Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Bagi Anda yang sedang berada di Purwakarta dan kebetulan memiliki hobi mendaki, pastinya akan menyukai destinasi satu ini. Sebab di kabupaten ini terdapat Gunung Lembu yang memiliki ketinggian 792 mdpl dan menjadi destinasi menarik bagi wisatawan. Dengan pesona alamnya yang indah akan membuat siapa saja tertarik untuk mengunjunginya.

Saat sedang menghabiskan waktu di kabupaten ini, gunung nan indah ini harus menjadi tujuan. Hal ini karena ketika berada di gunung ini, pemandangan dan panorama indah akan bisa untuk Anda nikmati. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang baru saja mendaki, sebab gunung ini memang sangat cocok bagi pemula.

Dengan puncak yang tidak terlalu tinggi, Gunung Lembu menjadi sangat mudah untuk ditaklukkan. Selain itu, trek dari gunung satu ini memang sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pendakian. Kawasannya yang memang tidak terlalu tinggi sangat pas bagi Anda yang memang tidak sering mendaki.

Daya Tarik Wisata Gunung Lembu

Daya Tarik Gunung Lembu
Image Credit: Instagram.com @mr_rahmanariya

1. Gunung Lembu Ramah Pemula

Salah satu gunung yang ada di Purwakarta dengan ketinggian yakni sekitar 792 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, tentu saja sangat mudah bagi Anda untuk menaklukkannya. Terutama jika Anda memang suka atau hobi menjelajah dan mendaki gunung.

Akan tetapi, apabila Anda baru saja melakukan pendakian atau baru pertama kali mendaki, tentu saja hal ini akan menjadi pengalaman yang cukup menarik. Sebab, gunung satu ini memang kerap kali dijadikan oleh wisatawan sebagai ajang untuk berlatih atau menjadi gunung permulaan sebelum mendaki gunung yang tinggi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan penjelajahan, ada baiknya Anda berlatih dahulu dengan menggunakan gunung satu ini. Dengan ketinggian yang dimiliki dapat dikatakan jika Gunung Lembu merupakan salah satu gunung yang ramah bagi pemula.

Itulah daya tarik tersendiri mengapa gunung ini banyak digunakan oleh wisatawan untuk mendaki. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang ingin melakukan pendakian dengan medan dan trek yang tidak terlalu berat, maka gunung ini akan menjadi pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mendaki.

2. Memiliki Keindahan Alam yang Memukau

Meskipun memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dan cenderung ramah bagi pemula, Anda pun tetap bisa untuk menjelajah dengan menggunakan gunung satu ini. hal tersebut dikarenakan pemandangan yang Anda dapatkan nantinya akan sangat indah dan memukau di puncak Gunung Lembu ini.

Pemandangan indah yang ada di Gunung satu ini akan membuat siapa saja yang melakukan penjelajahan menjadi terpincut. Oleh karena itu, apabila Anda ingin melakukan pendakian dengan medan yang tidak terlalu berat, namun juga ingin mendapatkan pemandangan yang indah, maka gunung ini dapat menjadi salah satu tujuan destinasi yang bisa untuk Anda nikmati.

Pasalnya, keindahan pemandangan yang tersaji akan menjadi pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Bagaimana tidak, ketika Anda menghabiskan waktu di lokasi satu ini, Anda pun akan melihat indahnya Waduk Jatiluhur yang ada di ketinggian.

Waduk tersebut akan sangat indah apabila Anda lihat dari ketinggian. Sebab, jernihnya air yang ada di waduk tersebut akan memiliki suasana dan panorama keindahan tersendiri. Hal inilah yang mampu membius pengunjung yang datang melakukan pendakian di gunung satu ini. tak heran banyak wisatawan yang ingin datang mengunjunginya.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk Gunung Lembu

Alamat Gunung Lembu
Image Credit: Twitter.com @hidayat58539631

Apabila Anda tertarik akan pesona alam yang disuguhkan oleh gunung satu ini, maka Anda langsung saja bisa meluncur ke Purwakarta. Sebab, gunung satu ini akan memiliki jarak sekitar 25 km saja jika Anda menempuhnya dari Taman Air Mancur Sri Baduga. Untuk lokasinya sendiri, gunung satu ini sangat dekat dengan Waduk Jatiluhur.

Itulah mengapa Anda pun akan bisa melihat indahnya waduk Jatiluhur saat berada di puncak gunung. Untuk alamat lengkap dari gunung satu ini adalah berada di Dukuh Menanggal, yakni di Desa Panyindangan. Tepatnya berada di Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Untuk Anda yang ingin menempuhnya dan berangkat dari pusat kota, jarak yang dibutuhkan adalah satu jam.

Dalam waktu kurang lebih satu jam tersebut, Anda pun akan bisa sampai di parkiran Gunung Lembu dan melanjutkan perjalanan menuju ke gunung dengan melakukan pendakian. Waktu tempuhnya sendiri yakni sesuai dengan stamina dan juga kondisi yang Anda miliki ketika melakukan pendakian.

Anda bisa datang ke tempat satu ini dengan mengendarai kendaraan yakni roda dua maupun roda empat. Kemudian, ketika telah sampai berada di parkiran Gunung Lembu, Anda pun bisa melakukan trekking terlebih dahulu. Barulah Anda bisa sampai di puncak gunung yang terkenal akan keindahannya tersebut.

Jika Anda tertarik kesini, maka jam buka menjadi salah satu hal menarik yang perlu untuk Anda perhatikan. Adapun jam buka dari wisata ini adalah buka selama 24 jam penuh. Selain itu, Anda pun bisa datang kapan saja yakni dari hari Senin hingga Minggu untuk bisa melakukan penjelajahan.

