Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Bosan hanya jalan-jalan ke mall saja di akhir pekan? Anda bisa mencoba mencari destinasi wisata lainnya yang mampu menawarkan pengalaman menarik. Misalnya dengan berkunjung ke objek wisata alam, dijamin mampu menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat dari berbagai aktivitas sehari-hari.

Jika anda suka mendaki, maka Gunung Pancar di Sentul, Bogor, bisa menjadi salah satu tempat untuk dituju. Gunung satu ini bahkan acap kali dijadikan sebagai favorit wisatawan saat berkunjung ke Bogor, terutama warga Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya banyak hal menarik bisa anda temukan di sana selain jalur pendakian gunung semata. Panorama alam indah dan berbagai kegiatan seru siap mewarnai akhir pekan Anda.

Daya Tarik Wisata Gunung Pancar

Daya Tarik Wisata Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (callme Mond)

1. Sejarah Gunung Pancar

Sejarah mengenai gunung ini cukup menarik untuk dibahas. Pasalnya masyarakat sekitar menyebutkan bahwa konon gunung ini adalah awal dan akhir kehidupan di muka bumi. Jadi dikisahkan bahwa sebelum adanya kehidupan di muka bumi, area ini sebelumnya belum ada gunung.

Namun tempat tersebut seringkali berguncang hingga memporak porandakan isinya. Karena terlalu sering berguncang, kabarnya muncul sesuatu yang besar dari dalam tanah. Sesuatu yang muncul tersebut adalah sebuah gunung yang kini dikenal dengan nama Gunung Pancar. Namanya sendiri berarti sorotan cahaya, bisa juga bermakna pasak atau tonggak bagi penduduk lokal.

Hal tersebut lantaran gunung satu ini dipercaya sebagai pondasi bumi yang utama, sebuah tonggak atau pasak yang membuat bumi tidak mengambang di lautan luas. Masyarakat juga percaya bahwa jika gunung tersebut hancur karena letusannya, maka itu menjadi pertanda untuk hancurnya alam semesta.

Tidak heran jika gunung menawan ini pun dijadikan sebagai tempat bagi para pengunjung yang ingin mempelajari hal gaib, karena gunung ini juga dipercaya sebagai pusat dari kerajaan gaib. Hingga di sekitar area banyak beredar kepercayaan, bahwa sebelum hari kiamat akan ada peperangan antara seluruh makhluk halus penghuni gunung.

Peperangan nantinya akan dimenangkan oleh makhluk halus yang bertahta di bagian puncak, dimana terdapat banyak makam keramat dengan usia yang sudah sangat tua di sana. Beberapa makam di antaranya milik Ki Mas Bungsu, Mbah Raden Surya Kencana, Mbah Kalijaga, Mbah H Dalem Putih, Mbah Raden Lawulung, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa di gunung satu ini banyak orang yang datang demi mencari wangsit. Sebab menurut legenda, di sana tersimpan banyak pusaka mistis yang berharga seperti cincin, keris, tombak, hingga berbagai benda lainnya dari peninggalan kerajaan zaman dulu. Maka dari itu, pastikan anda selalu menjaga sikap selama berkunjung ke sini.

2. Hamparan Hutan Pinus Hijau

Terlepas dari cerita mistis yang berkembang di masyarakat, gunung ini mempunyai keindahan wisata yang begitu rupawan dan pastinya akan membuat anda terpana. Bagaimana tidak, jika anda merindukan udara sejuk yang bebas dari asap kendaraan sekaligus tampilan alam yang indah, maka destinasi dengan nama lengkap Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini jawabannya.

Di sini anda akan berjumpa dengan hutan pinus hijau yang rimbun. Iringan cuitan burung serta suara kumpang yang ada di dalam hutan akan membuat pikiran terasa jauh lebih tenang dan segar. Ditambah udara khas pegunungan yang sejuk dan dingin, membuat anda terasa menyatu dengan alam.

