Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya K H Abdul Halim No.403, Kel. Tonjong, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Sebelum dikenal dengan nama Goa Jepang, dahulu tempat ini bernama Bunker Jepang. Bangunannya diketahui didirikan oleh kolonial Belanda dan digunakan pada saat pemerintahan Jepang. Bangunannya terlihat kuno serta memiliki dua pintu masuk. Luas areanya diperkirakan mencapai 5 meter yang menyambung dari pintu satu ke pintu lainnya.

Dahulu Goa ini sempat terbengkalai namun lambat laun diperbaiki oleh pengelola setempat untuk dijadikan tempat wisata. Terdapat bangunan lama dan bangunan yang sudah mengalami renovasi. Pengelola selalu memberikan perawatan terhadap wisata bersejarah ini agar dapat dinikmati dari masa ke masa. Kebersihan areanya pun tampak selalu dijaga.

Saat hari libur wisatanya selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Turis dari luar negeri pun juga pernah datang ke situs bersejarah ini karena tertarik dengan cerita di dalamnya. Selain sebagai tempat berlibur, memang Goa tersebut bisa dijadikan tempat edukasi. Tidak heran jika banyak yang mengajak rombongan keluarga saat berlibur.

Daya Tarik Wisata Goa Jepang

Wisata Sejarah Goa Jepang Yang Menakjubkan Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Facebook Arul Huznie

1. Menyimpan Banyak Sejarah

Goa Jepang memang diketahui menyimpan sejarah unik pada zaman kolonial. Dahulu tempat ini digunakan sebagai markas tentara Belanda untuk mengawasi aktivitas masyarakat. Kemudian lambat laun Goa ini digunakan oleh pemerintah Jepang untuk kepentingan persiapan perang. Jepang juga menambahkan bangunan bungker yang baru.

Pembangunan bungker tersebut dimanfaatkan untuk menyimpan senjata pada masa itu. Tidak heran bahwa tempat ini menjadi saksi perjuangan penduduk Majalengka dalam melawan kolonial. Hal itulah yang membuat wisata ini memiliki sejarah yang dapat Anda pelajari sekaligus menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat hati wisatawan yang datang.

2. Memiliki Pesona Alam

Wisata yang berada di alam terbuka ini menyuguhkan beberapa pemandangan indah. Pada kawasannya dikelilingi dengan rumput hijau dan pohon yang sengaja ditanam. Sehingga udaranya sangat sejuk dan saat siang hari tidak akan terasa panas menyengat. Terdapat pula bunga warna-warni yang menambah keasrian wisata karena terlihat begitu cantik.

Selain itu, pengunjung dapat melihat aliran air yang ada di antara sela-sela bangunan. Suasana asri inilah yang banyak diburu oleh wisatawan karena cocok untuk melepas penat di tengah padatnya aktivitas. Anda yang berlibur ke situs bersejarah ini bisa berfoto di sudut manapun dengan background hijau dan bangunan klasik yang jarang ditemui di wisata lain.

Wisata Sejarah Goa Jepang Yang Unik Dan Instagramable Di Majalengka
Photo by Google Maps Feisal Ramadhan (Fey)

3. Banyak Bangunan Unik

Saat traveller masuk ke dalam kawasan Goa Jepang maka akan melihat banyak bangunan unik. Bangunan tersebut tersebar di sepanjang sudut areanya dengan dilengkapi batu-batuan. Ada bangunan lama yang masih dilestarikan dengan baik dan ada pula bangunan baru. Bungker tersebut tampak bercorak putih dan hitam disertai pintu masuk.

Para pelancong yang datang banyak menjadikannya sebagai tempat untuk mengabadikan momen. Tak hanya itu saja, di sudut lain juga terdapat jembatan kecil yang sering dijadikan spot berfoto. Anda bisa masuk ke dalam Goa tersebut untuk melihat bangunan secara lebih rinci. Namun, saat ini dinding yang ada di dalamnya terlihat penuh dengan coretan tulisan.

4. Mempunyai Beberapa Replika

Jika Anda menjelajah ke sudut lain yang ada di sekitar Goa maka akan menemui beberapa replika atau patung. Replika tersebut ada yang berbentuk sepeda dan wajah orang yang bisa digunakan untuk background menjepret foto. Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apakah replika tersebut dibuat oleh kolonial atau masyarakat setempat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Sejarah Goa Jepang Majalengka
Photo by Facebook Iwan Supriatna

Bangunan bersejarah Goa Jepang berada di Jl. Raya K.H. Abdul Halim No 403 Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan. Pengunjung yang dari luar Jawa Barat dapat naik pesawat dengan pemberhentian di bandara Kertajati. Kemudian bisa naik angkutan umum atau menyewa travel yang ada.

Jarak dari bandara ke Goa tersebut tidak jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Wisatawan dapat mengambil jalur ke Jalan Kertajati Kadipaten lalu lurus terus sampai masuk ke kawasan Cigasong. Dari arah sini, Anda akan melewati lampu merah Tonjong. Setelah itu lurus sampai menemui jembatan Cibudug yang letaknya dekat dengan Goa.

