Galeri Wayang salah satu objek wisata edukasi dan budaya yang populer di Purwakarta, Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi. Memiliki beragam koleksi wayang nusantara, mulai wayang betawi, wayang cepak, wayang suket hingga wayang klitik surabaya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Kabupaten Purwakarta adalah sebuah daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Daerah ini memiliki segudang cerita tentang sejarah budaya Indonesia. Banyak sekali tempat mengabadikan cerita sejarah-budaya tersebut di daerah ini, salah satunya yaitu di Galeri Wayang.

Dalam galeri ini, Anda dapat melihat beragam informasi dan peninggalan menarik seputar perwayangan di nusantara. Anda dapat mencari tahu mulai dari sejarah hingga melihat secara langsung bentuk fisik koleksi wayang-wayang yang penuh dengan sejarah tersebut. Penyuka sejarah wajib sekali datang ke Galeri Wayang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Galeri Wayang

Daya Tarik Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Arif Setiawan)

Ada beragam sekali koleksi wayang milik nusantara tercinta kita yang dapat Anda nikmati secara langsung di Galeri Wayang ini. Macam wayang yang ditampilkan di daleri ini diantaranya seperti wayang betawi, wayang cepak cirebon, wayang klitir surabaya yang dibuat dari perpaduan bahan kayu dan kulit, serta terdapat juga wayang suket berbahan ilalang.

Anda dapat mencari informasi tentang sejarah wayang nusantara secara lamngsung di tempat ini sembari berwisata dengan nuansa budaya. Saat Anda tiba di lokasi, Anda akan disambut ramah oleh tuana rumah yang mempersilahkan Anda masuk. Dari luar nampak gaya bangunan yang begitu terasa etnik dengan sentuhan modern.

Saat memasuki galeri ini, akan melihat suasana dalam galeri yang begitu memanjakan mata karena terdapat deretan peninggalan sejarah yang terpampang indah disana. Galeri ini dipisah menjadi dua ruangan yang berbeda yangbisa Anda jelajahi. Tiap ruangan memiliki cerita dan sejarah uniknya masing-masing.

Pada saat memasuki ruangan pertama, Anda akan disambut dengan beragam kisah dan sejarah seputar pewayangan di Nusantara. Terpampang indah relief-relief yang menggambarkan kisah sejarah Ramayana dan Mahabarata di ruangan ini. Anda akan benar-benar terkesima melihat indahnya ukiran sejarah ini.

Disana juga terdapat dua dinding relief timbul 3 dimensi yang diukir indah untuk menceritakan kisah cinta Rama dan Shinta dan juga kisah Mahabarata. Relef dinding ini berasal dari Kota Bandung. Dibelakang dinding ini abda akan melihat pohon hayat dimana pohon ini adalah pohon kehidupan tentang pewayangan.

Bentuk pohon hayat ini silinder dengan semacam ranting-ranting pohon diatasnya dan akar pohon dibagian bawahnya. Pada bagian badan pohon ini, Anda dapat melihat wajah-wakah pewayangan yang timbul dan menonjol. Sungguh keunikan seni ini akan sangat luar biasa karena akan susah sekali Anda temukan di tempat seni yang lain.

Daya Tarik Dimiliki Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Ramdhani F)

Di pohon hayat ini, Anda dapat melihat terdapat 70 karakter wayang yang dulu sering digunakan untuk bercerita. Pohon ini juga memiliki filosofi kasta, dimana semakin atas lokasinya maka akan semakin tinggi kedudukan dan derajat karakter tersebut. Bagian atasnya terdapat dewa, raja, putri sedangkan bagian bawahnya terdapat rakyat biasa seperti Gareng, Cepot, dll.

Anda dapat melihat banyak sekali lukisan kaca yang indah disamping kanan kiri pohon hayat ini. Lukisan yang berasal dari Cirebon ini dilukis dengan teknik terbalik dari belakang kaca. Lukisan kaca ini memuat cerita sejarah tentang Ramayana. Tentu Anda tidak akan bisa membayangkan tangan seperti apa yang bisa menciptakan lukisan seindah ini dalam ukuran kecil.

Setelah puas menjelajahi ruangan pertama kini saatnya Anda harus beranjak ke ruangan kedua. Di dalam ruangan ini Anda akan dapat melihat beragam koleksi wayang yang dipajang dan bahkan terdapat juga beberapa yang bisa dimainkan secara langsung oleh pengunjung. Kapan dan dimana lagi Anda dapat merasakan pengalaman seperti ini?