Meskipun tanaman yang paling mencolok di daerah gunung ini memang pohon pinus. Akan tetapi, sebenarnya ada juga jenis tanaman lain yang bisa anda temukan. Seperti rotan, saninten, rasamala, puspa, jamuju, dan lain sebagainya. Jadi anda bisa sekaligus mempelajari berbagai tanaman ketika berkunjung kemari.

3. Flora dan Fauna

Seperti yang telah dijelaskan, di sini anda bisa menemukan banyak flora lainnya selain hutan pinus. Selain menarik untuk dipelajari, adanya berbagai flora yang tumbuh subur di sana membuat lokasi wisata terasa sangat sejuk dan jauh dari kata gersang. Di samping itu, anda juga bisa bertemu dengan beberapa hewan.

Daya Tarik Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (MasWil)

Meski tidak semua termasuk hewan, tapi ada saja tingkah hewan hewan tersebut yang akan membuat anda terhibur. Mulai dari ayam hutan merah, babi hutan, kutilang, hingga burung elang yang termasuk sebagai hewan dilindungi. Karena gunung ini dijadikan sebagai habitat dari banyak flora dan fauna, pastikan anda selalu menjaga keasriannya selama berada di lokasi.

4. Keindahan Gunung Pancar

Berada di ketinggian 300 hingga 800 meter di atas permukaan laut, tentunya banyak pemandangan indah dari atas gunung yang bisa anda saksikan. Tidak hanya keindahan gunungnya saja yang diperoleh dari rimbunnya hutan pinus di sini. Tapi anda juga bisa sekaligus menyaksikan keindahan panorama alam di sekitar.

Apalagi dataran tinggi merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Tidak bisa dipungkiri jika memang banyak orang yang ingin mendaki hanya untuk melihat secara langsung keindahan matahari terbit atau terbenam. Di Gunung Pancar Sentul, anda bisa mendapatkan keduanya yang terlihat begitu mempesona ketika dipandang dari puncaknya.

5. Pagelaran Seni

Karena dipercaya sebagai tempat untuk mencari wangsit dan banyak makam tokoh keagamaan ditemukan di sini. Pada waktu waktu tertentu, biasanya masyarakat akan menggelar upacara keagamaan yang disertai dengan pagelaran seni tradisional. Pengunjung umum mungkin boleh menikmati kawasan tersebut, dan jika beruntung bisa menyaksikan secara langsung pagelaran seni.

Namun sebaiknya anda tetap berhati hati dan meminta izin terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke area sekitar makam. Sebab menurut penuturan dari mereka yang pernah datang ke kawasan ini, di sana aura magisnya terasa begitu kuat. Bahkan banyak yang menyebutkan wilayah makam itu angker.

6. Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa

Kalau tidak punya nyali untuk berdekatan dengan area makam, akan lebih baik jika anda mampir ke Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa. Pemandian air panas ini biasa menjadi pilihan terbaik untuk menghalau hawa dingin di gunung. Kolam air panasnya sendiri ada dua buah, sehingga anda bisa memilih ingin berendam di mana tanpa harus berdesakan dengan orang lain.

Ada kolam pribadi dan juga kolam umum, silahkan pilih sesuka hati untuk mendapatkan tingkat relaksasi yang tinggi. Pastinya rasa pegal pegal dan lelah yang anda rasakan akan langsung hilang seketika setelah berendam air panas. Menariknya lagi, air panas di sini tidak mengandung bau belerang yang menyengat sehingga membuat banyak wisatawan betah berendam.

7. Ameera Coffee

Jika tidak membawa pakaian ganti, anda juga bisa menghangatkan diri dengan cara lain selain berendam air panas. Datang saja ke Ameera Coffee dan pesan kopi hangat untuk mendinginkan badan di tengah hawa khas gunung yang begitu dingin. Meskipun anda biasanya sudah sering nongkrong di cafe, pastinya Ameera Coffee ini punya kesan yang berbeda.

