Gunung Batu Jonggol, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Sunrise di Bogor

Gunung Batu Jonggol, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Sunrise di Bogor
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Berbicara tentang destinasi wisata di Bogor memang tidak pernah ada matinya. Berbagai wisata alam yang dimilikinya mempunyai pesona yang sungguh menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam Bogor dengan pesona indahnya adalah Gunung Batu Jonggol.

Sesuai dengan namanya, gunung ini memang didominasi oleh bebatuan yang menyusunnya. Meskipun disebut gunung, wisata kece ini tidak terlalu tinggi, bahkan bisa dibilang cukup mungil dengan tinggi 875 mdpl saja. Meskipun mungil, pesona alam yang disuguhkan tidak kalah dengan gunung-gunung yang lebih tinggi darinya.

Si kecil cabe rawit adalah julukan yang pas untuk Gunung Batu Jonggol ini. Bagaimana tidak, ukurannya yang mini justru memiliki jalur pendakian yang cukup menantang dan ekstrim. Pengunjung harus melewati medan yang cukup terjal untuk sampai ke puncak. Meskipun demikian, semua itu akan terbayar oleh suguhan panorama yang begitu mengagumkan.

Daya Tarik Wisata Gunung Batu Jonggol

Wisata Gunung Batu Jonggol Yang Memukau Di Bogor
Photo by Google Maps Uci fauza

Bentuknya yang mungil dengan jalur ekstrim yang dimilikinya justru membuat wisatawan penasaran untuk menaklukannya. Segala pesona tersembunyi yang dimilikinya ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung.

1. Pesona Alam

Berada di area yang minim pepohonan membuat wisata cabe rawit ini menawarkan pesona alam begitu indah. Saat berada di puncak gunung, anda akan disuguhkan lanskap alam tanpa ada penghalang sama sekali. Mata anda akan diajak menikmati pemandangan yang begitu luas dan menakjubkan.

Saat matahari sedang bersinar cerah, anda akan menemukan pemandangan dua gunung cantik, yakni Gunung Gede Pangrango dan Gunung Pancar lengkap dengan warna-warni atap rumah penduduk. Pemandangan yang terhampar ini juga dipercantik dengan bebatuan yang bersanding dengan hijaunya rumput-rumput di sekitar gunung keren ini.

2. Jalur yang Memacu Adrenalin

Seperti julukannya, yakni si kecil cabe rawit, wisata imut ini akan menantang adrenalin setiap pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di atas puncaknya. Jalur ekstrim dan cukup terjal akan menyambut anda di awal pendakian hingga menuju puncak.

Kemiringan yang tidak kurang dari 30 derajat dengan bebatuan besar di sepanjang jalur tentu membuat pengunjung harus mengeluarkan semua keberaniannya untuk menaklukan medan ini. Menaklukan jalur pendakian yang begitu ekstrim dan menantang adrenalin tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Wisata Gunung Batu Jonggol Seru Dan Menarik Di Bogor
Photo by Google Maps Dalih Opx

3. Spot Foto Kece

Puncak Gunung Batu Jonggol yang didominasi oleh tumbuhan rumput hijau dan sedikit pohon tentu memberikan pemandangan yang sungguh indah. Panorama alam yang terlihat begitu luas dari atas puncak kian menambah nilai estetika di dalamnya. Tidak heran jika para pengunjung selalu antri mengambil gambar di puncak gunung mungil ini.

Struktur gunung yang terdiri dari batu-batu berwarna cokelat dan bersanding dengan hijaunya daun menciptakan gradasi warna yang begitu cantik, sehingga menciptakan spot foto instagrammable. Tidak hanya itu, nuansa cokelat yang mendominasi area gunung ketika musim kemarau juga menciptakan spot foto bergaya vintage yang estetik.

4. Puncak Bayangan

Sebagian orang pasti sudah pernah mendengar atau bahkan sudah pernah pergi ke puncak bayangan. Puncak bayangan merupakan bagian dari gunung yang berbentuk hampir sama dengan puncak. Puncak bayangan ini tidak hanya bisa ditemukan di gunung-gunung besar dan tinggi saja, anda juga bisa mendapati puncak bayangan ini di Gunung Batu Jonggol.

