Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasuketan, Kel. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Menurut catatan sejarah Gedung British American Tobacco merupakan sebuah bangunan yang sudah didirikan sejak tahun 1917. Gedung yang juga dikenal dengan singkatan BAT ini awalnya dimiliki oleh Indo Egyptian Cigarettes Company dan kemudian pada tahun 1923 berubah nama menjadi British America Tobacco.

BAT adalah sebuah bangunan yang menjadi pabrik rokok pertama di Indonesia yang berlokasi di Kota Cirebon. Pabrik rokok ini sempat berhenti beroperasi beberapa waktu pada masa penjajahan Bangsa Jepang di tahun 1942. Setelah Kemerdekaan RI pabrik rokok pertama di Indonesia kembali beroperasi dengan nama British America Tobacco Indonesia.

Pada tahun 2010 setelah beroperasi sangat lama akhirnya BAT Cirebon yang saat itu menjadi milik PT Bentoel Internasional Investama (BINI) resmi ditutup. Hal tersebut karena semua produksi rokok yang ada di BAT Cirebon dipindahkan ke Jawa Timur atau lebih tepatnya di Kota Malang. Berikut adalah beberapa penjelasan lengkapnya.

Daya Tarik Gedung British American Tobacco

Gedung British American Tobacco Yang Lagi Hits Dan Menarik Di Cirebon
Photo by Google Maps Violet Rainbows

1. Sejarah

Daya tarik yang pertama dari BAT Cirebon adalah sejarahnya. Dimana dimata orang awam hal ini mungkin terdengar biasa saja, tetapi di mata orang yang menyukai sejarah hal yang satu ini akan sangat menarik.

Hal ini juga yang menjadi salah satu daya tarik yang bisa mendatangkan beberapa pengunjung pecinta sejarah ke lokasi bangunan tua berwarna putih nan cantik ini. Seperti yang sudah diketahui bahwa Gedung bersejarah ini sudah dikenal sebagai Cagar Budaya yang berlokasi di Cirebon.

Ketika berbicara Cagar Budaya maka tidak akan luput dari yang namanya sejarah, sejarah dari BAT sendiri tidak banyak orang yang tahu. Bahkan pada catatan sejarah saja untuk tahun pasti didirikan bangunan Cagar Budaya di Cirebon ini masih dikira-kira.

Menurut catatan sejarah tersebut diperkirakan bangunan yang menjadi pabrik rokok pertama di Indonesia ini dibangun pada tahun 1917 dengan kepemilikan Egyptian Cigarettes Company.

Namun pada tahun 1923 sang pemilik memilih bergabung dengan sebuah perusahaan asal London Inggris yang bernama British America Tobacco Company yang kemudian menjadi awal terbentuknya BAT.

Pada tahun 1924 hasil produksi rokok di pabrik BAT menjadi sangat berkembang dan akhirnya perusahaan ini kemudian dikenal dengan nama British America Tobacco Java Limited.

Masih di tahun yang sama bangunan BAT Java Limited mengalami renovasi oleh arsitek bernama F.D Cuypers dan Hulswit yang membuat bangunan ini terlihat menggunakan gaya art deco. Masih di tahun 1924 pabrik rokok yang menggunakan tenaga mesin didirikan dan menjadikan BAT sebagai produsen rokok terbesar di Indonesia pada masa tersebut.

Gedung British American Tobacco Yang Menawan Di Cirebon
Photo by Google Maps Jeanne Sanjaya

Saat terjadi perang dunia ke dua pabrik rokok tersebut mengalami berhenti produksi karena Jepang yang saat itu menjajah Indonesia sekaligus pemilik BAT lebih memfokuskan diri dalam urusan militer dari pada mengurus pabrik rokok. Pabrik rokok ini juga sempat mengalami masalah pada tahun 1963 – 1964 dikarenakan konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Namun akhirnya diputuskan bahwa semua perusahaan milik Inggris akan menjadi milik Indonesia yang kemudian membuat BAT secara sah menjadi milik Indonesia dan mengubah nama pabrik rokok di Cirebon tersebut menjadi PT BAT Indonesia.

Setelah menjadi salah satu pabrik rokok terbesar dan tersukses sekian tahun di Indonesia, akhirnya Gedung BAT secara resmi ditutup pada tahun 2010 oleh PT Bentoel Internasional Investama (BINI) yang menjadi pemilik sah BAT saat itu. Semua produksi rokok dari BAT kemudian dipindahkan ke Malang Jawa Timur.

2. Bangunan British America Tobacco

Salah satu daya tarik dari bangunan Cagar Budaya ini adalah bangunan dengan gaya art deconya. Bekas pabrik rokok ini memiliki gedung berwarna putih nan megah yang dibangun diatas tanah seluas 1,2 hektar. Bangunan yang menjadi salah satu ikon Kota Cirebon ini sangat populer dan dibanggakan oleh warga Cirebon.

3. Menjadi Spot Foto yang Populer

Jika anda mengunjungi Cirebon maka anda diharuskan mampir ke Gedung British American Tobacco untuk berfoto. Pasalnya bangunan tua ini sangat populer dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto, hal ini wajar saja mengingat bangunan dengan gaya art deco ini berada di tengah-tengah kota dengan konsep ala bangunan kolonial nan indah.

