Glamping Lakeside Rancabali menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang menarik dikunjungi untuk menghabiskan liburan seru di Bandung. Tempat camping mewah yang memiliki fasilitas memadai dan tiap unit tent sangat nyaman berpadu udara sejuk.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Patengan, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Jawa Barat memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang begitu mempesona. Bahkan, sebagian besar destinasi wisata di Bandung masih mengandalkan pemandangan alam sebagai daya tariknya. Salah satu pilihan tempat berlibur yang menyuguhkan keindahan alam memukau yaitu Glamping Lakeside Rancabali. Seperti apa pesonanya? Simak ulasannya di sini!

Daya Tarik yang Dimiliki Glamping Lakeside

Daya Tarik Glamping Lakeside
Image Credit: Facebook.com @yourbandung

Glamping Lakeside sebenarnya merupakan sebuah kawasan resort yang bisa dibilang cukup baru. Ukuran lahan dari resort ini cukup luas dengan pemandangan sekitar yang sangat memukau. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki konsep menyatu dengan alam. Jadi tak heran jika kawasan wisata ini cukup menawan untuk menarik banyak pengunjung.

Salah satu spot unggulan yang ada di kawasan wisata ini yaitu restoran dengan arsitektur yang terbilang unik. Selain itu, ada banyak daya tarik lainnya yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke wisata alam ini. Wisatawan akan disuguhi dengan panorama indah dari Situ Patenggang. Apalagi suasana sekitar cukup sejuk dan masih asri.

Wisata yang sekaligus adalah resort ini memang menyuguhkan berbagai pesona yang cukup menarik dan juga romantis. Karena alasan tersebut, banyak pengunjung yang menjadikan Glamping ini sebagai lokasi favorit selama masa liburan datang. Tak hanya itu saja, lokasi wisata ini juga sangat pas bagi Anda yang menyukai ketenangan dan menyatu dengan alam.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, daya tarik lokasi wisata ini juga bisa dilihat dari adanya resto dengan bangunan unik. Restoran dibuat seperti legenda kapal Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Pinisi. Menariknya, desain interior yang ditawarkan juga memberikan pengalaman baru bagi pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Selain itu, bangunan resto ini juga membuat wisatawan cukup terpesona. Pasalnya, resto Pinisi ini berada tepat di atas bukit sekitar danau atau Situ Patenggang. Tak ayal jika lokasinya memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung hadir. Sambil menikmati hidangan yang disajikan, Anda bisa melihat pemandangan sekitar Glamping Lakeside tepat dari atas bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Glamping Lakeside

Alamat Glamping Lakeside
Image Credit: Google Maps (Hendrawan Agusta)

Tempat camping mewah ini terletak di Jalan Raya Ciwidey Situ Patengan Kilometer 39, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi yang satu ini, rute yang harus dilewati tidaklah sulit. Apalagi Glamping Lakeside bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat pribadi.

Datang saja ke Jalan Situ Patenggang yang masih masuk dalam kawasan administrasi Rancabali. Sementara itu, untuk waktu tempuh bisa dijangkau kurang lebih 2 jam dari pusat kota Bandung.

Jam oprasional objek wisata ini setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri ditawarkan dengan harga Rp 25.000, dimana pengunjung sudah dapat menikmati keindahan yang tersaji.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan Glamping Lakeside

Aktivitas di Glamping Lakeside
Image Credit: Twitter.com @sindonews

1. Menikmati Panorama Alam yang Indah

Apabila Anda memiliki waktu liburan yang cukup lama, maka tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu seharian di lokasi Glamping Lakeside Rancabali bersama keluarga tercinta atau kerabat terdekat. Konsep wisata yang cukup unik dengan panorama alam mengesankan dijamin membuat Anda betah berlama lama di destinasi wisata yang satu ini.

Bahkan, pemandangannya indah ini dimanfaatkan oleh sebagian pengunjung untuk menantikan momen matahari terbenam dari sudut yang disediakan oleh pihak pengelola. Jadi selama di sini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan kegiatan seru. Ada banyak sekali pilihan dari aktivitas mengasyikkan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung.