Area yang luas dan lapang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sembari memulihkan tenaga sebelum kembali berjalan menuju puncak yang sesungguhnya. Meskipun hanya puncak bayangan, namun panorama alam yang ditawarkan juga tidak kalah cantik dengan puncak sesungguhnya.

5. Pesona Sunrise di Pagi Hari

Layaknya gunung pada umumnya, gunung cantik ini juga menawarkan panorama sunrise yang begitu mempesona. Meskipun gunung mini ini tidak terlalu tinggi, namun anda masih bisa menikmati sunrise yang tidak kalah indah dari gunung lainnya.

Bagi pecinta sunrise namun tidak terlalu suka kegiatan pendakian yang lama dan melelahkan, maka gunung keren ini wajib dicoba. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam saja untuk bisa sampai di puncak dan menikmati eksotisme sunrise gunung mungil ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Gunung Batu Jonggol Di Bogor
Photo by Google Maps Wangse TV

Gunung mungil yang menawarkan sejuta pesona alam ini terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Wisata keren ini terletak sekitar 40 km dari pusat Kota Bogor. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Bogor untuk sampai di wisata keren ini.

Bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa memilih dua rute yang tersedia, yakni melalui Jonggol atau Citereup. Jika anda memilih lewat Jonggol, maka jalur pertama yang harus diambil adalah rute Cibubur kemudian menuju Cileungsi lalu ke arah Jonggol. Setelah itu anda hanya perlu meneruskan perajalan selama 1 – 2 jam hingga sampai di lokasi wisata.

Kalau anda ingin perjalanan yang santai dan sepi, bisa mengambil rute via Citereup. Rute yang bisa diambil yakni melalui Cibinong kemudian ke Citereup, setelah itu anda hanya perlu mengikuti rute dari Tanjur menuju Desa Sukamakmur, maka perjalanan anda telah sampai di Gunung Batu Jonggol.

Untuk warga Bogor sendiri bisa mengambil rute Sentul, selanjutnya hanya perlu mengikuti jalan pinggiran tol menuju arah Sukahati. Setelah itu anda cukup ambil arah ke kanan dan mengikuti jalan menuju gunung hits ini.

Estimasi Biaya Wisata

Biaya Wisata Di Gunung Batu Jonggol Bogor
Photo by Google Maps Wangse TV

Tarif untuk menikmati keindahan panorama gunung hits ini terbilang sangat terjangkau. Pengunjung hanya ditarik biaya sebesar Rp 15.000 saja untuk masuk ke lokasi wisata. Namun perlu diketahui, harga tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Anda harus membayar parkir sebesar Rp 15.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk motor. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan puncak Gunung Batu Jonggol, maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 5.000. Selain itu, bagi yang ingin melakukan kemah di area wisata, maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Harga yang dipatok wisata keren ini sangat sesuai dengan pesona alam yang ditawarkan kepada para wisatawan. Harga tersebut tergolong jauh lebih murah jika dibandingkan dengan semua pengalaman yang diberikan oleh gunung cantik ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Gunung Batu Jonggol
Photo by Google Maps Bing Surjawan

1. Bersantai di Puncak

Kegiatan paling seru saat berkunjung ke Gunung Batu adalah menikmati panorama alam dari atas puncaknya. Anda akan dibuat kagum dengan lanskap pemandangan yang begitu indah sejauh mata memandang.

Bersantai di atas puncak ditemani dengan sejuknya hembusan angin kian menambah syahdu liburan anda. Menikmati suguhan alam dengan hiasan warna-warni atap rumah penduduk akan menambah memori indah anda.

2. Berswafoto

Keindahan panorama alam yang disuguhkan oleh wisata alam ini tentu sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. Pemandangan puncak dengan bentangan alam dan cantiknya rumah-rumah penduduk akan mempercantik hasil foto yang anda dapatkan.