Terdapat ratusan wayang yang terpajang indah di ruangan kedua ini. Anda dapat melihat dan menyenth langsung beragam jenis wayang mulai dari wayang golek, wayang kulit, hingga topeng yang biasa digunakan untuk wayang orang juga tersedia disini, dan masih banyak lagi yang lain.

Tak hanya wayang sana, di ruangan ini Anda dapat menemukan panggung pementasan wayang yang sudah tertata sangat rapi. Anda dapat melihat beberapa set wayang golek yang berasal dari Purwakarta, Surabaya, Jawa Barat, Wayang Kulit khas Jawa Tengah, Wayang Cepak khas Cirebon, dan terdapat juga wayang Santri.

Tak mau ketinggalan, di Galeri Wayang juga terdapat wayang Kelitik dan Wayang Betawi yang khas. Wayang yang langka pun juga terdapat di tempat ini, yaitu wayang suket yang belum ditemukan penerus pembuatannya hingga saat ini. Sangat disayangkan sekali padahal wayang yang terbuat dari rumput yang dianyam ini sangat unik.

Dalam galeri ini terdapat 8 karakter wayang Bima yang asalnya dari beragam daerah di Indonesia. Ciri khas yang dimiliki dari Wayang Bima ini yaitu adanya kuku pancanaka dan juga kalung naga pasa. Namun sayangnya hanya Wayang Bima tradisional asli buatan sejarah saja yang menampilkan ciri khas ini, sedangan pada wayang Bima modern kini tidak menampilkannya lagi.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Galeri Wayang

Alamat Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Erpan Maulana)

Galeri ini berada di Komplek Pemerintah Daerah Kanupaten Purwakarta, tepatnya berlokasi di Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta. Anda yang sedang mengunjungi Purwakarta sangat direkomendasikan untuk datang ke galeri ini, karena tempat ini merupakan salah satu wisata destinasi sejarah yang bagus untuk dikunjungi.

Anda tidak perlu khawatir membayar mahal untuk mengunjungi wisata budaya ini. Pemda Purwakarta sudah menggratiskan Galeri Wayang ini untuk masyarakat yang ingin datang dan mempelajari sejarah budaya yang ada sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya sedikitpun. Tentu tempat ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Anda dapat mengunjungi wisata edukasi ini pada hari Selasa hingga Minggu. Pada saat hari Senin dan Tangga merah galeri ini dliburkan dari pengunjung. Jam buka galeri ini dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Anda dapat mengunjungi galeri ini bersama keluarga pada jam tersebut.

Aktifitas Menarik Dilakukan di Galeri Wayang

Aktifitas di Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Muhamad Ridwan)

1. Wisata Edukasi Sejarah

Sesuai dengan konsepnya, galeri ini memang disediakan untuk masyarakat baik dalam negeri maupun manca negara yang ingin belajar dan melihat secara langsung bentuk fisik dari sejarah wayang ini. Untuk itulah ditempat ini disediakan berbagai media edukasi yang tentunya juga modern agar pemgunjung dapat memahami nilai sejarah didalamnya.

Anda akan ebrtemu guide tour yang bisa menjelaskan secara rinci bagaimana perkembangan sejarah wayang di indonesia ini. Itulah mengapa wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikujungi, terutama anak-anak sekolah yang ingin belajar sambil berekreasi dengan ceria.

2. Memainkan Wayang Secara Langsung

Terdapat banyak sekali jenis wayang yang tak hanya untuk Anda lihat saja, tetapi Anda bisa mencoba memainkannya. Dimana lagi Anda bisa mencoba sensasi menggerakan wayang dengan panggung pementasan yang sudah tertata secara rapi sesuai acara adat yang ada di Indonesia ini. Tentu ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

Twntunya tak hanya wayang saja, panggung pementasan wayang juga dilengkapi beragam alat musik seperti seruling, gong, dan gamelan yang tentunya bisa Anda coba mainkan juga. Alat musik ini akan sangat jarang Anda temui apalagi Anda sentuh dan coba mainkan langsung. Anda akan merasakan bagaimana serunya memainkan alat musik ini.

