Gedung Sate salah satu objek wisata bersejarah yang populer di Kota Bandung dengan ciri khas ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. Gedung ikonik ini dibangun tahun 1920-an dan kini menjadi Gedung pemerintahan Jawa Barat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kota Bandung yang dikenal dengan sebutan Paris Van Java ini memang terkenal akan wisatanya yang kekinian dan memiliki pemandangan mengagumkan. Namun jangan salah, di kota ini Anda juga bisa untuk berwisata sekaligus belajar sejarah, yaitu Gedung Sate, bangunan yang memiliki nilai historis dan berada di jantung kota Bandung. Untuk Anda yang tertarik, Anda pun bisa datang ke Gedung Ikonik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gedung Sate

Daya Tarik Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Gedung Sate adalah salah satu bangunan yang sudah berdiri sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Bangunan ini memiliki nama yang unik lantaran gedung tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Dimana pada bangunan atasnya seperti memiliki 6 tusuk sate, tepat berada di atas menara sentral.

Enam tusuk sate tersebut melambangkan jika gedung yang identik dengan warna putih ini, dulunya dibangun dengan dana yakni sekitar 6 juta Gulden. Bangunan satu ini tidak hanya terkenal di daerah Bandung saja. melainkan seantero Jawa Barat akrab dengan bangunan yang berada di ibukota Jabar ini.

Bahkan bagi pengunjung yang berasal dari luar kota kerap kali mengabadikan foto di depan gedung yang ikonik dan legendaris ini. untuk itu, bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi Kota Bandung tak ada salahnya untuk mampir sejenak untuk menghabiskan sore atau hanya sekedar mengambil foto.

Daya Tarik yang Dimiliki Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (Agus Tri Winarso)

Di dalam Gedung Sate, Anda juga akan menemukan Tugu Serangan Gurhaka. Tugu tersebut memiliki tulisan antara lain, Dalam Mempertahankan Gedung ini terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda gugur dan dikubur pihak musuh di halaman. Anda pun akan menemukan tugu tersebut ketika berada di depan halaman Gedung Sate.

Selain itu, di dalam bangunan ini juga terdapat lorong rahasia yang keberadaannya cukup misterius. Konon katanya, lorong ini menjadi penghubung langsung dengan kantor dinas dari Gubernur Jawa Barat. Namun lorong tersebut telah ditutup dan dirahasiakan. Hal ini dikarenakan terdapat seorang tawanan yang meninggal di dalam lorong tersebut.

Bangunan ini pun juga sangat kokoh dan tahan terhadap gempa. Tak mengherankan, karena gedung yang didirikan oleh arsitek asal Belanda yakni Ir. J Gerber memakai sendi dari bahan bahan yang kuat. Bahkan banyak pihak mengatakan jika Gedung Sate ini mampu bertahan dengan gempa hingga 9 SR.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gedung Sate

Lokasi Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (soffie gusniza)

Jika Anda kebetulan sedang berada di Bandung, tak ada salahnya untuk mampir sejenak. Untuk alamat lengkap dari gedung satu ini berada di Jalan Diponegoro no 22 Bandung. Anda pun akan dengan mudah untuk bisa sampai ke area ini lantaran letaknya yang berada di pusat kota.

Ditambah lagi, jalanan yang Anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi satu ini pun cukup bagus. Rute yang harus Anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi satu ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bagi Anda yang memakai angkutan umum, Anda pun bisa naik angkot yang menuju ke arah Gedung Sate,

BACA JUGA:  15 Tempat Belanja di Bandung yang Populer

Disini Anda bisa menaikinya dari Simpang Empat, tepatnya di Jalan Ir Haji Juanda dan juga Jalan Sulanjana. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Cicaheum. Dengan turun disini, Anda pun bisa langsung berada di depan Gedung ikonik ini. Untuk perjalanan ini, Anda tak perlu membutuhkan waktu yang lama, mungkin hanya sekitar 5 menitan saja.