Akses jalannya mudah dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat karena aspalnya sudah mulus. Bagi traveller yang baru pertama kali datang ke Majalengka tidak perlu khawatir tersasar karena sepanjang jalan ada papan petunjuk. Anda juga bisa mengaksesnya melalui google maps atau bertanya langsung ke penduduk sekitar mengenai lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah

Tiket Masuk Di Wisata Sejarah Goa Jepang Majalengka
Photo by Facebook Iwan Supriatna

Sebelum para pelancong menikmati keindahan Goa Jepang, harus membeli tiket yang disediakan oleh petugas. Harganya dijamin tidak akan menguras kantong hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan anak-anak. Namun khusus turis dari luar negeri biasanya akan dikenai tarif yang berbeda dan tentunya sedikit lebih mahal daripada pengunjung lokal.

Harga tiket tersebut diketahui berlaku pada hari biasa dan hari libur. Tidak hanya itu, pada area parkir di depan pintu masuk juga ada petugas yang akan memberikan tarif karcis. Harganya Rp 3.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagi Anda yang naik bis juga bisa parkir di lahannya karena sangat luas, tetapi tarif karcisnya sedikit naik yaitu Rp 10.000.

Saat hari libur wisatanya akan tampak ramai karena harganya yang murah. Pengunjung dapat menikmati Goa Jepang mulai dari pagi hingga sore hari. Perlu diketahui bahwa harga yang tercantum tersebut digunakan untuk perawatan wisata. Jika Anda ingin memastikan tarifnya maka bisa konfirmasi kepada petugas setempat terlebih dahulu melalui call center.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Sejarah Goa Jepang Majalengka
Photo by Facebook Iwan Supriatna

1. Berkeliling

Area Goa Jepang yang memiliki lahan lumayan luas sangat cocok digunakan untuk berkeliling. Aktivitas ini dapat Anda lakukan untuk menjelajahi wisata dan melihatnya dari dekat. Setiap sudutnya pasti akan menawarkan keindahan yang berbeda-beda. Pada sekelilingnya pun tersedia tempat duduk yang bisa digunakan usai berkeliling wisata Goa.

2. Mengabadikan Momen

Kamera menjadi barang yang wajib dibawa saat berlibur. Apalagi di dalam tempat bersejarah ini menyuguhkan beberapa bangunan kuno dan pemandangan alam. Hal tersebut tentu sangat bagus jika digunakan untuk spot berfoto. Para pelancong juga bisa mengabadikan momen melalui rekaman video asalkan izin kepada petugas terlebih dahulu.

3. Belajar Sejarah

Seperti yang telah diketahui bahwa Goa ini mempunyai banyak cerita sejarah pada zaman penjajahan. Wisatawan dapat mempelajarinya dengan bertanya kepada petugas atau membaca beberapa tulisan yang ada di kawasannya. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikannya sebagai wisata edukasi karena bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Sejarah Goa Jepang Majalengka
Photo by Facebook Iwan Supriatna

4. Bersantai

Jika Anda mencari tempat liburan yang memiliki suasana menenangkan maka dapat mengunjungi Goa Jepang. Traveller bisa sekedar melepas penat sekaligus melihat pemandangan yang ada di sekitar. Selain itu, Goa ini juga cocok digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Letaknya yang jauh dari hiruk pikuk akan membuat tamu merasa nyaman.

5. Melihat Bangunan Kuno

Berlibur ke situs bersejarah memang tidak lengkap rasanya jika tidak melihat bangunan kuno yang ada disana. Anda yang berkunjung ke Goa ini bisa mengamati bangunan peninggalan zaman penjajahan. Bangunan tersebut ada yang sudah lama dan ada yang mengalami renovasi. Pengelola selalu menjaga dan merawatnya dengan baik.

6. Piknik

Wisata yang menawarkan pemandangan alam terbuka ini cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga atau kerabat. Pengunjung bisa membawa tikar dan beberapa makanan ringan dari rumah. Aktivitas ini paling banyak dilakukan oleh para pelancong saat hari libur. Namun yang perlu diperhatikan Anda harus selalu menjaga kebersihan areanya usai piknik.

Fasilitas di Kawasan Goa Jepang

Fasilitas Di Wisata Sejarah Goa Jepang Majalengka
Photo by Facebook Jaja Sumarja

Tergolong sebagai tempat pariwisata yang banyak didatangi, Goa Jepang memiliki fasilitas lengkap di dalamnya. Wisatawan dapat duduk santai di tempat duduk yang telah tersedia di sepanjang wisata sambil menikmati pemandangan. Pada sudut lain ada kamar mandi umum yang dapat Anda gunakan, namun diharapkan selalu menjaga kebersihan usai memakainya.

Area sekelilingnya pun selalu dijaga kebersihannya sehingga petugas menyediakan tempat sampah agar tamu yang datang tidak membuang sampah sembarangan. Di dalam goa ini masih belum disediakan warung yang menjual makanan sehingga pengunjung harus membawa dari rumah. Akan tetapi di area luar wisata juga ada sebagian kecil pedagang.

Para pelancong yang ingin beribadah dapat mengunjungi mushola yang ada di luar Goa, karena di dalam wisata ini masih belum disediakan tempat ibadah. Khusus bagi tamu yang membawa kendaraan dapat parkir di lahan yang telah tersedia. Anda tidak perlu khawatir karena tempat parkirnya lumayan luas dengan penjagaan yang aman dari petugas setempat.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata Goa Jepang yang ada di Majalengka. Pengunjung dapat menjadikannya list wisata ketika berlibur ke Jawa Barat. Ajak keluarga atau kerabat dekat untuk menikmati wisata bersejarah ini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen karena disana tentu akan menawarkan spot foto.