Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Payung, Desa. Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Majalengka, salah satu kabupaten penuh pesona alam di Jawa Barat ini selalu sukses menarik perhatian khalayak ramai untuk berkunjung kesini. Kekayaan alam yang dimilikinya menyimpan potensi wisata Kabupaten ini cukup tinggi.

Tiga tahun terakhir ini Majalengka kembali berhasil menciptakan destinasi wisata baru. Tidak hanya itu, destinasi wisata baru ini berhasil booming di kalangan wisatawan.

Gunung Ciwaru merupakan hasil karya seni dari buah kreativitas para pemuda dan warga setempat. Perpaduan antara kearifan lokal dan cita rasa instagramable mampu menyulap lahan kosong ini menjadi destinasi wisata yang begitu keren dan instagenic.

Daya Tarik Wisata Gunung Ciwaru

Wisata Gunung Ciwaru Yang Memukau Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Asep Hoerudin

1. Hutan Pinus yang Asri

Gunung Ciwaru memiliki sejuta pesona yang akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung kesini. Saat anda berkunjung ke gunung ini, anda akan disuguhkan panorama hutan pinus yang sungguh menakjubkan.

Hutan pinus yang terkenal dengan suasana seram karena kerapatan pohon membuat sinar matahari tidak mampu masuk ke dalam hutan tentu berbeda dengan hutan pinus yang ada disini. Anda akan mendapati hutan pinus dengan pohon yang tidak terlalu rapat yang justru menciptakan keindahan alam yang tiada tara.

Ratusan pohon pinus yang berdiri tegak dengan helaian daun berwarna hijau begitu menyegarkan mata dan pikiran para pengunjung saat melihatnya. Rindangnya pepohonan di hutan pinus ini sangat cocok untuk bersantai sambil meresapi keindahan dan kesejukan udara di gunung ini.

2. Spot Foto Instagenic

Era perkembangan dunia digital ini memiliki efek yang cukup signifikan. Mengabadikan momen dengan berfoto telah menjadi hal yang lumrah saat ini. fenomena tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh pengelola wisata dengan menciptakan spot-spot foto yang instagenic yang dapat dinikmati para wisatawan.

Wisata Gunung Ciwaru Yang Lagi Hits dan Instagramable Di Majalengka
Photo by Google Maps rindy hardiansyah

Spot foto ini jelas menjadi surga para pecinta selfie atau fotografi. Spot foto yang instagramable ditambah latar belakang panorama alam pegunungan kian mempercantik foto yang anda dapat.

3. Panorama Alam yang Mempesona

Letak destinasi wisata yang berada di atas gunung tentu memberikan pemandangan panorama alam yang sungguh indah. Anda bisa menikmati keindahan panorama alam dari atas tempat wisata ini.

Gugusan bukit dan gunung di berbagai sudut seolah siap menyapa dan menemani liburan anda. Pahatan bukit dan gunung itu semakin menambah eksotisme panorama alam Gunung Ciwaru.

Dari barisan bukit-bukit, akan nampak satu gunung tertinggi di Jawa Barat, yakni Gunung Ceremai. Kabut yang menyelimuti Gunung Ceremai akan menambah kesan eksotis panorama alam ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Gunung Ciwaru di Majalengka
Photo by Google Maps Hesty Kartikasari

Destinasi wisata yang tengah hits ini terletak di Desa Payung, Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasi destinasi wisata alam ini memiliki jarak yang cukup jauh dengan pusat kota, yakni berjarak sekitar 21 km atau 45 menit waktu tempuh yang anda butuhkan untuk sampai di lokasi wisata.

Jika anda dari arah Majalengka, maka anda harus menuju perempatan Panjalin, dan mengambil arah ke Rajagaluh. Anda hanya cukup mengikuti satu jalur menuju destinasi wisata tersebut. Setelah hampir sampai di lokasi wisata, anda akan bertemu dengan petunjuk arah, dan anda hanya perlu mengikutinya saja.

Bagi anda yang berasal dari luar Kabupaten Majalengka bisa mengakses alamat wisata instagenic ini menggunakan aplikasi Google Maps. Selain itu, anda juga bisa menyewa travel untuk menuju ke lokasi tempat wisata.

Saat anda dalam perjalanan ke Gunung Ciwaru, anda akan dihadapkan dengan medan jalan yang cukup terjal. Rute menuju wisata alam ini dipenuhi dengan tanjakan dan jalan yang berkelok.

Alangkah lebih baik jika anda menggunakan kendaraan roda dua saat menuju ke lokasi wisata. Penggunaan roda dua akan mempermudah anda dalam mencari tempat parkir di area wisata. Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda empat, namun dengan syarat pengemudi benar-benar mahir menyetir.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Di Wisata Gunung Ciwaru Majalengka
Photo by Google Maps agung jati permana

Wisata alam yang sedang naik daun ini tidak mematok tarif yang tinggi kepada para wisatawan. Para pengunjung wisata hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja untuk membayar tiket masuk tempat wisata.

Harga tiket masuk wisata tersebut tidak termasuk dengan biaya parkir. Anda masih harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 untuk parkir kendaraan anda. Harga yang sebenarnya masih cukup terjangkau bagi wisatawan.

