Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Bepergian di lokasi yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota menjadi destinasi yang banyak diminati belakangan ini. Bagi anda yang sedang berada di Purwakarta, anda pun bisa mengunjungi Resort Giri Tirta Kahuripan. Resort ini memiliki lingkungan dan kondisi alam yang asri menjadi salah satu keunggulannya.

Daya Tarik Wisata Resort Giri Tirta Kahuripan

Daya Tarik Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Berada di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut membuat destinasi wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk. Pemandangan alam yang menyejukkan mata ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Keindahan alam tersebut bisa anda nikmati sembari menyeruput kopi ataupun teh hangat di bangku bangku yang tersedia.

Selain itu, di Resort Giri Tirta Kahuripan anda tak hanya disajikan dengan resort yang mewah. Pasalnya di tempat wisata ini anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam wahana permainan bagi yang tidak menginap. Akan tetapi, anda akan tetap dikenakan biaya tiket masuk ketika mengunjungi destinasi satu ini.

Udara yang sejuk dan panorama yang indah akan terhampar di lokasi ini. hijaunya bukit dan gunung yang ada di sekitar akan menjadi salah satu panorama yang membuat anda betah berada di lokasi satu ini. Memasuki wisata ini, anda pun akan langsung disajikan dengan kolam renang.

Kolam renang disini merupakan salah satu wahana terfavorit bagi wisatawan saat berkunjung ke Giri Resort Tirta Kahuripan. Pasalnya, dengan konsep skypool yang diusung oleh wisata ini membuat pengunjung seakan akan sedang berenang langsung menghadap ke awan. Tentu saja akan menjadi salah satu pengalaman berenang yang menakjubkan.

Ketika berwisata ke lokasi satu ini, anda tidak hanya akan bisa untuk menikmati kolam renangnya saja. Sebab, disini anda pun akan melihat indahnya perkebunan dan juga pemukiman warga sekitar dari kejauhan. Tentunya akan membuat anda betah untuk berlama lama menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Kolam renang yang ada di Giri Tirta Kahuripan pun memiliki banyak sekali variasi kedalaman. Sehingga sangat cocok untuk menjadi liburan bersama dengan keluarga dan si kecil. Disini, anda bisa menikmati fasilitas kolam renang yang sangat dangkal yakni hanya memiliki ketinggian yakni 60 cm saja.

Sedangkan untuk kolam renang yang paling dalam adalah 2.4 meter. Untuk itu, bagi wisatawan yang membawa si kecil untuk berwisata di tempat ini tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kolam ini juga dilengkapi dengan pengaman. Tak hanya itu saja, pembatas tali yang tersedia sebagai pembatas antar kedalaman kolam pun juga tersedia di lokasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Resort Giri Tirta Kahuripan

Alamat Resort Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Silvi Diani)

Resort Giri Tirta Kahuripan berada di Jalan Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh. Tepatnya di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Lokasinya sendiri dari pusat kota Purwakarta yakni sekitar 20 kilometer. Bagi anda yang ingin menempuhnya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Hal ini dikarenakan lokasi dari resort ini berada di area perbukitan. Oleh karena itu, anda pun akan menempuh perjalanan yang menanjak. Ketika anda ingin berkunjung ke wisata ini, anda bisa menempuhnya dengan menggunakan jalan tol Jatiluhur. Kemudian, anda pun bisa mengarahkannya menuju ke Pasar Rebo.

Ketika telah sampai di Pasar Rebo, anda pun bisa melanjutkan kemudi anda menuju ke daerah Wanayasa. Apabila anda kurang tahu akan jalan, anda bisa melihat penunjuk yang tersedia ataupun bertanya kepada warga dan masyarakat sekitar yang anda. Sebab, masyarakat sekitar pun sangat ramah dengan pelanggan yang datang.

