Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Gunung Tangkuban Perahu memang dikenal akan mitos dan legendanya. Akan tetapi tidak hanya itu saja, sebab gunung satu ini juga menyimpan keindahan tersendiri yang wajib untuk anda kunjungi. Saat berada di Bandung, beragam wisata memang memiliki daya tarik tersendiri, tak terkecuali Tangkuban Perahu.

Taman wisata alam ini memang menawarkan keindahan yang sangat mempesona. Mulai dari kawah belerang aktif yang terbuka, akan membuat anda bisa melihat secara dekat dan langsung objek wisata tersebut. Bentang alamnya yang sangat unik membuat wisata satu ini memang mampu memikat wisatawan yang singgah sejenak untuk menikmati keindahan alamnya.

Daya Tarik Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Daya Tarik Tangkuban Perahu
Image Credit: Google Maps (Edward Leeson)

1. Legenda dan Mitos

Destinasi wisata satu ini memang memiliki legenda dan mitos yang sudah tersohor. Bahkan gunung ini sendiri memang terkenal dalam legenda Jawa Barat, tepatnya legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Pasalnya, gunung ini disebut sebagai Tangkubang Perahu yang memiliki arti perahu terbalik.

Sebab, apabila anda perhatikan secara seksama, maka anda pun bisa melihat dari jauh bahwa gunung ini memiliki bentuk seperti perahu yang terbalik. Terutama jika anda melihatnya langsung dari daerah Maribaya Lembang. Selain itu, cerita rakyat Tangkuban Perahu ini memang sangatlah terkenal di daerah Jawa, terutama Jawa Barat,

Dimana legenda ini bercerita tentang Sangkuriang, yakni seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yakni Dayang Sumbi. Supaya keinginan dari Sangkuriang untuk memperistri Dayang Sumbi tidak terlaksana, maka Dayang Sumbi pun mengajukan syarat yakni untuk dibuatkan telaga dan juga perahu dalam satu ini.

Dengan adanya usaha dari Dayang Sumbi, maka Sangkuriang pun gagal untuk memenuhi permintaan tersebut. Sehingga Sangkuriang pun marah dan melampiaskannya dengan menendang perahu yang masih setengah jadi tersebut. Menurut legenda yang beredar, perahu yang ditendang oleh Sangkuriang ini mendarat terbalik.

Dan saat ini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu. Kemudian, tunggul dari pohon yang ditebang dan dibuat perahu ini kemudian berubah menjadi Gunung Bukit Tunggul. Selain itu, bentuk perahu terbalik dari gunung ini memang akan terlihat jelas apabila anda menyaksikannya dari daerah Cibodas Lembang.

2. Pesona dari Gunung Api Aktif

Jika berbicara mengenai keindahan dari wisata satu ini memang tidak akan ada habisnya. Gunung Tangkuban Perahu sendiri merupakan salah satu gunung api aktif yang bisa anda temukan di Kabupaten Bandung Barat. Apabila anda melihatnya dari kejauhan, maka gunung satu ini pun akan memiliki bentuk puncak yang rata dan khas.

Sehingga, bentuk tersebut memang akan mengingatkan anda akan perahu yang terbalik seperti legenda yang sudah terkenal tersebut. Namun, gunung yang merupakan pusat cerita dari legenda Sangkuriang ini, memang memiliki pemandangan yang tidak hanya megah saja, namun juga sangat menawan.

Bagaimana tidak? Ketika anda berada di lokasi satu ini, anda akan menemukan kawah kawah yang tergolong berbahaya apabila anda melihatnya dalam jarak yang cukup dekat. Akan tetapi, dibalik itu semua menyimpan keindahan yang luar biasa cantiknya. Kemudian, panorama alam yang menakjubkan juga menjadi salah satu hal yang melengkapi wisata satu ini.