Bermodalkan uang Rp 20.000 untuk tiket masuk dan biaya parkir, anda sudah bisa menikmati keindahan panorama alam sejauh mata memandang. Tidak sampai di situ, anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti spot foto, gardu pandang, dan masih banyak lagi secara gratis.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Gunung Ciwaru Majalengka
Photo by Google Maps Agun Priyatna

1. Berfoto atau Berselfie

Barisan bukit dan jejeran pepohonan dengan birunya langit menciptakan goresan seni yang sangat indah. Panorama alam yang berpadu dengan spot-spot foto instagenic akan membuat siapapun tidak mampu menahan hasrat untuk mengambil gambar atau sekedar selfie.

Spot-spot foto instagenic memang sengaja disediakan oleh pengelola wisata alam Gunung Ciwaru untuk anda yang gemar selfie atau fotografi. Banyak sekali model dan bentuk spot foto disini.

Anda bisa mencoba semua spot foto yang ada di tempat wisata ini. Berfoto dengan latar pemandangan alam yang begitu eksotis akan menciptakan foto yang memiliki kelas seni tinggi dan akan mempermanis tampilan feed di Instagram atau sosial media anda lainnya.

2. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam di tempat wisata alam ini memang tidak akan pernah tertandingi. Pesona alam yang diberikan gunung ini mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung kesini.

Jika anda belum puas menikmati keindahan alam Gunung Ciwaru, anda bisa mencoba menggunakan gardu pandang yang tersedia di tempat wisata ini. gardu pandang ini akan membantu anda melihat lebih jauh dan luas lagi keindahan alam di area tempat wisata hits ini.

Hijaunya pepohonan dan pahatan bukit-bukit akan lebih terlihat dari atas gardu ini. pesona keindahan alam berpadu dengan sejuknya udara semakin menambah syahdu suasana berlibur anda.

3. Bersantai di Hutan Pinus

Hutan pinus yang ada di dalam wisata juga tidak kalah menarik. Pohon pinus yang tinggi menjulang dengan hiasan dedaunan berwarna hijau mampu memanjakan mata anda.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Gunung Ciwaru Majalengka
Photo by Google Maps Aamy K.

Anda bisa menghabiskan waktu berlibur dengan sekedar duduk bersantai di bawah rindangnya pohon pinus. Suasana damai dan tenang sangat cocok bagi anda yang mendambakan berlibur dengan tenang tanpa hiruk pikuk orang.

4. Piknik dengan Keluarga

Bagi anda yang bosan piknik di taman atau dataran rendah, tidak ada salahnya untuk mencoba piknik di atas dataran tinggi. Gunung Ciwaru masih terbilang cukup ramah untuk area piknik keluarga. Gazebo-gazebo yang tersedia bisa anda jadikan sebagai tempat piknik yang nyaman.

Menikmati pemandangan alam yang disuguhkan wisata populer ini dengan ditemani teh hangat akan menambah kesyahduan piknik keluarga anda. Bercengkrama di tengah sejuknya udara Majalengka menambah kehangatan keluarga anda.

5. Camping Ceria

Selain tempatnya yang instagenic, Gunung Ciwaru juga menawarkan fasilitas berkemah bagi para wisatawan. Wisata alam ini telah menjadi tempat favorit para pecinta alam untuk berkemah dan menyatu dengan alam.

Meskipun tidak memiliki lahan yang cukup luas, namun camping anda akan tetap terasa seru. Luas lahan yang tidak seberapa ini mampu menampung hingga kurang lebih 3 tenda.

Anda tidak perlu susah payah menyiapkan segala perlengkapan saat berkemah ke gunung ini. Pengelola telah menyiapkan semua peralatan berkemah seperti tenda dan matras. Anda hanya perlu menyewa ke pengelola dan menikmati keseruan berkemah di Gunung Ciwaru.

Berbagai fasilitas yang telah tersedia disini seperti toilet dan mushola juga akan membuat camping anda menjadi lebih nyaman. berkemah dengan pemandangan alam yang langsung di depan mata tentu akan memberikan sensasi berkemah tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Gunung Ciwaru

Fasilitas Di Wisata Gunung Ciwaru Majalengka
Photo by Google Maps risky raudatul zannah

Meskipun lokasi wisata yang cukup jauh dari pusat keramaian, namun fasilitas disini terbilang cukup lengkap. Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan di tempat ini, karena semua fasilitas telah terjamin kebersihan dan kenyamanannya oleh pengelola.

Tempat wisata hits ini menyediakan gazebo-gazebo untuk tempat istirahat atau bersantai para wisatawan yang berkunjung. Selain itu, juga terdapat gardu pandang yang akan membawa anda lebih puas menikmati keindahan goresan lukisan alam disini.

Bagi anda yang berkunjung kesini jangan khawatir akan kelaparan. Wisata ini telah menyediakan warung-warung makan di sekitar area wisata. Anda bisa memanjakan lidah dengan berbagai kudapan disini. Toilet-toilet dan mushola dengan kebersihan dan kenyamanan yang selalu terjaga juga telah tersedia di tempat wisata keren ini.

Wisata alam memang selalu menjadi destinasi favorit untuk menyegarkan dan menenangkan pikiran. Pesona alam Gunung Ciwaru selalu siap memanjakan diri setiap insan yang berkunjung kesini. Keindahan alam dengan berbagai spot foto iconic wisata hits ini selalu menjadi surga para pecinta alam dan fotografi.