Tidak hanya di atas puncak saja, setiap sudut dari gunung mungil ini menyimpan spot foto yang begitu indah. Bebatuan cokelat dengan perpaduan rumput hijau di atasnya akan menghasilkan karya foto yang estetik. Bagi pecinta tema vintage bisa datang ketika kemarau, nuansa cokelat yang mendominasi akan menyempurnakan hasil bidikan anda.

3. Piknik

Tidak hanya tema pendakian saja yang bisa dinikmati saat berlibur ke Gunung Batu Jonggol. Piknik ceria bersama keluarga juga bisa menjadi referensi kegiatan menarik saat berlibur ke wisata unik ini.

Menikmati indahnya panorama alam ditemani dengan lezatnya kudapan yang dibawa akan menambah nikmat liburan anda. Suasana alam yang asri berpadu dengan kehangatan keluarga kian menambah keseruan liburan anda.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Gunung Batu Jonggol
Photo by Google Maps Wawan Item

4. Kemah Seru

Berkemah di area gunung cantik ini bisa menjadi referensi kegiatan menarik saat berlibur kesini. Suasana malam yang dihiasi oleh lampu-lampu di sekitar perkampungan menciptakan pemandangan yang sungguh mempesona.

Menikmati suasana malam yang bertabur bintang sembari ditemani secangkir kopi panas akan menambah syahdu kegiatan berkemah. Tidak sampai di situ saja, pemandangan indah gunung cantik ini siap menyapa saat anda membuka tenda di pagi hari.

5. Mendaki

Terkenal dengan jalur atau trek sulit yang dimilikinya membuat wisata hits ini menjadi tempat yang seru untuk kegiatan pendakian. Terdiri dari bebatuan kokoh sepanjang jalur pendakian pasti akan meningkatkan adrenalin siapa pun yang berkunjung.

Anda bisa melakukan kegiatan mendaki bersama teman-teman sejawat saat berkunjung kesini. Trek yang cukup ekstrim dibalut dengan keceriaan teman-teman yang ikut mendaki semakin membuat kegiatan pendakian menjadi seru dan berwarna.

6. Menikmati Sunrise

Pesona alam Gunung Batu Jonggol seakan tidak akan pernah ada habisnya. Kapanpun anda datang ke wisata cantik ini, maka pesona alam yang begitu indah akan selalu tersuguhkan.

Pesona panorama alam di gunung mini ini akan semakin cantik kala pagi hari tiba. Panorama sunrise yang muncul dari sisi timur gunung memberikan pesona yang begitu indah. Suasana sejuk di pagi hari, serta hangatnya pancaran matahari terbit seolah membangkitkan kembali semangat anda.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Batu

Fasilitas Di Wisata Gunung Batu Jonggol
Photo by Google Maps Wangse TV

Destinasi wisata unik ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Area parkir yang luas akan siap menampung banyaknya pengunjung yang datang kesini. Selain itu, warung-warung makan dan minuman juga siap menjamu anda saat berlibur ke wisata keren ini.

Bagi anda yang ingin menikmati pesona puncak Gunung Batu tidak perlu bingung karena pengelola telah menyiapkan fasilitas berupa tali untuk mendaki ke puncak gunung. Area perkemahan yang luas dan nyaman juga sudah siap menemani camping wisatawan.

Tidak perlu khawatir ketika ingin buang air, karena wisata cantik ini juga telah menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman. Tidak hanya itu saja, bagi anda yang ingin bermalam tanpa berkemah juga bisa menyewa penginapan di sekitar area wisata. Ada beberapa penginapan murah yang bisa dijadikan referensi menginap anda.

Jika dilihat dari bentuknya yang mungil, wisata unik ini seolah tidak memiliki sesuatu yang menarik di dalamnya. Namun jangan salah, gunung mungil ini justru memiliki pesona alam yang begitu indah. Bagi para pecinta alam yang suka dengan tantangan, Gunung Batu Jonggol bisa menjadi rekomendasi wisata seru untuk menghabiskan waktu berlibur.