Oleh karena itu, ketika anda menghabiskan waktu di Bandung, kurang lengkap rasanya apabila anda melewatkan wisata satu ini. sebab, disini anda juga bisa melihat kekayaan flora dan fauna endemik yang dapat anda jumpai disini. Ditambah lagi mencicipi kuliner lezat tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Daya Tarik Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Google Maps (Richardus Victor)

3. Memiliki Kawah yang Besar

Daya tarik lainya yang dimiliki oleh Gunung Tangkuban Perahu adalah memiliki kawah yang sangat besar. Perlu anda tahu, bahwa gunung satu ini memiliki 13 kawah aktif. Akan tetapi, hanya dua yang cukup aman dikunjungi oleh wisatawan. Diantaranya adalah Kawah Ratu dan juga Kawah Domas.

Kawah Ratu sendiri merupakan salah satu ikon dari gunung eksotis ini. Tidak hanya itu saja, kawah satu ini juga menjadi salah satu kawah terbesar yang dimiliki oleh destinasi wisata satu ini. apabila anda melihatnya, maka anda pun akan mendapati kawah dengan bentuk menyerupai mangkuk yang sangat besar.

Kawah tersebut merupakan berisi campuran dari lava, sulfur dan juga belerang. Untuk kedalamannya sendiri yakni sekitar 500 meter. Kemudian, untuk permukaannya sendiri memang terus menerus akan mengepulkan uap belerang. Sehingga, ketika anda melihatnya akan terkesan misterius di daerah sekitar kawah tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Google Maps (Utami Darmayanti)

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata satu ini, maka wisata Gunung Tangkuban Perahu berada di daerah perbatasan Bandung Barat dan Subang. Untuk lebih tepatnya yakni berada tepat setelah Cikole Lembang. Untuk anda yang ingin kesini, tak perlu khawatir tersesat, karena lokasinya memang sangat mudah untuk diakses.

Cara menuju ke lokasi satu ini adalah apabila anda melakukan perjalanan dari Bandung, memang anda akan langsung bisa melewati jalanan yang sudah bagus. Kemudian, untuk menuju ke tempat satu ini, anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menempuh rute yakni Bandung – Lembang – Ciater.

Kemudian, anda pun bisa langsung mengikuti jalan Setiabudhi untuk menuju ke Lembang. Nantinya anda bisa belok ke kanan menuju ke arah Subang dari undaran Lembang. Tentunya anda tidak perlu khawatir meskipun baru pertama kali ke tempat ini karena banyak penunjuk jalan di sepanjang perjalanan yang anda lewati.

Selanjutnya, apabila anda menggunakan kendaraan umum, maka anda pun bisa langsung saja naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang. Nantinya anda pun bisa berhenti di terminal Lembang dan menyambung menggunakan angkutan umum arah Lembang – Cikole. Selain itu, anda juga bisa naik elf atau angkutan serupa menuju ke arah Subang dari Terminal Lembang atau Terminal Ledeng.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Image Credit: Facebook.com @MainanHiburanLiburanAnak

Bagi anda yang tertarik untuk berwisata di Gunung Tangkuban Perahu, tentunya anda akan dikenakan tarif tiket masuk yang berbeda beda berdasarkan golongannya. Dimana turis lokal dan mancanegara memiliki harga tiket yang berbeda beda. Untuk tiket ini sendiri belum termasuk biaya pemandu wisata menuju ke Kawah Domas.

Selain itu, bagi anda yang ingin melangsungkan fotografi khusus di lokasi satu ini tentunya akan dikenakan tarif yang berbeda. Adapun harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah sekitar 20 ribu rupiah untuk hari biasa. Sedangkan untuk hari libur yakni sekitar 30 ribu rupiah.

Kemudian, untuk turis mancanegara akan dikenakan tarif sekitar 200 ribu rupiah untuk hari biasa dan kurang lebih 300 ribu rupiah untuk hari libur. Selanjutnya, jika anda membawa kendaraan, maka anda pun juga akan dikenakan tarif parkir sepeda motor yakni sekitar 12 ribu untuk hari biasa dan 17 ribu rupiah untuk hari libur.

