Gunung Parang, Spot Panjat Tebing Tertinggi Se-Asia Tenggara di Purwakarta

Gunung Parang, Spot Panjat Tebing Tertinggi Se-Asia Tenggara di Purwakarta
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamulya, Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Bagi anda yang hobi traveller, hiking, trekking, climbing, jika belum pernah mencoba medan Gunung Parang, maka berlibur ke tempat tersebut merupakan sebuah tantangan. Objek wisata yang berada di Kabupaten Purwakarta ini merupakan kawasan yang mengandung batu andesit dengan ketinggian lebih dari 960 meter dari permukaan laut. Sehingga saat berada di puncak, maka keindahan pesona alam sekitar gunung akan terlihat maksimal dan sangat sempurna.

Selain itu, destinasi wisata alam berkonsep gunung ini memiliki tiga puncak dengan ketinggian yang berbeda, yaitu ada yang tinggi, sedang dan rendah. Hal menarik lain dari area wisata ini, yaitu gunung yang jalur pendakiannya sudah menggunakan kawat baja yang tertancap sangat kuat di batu dan tertinggi di Asia Tenggara. Berbagai daya tarik dan fasilitas yang ada di kawasan ini sudah teruji, terdapat petugas profesional, sehingga keamanan dan kenyamanan wisatawan tetap terkendali.

Daya Tarik Gunung Parang

Daya Tarik Wisata Gunung Parang
Photo by Google Maps Muhammad Fadil

Berlibur ke Gunung Parang merupakan pengalaman yang seru, menyenangkan dan menantang. Sebab destinasi wisata ini memiliki beragam daya tarik yang dapat memberikan pengalaman seru, menantang, dan menyenangkan. Berbagai daya tarik inilah yang menjadikan banyak wisatawan rela menempuh jalur pendakian panjang.

1. Spot Panjat Tebing Tertinggi Se-Asia Tenggara

Apabila wisatawan memiliki hobi panjat tebing, dan sudah pernah memanjat di banyak medan, kurang seru dan menantang jika belum mendaki gunung ini. Karena gunung ini merupakan spot panjat tebing tertinggi se Asia Tenggara. Bagi pengunjung yang pernah ikut lomba panjat tebing tetapi kalah, ketika memanjat gunung ini, maka masuk rekor sebagai orang yang menaklukkan panjat tebing tertinggi se Asia tenggara.

Selain itu, pada objek wisata ini juga memiliki spot tiga puncak yang berbeda, sehingga semangat, pengalaman dan daya tahan wisatawan sejauh mana. Jika hanya satu puncak yang ditaklukkan tidak masalah, dua puncak itu lebih baik, apabila tiga puncak bisa ditaklukkan, itu baru istimewa. Rileks, pemanasan, dan dilakukan bersama teman atau keluarga, membuat menaklukkan gunung ini lebih seru, menantang dan akan lebih mudah.

2. Sensasi Menginap di Hotel Gantung

Daya Tarik di Wisata Gunung Parang
Photo by Twitter Fakta Unik & Aneh

Menginap di hotel bintang lima, itu sudah biasa. Akan tetapi, sensasi menginap di hotel gantung Gunung Parang, itu hal yang luar biasa. Sebab hotel ini sangat unik dan menarik, berada di atas ketinggian sekitar 500 mdpl dari permukaan laut. Setiap kamar yang menggantung memiliki ukuran panjang 6 meter dan luas 2,5 meter, sedangkan ketinggian kamar 2,4 meter.

Kapasitas per kamar maksimal untuk 4 orang, keamanannya memiliki standar internasional dan selalu dijaga oleh tim rescue di sekitar area tersebut. Selain itu, di beberapa titik sekitar hotel telah terpasang CCTV untuk mengawasi situasi dan kondisi penginapan gantung di sana. Menariknya dari hotel gantung ini mempunyai beragam fasilitas diantaranya, yaitu televisi, pendingin ruangan, colokan listrik, wastafel, toilet portabel.