Tentu saja Anda bisa dengan mudah menikmati pemandangan memukau dari sekitar lokasi wisata. Pasalnya, di resort unik ini terdapat Situ Patenggang yang sangat menawan. Apabila Anda memiliki waktu yang banyak atau memutuskan untuk menginap di sini, maka bisa menggunakan perahu yang telah disediakan untuk mengelilingi danau.

Mengingat lokasinya yang berada di sekitar Situ dan bukit, tak heran jika membuat suasana alam menjadi lebih segar. Tak hanya itu saja, wisata mengesankan ini juga didukung dengan udara yang sejuk. Jika Anda suka dengan udara yang sejuk, maka lokasi Glamping Lakeside merupakan pilihan yang tepat karena udara disana bisa membuat lebih fresh.

2. Menikmati Hidangan di Pinisi Resto

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, teman, kerabat, atau rombongan yaitu menyantap beberapa menu yang ditawarkan di Pinisi Resto. Ada banyak pilihan menu yang ditawarkan restoran ini dengan kualitas rasa yang tentu lezat. Terlebih, suasana di dalam resto Pinisi ini juga mendukung untuk menikmati liburan seru yaitu romantis dan menarik.

Ketika memasuki restoran ini Anda akan disambut dengan interior yang cukup menawan. Hal ini bisa dilihat dari lapisan kayu yang ada di seluruh ruangan restoran. Menariknya lagi, Anda juga bisa memilih lokasi terbaik sesuai preferensi Anda. Sebab, tersedia dua pilihan tempat menarik yaitu indoor dan outdoor.

3. Mengabadikan Momen Bersama di Dek Kapal dari Outdoor Resto

Mengingat interior dan arsitektur bangunan dari resto Pinisi cukup menarik, maka membuat pengunjung tak bisa melewatkan aktivitas yang satu ini yaitu mengabadikan momen. Resto ini terdiri dari tiga bagian yaitu indoor, outdoor, dan dek kapal. Karena alasan tersebut, wisatawan yang hadir selalu berswafoto di spot menarik tersebut.

Bagian lain dari Pinisi Resto yang cukup digandrungi bagi para pengunjung adalah dek kapal. Dek ini memang sengaja didesain secara khusus dan disediakan pengelola untuk memberikan fasilitas pada para wisatawan yang ingin mendapatkan lokasi foto yang menawan. Jadi siapkan saja alat yang canggih, seperti kamera jika berkunjung ke tempat ini.

Aktivitas Glamping Lakeside
Image Credit: Facebook.com @dininksonia

4. Mengunjungi Spot Menarik Teras Bintang Glamping Lakeside

Karena lokasi destinasi wisata ini cukup menawan, tak heran jika pihak pengelola terus mengembangkan berbagai fasilitas pendukung. Tujuannya adalah menyediakan fasilitas terbaik untuk menunjang aktivitas para wisatawan yang datang. Sehingga, pengunjung bisa lebih betah berlama-lama ketika berada di tempat ini.

Maka dari itu, pihak pengelola menambahkan satu sudut yang bisa dinikmati bagi para pengunjung ketika berlibur di sini. Spot ini diberi nama Teras Bintang yang merupakan sebuah bangunan terbuka dengan material dari kayu. Sesuai namanya, bentuk dari spot yang satu ini menyerupai gugusan bintang.

5. Menikmati Keindahan Sunset di Sekitar Danau

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi wisata ini berada tepat di atas bukit dan danau. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya. Banyak pengunjung yang sengaja datang hanya untuk menunggu keindahan matahari terbenam di danau dekat Glamping Lakeside.

Jadi, Anda bisa menikmati suasana di sekitar tempat wisata sambil menunggu sunset. Bagi Anda yang ingin mendapatkan spot terbaik ketika melihat matahari terbenam, maka bisa datang pada lokasi yang sudah disediakan pihak pengelola. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar menjelang malam hari.

6. Menginap di Tent Resort

Bagi Anda yang masih belum puas menikmati waktu di lokasi ini, ada baiknya jika menginap di Tent Resort Glamping Lakeside. Dengan menyewa penginapan ini Anda bisa lebih menyatu dengan alam di sekitar wisata yang satu ini. Sebab, penginapan yang satu ini mengusung konsep camping yang glamor.