Untuk anda yang membawa mobil yakni sekitar 25 ribu rupiah untuk hari biasa dan 35 ribu rupiah untuk hari libur. Dan bagi anda yang membawa bus rombongan, maka anda akan dikenakan tarif parkir yang cukup mahal. Diantaranya 110 ribu rupiah untuk hari biasa dan 150 ribu rupiah untuk hari libur.

Namun, jika anda ingin bersepeda ke kawasan satu ini tentu saja juga bisa. Akan tetapi, anda tetap akan dikenakan tarif parkir yakni 7 ribu rupiah pada hari biasa dan 10 ribu rupiah pada hari libur. Kemudian, jika anda ingin mengadakan kegiatan seperti fotografi di lokasi satu ini, maka anda juga akan dikenakan biaya tersendiri.

Diantaranya, apabila anda ingin melangsungkan sesi foto pre-wedding, maka anda akan dikenakan biaya mulai dari 500 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang ingin melakukan shooting video individu atau untuk perusahaan, maka anda akan membayar biaya sekitar 800 ribu rupiah. Dan bagi anda yang ingin melangsungkan video komersil, maka akan dibebankan biaya mulai dari 1.8 juta rupiah.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, wisata Tangkuban Perahu ini bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap hari. Dimana memiliki jam operasional mulai pagi hingga sore, yakni sekitar pukul 7.30 pagi hingga jam 5 sore. Untuk anda yang ingin menikmati sejuknya udara di tempat ini, ada baiknya anda datang mulai pagi hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tangkuban Perahu

Aktivitas di Tangkuban Perahu
Image Credit: Google Maps (Alfian Nur Hanafi)

1. Hunting Foto

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa anda lakukan ketika berada di destinasi wisata satu ini. diantaranya adalah hunting foto. Bagi anda yang berfoto biasa, maka anda pun tidak akan dikenakan biaya saat menghabiskan waktu di tempat satu ini. akan tetapi, bagi anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding, maka anda pun perlu mendapat ijin dan membayarkan sejumlah biaya ke pihak pengelola.

Selain itu, bagi anda yang ingin melakukan shooting video, terutama untuk kepentingan komersial, maka anda juga perlu untuk membayar biaya ke pihak pengelola. Namun, jika anda memang sekedar berwisata saja, maka anda pun tidak perlu untuk membayar biaya tambahan.

Di Tangkuban Perahu, anda akan menemukan banyak sekali spot foto instagramable. salah satunya adalah di area Kawah Ratu. Di kawasan satu ini anda akan menemukan jalan setapak yang dilindungi dengan pagar kokoh berada di pinggiran kawah. Uniknya, kawasan satu ini memang berhiaskan beberapa jenis tanaman khas pegunungan.

Selain bisa berkeliling dan menikmati keindahan Kawah Ratu, anda pun juga bisa sekaligus berfoto di kawasan satu ini dengan jarak aman lantaran adanya pagar pembatas yang membatasi. Kemudian, sebaiknya jika anda ingin berfoto di kawasan satu ini sebaiknya anda tidak terlalu lama.

Sebab, hal tersebut bertujuan agar anda nantinya tidak banyak menghirup uap belerang. Selanjutnya, kawasan satu ini juga berada di suhu antara 2 derajat hingga 17 derajat celcius. Sehingga sebaiknya anda pun disarankan memakai pakaian yang hangat agar ketika berfoto anda tidak kedinginan. Selain di area ini, terdapat beberapa area lain yang juga bisa anda manfaatkan untuk berfoto.

2. Melihat Satwa Endemik

Saat melakukan perjalanan ke kawah Domas, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang menarik. Hal ini dikarenakan apabila anda beruntung, anda pun akan bisa melihat dan bertemu langsung dengan satwa endemik yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Diantaranya adalah lutung dan juga surili.