Selain itu, ada juga makanan ringan untuk camilan, gelas dan air mineral, serta alat pemanas makanan untuk menghangatkan bekal yang dibawa wisatawan. Fasilitas di hotel gantung hampir sama dengan hotel pada umumnya, namun bonus dari menginap di sini, yaitu dapat melihat pemandangan yang cantik dan eksotik dengan mata telanjang.

3. Legenda yang Beredar

Setiap daerah yang unik dan menarik, selalu memiliki cerita, kisah, bahkan sudah menjadi legenda. Seperti halnya dengan Gunung Parang, mitos yang beredar di masyarakat, gunung ini memiliki nama lain yaitu gunung Wurung, yang berarti tidak jadi. Konon kisahnya para dewa ingin mendirikan gunung dengan target hanya semalam saja, dan tidak boleh ada seorang pun yang melihatnya.

Pasukan dewa disiapkan dan pembangunan dimulai, pada saat hampir selesai dan hari akan berganti, ada seorang gadis mencuci beras di sungai dan sangat terkejut ketika melihat bukit. Karena sebelumnya tidak ada bangunan tersebut, sontak saja para dewa juga kaget saat melihat ada gadis di sana, sehingga pembangunan gunung tidak jadi dilanjutkan atau wurung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Gunung Parang
Photo by Google Maps sandalkuilang

Jika dilihat dari data pemerintahan Kabupaten Purwakarta, Gunung Parang terletak di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Bagi wisatawan yang berangkat dari Bandung, jarak tempuh ke lokasi sejauh 69 km, sedangkan lama perjalanan sekitar 1 jam 40 menit. Namun jika pengunjung dari Jakarta, waktu yang dibutuhkan untuk tiba di kawasan tersebut 3 jam, jarak tempuh sekitar 117 km.

Saat tiba di lokasi utama, pengunjung akan di arahkan ke base camp, akses ke tempat tersebut sangat mudah dan bisa dijangkau oleh pendaki pemula. Saat tiba di base camp, wisatawan akan diberi pilihan 2 jalur untuk menuju puncak, namun keduanya tetap aman dan terkendali, karena peralatan sudah teruji dan ada petugas profesional.

Dua jalur pendakian Gunung Parang yang tersedia yaitu Via Ferrate, berarti dimulai dari Kampung Cirangkong, para pendaki bebas memilih ketinggian yang diinginkan untuk bukit yang dituju. Karena di destinasi wisata ini ada berbagai ketinggian, yaitu dari 100 meter, hingga 700 meter. Medan yang dilalui yaitu dengan memanjat tebing dengan menggunakan pijakan besi yang tertancap kuat dan kokoh di batu hingga sampai ke lokasi yang dituju.

Sedangkan Via Taraje, yaitu medan yang dilalui dengan cara melewati hutan terlebih dahulu, lalu tiba di area bebatuan besar, hingga tiba di lokasi menanjak dan curam. Setelah itu, di sekitar daerah tebing terdapat tangga dari akar pohon yang sangat kuat. Keduanya sama-sama menantang, silahkan dipilih sesuai arah kedatangan anda.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk di Wisata Gunung Parang
Photo by Google Maps sandalkuilang

Melihat daya tarik yang ada di Gunung Parang, membuat wisatawan sangat penasaran dan ingin segera berkunjung ke kawasan wisata tersebut. Bagi pengunjung yang ingin memasuki area ini, dan ingin mendaki puncak gunung tersebut, harga tiket hanya Rp. 10.000. Namun bagi wisatawan yang ingin mencoba tantangan baru yang seru dengan rock climbing, dan ada dua jalur yaitu Ferrata atau Taraje.