Apabila anda datang ketika musim hujan, sebaiknya anda juga perlu untuk berhati hati. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang berkelok kelok akan membuat anda perlu ekstra hati hti. Sebab, anda harus melewati jalanan yang menurun dan menaiki perbukitan saat berada disini. Ditambah lagi, ketika hujan kondisi jalan menuju lokasi ini sangat licin.

Harga Tiket Masuk Wisata Resort Giri Tirta Kahuripan

Harga Tiket Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Adhitya Pramana)

Bagi anda yang ingin berwisata ke Resort Giri Tirta Kahuripan, harga tiket masuknya pun bervariasi. Tergantung wahana apa yang ingin untuk anda mainkan disini. Berdasarkan data yang dihimpun pada bulan Maret 2021, anda akan dikenakan tiket masuk utama yakni sekitar 25 ribu rupiah.

Sedangkan untuk anda yang ingin bermain flying fox saat weekend, akan dikenakan biaya tambahan yakni 25 ribu rupiah. Dan untuk tiket sky pool yaitu sekitar 60 ribu rupiah, sepeda air sekitar 15 ribu rupiah, water slide sekitar 10 ribu rupiah dan juga untuk anda yang ingin menyewa lapangan futsal yakni 125 ribu per jam. Untuk wahana water slide dan sepeda air hanya bisa dimainkan saat weekend.

Selain itu, anda juga bisa untuk membeli paket tour harian. Dengan harga sekitar 120 ribu rupiah, anda pun akan bisa mendapatkan tiket agrowisata, tiket sky pool, lunch box dan juga snack box. Ada pula paket B seharga 100 ribu rupiah, yang mana anda bisa mendapatkan lunchbox, tiket sky pool dan juga tiket agrowisata.

Untuk jam operasional tempat ini adalah mulai pukul 7 pagi hingga jam 18.00. Selama jam buka tersebut, anda bisa bermain sepuasnya di wisata ini. ditambah lagi, anda pun akan bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbenam yang sangat indah saat berada di lokasi wisata ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Resort Giri Tirta Kahuripan

Aktivitas Dilakukan di Resort Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Twitter.com @anggadiwa

1. Bermain Outbond

Bagi anda yang ingin bermain outbond bersama dengan keluarga, maka anda pun bisa untuk mengajak keluarga beserta si kecil. Dengan adanya aktivitas satu ini akan membuat si kecil lebih betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. disini, anda bisa berlatih dasar kepemimpinan dan juga bermain outbond sepuasnya.

Hal ini dikarenakan anda akan menemukan area khusus untuk bermain. Wahana yang paling dicari oleh pengunjung ketika bermain outbound adalah flying fox. Suasana yang menegangkan dan menguji adrenalin ini akan membuat siapa saja yang bermain menjadi lebih bersemangat. Pasalnya anda bisa menuruni bukit dengan sensasi yang seru dan mendebarkan.

2. Berpiknik dan Berwisata

Resort Giri Tirta Kahuripan merupakan salah satu tempat yang memiliki lokasi sangat luas. Sehingga tak mengherankan banyak orang yang datang kesini untuk berpiknik maupun berwisata secara ramai ramai. Untuk itu, dalam mengakomodasi tamu yang datang dalam jumlah banyak, maka disini juga tersedia resort maupun dormitory yang memiliki kapasitas hingga mencapai 60 orang.

3. Berkeliling Dengan Menaiki Mobil Senyum

Tempat wisata ini memiliki area yang sangat luas. Sehingga bagi anda yang telah berusia 30an keatas mungkin akan cenderung lelah untuk berjalan jalan mengelilingi kawasan wisata ini. pihak wisata pun tentunya akan mengusahakan untuk menangani permasalahan tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil senyum. Mobil satu ini memang sengaja disediakan sebagai salah satu fasilitas tur. Dengan mengendarai mobil ini, pengunjung pun akan diajak berjalan jalan untuk berkeliling resort. Mulai dari mengunjungi taman buah, taman satwa hingga menuju ke kawasan outbond atau lapangan futsal dan kolam renang.