Selanjutnya, jika Anda menggunakan bis dan berangkat dari luar kota, pastikan Anda untuk turun di Terminal Leuwi Panjang. Kemudian, Anda bisa menaiki bis Damri Leuwi Panjang Dago. Bis ini biasanya hanya akan mengantarkan masyarakat keliling kota Bandung dan kembali ke terminal.

Untuk bisa sampai ke Gedung Sate, pastikan Anda turun di perempatan Dago yang ada di Jalan Diponegoro Sulanjana. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke lokasi gedung dengan menaiki angkutan kota hijau hitam nomor 5 Ledeng Cicaheum. Dengan turun disini, Anda pun bisa langsung berada di depan Gedung ini.

Dan bagi Anda yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda pun bisa menggunakan GPS digital yang terpasang di smartphone Anda. Gedung Sate adalah salah satu tempat yang terkenal. Sehingga Anda pun pastinya akan menemukan lokasi satu ini dengan mudah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Gedung Sate

Harga Tiket Masuk Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (indra triadhi)

Bagi Anda yang berencana liburan ke dan menjelajahi Gedung Sate, Anda pun tidak akan dikenakan biaya yang mahal. Hanya dengan kisaran harga yakni 5 ribu rupiah saja, Anda pun telah bisa untuk memasuki gedung yang penuh dengan sejarah ini. akan tetapi, ketika Anda ingin memasukinya perlu ijin terlebih dahulu.

Ditambah lagi, Anda hanya bisa masuk ke dalam gedung pada hari libur maupun weekend saja. hal ini dikarenakan pada hari biasa kawasan Gedung Sate ini akan menjadi perkantoran. Untuk jam operasional bukanya hanya pukul 8 pagi hingga 4 sore saja. untuk lebih jelasnya, Anda bisa bertanya ke petugas atau menghubungi contact center pengelola gedung.

Mengintip Sejarah Gedung Ikonik di Kota Bandung

Sejarah Gedung Ikonik Kota Bandung
Image Credit: Google Maps (موقع الهجرة معنا)

Wisata yang terletak di pusat Kota Bandung ini telah berdiri sejak tahun 1920. Hingga saat ini bangunan yang berada di pusat kota tersebut masih berdiri sangat kokoh dan juga kuat. Gedung Sate ini dulunya merupakan bangunan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Dulunya gedung satu ini tidak memiliki nama, melainkan adalah Gedung GB atau yang dikenal dengan Gouverments Bedrijven. Kemudian, pasca 4 tahun pembangunan, gedung tersebut berubah menjadi pusat kantor PTT Pos, Telepon, Telegraf dan Perpustakaan.

Banyak orang terpesona dan kagum akan keberadaan maupun arsitektur dari bangunan ini. tak heran, gedung ini merupakan salah satu bangunan monumental bergaya khas arsitektur Indo Eropa yang sangat mempesona. Dibangun pada lahan dengan luas yakni sekitar 28 meter persegi.

Di tahun 1980, keberadaan Gedung Sate pun diresmikan oleh Pemerintah sebagai bangunan yang menjadi pusat kegiatan dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dengan arsitektur dan bangunan yang megah ini, banyak wisatawan yang datang dari luar kota hadir untuk berfoto dan mengabadikan momen di lokasi satu ini.

Bahkan tak jarang banyak orang hingga komunitas fotografi pun sengaja datang ke lokasi satu ini untuk hunting foto. Di sekitar gedung juga terdapat beberapa bangunan perlengkapan yang terawat dengan baik. Seperti adanya taman yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengambil gambar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gedung Sate

Kegiatan di Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (tedy sutardi)

1. Menjelajah Gedung

Hal pertama yang pastinya harus Anda lakukan ketika berada di Gedung Sate adalah menjelajahinya. Hal ini dikarenakan bangunan ini menyimpan sejarah dan keunikan tersendiri yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. ketika Anda memasuki area bangunan gedung, maka Anda pun akan disambut dengan seperangkat gamelan Sunda.