4. Tempat Berolahraga

Daya tarik yang terakhir dari bekas pabrik rokok di Cirebon ini adalah sebuah lokasi yang sangat cocok untuk melakukan olahraga. Ketika sore hari anda akan menemukan beberapa orang yang sibuk berlari atau bersepeda mengelilingi BAT. Selain itu, di pagi hari terlebih weekend juga sering dijumpai banyak orang berolahraga di sekitar lokasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Alfa 77

Untuk alamat dari Gedung British American Tobacco berada di Jl. Pasuketan, Kota Cirebon, Kecamatan Lemahwungkuk, Provinsi Jawa Barat.

Untuk rutenya anda bisa mengambil patokan dari Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon di Jl. Siliwangi menuju Jl. Veteran kemudian belok kanan setelah Nila Copy Center menuju Jl. Sisingamangaraja hingga masuk ke Jl. Benteng.

Dari Jl. Benteng belok kiri ke Jl. Kantor setelah ATM Mandiri lalu putar balik di bundaran dengan mengambil jalur keluar ke 4 menuju Jl. Pasuketan. Terus di Jl. Pasuketan sampai menemukan lokasi bangunan ini di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Gedung British American Tobacco Di Cirebon
Photo by Google Maps Nanda Fadilla

Gedung British American Tobacco tidak memungut harga tiket masuk alias gratis. Namun anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Sebagai tambahan bahwa BAT Cirebon dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi anda bisa mengunjungi Cagar Budaya ini kapan pun untuk menikmati pesonanya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Gedung British American Tobacco
Photo by Google Maps Agus Radaribetz

1. Berfoto

Salah satu kegiatan menarik yang wajib anda lakukan ketika mendatangi bangunan bekas pabrik rokok ini adalah berfoto. Bangunan dengan gaya art deco berwarna putih dan berdiri kokoh sebagai background bisa menjadikan foto anda terlihat lebih estetik, apalagi anda bisa mengeditnya menjadi foto ala-ala masa kolonial.

Tidak hanya berfoto anda juga bisa membuat video di sekitar bangunan yang menjadi icon Kota Cirebon ini. Video seperti vlog olahraga atau video menarik lainnya bisa anda buat dengan background Gedung British American Tobacco.

2. Olahraga

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa di bangunan bekas pabrik rokok pertama di Indonesia ini terdapat beberapa orang yang sibuk berolahraga baik di pagi atau sore hari. Setidaknya ada beberapa kegiatan olahraga seperti lari dan bersepeda yang umumnya dilakukan oleh warga sekitar.

3. Melakukan Penelitian

Anda juga bisa mengunjungi BAT Cirebon untuk melakukan penelitian. Seperti yang kita ketahui bahwa bangunan yang menjadi Cagar Budaya ini sudah dianggap sebagai icon Kota Cirebon.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Gedung British American Tobacco
Photo by Google Maps Hadi Iyong

Oleh sebab itu, pasti akan sangat menarik untuk mendatangi bangunan ini dan melakukan sebuah penelitian baik itu untuk kebutuhan pembelajaran atau untuk membuat sebuah artikel.

4. Melakukan Wisata Kuliner

Pada bangunan yang diperkirakan didirikan pada tahun 1917 ini juga terdapat beberapa warung atau pedagang yang menjajakan banyak sekali makanan dan minuman. Oleh sebab itu, wajar saja jika ada beberapa orang yang sengaja datang ke Gedung British American Tobacco hanya untuk melakukan wisata kuliner.

Pada pedagang dan warung tersebut bisa anda temui di sekitar bangunan BAT Cirebon tersebut. Ada juga beberapa pedagang yang akan berkeliling sambil menawarkan makanan atau minuman yang mereka jual. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa lokasi Cagar Budaya ini tetap ramai tiap harinya.

Fasilitas di Gedung British American Tobacco

Fasilitas di Gedung British American Tobacco Cirebon
Photo by Google Maps Gilang Primada

1. Lahan Parkir

Fasilitas pertama yang bisa anda jumpai di gedung yang sempat menjadi pabrik rokok terbesar di Indonesia ini adalah lahan parkir. Dimana ketika anda mengunjungi BAT Cirebon di sinilah anda akan menitipkan kendaraan anda yang akan dijaga oleh petugas parkir.

Saat hendak meninggalkan kendaraan anda akan diberikan karcis parkir dimana karcis tersebut jangan sampai hilang.

2. Warung

Tidak jauh dari lahan parkir tersebut anda akan menemukan banyak sekali warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Tidak hanya warung saja tetapi di sekitaran Gedung bersejarah ini akan ada beberapa pedagang keliling yang menawarkan makanan atau minuman yang mereka jual.

3. Area Berolahraga

Selain Lahan Parkir dan warung anda juga akan menemukan sebuah jalur yang biasa digunakan oleh beberapa orang untuk berolahraga. Biasanya kegiatan olahraga yang sering dilakukan di sekitaran BAT Cirebon adalah berlari atau bersepeda.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Gedung British American Tobacco yang menjadi salah satu icon dari Kota Cirebon. Bangunan tua nan megah ini memang sudah tidak terpakai lagi karena semua produksinya sudah dialihkan ke Malang Jawa Timur. Namun, bangunannya yang masih berdiri kokoh membuatnya menjadi salah satu Cagar Budaya.