Walaupun tidak mewah layaknya cafe di perkotaan dan hanya sebuah tempat ngopi sederhana, tapi suasana begitu mengesankan. Anda bisa menikmati secangkir minuman hangat di bawah naungan hutan pinus, sembari menyaksikan keindahan yang ada di sekitar. Tenang saja, makanan dan minuman yang dijual pun sangat bervariasi dengan harga yang murah meriah tentunya.

8. Sering Dijadikan Tempat Pre-Wedding

Memiliki suasana yang asri dan teduh, kawasan wisata Gunung Pancar menjadi tempat yang tepat untuk foto pre-wedding. Terlebih belakangan tema rustic menjadi kian digemari oleh masyarakat dan digandrungi oleh generasi muda. Jika anda kebetulan akan menikah dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuat foto pre-wedding di sini.

Mereka yang pernah membuat foto pre-wedding di kawasan gunung ini biasanya lebih banyak memilih lokasi hutan pinus. Karena hutan ini yang berada di sekeliling akan membuat kesan rustic dan vintage terlihat semakin menonjol. Foto yang dihasilkan pun menjadi semakin indah. Jadi walaupun Bandung punya banyak taman hutan raya, nyatanya hutan pinus di gunung ini tidak kalah cantiknya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Gunung

Lokasi Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Indra Rahmat S)

Taman Wisata Alam Gunung Pancar jika ditinjau secara administratif, berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa barat. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 45 kilometer saja dari Kota Jakarta. Anda yang berangkat dari Jakarta bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju daerah Cawang.

Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Tol Jagorawi, masuk jalan tol ke arah Bogor. Dari sini, ambil jalur sebelah kanan yang menuju Jalan Sentul Raya. Perjalanan ini akan menempuh jarak kurang lebih 8 kilometer. Dimana nantinya anda akan menemukan bundaran yang berbentuk setengah, di sana ambil jalur yang ke arah kiri.

Setelah itu anda bisa menuju ke daerah Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan di sini sudah cukup baik dan beraspal, sehingga lumayan mudah untuk dilalui oleh berbagai kendaraan. Yang mana anda bisa menempuh perjalanan 13 kilometer tersebut dengan estimasi waktu sekitar 20 menit.

Jika anda membawa kendaraan roda dua, anda juga bisa melewati Desa Cimahpar yang nantinya juga akan menuju ke Sentul Selatan. Kondisi jalan di sini pun terbilang cukup baik, sehingga bisa dilalui dengan mudah. Yang membutuhkan tenaga ekstra adalah pada saat pendakian ke puncak gunung. Karena sudah pasti anda akan menemukan jalan yang menanjak di sana.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Hermansyah Ajja)

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul terbilang murah meriah. Karena anda hanya akan dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000 saja per orangnyanya untuk warga negara Indonesia, belum termasuk kontribusi parkir. Biaya parkirnya sendiri kurang lebih Rp. 5.000 per motor dan Rp. 10.000 per mobil.

Sedangkan untuk tarif masuk bagi warga negara asing dikenakan biaya sekitar Rp. 100.000. Tarif ini berlaku pada hari kerja, sementara untuk akhir pekan dan hari libur ada perubahan harga. Adapun harga tiket masuk untuk hari libur dan akhir pekan yaitu Rp. 7.500 per orang bagi WNI dan Rp. 150.000 per orang bagi WNA.

Tidak hanya harga tiket masuknya yang naik, namun kontribusi parkir juga mengalami perubahan harga pada hari libur dan akhir pekan. Masing masing naik menjadi Rp. 7.500 dan Rp. 15.000 per kendaraan. Namun jika anda ingin melakukan pre-wedding di lokasi taman wisata, maka perlu membayar biaya tambahan.

Biaya untuk pre-wedding biasanya dikenakan tarif sekitar Rp. 750.000 per sesi, dan belum termasuk tiket masuk. Pengunjung bahkan bisa juga bisa memilih paket pembuatan buku tahunan sekolah di sini, yang dikenakan tarif Rp. 1.500.000 per sesinya. Biaya ini dari pihak kehutanan, dan segala peraturannya bisa saja mengalami perubahan sesuai kebijakan yang berlaku.