BACA JUGA:  Rainbow Garden, Taman Bunga Hits di Lembang Bandung

Gamelan tersebut biasanya akan dimainkan pada acara acara tertentu yang diselenggarakan di gedung. Dan pemainnya pun biasanya tidak sembarangan orang. Melainkan orang orang khusus dan tertentu yang akan diperintahkan oleh Walikota Bandung. Gamelan umumnya akan dimainkan untuk menjamu tamu yang datang atau saat terdapat acara negara.

Area lain yang ada di gedung ini adalah mayoritas perkantoran. Kemudian, Anda pun bisa naik ke lantai 4 karena menjadi tempat yang spesial. Di lantai ini kerap kali diadakan sebagai ruangan untuk menjamu kunjungan dan tamu yang penting. Sehingga ruangan yang ada di lantai ini pun lebih nyaman dibandingkan dengan ruangan yang lain.

Ditambah lagi, ketika Anda menjelajah lantai 4 ini, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari ketinggian. Disini, disediakan pula teropong yang memang akan digunakan untuk pengunjung melihat pemandangan yang ada. Pastikan Anda mampir dan mencoba untuk melihat indahnya kota Bandung dari ketinggian.

Masih berada di lantai 4 Gedung Sate, Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam foto kegiatan Gubernur Jawa Barat dari waktu ke waktu. Disini, Anda juga bisa melihat berbagai macam koleksi hingga cindera mata dan juga prasasti yang dimiliki oleh Pemerintah Jawa Barat.

2. Menikmati Serunya Teknologi 4D

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat berada di Gedung sate adalah menikmati kecanggihan teknologi 4 dimensi. Wahana satu ini cenderung unik dan mungkin tidak akan Anda temukan di museum yang lain. Dengan adanya 4D proyeksi ini, pengunjung yang datang pun bisa menikmati megah dan indahnya bangunan gedung ini dalam format 4 dimensi.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu hal yang akan membuat Anda tertegun. Pasalnya, kemampuan dan kecanggihan teknologi ini belum banyak dimiliki oleh tempat yang lain. Anda pun sebaiknya tidak melewatkan momen satu ini ketika sedang berada di dalam Gedung ini.

3. Berinternet Dengan Akses Wifi yang Gratis

Siapa yang tidak ingin wifi gratis? Hal ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh Gedung Sate. Saat berwisata ataupun menjelajah daerah ini, Anda juga akan difasilitasi dengan adanya akses wifi gratis yang Anda dapatkan di dalam gedung yang telah berdiri sejak lama ini.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmatinya tanpa dipungut biaya sepeser pun. Tentunya menjelajah akan lebih menyenangkan dengan adanya akses wifi gratis. Sehingga Anda pun bisa langsung membagikan momen momen yang Anda nikmati ketika berada di dalam gedung satu ini.

4. Ngopi di Ruang Coffee Morning

Bagi Anda yang suka ngopi, tentunya keberadaan Gedung Sate akan menjadi salah satu ambience yang disukai. Sebab, ketika Anda telah lelah berjalan jalan mengelilingi area gedung ini, maka Anda bisa rehat sejenak sambil menyeruput kopi yang ada di dalam gedung.

Pasalnya, pada bagian atas gedung, Anda bisa mengunjungi salah satu ruangan yakni yang bernama Coffee Morning. Ruangan satu ini buka di pagi hari dan sangat terang akibat terkena sinar cahaya matahari. Tentunya, bagi Anda yang gemar ngopi dan juga foto, lokasi satu ini wajib masuk ke daftar tempat yang harus Anda kunjungi saat berada di Gedung Sate.

5. Mengadakan Workshop

Kegiatan Menarik di Gedung Sate
Image Credit: Google Maps (Simply, Syaira)

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah mengadakan workshop. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa ruangan yang ada di gedung dan bisa untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk melangsungkan pameran atau workshop. Sebab, beberapa tempat atau ruangan tersebut memang sengaja disewakan sebagai tempat untuk mengadakan acara.

