

Wisata ini buka setiap hari pada jam 07.30 WIB sampai 16.30 WIB. Bagi para pengunjung dapat menikmati wisata tersebut pada jam-jam tersebut. Untuk tarif menuju Gunung Tilu dikhususkan untuk pengunjung yang menyewa jasa pemandu jalan dengan harga Rp 20.000. Untuk sewaan kendaraan Anda hanya dikenakan biaya Rp 50.000 untuk mobil.

Baca Juga:  Desa Wisata Cibuntu, Desa Wisata Hits dengan Sejuta Pesona di Kuningan

Harga tiket masuknya, para pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun. Hanya membayar uang parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 motor. Selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam eksotis milik wisata ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Gunung Tilu Kuningan
Photo by Facebook Dinas Kehutanan Jabar

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan para pengunjung sambil menikmati pemandangan eksotis dari Gunung Tilu. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan:

1. Menikmati Kecantikan Alam

Walau pun lelah ketika mendaki gunung, tetapi para pengunjung akan menikmati pemandangan yang tak ada tandingannya. Apalagi ketika sudah berada di puncak pemandangan dari atas sangat menakjubkan membuat mata terpesona akan kecantikan alam ciptaan Tuhan.

2. Mendaki Gunung

Kegiatan favorit para pengunjung yaitu salah satunya adalah pendakian. Para pencinta olahraga mendaki gunung akan dibuat susah payah terlebih dahulu. Karena medannya yang masih terjal dan curam, namun hal ini akan hilang ketika berada di puncak.

3. Menikmati Aneka Pohon Jati dan Pinus

Selain pemandangan yang indah, selama memasuki kawasan wisata pengunjung akan melihat beraneka ragam pohon pinus dan jati. Hutan ini termasuk kaya dengan kedua jenis pohon tersebut. Karena tempat ini masuk dalam kawasan hutan lindung, hal ini yang memberikan nilai lebih.

4. Melihat Batu Unik

Hal yang dapat dilakukan lagi yaitu melihat dan memandangi batu unik naga. Batu ini hanya dapat ditemukan di wisata ini. Pengunjung akan dibuat terkagum-kagum akan keunikan batu ini.

5. Camping di Gunung Tilu

Bagi pencinta alam tempat ini adalah paling wajib untuk dikunjungi. Tempat ini masih sangat asri dan masih jarang dijamah oleh manusia. Sehingga pemandangan dan isinya masih alami dan indah. Wisata ini menyediakan area camping untuk para pendaki gunung.

6. Menikmati Sunrice dan Sunset

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Gunung Tilu Kuningan
Photo by Facebook Pergipedia

Para pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset ketika menjelang shubuh dan maghrib. Biasanya hanya para pendaki yang diperbolehkan, karena sudah membawa izin resmi dari lembaga yang diikuti.

7. Spot Berfoto

Karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan menakjubkan. Membuat para pengunjung tidak akan melewatkan kegiatan yang satu ini. Pemandangan alam akan menjadi background untuk memenuhi galeri ponsel Anda.

Baca Juga:  Bukit Panembongan, Wisata Alam Hits dengan Spot Foto Keren di Kuningan

8. Penginapan

Para pengunjung juga dapat melakukan penginapan di area puncak Gunung Tilu. Selain area camping, terdapat pula vila dan hotel. Sehingga para pengunjung akan merasakan suasana malam hari beserta menjelang pagi.

9. Olahraga Sepeda Gunung

Bagi pengunjung yang menyukai olahraga sepeda dengan penuh tantangan wisata jni bisa menjadi tempat yang cocok. Terdapat jalur sepeda dengan kesulitan dari yang mudah hingga sulit. Pengunjung akan diantar untuk berkeliling di sekitar gunung serta hulu sungai.

10. Jejak Petualang

Untuk pencinta alam bebas, tempat ini bisa dijadikan sebagai petualangan alam yang menarik. Karena masih banyak beraneka ragam tumbuhan langka serta hewan-hewan yang hampir punah di dalam hutan gunung tersebut.

11. Mencari Kayu Bakar

Penduduk setempat banyak yang mencari kebutuhan kayu bakar di area hutan gunung. Walau pun dilarang menebang pohon di hutan, namun ada banyak sekali ranting-ranting pohon yang jatuh. Sehingga bisa menjadi bahan bakar untuk memasak.

Namun, Anda juga harus memperhatikan larangan-larangan dari wisata ini. Larangan tersebut pengunjung tidak boleh merusak ekosistem alam, membawa pulang dan memburu atau mengambil tumbuhan dan hewan di hutan, serta harus berhati-hati jangan sampai keluar sendirian.

Fasilitas Wisata di Gunung Tilu

Fasilitas Di Wisata Alam Gunung Tilu Kuningan
Photo by Facebook Badriah Rachman

Fasilitas adalah penunjang kebutuhan untuk melengkapi kawasan tersebut. Gunung Tilu merupakan tempat yang belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Ini karena pemerintah setempat belum terlalu memperhatikan wisata ini. Namun, kawasan hutan di sekitarnya telah masuk dalam kawasan hutan lindung.

Fasilitas-fasilitas yang ada berupa hotel dan vila untuk tempat menginap para pengunjung yang ingin menikmati pegunungan. Tersedia tempat camping beserta perlengkapannya, memiliki pemandu wisata, kendaraan untuk menuju wisata ini, penjual makanan, banyaknya toilet, dan tempat parkir.

Fasilitas tersebut untuk mendukung kelebihan dari wisata ini. Pengunjung akan merasa nyaman dengan beberapa fasilitas tersebut, walau pun masih belum lengkap. Namun, seiring berjalannya waktu fasilitas dari wisata ini akan bertambah dan pastinya akan membuat lebih indah wisata ini.

Itulah keindahan dari Gunung Tilu yang dapat membuat pengunjung tertarik. Selain itu beberapa fasilitas yang sudah disediakan mampu membuat pengunjung nyaman. Pengunjung dapat menikmatinya di waktu liburan bersama keluarga atau pun pasangan. Namun, harus tetap berhati-hati, jangan melanggar aturan yang telah diberikan juru kunci.