Sehingga pihak pengelola maupun penyelenggara acara tidak ikut andil dalam proses mengatur tiket. Tapi pihak pengelola tentunya berhak menegur atau menghentikan acara apabila dilakukan tanpa izin terlebih dahulu. Di samping itu, tarif yang berlaku lain lagi bagi anda yang ingin berkemah.

Harganya pun terbagi menjadi dua, ada camping individu dan camping rombongan. Untuk camping individu bisa membawa tenda sendiri maupun dari pihak pengelola. Yang akan dikenakan tarif Rp. 200.000 per orang jika dengan tenda, dan Rp. 100.000 per orang jika membawa tenda sendiri. Sedangkan camping rombongan minimal 30 pax, dengan biaya Rp. 270.000 per pax.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik di Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Jin Tomang Uni)

1. Camping

Berkemah dan mendirikan tenda menjadi salah satu kegiatan favorit bagi para pendaki. Tentunya hal ini juga bisa anda lakukan di Gunung Pancar. Apalagi jika anda berasal dari luar Kota Bogor, sangat direkomendasikan untuk mencoba camping di kawasan ini. Karena suasana berkemah di sana pastinya akan sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan.

Saat berada di gunung ini, anda bisa langsung mengambil paket wisata untuk camping yang telah disediakan pihak pengelola. Mulai dari camping individu hingga camping rombongan dengan banyak peserta. Sehingga untuk berkemah di sini, anda tidak perlu repot repot membawa tenda sendiri. Terlebih fasilitas camping ground di sini juga sudah tersedia cukup lengkap.

2. Glamping

Masih dengan aktivitas bermalam di area Taman Wisata Alam Gunung Pancar, anda juga bisa memilih paket glamping apabila kurang menyukai camping yang dirasa terlalu menyatu dengan alam. Dengan glamping, anda bisa merasakan bermalam di hutan namun dengan kesan yang lebih glamorous.

Glamorous camping atau glamping menjadi salah satu paket wisata yang sudah disediakan oleh pihak pengelola di sini. Dimana anda akan menemukan berbagai fasilitas sangat lengkap selama bermalam di sana, lengkap dengan lampu lampu terang yang membuat malam semakin temaram. Tapi anda tentunya harus membayar lebih mahal jika ingin melakukan glamping.

Aktivitas Menarik di Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Sara Ajiwibawa)

3. Outbound

Di taman wisata alam satu ini, tersedia pula paket outbound plus camping yang bisa dipilih bagi rombongan yang datang. Biasanya paket ini digunakan untuk keperluan membangun team building, misalnya untuk mendidik anak anak sekolah atau untuk keperluan kantor. Kegiatan yang digelar pun beragam yang pastinya amat seru.

4. Bersantai di Hammock

Di deretan hutan pohon pinus yang menjulang tinggi, ada beberapa hammock yang dipasang agar dapat dinikmati wisatawan. Bayangkan bagaimana nyamannya bersantai di atas hammock dengan ditemani hembusan angin dan suara kicauan burung yang menangkan. Biasanya banyak pula pengunjung yang memilih untuk berburu foto di arena ini.

5. Trekking

Trekking juga bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Gunung Pancar Sentul. Apalagi setiap bagian gunung ini memiliki titik lokasi yang seru untuk dijelajahi. Anda bisa melalui hutan pinus, hingga mendaki sampai puncak dan menemukan berbagai keseruan di sana.

Sangat menarik bukan! Dalam satu destinasi wisata anda bisa menemukan banyak sekali kegiatan seru yang bisa dicoba. Terlebih anda bisa memilih paket wisata camping atau glamping untuk menikmati Gunung Pancar lebih lama. Semua keindahan dan hawa sejuk khas gunung pun akan menemani anda selama berada di lokasi