Green Canyon salah satu objek wisata alam di Karawang, Jawa Barat yang memiliki curug dan sungai yang airnya berwarna hijau dan diapit tebing-tebing baru. Pengunjung diajak menyusuri sungai naik perahu, lalu berhenti di ujung air terjun setinggi 5 meter.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Medalsari, Kec. Pangkalan, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Mencari tempat berlibur bersama keluarga di sekitar Jawa Barat sangat mudah. Terlebih provinsi ini berada di dataran tinggi dan hawanya sejuk. Jadi jangan heran bila menemukan tempat wisata bertebaran. Salah satu yang perlu dikunjungi ialah Green Canyon Karawang. Keasrian alam yang dimiliki mampu memukau siapapun. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut.

Sekilas Tentang Green Canyon Karawang

Sekilas Tentang Green Canyon Karawang
Image Credit: Google Maps (GAS GOWES ASYIK SYAHDU)

Sebagian besar masyarakat tentu tidak asing dengan nama wisata alam ini. Mungkin orang berpikir bahwa wisata ini berada di Amerika Serikat, dan merupakan lembah diantara tebing-tebing. Memang terlihat mirip, namun Green Canyon Karawang lebih adem dibandingkan Grand Canyon milik USA dengan cuaca panas dan berada di tengah tanah kering.

Selain itu, wisata ini punya kemiripan serupa dengan outfitters national park open location di Utah University Amerika dari Clark and Logan Day Yurt. Hal ini karena kondisi tebing yang diselimuti banyak lumut dan tumbuhan hijau. Sehingga dinamakan Green Canyon yang artinya lereng curam hijau. Bahkan kini menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dulunya tempat ini tertutup dan orang enggan untuk masuk, sebab berada di tengah hutan belukar. Belum lagi perjalanan menuju lokasi sedikit rawan, tanahnya lembab dan berlumut. Seiring berjalannya waktu, pengunjung ramai berdatangan dan gemar posting hasil foto di sosial media. Otomatis menarik perhatian publik untuk berkunjung, dan sekarang kondisi jalan lebih baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Green Canyon

Daya Tarik Green Canyon Karawang
Image Credit: Twitter.com @BandungTV38

Objek wisata ini ramai diperbincangkan di media sosial berkat unggahan para pengunjung yang pernah datang. Sebab keindahan alam yang dimiliki berhasil memukau para wisatawan. Salah satu keunikannya terletak pada air sungai bewarna hijau toska dan sangat jernih. Saking beningnya hingga bisa melihat ikan-ikan bebas berenang di dasar air sungai.

Pemandangan air sungai ini dilengkapi dengan pohon-pohon hijau yang tumbuh subur. Turut menambah suasana semakin asri dan sejuk, jadi agenda body rafting semakin menarik dilakukan disini. Udara sejuk serta panorama alam meneduhkan cocok untuk Anda yang mencari ketenangan. Anda bisa menyusuri sepanjang sungai dan melihat sendiri keelokannya.

Hal paling menyenangkan ialah menyusuri sungai menggunakan perahu, menuju lokasi utama Green Canyon. Sembari duduk di atas perahu, Anda dapat melihat tebing-tebing yang mengepung kawasan sungai. Nanti ketika sampai di ujung, suguhan tebing curam terpampang nyata. Sekaligus stalagnit dan stalagmit air terjun yang siap memanjakan mata.

Liburan Anda bertambah puas jika bisa masuk ke dalam gua, dan berenang di atas air bewarna biru kehijauan. Disinilah epik yang sesungguhnya, dimana sungai dikelilingi oleh batu karang berlumut. Kalau berenang sampai ke ujung, Anda bisa mandi di bawah guyuran air terjun. Nikmati sensasi kesegaran air yang menjadi ciri khas objek wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Green Canyon Karawang
Image Credit: Instagram.com @krisna.asfiz

Air terjun tersebut mempunyai ketinggian sekitar 5 meter, dengan debit air yang tergolong sedang. Air yang jatuh dari curug berasal dari pegunungan dan sangat bersih mengaliri anak sungai. Jika cuaca sedang cerah Anda dapat melihat bias sinar matahari masuk ke celah-celah gua. Bias sinar tersebut membuat permukaan air tampak berkilauan seolah ada berlian di dalamnya.