BACA JUGA:  22 Mall di Bandung yang Paling Populer

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mengikuti workshop juga bisa mendaftar dan bergabung apabila terdapat acara yang diselenggarakan di dalam gedung ini. Selain bisa menambah pengalaman, Anda juga akan bisa berjalan-jalan dan menjelajahi area yang ada di dalam gedung ikonik ini.

6. Berburu Foto Keren

Berfoto nampaknya menjadi salah satu kegiatan yang tidak bisa Anda lewatkan ketika berada di dalam ataupun di luar Gedung Sate. Hal ini dikarenakan keberadaan gedung yang ikonik ini memang sangat instagramable. Bahkan beberapa sudut yang ada di dalam gedung pun sangat bagus untuk diambil foto.

Pasalnya, banyak beberapa tempat menarik yang ada di dalam gedung untuk koleksi foto Anda. Bahkan beberapa objek yang Anda temui di Gedung Sate pun akan tampak sangat bagus di dalam kamera. Disini, Anda pun akan bebas berfoto dan mengabadikan spot spot unik yang Anda jumpai di lokasi ini.

Bahkan beberapa film pun sengaja mengambil latar di gedung yang megah ini. disini, pengunjung biasa juga bebas untuk shooting atau mengambil video tentang keindahan dari gedung yang telah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda ini. pastinya Anda tak boleh ketinggalan untuk menyimpan momen di tempat yang bersejarah satu ini.

7. Mengunjungi Pasar Kaget

Ketika berada di Gedung Sate, pastinya Anda pun tak akan asing dengan keberadaan Pasar Kaget. Pasar yang terletak di depan gedung ini cukup terkenal bagi warga Bandung dan sekitarnya karena menjual berbagai barang dengan harga miring dan terjangkau. Anda pun bisa mencoba melipir setelah puas berjalan jalan di dalam gedung.

Meskipun pasar satu ini bukanlah sebagai tempat untuk menjual oleh oleh, namun wisatawan kerap kali mampir untuk membeli sesuatu dan dijadikannya buah tangan ketika mengunjungi pasar ini. untuk itu, bagi Anda yang sedang berada disini tak ada salahnya mampir sejenak mengunjungi pasar yang berada tepat di depan gedung ini tersebut.

8. Mencicipi Berbagai Macam Kuliner

Setelah puas berjalan jalan di dalam gedung, pastinya perut pun akan keroncongan. Namun tak perlu khawatir pasalnya Anda bisa mencicipi berbagai kuliner lezat khas Sunda yang ada di depan Gedung Sate. Di sekitar bangunan ini terdapat banyak sekali makanan yang dijual oleh pedagang.

Adapun makanan yang biasanya ditawarkan oleh pedagang sekitar adalah Makanan khas Sunda hingga kuliner khas nusantara. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah nasi liwet dan juga kopi yang memiliki rasa khas. Pastinya saat berada di sini, Anda wajib untuk mencicipi kedua menu tersebut.

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin berburu kuliner yang ada di pinggir jalan, tak perlu khawatir karena masih terdapat alternatif yang lain. Pasalnya, di dekat Gedung Sate, juga terdapat banyak cafe yang mana Anda bisa memilih berbagai menu yang sesuai dengan kantong dan juga selera Anda.

Menu yang ditawarkan pun beragam, Anda bisa mencicipi makanan khas Indonesia atau pun western dan seafood. Tentunya, Anda pun bisa memilih makanan tersebut untuk mengenyangkan perut Anda setelah puas berjalan-jalan mengeliling gedung yang ikonik dan penuh dengan sejarah tersebut.

Berwisata ke bangunan bersejarah tak selamanya membosankan, salah satunya seperti di Gedung Sate yang menjadi ikon Kota Bandung ini. Disini, Anda pun akan bisa berjalan jalan, menikmati indahnya kota Kembang dan juga kegiatan menarik lainnya. Oleh karena itu, apabila Anda berkesempatan ke Bandung, Anda sebaiknya mampir untuk mengunjungi gedung satu ini.