Aktivitas di Resort Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Twitter.com @worldnet_ID

4. Bermain Sepeda Air

Wahana sepeda air yang buka saat weekend dapat menjadi salah satu kegiatan wajib yang bisa anda coba untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. untuk itu, anda pun jangan sampai melewatkan destinasi wisata satu ini. sebab, sembari mengayuh sepeda mengelilingi kolam, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata.

Panorama danau yang ada di lokasi ini pun sangatlah menawan. Bagi anda yang mengajak si kecil, anda pun akan langsung disuguhkan dengan ikan Arapaima yang unik. Dengan mengayuh sepeda ini, anda tak hanya akan melihat pemandangan yang indah saja. melainkan juga bisa untuk berolahraga.

Disini, terdapat beberapa jenis sepeda air yang bisa anda gunakan. Diantaranya adalah sepeda air yang bisa digunakan untuk berdua dan juga bagi anda yang ingin mengelilingi danau sendirian bisa menyewa yang khusus satu orang. Bagi anda yang menyewa sepeda single ini memiliki bentuk yang cukup besar sehingga cocok untuk anda yang ingin berolahraga.

5. Berjalan Jalan Mengelilingi Kebun Manggis

Salah satu kebun yang bisa anda temukan di lokasi ini adalah kebun manggis. Disini, anda pun bisa melihat secara langsung tumbuhan manggis. Dengan memiliki luas berhektar hektar akan membuat anda bisa puas berkeliling. Ditambah lagi, buah manggis yang bisa anda temui di lokasi ini memiliki varietas yang bagus.

Bahkan buah manggis yang ada di Resort Giri Tirta Kahuripan biasanya akan diekspor ke berbagai negara yang ada di kawasan Asia hingga Eropa. Bagi anda yang ingin membawanya pulang, anda pun bisa mengeluarkan biaya tambahan yakni sekitar 20 ribu saja per satu kilogramnya. Tentunya bisa menjadi salah satu oleh oleh khas untuk keluarga di rumah.

6. Melihat Berbagai Satwa

Bagi anda yang berkunjung bersama si kecil, resort ini dapat menjadi salah satu destinasi yang ramah untuk anak. Pasalnya selain mengenalkan pada tumbuh tumbuhan, anda juga bisa untuk melihat satwa satwa saat berada di lokasi satu ini. apabila anda ingin melihat binatang seperti rusa, monyet, buaya muara, kakak tua, merak dan juga siamang bisa datang ke lokasi ini.

Selain itu, ada pula hewan eksotik lain yang berasal dari Amazon yakni Arapaima. Tentunya wahana satu ini dapat menjadi sarana edukasi yang bagus untuk si kecil. Bahkan anak anak pun bisa langsung berinteraksi dengan hewan yang ada di lokasi ini. namun, perlu anda perhatikan bahwa selama berada di lokasi ini, anda tak boleh sembarangan memberi makan binatang tersebut.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Resort Giri Tirta Kahuripan

Fasilitas di Resort Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Silvi Diani)

Ketika berlibur di lokasi ini, anda pun akan disuguhkan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mengingat tempat wisata ini memang telah banyak dikunjungi oleh orang banyak. Disini, anda pun akan bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas gratis seperti mushola, kamar mandi dan MCK hingga playground sebagai tempat untuk bermain bersama si kecil.

Selain itu, anda juga bisa menyantap berbagai hidangan yang lezat. Menu yang tersedia pun lengkap, mulai dari makanan dan minuman khas Indonesia hingga menu Eropa yang menggugah selera. Ditambah lagi, anda bisa menikmatinya dengan pemandangan yang sangat indah.

Berlibur ke Resort Giri Tirta Kahuripan menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa anda coba di Purwakarta. Karena disini anda bisa sekaligus menginap di resortnya bersama keluarga. Sehingga anda tak perlu susah payah untuk mencari tempat menginap ketika sedang berjalan jalan di tempat wisata ini.