Namun ketika memasuki musim hujan, debit air terjun lebih tinggi dan membawa partikel pasir. Hal itu memicu air sungai bewarna keruh dan banjir, kalau hujan terus menerus air berubah warna coklat. Akan tetapi keuntungan jika arus air sungai deras ialah bermain rafting jadi makin menantang. Karena perahu akan terombang-ambing dan memacu adrenalin.

Harap waspada bagi pengunjung yang tidak punya keahlian berenang, karena kedalaman sungai cukup diperhitungkan. Bila bukan ahli berenang disarankan untuk menelusuri sungai naik perahu saja. Tapi kalau tetap ingin merasakan segarnya air, pengelola wisata menyediakan pelampung. Bagi yang bisa berenang boleh juga pakai pelampung untuk berjaga-jaga.

Lanskap alam yang menawan kerap dijadikan muse oleh para fotografer. Tak ayal para wisatawan yang datang sering mengabadikan Green Canyon, baik foto maupun video. Itulah mengapa wisata ini kondang di jajaran wisatawan lokal dan mancanegara. Setiap hasil foto serta video kerap diunggah di sosial media, kemudian banyak diulas dalam berbagai laman wisata.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Green Canyon

Lokasi Green Canyon Karawang
Image Credit: Google Maps (Nira Nira)

Secara peta, Green Canyon berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Pangkalan, Karawang. Mudahnya Anda tinggal mencari rute yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Anda bisa berangkat dari pusat kota Karawang, maka Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum sesuai kenyamanan.

Kalau naik pesawat lalu turun di bandara, Anda menuju ke tempat wisata sekitar 5 kilometer. Bisa dijangkau menggunakan angkutan umum atau taksi, kurang lebih ditempuh 1 jam. Jika menggunakan kendaraan pribadi lebih mudah, karena bisa menikmati keindahan alam sepanjang jalan. Lalu mobil atau motor dititipkan dermaga dan naik perahu menuju lokasi wisata.

Dari pusat kota Karawang, Anda melewati gerbang tol Karawang Barat sampai bertemu gerbang tol. Arahkan kemudi ke kiri kemudian belok kanan, setelah melalui jembatan langsung menuju ke daerah Badami. Sekitar 20 meter Anda belok ke arah kanan dan susuri jalan beton. Barulah memasuki area parkiran yang terletak di Pasar Koji dan jalan kaki sebentar ke Green Canyon.

Keberadaan tempat wisata ini ditandai dengan adanya warung kecil, yang letaknya sebelah jembatan. Lanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak, harap hati-hati karena kondisi jalan licin dan berbatu. Selain itu, akses jalan dikepung tebing curam jadi tetap waspada selama perjalanan. Memang melelahkan, tapi terbayar begitu Anda tiba di lokasi wisata.

Tidak ada patokan biaya masuk wisata ini, namun ada kotak kecil di gerbang dan boleh diisi semampunya. Anda hanya mengeluarkan biaya untuk membayar retribusi parkir saat di Pasar Koji. Untuk sepeda motor sebesar 3 ribu, sedangkan mobil dan kendaraan besar kisaran 10-15 ribu. Anda akan dikenai biaya lagi kalau naik perahu, rafting, atau sewa pelampung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Green Canyon

Aktivitas di Green Canyon Karawang
Image Credit: Google Maps (Tono Sebastian)

1. Menyusuri Sungai Naik Perahu

Setelah tiba di lokasi wisata, Anda diajak untuk menyusuri sungai dengan sewa perahu yang tersedia. Ada beragam fasilitas sewa perahu yang ditawarkan, bisa sampai di batu karang saja atau perahu menunggu sampai selesai. Harga tiket perahu mulai dari 200 ribu sampai 400 ribu untuk 5 orang dalam satu perahu. Kalau datang bersama rombongan harga sewa bisa patungan.

Lain cerita jika Anda datang sendiri atau bersama 3 orang teman, berarti harus menunggu penumpang lainnya. Apabila malas saling menunggu, Anda boleh menyewa perahu dengan harga sama tapi iurannya lebih mahal. Perahu tersebut akan melaju di atas permukaan sungai. Anda tinggal duduk manis sambil menikmati pemandangan air bewarna hijau toska sampai lokasi tujuan.