Aktivitas Menarik di Tangkuban Perahu
Image Credit: Google Maps (Cep Budhi Darmai)

3. Merasakan Sensasi Air Panas di Kawah

Berikutnya, anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju Kawah Domas yang merupakan kawah lain yang masih berada di kawasan gunung ini. Disini, wisatawan pun akan bisa merasakan sensasi air panas dan juga lumpur belerang.

Untuk anda yang ingin menuju ke kawah Domas, biasanya pengunjung harus membutuhkan jasa pemandu untuk melewati jalanan setapak yang membelah hutan ini. bagi anda yang menyukai petualangan, tentunya anda akan senang untuk bisa berkunjung ke lokasi kawah satu ini.

Selain itu, jarak dari Kawah Ratu menuju ke Kawah Domas yakni sekitar 1.2 kilometer. Sepanjang perjalanan, anda pun akan bisa menikmati keindahan flora yang akan membuat anda merasa tenang dan rileks. Bahkan bisa menjernihkan pikiran anda akan aktivitas harian yang membosankan.

Disini, anda pun akan langsung disuguhkan dengan sensasi air panas. Bahkan suhunya pun bervariasi yakni mulai dari 35 derajat hingga 100 derajat celcius. Kemudian, disini anda pun akan bisa menemukan beberapa kolam dan kubangan yang mempunyai fungsinya masing masing.

Apabila anda berada di kolam yang memiliki suhu tidak terlalu tinggi, maka anda pun bisa merendamkan kaki dan juga berlulur memakai lumpung belerang. Ternyata lumpur satu ini memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kemudian, jika anda berada di suhu yang tinggi, maka anda pun bisa mencoba untuk merebus telur.

Bagi anda yang tidak membawa telur sendiri, tidak perlu khawatir. Sebab saat berada disini, anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan telur mentah di sekitar kawah. Kemudian, anda pun bisa mencelupkannya di air kawah tersebut. Ajaibnya telur yag mentah tersebut akan matang dan anda bisa langsung menyantapnya.

4. Mencoba Berbagai Kuliner Hangat yang Ada di Sekitar

Jika anda sedang berwisata di kawasan yang dingin, menjajal kuliner hangat tentu saja akan menjadi pilihan yang tepat. Untuk itu, di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu, anda pun akan bisa mendapati berbagai macam kuliner hangat yang bisa anda pilih sesuai dengan selera.

Disini, anda akan menemukan kios kios makanan yang berbaris dan siap untuk menjamu pengunjung yang datang. Adapun beberapa makanan yang bisa anda nikmati di sekitar sini adalah ketan bakar, oncom raos dan juga jagung bakar. Ditemani susu hangat dan juga bandrek tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawasan Wsiata

Fasilitas di Kawasan Wsiata
Image Credit: Google Maps (Julie Khriss)

Jika berbicara mengenai fasilitas yang ada di wisata satu ini, ternyata terbilang cukup lengkap. Hal ini karena disini anda akan menemukan area parkir yang cukup luas. Sehingga kendaraan yang berukuran besar pun bisa muat untuk parkir disini. Selain itu, pengunjung pun bisa dengan mudah untuk menemukan fasilitas penunjang yang lain.

Sebut saja seperti mushola untuk beribadah, toilet dan juga kios makanan dan juga souvenir yang bisa anda temukan di lokasi satu ini. tentu saja hal tersebut akan membuat anda bisa berwisata dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir kelaparan. Untuk itu, wisata di tempat satu ini memang sangat pas dan bisa menjadi alternatif tempat berlibur.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika berada di wisata Gunung Tangkuban Perahu. Dengan memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, tentu saja akan membuat anda bisa lebih betah untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini. Bagi anda yang masih bingung mencari tempat liburan, maka Tangkuban perahu adalah pilihan terbaiknya.