Aktifitas Menarik di Galeri Wayang
Image Credit: Facebook.com @uziahcputriinezkatea

3. Melihat dan Mempelajari Proses Pembuatan Wayang

Tak hanya melihat wayang-wayang yang ditampilkan saja, di Galeri Wayang ini Anda dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan wayang ini berlangsung. Terdapat beberapa pengrajin wayang yang memang datang ke galeri ini untuk menunjukkan kepada masyarakat secara langsung bagaimana mereka memproduksi wayang ini.

Tak hanya wayang saja, terdapat juga pengrajin alat musik seruling yang menjadi alat musik tradisional Indonesai. Anda dapat mempelajari secara langsung bagaimana proses pembuatan suling yang bebrahan dasar bambu ini. Tentu akan sangat menyenangkan belajnar hal baru yang mengandung banyak sekali nilai budaya.

4. Berfoto dan Mengabadikan Momen

Bagunan Galeri Wayang Purwakarta ini dinilai sangat indah dengan nuansa etnik yang sudah modern. Bagian luar galeri ini memiliki spot foto yang indah karena tampak luar bangunan galeri yang unik dikelilingi dengan hijaunya pepohonan yang rindang. Suasana di galeri ini juga sangat sejuk dan menenangkan.

Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan berfoto bersama koleksi wayang-wayang yang ada di galeri ini. Kapan lagi Anda dapat berfoto dengan memegang dan memainkan beragam jenis wayang secara langsung. Adanya panggung pementasan wayang ini tentu akan membuat suasana berfoto seperti Anda kembali ke acara di masa lalu.

Anda juga tak boleh melewatkan berfoto di dekat relief-relief timbul di dinding ukir kisah Mahabarata. Ukiran yang indah tersebut tentu akan nampak sangat indah dan unik. Pencahayaan ruangan di galeri ini pun tertata sangat bagus sehingga hasil foto Anda akan terang dan menarik perhatian.

Fasilitas yang Tersedia di Galeri Wayang Purwakarta

Fasilitas di Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Rineka)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi galeri ini, terutama apabila Anda berasal dari luar daerah Purwakarta Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan sarana umum di tempat ini. DI galeri ini menyediakan beragam fasilitas kebutuhan pengunjung yang bisa Anda nikmati seperti lahan parkir yang cukup luas, kamar mandi yang bersih, dan juga mushola.

Lokasi galeri ini juga tidak jauh dari lingkungan masyarakat, sehingga akses jalan ke galeri ini cukup ramai dan mudah. Anda dapat mengunjungi pertokoan kuliner maupun oleh-oleh khas Purwakarta di sekitar galeri ini. Tentunya wisata di tempat ini akan tetap sangat menyenangkan meskipun biayanya gratis.

Inilah pesona dan keunikan yang akan Anda dapatkan apabila berkunjung ke Galeri Wayang ini. Karena Kabupaten Purwakarta adalah tempat dengan cerita sejarah yang begitu banyak, akan terdapat banyak sekali destinasi wisata edukasi sejarah lain yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Selain Galeri Wayang ini, untuk Anda yang masih penasaran dan ingin mempelajari sejarah secara lebih lanjut lagi dapat mengunjungi Museum-Museum sejarah lain di daerah Purwakarta ini. Tentunya tiap Museum akan menampilkan cerita dan juga sejarah dengan keunikan yang berbeda dari galeri ini.

Museum lain yang dapat Anda kunjungi di daerah ini yaitu Bale Indung Rahayu yang berarti Tempat Kemuliaan Ibu. Anda akan disuguhi teknologi digital yang akan menceritakan perjalanan hidup manusia dengan adanya peran seorang ibu disana. Terdapat beragam lukisan dan foto serta permainan anak jaman dulu yang dipajang disana.

Terdapat juga museum Bale Panyawangan Diorama Purwakarta dimana disini Anda akan mempelajari sejarah Nasional dan sejarah Purwakarta dari masa ke masa. Terakhir yaitu mueium Bale Panyawangan Diorama Nusantara dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, hingga mencapai kemerdekaan.

Dari nama museumnya saja tentu sudah dapat dipastikan bahwa tiap museum ini memiliki ciri khas dan ceritanya masing-masing yang bisa Anda pelajari. Anda dapat menikmati beragam fasilitas dan teknologi untuk belajar sejarah secara gratis dengan mengunjungi museum ini. Jangan sampai Anda lewatkan saat Anda berada di Purwakarta.