Pemandangan sekitar sungai tak kalah menajubkan, berupa hamparan pohon-pohon besar dan tumbuhan hijau. Semilir angin sejuk ikut menemani Anda sepanjang perjalanan menuju ujung sungai. Anda juga akan menjumpai pengunjung lain hilir mudik dari lokasi ujung Green Canyon. Terkadang menemui para bule yang memang penasaran dengan keindahan alam wisata ini.

Ketika hampir tiba perahu akan berhenti di sisi sungai. Dari tumbuhan hijau, pemandangan langsung berubah krang batu yang ditumbuhi lumut. Udara yang mulanya sejuk terasa semakin dingin. Disinilah Anda harus turun dari perahu dan berjalan atau berenang agar sampai ke lokasi utama. Diwajibkan pakai pelampung sebelum mengarungi aliran sungai.

Batuan karang merupaka panorama spesial yang Anda dapatkan selama menyusuri sungai. Tumpukan batu ini terbentuk secara alami, terlihat guratan garis dan lubang yang menambah keindahan. Anda bisa mengambil foto di area ini tapi jangan lupa lapisi dulu kamera dengan waterproof. Tetap bersama rombongan untuk sampai ke kawasan paling ujung Green Canyon.

2. Berenang

Aktivitas Seru di Green Canyon Karawang
Image Credit: Google Maps (Abdur Rouf)

Setelah tiba di tujuan utama, Anda akan disuguhi hamparan sungai bewarna biru. Kalau sedang cerah air berubah warna menjadi hijau toska. Selain itu, permukaan air berkilauan menambah keelokan sungai. Anda bisa bebas berenang di area ini dan nikmati segarnya air asli pegunungan. Tetap pakai pelampung selama berenang, karena debit air bisa tiba-tiba naik.

Karena tidak ada persewaan baju renang, jadi Anda perlu mempersiapkannya sendiri. Bawa dari rumah atau membeli di perjalanan menuju tempat wisata. Agenda berenang disini membantu Anda untuk rileks, setelah penat dengan rutinitas monoton. Tapi tetap waspada karena sungai cukup dalam.

3. Main Rafting

Bagi yang suka wahana menantang, di Green Canyon Anda dapat bermain rafting bersama rombongan. Anda bisa sewa perahu karet sekaligus alat keamanannya, tersedia pula pemandu selama rafting. Kalau musim kemarau arus air cenderung tenang, tapi saat musim hujan lumayan deras. Disinilah adrenalin Anda akan diuji, Anda diajak berteriak sepanjang rafting menuju ke ujung.

4. Hunting Foto

Tentu saja kegiatan satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasalnya panorama alam di Green Canyon begitu memukau. Pas sekali bagi Anda yang menyukai fotografi, karena setiap sudutnya sangat instagramable. Anda bisa membidik kamera ke segala arah dan berpose di tiap lanskap. Paduan batu karang serta sungai bewarna hijau toska akan jadi koleksi foto terbaik Anda.

5. Duduk Santai di Atas Batu

Jika malas berbasah ria atau tidak bawa baju ganti, Anda bisa duduk santai saja di atas batu karang. Namun hati-hati karena naiknya sedikit licin sebab batunya berlumut. Setelah tiba di atas Anda dapat melihat keseluruhan panorama sungai. Warna hijau toska berkilauan begitu memanjakan mata. Ditambah angin syahdu yang menenangkan, tak heran bila lokasi ini jadi pusat refreshing pikiran.

Fasilitas yang Tersedia di Green Canyon Karawang

Fasilitas di Green Canyon Karawang
Image Credit: Google Maps (Wahyu Wibisono)

Sebagai tempat liburan berbagai macam wisatawan, tentu wisata ini sudah dilengkapi fasilitas memadai. Ada toilet umum yang disediakan di gerbang, terbagi untuk laki-laki dan perempuan. Dua kedai tersedia menjual makanan dan minuman, jadi Anda bisa isi perut setelah menyusuri Green Canyon. Tak ketinggalan tempat persewaan pelampung dan perahu di dermaga.

Berkunjung ke Karawang rugi bila belum menyusuri sungai unik di Green Canyon. Suguhan sungai bewarna hijau toska sangat menarik hati. Keunikannya terletak pada lokasi sungai yang dihimpit oleh batu karang. Sehingga menyuguhkan panorama alam yang istimewa, serta udara sejuk turut menemani liburan Anda kali ini.