Lokasinya berada tepat di sekitar tepian Situ Patenggang atau danau. Hal inilah yang membuat kesan berbeda dengan lokasi lainnya yang semakin banyak di Bandung. Yang pasti sensasinya akan sangat menarik, apalagi dihabiskan bersama keluarga dan kerabat tercinta. Selain dekat dengan orang tersayang, Anda juga bisa lebih menyatu dengan alam sekitar.

Tent Resort ini merupakan salah satu jenis penginapan yang berbentuk tenda permanen. Alasan menggunakan istilah Clamping atau glamour camping, sebab di dalam tendanya sudah tersedia fasilitas yang sangat memadai. Bahkan fasilitasnya hampir menyerupai hotel bintang. Terdapat tempat tidur empuk, kamar mandi yang luas dengan air panas, dan lain lainnya.

Satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri ketika menginap di tent Glamping Lakeside yaitu adanya fasilitas berupa balkon yang diperuntukkan umum. Anda bisa menikmati lingkungan sekitar dengan bersantai di balkon yang menghadap langsung pada hamparan air Situ Patenggang yang jernih, bersih dan tenang.

Tempat penginapan ala glamour camping ini sangat recomended bagi Anda yang datang bersama rombongan. Baik itu bersama anggota keluarga, teman atau bersama pasangan tercinta. Sambil menikmati keindahan alam, Anda bisa dimanjakan dengan fasilitas memadai yang ditawarkan.

Fasilitas yang Tersedia di Glamping Lakeside Rancabali

Fasilitas Glamping Lakeside
Image Credit: Google Maps (Gunawan Arazma)

Mengingat potensi wisata lokasi ini cukup digemari bagi para pengunjung, maka pihak pengelola terus mengembangkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Terlebih, jumlah wisatawan Glamping Lakeside semakin hari kian meningkat. Hal ini bisa dilihat lebih jelas pada waktu waktu tertentu seperti weekend dan hari libur panjang.

Pihak pengelola menyediakan beberapa pilihan fasilitas yang cukup memadai agar bisa dinikmati oleh pengunjung. Fasilitas umum yang disediakan berupa kamar mandi, penginapan, dan beberapa spot foto yang memadai. Tak ketinggalan juga ada fasilitas restoran untuk memanjakan lidah para pengunjung yang datang.

Restoran menjadi salah satu fasilitas unggulan pada Glamping Lakeside. Wisatawan selalu menjadikan resto ini menjadi bagian dari rute wisata yang harus dinikmati. Pasalnya, Anda akan disuguhkan dengan tampilan menawan dari interior dan arsitektur bangunannya. Apalagi dengan daya tarik yang unik yaitu lapisan kayu pada hampir seluruh bagian tembok dan lantai.

Letak dari fasilitas resto yang satu ini tepat berada di atas Situ Patenggang yang cukup unik. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pengalaman seru dengan menyantap hidangan lezat sambil menikmati pemandangan yang menawan. Restoran yang satu ini juga memiliki beberapa bagian penting untuk memanjakan para pengunjung.

Pada bagian pertama yaitu dalam kapal yang didesain sedemikian rupa sebagai restoran dengan menu menarik dan lezat. Sementara itu pada bagian kedua terdapat bagian terluar dari kapal yang digunakan untuk para wisatawan yang ingin menyantap dengan suasana ala outdoor menyejukkan dan segar.

Selain itu, di bagian dek kapal dibuat dengan desain yang mengesankan dan menarik. Hal inilah yang membuat sebagian besar pengunjung menggunakan dek tersebut untuk mengabadikan momen bahagia. Terlebih desain yang unik dari dek kapal resto ini belum bisa ditemukan di objek wisata lainnya yang ada di Jawa Barat.

Berkunjung ke Glamping Lakeside Rancabali menjadi salah satu alternatif liburan baru yang bisa Anda pilih. Kawasan wisata ini menawarkan berbagai macam pesona yang begitu menawan, mulai dari fasilitasnya sampai dengan pemandangan sekitar. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk menghabiskan waktu liburan seru.