Akan tetapi, disarankan jika Anda ingin melakukan pendakian maka dilakukan pada pagi hari atau siang hari saja. sehingga ketika sore tiba, Anda pun sudah bisa melakukan penurunan. Atau jika Anda ingin bermalam, Anda pun bisa mendirikan tenda di kala siang atau sore hari saat pencahayaan masih terang.

Sedangkan untuk tiket masuk menuju ke destinasi satu ini terbilang sangat murah dan terjangkau. Anda pun hanya perlu menyiapkan tiket masuk yakni sekitar 10 ribu rupiah. Dengan tiket masuk tersebut, Anda juga ditambahkan biaya parkir yakni senilai 5 ribu rupiah saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gunung Lembu

Aktivitas Dilakukan di Gunung Lembu
Image Credit: Google Maps (Nasution Hari)

1. Camping

Kegiatan pertama yang wajib Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini adalah camping. Pasalnya, jika Anda sudah melakukan pendakian dan naik ke gunung satu ini, akan sangat disayangkan apabila Anda tidak menginap atau bermalam di gunung tersebut. Sebab, lokasi dari Gunung Lembu memang sangat pas sebagai tempat untuk berkemah.

Untuk itu, jika Anda melakukan pendakian ke gunung satu ini, ada baiknya Anda juga membawa peralatan kemah yang dibutuhkan. Sehingga nantinya Anda pun bisa langsung mendirikan tenda sesampainya di puncak atau pos pemberhentian ketika sampai di lokasi gunung satu ini.

Selain itu, jika Anda memang benar benar ingin menginap, peralatan camping menjadi salah satu hal yang perlu untuk Anda bawa. Sebut saja seperti sleeping bag, tenda hingga alat alat untuk memasak lainnya. Sebab, pihak pengelola tidak akan menyiapkannya untuk anda. Oleh karena itu, Anda wajib untuk menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan.

2. Melakukan Trekking

Trekking memang menjadi aktivitas wajib yang harus Anda lakukan ketika berada di gunung satu ini. kegiatan mendaki tersebut wajib untuk Anda lalui agar bisa sampai ke puncak gunung yang sangat mempesona ini. selain itu, Anda pun tak perlu khawatir sebab untuk bisa sampai ke puncak medan dan juga perjalanan yang Anda lalui tidaklah sulit.

Dengan puncak dari Gunung Lembu yang tidak terlalu tinggi, tentunya akan sangat mudah bagi Anda untuk mendakinya, meskipun Anda baru saja melakukan pendakian atau pendaki pemula. Sepanjang perjalanan pendakian, Anda pun akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Pastinya setiap orang yang melakukan perjalanan akan dibuat kagum akan pemandangan yang Anda saksikan. Gunung satu ini juga memiliki trek pendakian yang terbilang cukup landai. Sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini lantaran sebagai ajang untuk uji coba atau latihan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.

Aktivitas di Gunung Lembu
Image Credit: Google Maps (Adisty Putri)

3. Melihat Matahari Terbit dan Tenggelam dari Puncak

Keindahan lainnya yang akan Anda dapatkan ketika berwisata ke gunung satu ini adalah melihat indahnya matahari terbit dan juga matahari terbenam. Hal ini dikarenakan pemandangan akan kedua fenomena alam tersebut akan sangat indah jika Anda melihatnya dari puncak Gunung Lembu.

Oleh karena itu, jika Anda sedang melakukan pendakian, ada baiknya Anda sudah sampai sebelum senja tiba. Sebab, ketika matahari tenggelam, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan semburat orange yang berubah menjadi gelapnya malam. Apabila langit cerah Anda pun akan langsung disambut dengan kerlipan bintang yang sangat indah.

Tidak hanya itu saja, sebelum pagi tiba ada baiknya Anda telah bangun. Anda juga akan langsung disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit yang sangat memukau. Kedua panorama alam yang indah ini memang akan langsung Anda jumpai ketika menghabiskan malam di gunung ini.

Oleh karena itu, dengan pemandangan yang indah tersebut, banyak orang yang rela menginap dan bermalam di puncak Gunung Lembu untuk bisa melihat indahnya fenomena alam tersebut. Bagi Anda yang melakukan pendakian, bermalam di lokasi ini menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan bersama dengan rekan ataupun pendaki yang lain.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Lembu Purwakarta

Fasilitas di Gunung Lembu
Image Credit: Google Maps (Wawan Kurniawan)

Berbicara mengenai fasilitas, disini Anda pun akan disuguhkan dengan area parkir yang sangat luas. Sehingga, bagi Anda yang membawa kendaraan, baik roda dua atau empat akan bisa mengunjungi dan memarkir kendaraan dengan mudah. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga akan bisa mendapatkan toilet yang bersih untuk kebutuhan.

Jika Anda ingin menggunakan tim pemandu ketika melakukan penjelajahan, maka hal tersebut juga bisa Anda lakukan saat berada di gunung satu ini. pasalnya, terdapat tim pemandu yang memang khusus disediakan untuk menjelajahi gunung satu ini. itulah mengapa agar nantinya Anda tidak tersesat.

Kemudian, lokasi ini tidak menyediakan penyewaan tenda ataupun alat berkemah lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan pendakian dan bermalam, ada baiknya Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan secara mandiri. Karena disini memang tidak tersedia.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Gunung Lembu di Purwakarta. Jika Anda ingin berwisata ke tempat satu ini, ada baiknya Anda memang melakukannya untuk menyaksikan indahnya puncak dari gunung satu ini. dengan gunungnya yang mudah ditaklukkan pastinya akan mudah bagi Anda yang memiliki hobi mendaki.