Harga tiket untuk menggunakan jalur tersebut bervariasi, mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 400.000. Fasilitas alat kelengkapan keamanan yang di dapat oleh pendaki yaitu helm, seat harness, sarung tangan, carabineer, dan petugas yang mengawal dan memandu wisatawan. Apabila pengunjung ingin menginap di hotel gantung, maka harus merogoh kocek lebih dalam lagi, yaitu seharga Rp. 3.000.000 sampai Rp. 4.000.000 per malam.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Gunung Parang
Photo by Google Maps Yudhistira Rizky

Gunung selalu menjadi tempat yang asyik dan menarik untuk berlibur, sebab beragam kegiatan yang seru dan penuh tantangan bisa dilakukan. Begitu juga Gunung Parang, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di destinasi wisata yang cantik, eksotik, indah mempesona ini.

1. Menikmati Pemandangan Indah di Puncak

Dari tarik utama adalah menikmati pemandangan indah di puncak. Karena selama perjalanan menuju puncak, berbagai tantangan telah ditaklukkan, hal yang menyenangkan dan rasa capek bisa hilang, yaitu dengan melihat pemandangan. Destinasi wisata dengan ketinggian hampir 1.000 mdpl, tentu dapat melihat beragam tempat yang indah di atas area tersebut.

Saat berada di puncak, pemandangan di depan, samping kanan dan kiri, serta belakang, semuanya akan terlihat indah. View yang bisa dilihat yaitu gunung Bongkok, gunung Lembu, sungai Citarum, pemukiman warga dan bangunan infrastruktur kota. Semua yang disaksikan terasa terlihat jauh dan kecil, seolah mengingatkan diri, bahwa manusia adalah makhluk yang kecil dan lemah.

2. Memacu Adrenalin dengan Tryolean Travers

Aktivitas Menarik di Wisata Gunung Parang
Photo by Google Maps Hendra Afriansyah

Kegiatan utama yang asyik dan seru di Gunung Parang memang mendaki, namun ada juga aktivitas menarik lain yang tidak kalah seru dan penuh tantangan, yaitu menyeberangi bukit. Kegiatan ini dapat memacu adrenalin dengan tryolean traverse, yaitu dengan cara melakukan penyeberangan dari satu bukit menuju bukit lainnya dengan menggunakan tali.

Ikatan dan tali yang digunakan dan membentang sangat kuat, sehingga sangat aman untuk menyeberang. Aktivitas ini semakin asyik, menarik, dan seru ketika dalam perjalanan penyeberangan menuju bukit lain, membentangkan hammock pada tali untuk melihat panorama alam.

3. Hunting Foto Instagramable

Melakukan kegiatan menarik di Gunung Parang, seperti menikmati pemandangan indah di puncak, memacu adrenalin dengan tryolean traverse, sudah dilakukan. Namun semua itu akan terasa kurang lengkap, hampa dan tidak ada kenangan jika tanpa hunting foto instagramable. Inilah penyempurna beragam kegiatan yang dilakukan saat berada di destinasi wisata alam yang indah menawan ini.

Saat melakukan perjalanan pendakian, ketika berada di puncak ketinggian, waktu melakukan penyeberangan dari satu bukit ke bukit lain, semua akan semakin sempurna jika terdokumentasi. Beragam moment tersebut bisa dilakukan untuk pengambilan gambar foto maupun video, jangan lupa gunakan kamera dengan resolusi tinggi, agar hasil yang di dapat bisa lebih maksimal.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Wisata Gunung Parang
Photo by Twitter KOMPAS images

Kawasan wisata Gunung Parang memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, seperti area parkir untuk kendaraan sepeda motor dan mobil, toilet umum, warung makan, dan tempat sewa perlengkapan pendakian. Beragam fasilitas yang tersedia memiliki tujuan utama yaitu memberikan keamanan, kenyamanan dan kepuasan kepada wisatawan, jadi tidak perlu khawatir selama berkunjung.

Segera lakukan pendataan anggota keluarga, saudara, atau teman untuk berkunjung ke Gunung Parang. Sebab destinasi wisata ini, bisa memompa semangat, dapat memacu adrenalin, tanpa kenal menyerah dan berbagai pelajaran positif lainnya. Sebelumnya, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima, begitu juga dengan kondisi mental.